Transformasi Jamsostek ke BPJS Tak Pengaruhi Jaminan Hari Tua

klaim-jamsostek130620b.jpg

Kepala Cabang PT Jamsostek Palangka Raya Didi Sumardi menyatakan, transformasi Jamsostek menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tidak akan menghilangkan atau memengaruhi keberadaan uang jaminan hari tua milik peserta.

“Tidak benar ketika Jamsostek berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan pada 2014 uang JHT milik peserta hilang, sebab biar bagaimana hak milik peserta harus tetap utuh dan tidak ada pemotongan biaya administrasi dalam bentuk apa pun,” katanya, di Palangka Raya, seperti dikutip dari Antara, Kamis (2/1/2014).

Didi membantah isu bahwa dengan bertransformasinya Jamsostek menjadi BPJS uang JHT milik peserta hilang. Uang JHT tersebut tetap aman dan tetap mendapatkan hasil pengembangan yang melebihi suku bank konvensional.

Sebagai gambaran, tahun 2010 pengembangan JHT mencapai 12,20 persen, kemudian tahun 2011 sekitar 10,10 persen, dan untuk 2012 meningkat menjadi 16 persen. Tahun 2013 nilai hasil pengembangan masih belum ditetapkan karena dalam tahap penghitungan.

“Untuk diketahui hasil pengembangan investasi nirlaba Jamsostek sampai dengan Agustus 2013 meraih Rp 2,17 triliun. Kemudian hasil investasi sendiri sudah mendapatkan keuntungan Rp10,8 triliun,” ucap Didi.

Artinya tidak benar seperti yang diisukan oknum tertentu saat unjuk rasa di beberapa daerah pada waktu yang lalu, bahwa uang JHT akan hilang atau raib saat pelaksanaan BPJS.

Didi menjelaskan, persiapan untuk pelaksanaan BPJS di Kalteng saat ini tidak mengalami kendala atau permasalahan, sebab meski berganti nama tugas dan fungsi pokok yang harus dilaksanakan tidak banyak mengalami perubahan.

Mulai 1 Januari 2014, kata Didi, Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) yang dilaksanakan Jamsostek selama ini akan diserahkan kepada PT. Askes sebagai BPJS Pelayanan Kesehatan.

Sementara itu, PT. Jamsostek yang akan menjadi BPJS Ketenagakerjaan hanya akan melaksanakan tiga program yakni program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK) dan Jaminan hari Tua (JHT).

“Rencananya mulai Juli 2015, BPJS Ketenagakerjaan akan mendapat tugas baru untuk melaksanakan program pensiun. Bagaimana bentuk program ini, kita masih menunggu perangkat hukumnya,” ujar Didi. Kaswir.

(Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Serat Larut Air Bantu Sembuhkan Infeksi

Serat Larut Air Bantu Sembuhkan Infeksi

Selain dapat melancarkan pencernaan, serat yang dapat larut dalam air juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebabnya, serat larut air bisa mengurangi peradangan. Gregory Freund, professor dari Universitas Illinois mengatakan jika serat larut air bisa mengubah sifat sel. ?Jika tadinya suatu sel bersifat pro terhadap peradangan, maka serat larut air dapat mengubahnya menjadi sel antiradang. Ini membantu tubuh agar lebih cepat sembuh dari infeksi,? kata Freund. Hal ini terjadi karena serat larut air meningkatkan produksi protein antiradang yang dikenal dengan nama interleukin-4. Penelitian mengenai hal ini dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Illinois dengan perantara tikus. Tikus yang diberi makanan rendah lemak dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok satu diberi serat larut air, kelompok lainnya diberi serat tidak larut. Hasilnya, kelompok yang diberi serat larut air dapat sembuh lebih cepat dibanding kelompok yang diberi serat tidak larut air. Dan dalam enam minggu terdapat perubahan positif pada sistem kekebalan tubuh kelompok dengan serat larut air. Penemuan ini, sambung Freund, bisa membantu orang gemuk terhindar dari stroke dan serangan jantung. ?Serat larut air in [...]

Semua Anak Indonesia Bisa Dapat Vaksin Pentavalen

Semua Anak Indonesia Bisa Dapat Vaksin Pentavalen

Setelah sukses dilaksanakan di empat provinsi pada 2013, rencananya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan melaksanakan imunisasi gabungan 3 vaksin, Pentavalen di seluruh wilayah Indonesia. Demi lancarnya rencana ini, Kemenkes akan bekerjasama pemerintah daerah.Kabar bahagia ini disampaikan Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, PhD dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia (PID) bertema `Imunisasi untuk Masa Depan yang Lebih Sehat` di Ruang Sujudi Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat (9/5/2014)."Pentavalen sudah terbukti aman, dan sudah melewati uji coba serta dalam pengawasan BPOM," kata dia menjelaskan.Lagi pula, vaksin keluaran perusahaan Biofarma ini telah direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), untuk meningkatkan imun pada balita. Terkait keamanannya, BPOM sudah menjamin dan sudah mengeluarkan izinnya.Vaksin ini, kata Wamenkes, justru meringakan para balita untuk tidak disuntik terlalu banyak, hanya tiga kali. Dalam satu suntikan, terdapat lima vaksin untuk difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, serta Hib (Haemophylus Influenza type B)."Sebelum adanya vaksin ini, dulu para balita mendapatkan sembilan kali sunti [...]

Bermain Lidah Jadi Terpopuler Health Pekan Ini

Bermain Lidah Jadi Terpopuler Health Pekan Ini

Artikel mengenai teknik bercinta menggunakan lidah paling banyak menarik pembaca setia Health-Liputan6.com edisi 5-12 Oktober 2014. Tak hanya tentang bercinta, masih banyak artikel lain yang disukai pembaca seperti makanan untuk mencegah terlihat tua hingga cara tepat mencuci muka. Berikut Top 5 Health pekan ini edisi 5 -12 Oktober 2014: 1. 4 Cara Gunakan Lidah Saat BercintaBuat bercinta jadi semakin menyenangkan, salah satunya dengan lidah. Lidah dapat menjadi senjata paling mematikan yang membuat pasangan tidak berkutik. 2. Bila Tak Ingin Terlihat Tua Hindari 5 Jenis Makanan IniJangan asal mengonsumsi makanan. Asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari memiliki pengaruh besar terhadap kondisi `cepat tua`. 3. Hindari 8 Kesalahan Saat Cuci MukaMeski sepele, masih banyak orang yang memiliki salah teknik dalam mencuci muka. Cari tahu yang tepat agar tak membuat jerawat, komode, maupun iritasi. 4. 5 Hal yang Tak Pernah Dibayangkan Pria tentang MasturbasiBanyak yang mengatakan masturbasi itu tak normal. Tapi para ahli medis mengatakan hal itu normal dengan syarat tertentu. Di sini, para ahli mengemukakan fakta-fakta masturbasi yang belum Anda ketahui. 5. Donor Sperma, Baga [...]

Aplikasi Android Ini Bantu Diabetesi saat Puasa

Aplikasi Android Ini Bantu Diabetesi saat Puasa

Jelang bulan suci Ramadan, berbagai persiapan mulai dilakukan umat muslim dunia termasuk dalam mengontrol gula darah. Bukan tanpa alasan, data International Diabetic Federation menyebutkan 50 juta pasien diabetes dunia berpuasa di bulan Ramadan. Seperti disampaikan Medical Affairs Director MSD Indonesia, Dr Suria Nataatmadja bahwa di Indonesia, pasien diabetes mencapai 8,5 juta orang dan mayoritasnya ingin berpuasa. Dan untuk membantu para diabetesi puasa selama Ramadan dalam mengontrol gula darah, Merck Sharp and Dhome (MSD) Indonesia meluncurkan aplikasi android Ramadan Diabetes and Me. "Program ini merupakan bagian dalam mengadapi masalah diabetes untuk membantu para pasien diabetes tipe 2 yang ingin melakukan ibadah puasa selama bulan Ramadan. Di aplikasi tersebut, terdapat tata cara mengelola risiko diabetes selama puasa, jadwal shalat, imsak dan buka serta arah kiblat," kata Suria saat ditemui di JW Luwansa, Jakarta, Senin (23/6/2014). Suria mengatakan, aplikasi ini dibuat karena risiko berpuasa selama Ramadan bagi penderita diabetes sangat berisiko. Hasil penelitian menunjukkan, pola makan yang berubah selama berpuasa dapat menimbulkan risiko komplikasi bagi pasien diabete [...]

Wanita Ini Berhasil Lahirkan Bayi Kembar Usai Cuci Darah

Wanita Ini Berhasil Lahirkan Bayi Kembar Usai Cuci Darah

Rasa gembira mungkin sudah tidak bisa lagi digambarkan oleh Sarah Pearce (29). Ia melahirkan anak kembar setelah melakukan dialisis ginjal.Mengutip laman Mirror, Jumat (4/7/2014) dua tahun lalu, Sarah sempat diberitahu tim medis bahwa ia akan kesulitan hamil karena penyakit yang dideritanya. Tapi ternyata sejarah medis membuat semua orang membuka mata.Bulan lalu, Sarah melakukan operasi caesar karena melahirkan 12 minggu lebih awal. Ia melahirkan dua bayi lucu sekaligus, Henley dan Harper. Keduanya sehat dan sempurna."Saya bangga menjadi ibu pertama di dunia yang melahirkan anak kembar pada saat dialisis," katanya. Perjalanan lahirnya sang buah hati tidak mulus begitu saja. Sarah sempat melahirkan bayi prematur tahun lalu. Tapi akhirnya meninggal. Hal ini membuat dokter khawatir terhadap kehamilan anak kembarnya. Kala itu, kata Sarah, dokter menyarankannya untuk melakukan cuci darah setiap hari yang sebelumnya dilakukan tiga kali seminggu. Dokter khawatir, Henley tidak mendapatkan aliran darah yang cukup."Harper lah yang banyak membantu saya percaya, ia membantu Henley melaluinya dan mengatakan kepadanya untuk melanjutkan hidupnya karena dia adalah orang kuat," ujar wanita yang b [...]

Musim Hujan, Jangan Sembarangan Jajan Gorengan di Pinggir Jalan!

Musim Hujan, Jangan Sembarangan Jajan Gorengan di Pinggir Jalan!

Saat musim hujan kita harus berhati-hati dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi agar tak mudah terserang penyakit. Dr Anjali Mukherjee menjelaskan beberapa yang boleh dan tidak dikonsumsi saat hujan."Selama musim hujan, pencernaan kita melemah," kata Dr Mukherjee seperti dikutip DNAIndia, Kamis (16/1/2014).Menurutnya, musim hujan bisa menyebabkan pembentukan gas dan gangguan pencernaan yang sebagian besar tak disadari.Berikut yang boleh dan tidak dilakukan agar menikmati hujan tanpa khawatir sakit: Cuci semua sayur dan buah, terutama sayuran berdaun dan kembang kol, yang tak hanya mengandung larva dan cacing tapi juga mengumpulkan kotoran Moderasi makanan karena tubuh lebih sulit mencerna makanan selama musim hujan Minum minuman hangat, tambahkan mint atau jahet atau bubuk jahe kering di teh. Bawang putih, lada, jahe, kunyit, dan ketumbar membantu meningkatkan pencernaan dan meningkatkan kekebalan. Non vegetarian buatlah sup dari daging. Selama musim hujan, sup merupakan cara yang baik mendapatkan nutrisi dari sayuran tanpa mengonsumsi bakteri berbahaya. Memasak makanan segar, tapi jika Anda memilih menyimpan makanan yang dimasak di lemari es, panasi sebelum makan Minumla [...]

Seribu Lebih Rumah Sakit Jalin Kerjasama dengan BPJS

Seribu Lebih Rumah Sakit Jalin Kerjasama dengan BPJS

Dari 2.300 rumah sakit di Indonesia, baik milik swasta maupun pemerintah, sudah 1.710 yang mengikat perjanjian kerjasama untuk menyukseskan program BPJS Kesehatan per 1 Januari 2014."Untuk Puskesmas tercatat sudah 9.217 yang menjadi operator BPJS Kesehatan," kata Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dalam rilis, yang diterima Health Liputan6.com, Kamis (2/1/2013).Fasilitas kesehatan ini terdiri dari 533 rumah sakit pemerintah, 919 rumah sakit swasta, 109 rumah sakit khusus dan rumah sakit jiwa, 104 rumah sakit TNI, dan 45 rumah sakit Polri."Kebanyakan rumah sakit terlebih dahulu mempelajari apakah kerjasama dengan BPJS Kesehatan menguntungkan. Tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa hal terpenting adalah melayani masyarakat," kata Menkes menambahkan.Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. BPJS Kesehatan mulai beroperasi pada tanggal 1 Januari 2014.Peserta BPJS Kesehatan terdiri dari dua kelompok, yaitu PBI jaminan kesehatan dan bukan PBI jaminan kesehatan.PBI (Penerima Bantuan Iuran) adalah peserta jaminan kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu, sebagaimana diamanatkan UU SJSN yang [...]

Peminum Alkohol Rentan Kena Kanker Kulit

Peminum Alkohol Rentan Kena Kanker Kulit

Meskipun masih kontroversial, tapi banyak ilmuwan percaya kalau alkohol dapat memicu reaksi dalam tubuh yang membuat kulit lebih rentan terhadap kanker. Menurut peneliti, ini karena senyawa ethanol pada alkohol yang diubah menjadi asetaldehida dalam tubuh dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV yang berbahaya.Seperti dikutip laman BBC, Rabu (29/1/2014) Sarah Williams dari Cancer Research UK mengungkapkan bahwa dari 16 studi yang berbeda, ditemukan risiko kanker kulit yang meningkat akibat asupan alkohol."Mereka yang minum 50g etanol setiap hari (setara dengan 4 gelas bir), 55 persen lebih berisiko kanker kulit paling mematikan yang disebut melanoma dibandingkan dengan bukan peminum atau yang hanya minum sedikit alkohol," jelas Sarah.Sementara itu, seorang penulis studi yang berasal dari University of Milan, Dr Eva Negri mengatakan, minum alkohol dapat mengubah kemampuan untuk menghasilkan respon imun normal."Tidak peduli alkohol terkait dengan kanker kulit, bila alasannya karena musim dingin yang melanda mungkin masih ide yang baik untuk membatasi jumlah alkohol yang Anda minum. Tapi yang jelas, alkohol terkait dengan tujuh jenis kanker yang berbeda," tegas Eva.(Fit/Ab [...]

Warga AS Ketiga Terinfeksi Ebola Diterbangkan ke Negaranya

Warga AS Ketiga Terinfeksi Ebola Diterbangkan ke Negaranya

Warga negara ketiga Amerika Serikat telah positif terinfeksi virus mematikan Ebola di Liberia. Kini, ia sedang dalam perjalanan ke negara asal untuk melakukan perawatan demi menyelamatkan jiwanya, terang organisasi tempat pria ini bekerja. Doker Rick Sacra, nama orang ketiga AS yang terinfeksi Ebola, diprediksi akan sampai di Nebraska Medical Center, Omaha pada hari Jumat pagi waktu setempat. "Rick sudah mendapatkan perawatan yang sangat baik saat berada di Liberia. Kami semua mencintai dan mengaguminya secara mendalam," terang presiden lembaga nirlaba kesehatan SIM, Bruce Johnson seperti dilansir Time, Jumat (5/9/2014). Oleh karena itu untuk menyelamatkan nyawa dokter Sacra segera dibawa ke Amerika Serikat. "Rumah sakit ini menyediakan peralatan canggih dan ketersedian luas dalam pilihan obat," tambah Johnson. Dokter Sacra, adalah orang kedua Amerika Serikat yang bekerja di SIM yang terinfeksi virus Ebola. Sebelumnya, Nancy Writebol mengalami hal yang sama saat menjalani aksi sosial merawat sakit Ebola di Liberia. Selain Nancy Writebol, pekerja medis asal Amerika Serikat yakni dokter Kent Brantly juga terinfeksi virus Ebola. Setelah mereka divonis terinfeksi virus mematikan i [...]

Para Penggemar Bola, Waspadai Ini Saat Main Bola!

Para Penggemar Bola, Waspadai Ini Saat Main Bola!

Terlalu banyak memberikan tekanan pada pangkal paha atau otot paha dapat mengakibatkan robek atau regangnya bagian tersebut. Jika Anda gemar berolahraga yang melibatkan banyak lompatan dan berlari, tidak menutup kemungkinan akan mengalami sakit terlalu lama di bagian pangkal paha.Dikutip dari Health Me Up, Jumat (20/6/2016), menurut statistik, kondisi seperti ini 10 persen kerap dialami para pemain hoki profesional. Cedera yang dapat berakibat fatal ini juga sering dialami pemain sepak bola. Ada pun gejalanya, sebagai berikut Nyeri pada pangkal paha dan di bagian dalam paha Nyeri di pangkal paha dan bagian dalam paha Rasa sakit dan rasa tidak nyaman saat berjalan Rasa tidak nyaman ketika Anda menekan kaki Anda bersama-sama atau memisahkannya. Jika kondisi yang dialami Anda sudah sangat parah, maka di bagian tersebut akan terasa sangat menyakitkan dan membuat Anda frustasi. Bahkan kabar buruknya, diperlukan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkan cedera parah ini.PerawatanIstirahatHal paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan bagian selangkangan Anda ini adalah dengan segera menghentikan segala aktivitas dan beristirahalah. Cobalah untuk tidak melakukan akt [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *