Transformasi Jamsostek ke BPJS Tak Pengaruhi Jaminan Hari Tua

klaim-jamsostek130620b.jpg

Kepala Cabang PT Jamsostek Palangka Raya Didi Sumardi menyatakan, transformasi Jamsostek menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tidak akan menghilangkan atau memengaruhi keberadaan uang jaminan hari tua milik peserta.

“Tidak benar ketika Jamsostek berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan pada 2014 uang JHT milik peserta hilang, sebab biar bagaimana hak milik peserta harus tetap utuh dan tidak ada pemotongan biaya administrasi dalam bentuk apa pun,” katanya, di Palangka Raya, seperti dikutip dari Antara, Kamis (2/1/2014).

Didi membantah isu bahwa dengan bertransformasinya Jamsostek menjadi BPJS uang JHT milik peserta hilang. Uang JHT tersebut tetap aman dan tetap mendapatkan hasil pengembangan yang melebihi suku bank konvensional.

Sebagai gambaran, tahun 2010 pengembangan JHT mencapai 12,20 persen, kemudian tahun 2011 sekitar 10,10 persen, dan untuk 2012 meningkat menjadi 16 persen. Tahun 2013 nilai hasil pengembangan masih belum ditetapkan karena dalam tahap penghitungan.

“Untuk diketahui hasil pengembangan investasi nirlaba Jamsostek sampai dengan Agustus 2013 meraih Rp 2,17 triliun. Kemudian hasil investasi sendiri sudah mendapatkan keuntungan Rp10,8 triliun,” ucap Didi.

Artinya tidak benar seperti yang diisukan oknum tertentu saat unjuk rasa di beberapa daerah pada waktu yang lalu, bahwa uang JHT akan hilang atau raib saat pelaksanaan BPJS.

Didi menjelaskan, persiapan untuk pelaksanaan BPJS di Kalteng saat ini tidak mengalami kendala atau permasalahan, sebab meski berganti nama tugas dan fungsi pokok yang harus dilaksanakan tidak banyak mengalami perubahan.

Mulai 1 Januari 2014, kata Didi, Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) yang dilaksanakan Jamsostek selama ini akan diserahkan kepada PT. Askes sebagai BPJS Pelayanan Kesehatan.

Sementara itu, PT. Jamsostek yang akan menjadi BPJS Ketenagakerjaan hanya akan melaksanakan tiga program yakni program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK) dan Jaminan hari Tua (JHT).

“Rencananya mulai Juli 2015, BPJS Ketenagakerjaan akan mendapat tugas baru untuk melaksanakan program pensiun. Bagaimana bentuk program ini, kita masih menunggu perangkat hukumnya,” ujar Didi. Kaswir.

(Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Anak Muda Sekarang Pilih Pil Dekstro Dibanding Shabu & Ganja?

Anak Muda Sekarang Pilih Pil Dekstro Dibanding Shabu & Ganja?

Penggunaan putaw, shabu, dan ganja pada usia muda mengalami pergeseran. Saat ini, justru penyalahgunaan zat berbahan dekstrometorfan tunggal (destro tablet) pada masyarakat usia muda mengalami peningkatan, dan mencapai kondisi yang mengkhawatirkan serta cukup memprihatinkan.Demikian penjelasan yang disampaikan Direktur Utama Pengawasan Napza Badan POM, Dra. Sri Utami Ekaningtyas, Apt, MM dalam diskusi Forum Wartawan Peduli Hukum dan Keadilan bertema `Pentingnya Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Berkaitan Dengan Penggunaan Zat Berbahaya pada Obat-obatan` di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (26/5/2014)."Fenomena penyalahgunaan dekstro tablet ini tengah menjadi tren pada anak-anak 5 tahun terakhir ini. Sebenarnya, obat ini memiliki efek pusing dan sering digunakan sebagai obat batuk. Saking kreatifnya, obat ini justru digunakan untuk hal yang tidak-tidak," kata dia menjelaskan.Fenomena menyedihkan ini sudah mewabah di hampir seluruh wilayah di Tanah Air. Secara khusus, penyebaran dekstro ini banyak terjadi di Jawa Barat. "Status penyalahgunaan dekstrometorfan ini sudah mencapai tingkat Kejadian Luar Biasa (KLB), di mana pemakaian narkoba di wilayah ini sudah bergeser dar [...]

Peduli HIV/AIDS Lewat Festival Film Pendek

Peduli HIV/AIDS Lewat Festival Film Pendek

HIV/AIDS menjadi perhatian dunia dengan jumlah penderita yang terus meningkat. Tak heran banyak pihak berupaya keras agar penyakit ini bisa diatasi, bahkan sebuah festival film pendek yakni Festival Film Syair bertema AIDS digelar agar masyarakat lebih peduli dengan HIV AIDS.Acara yang diadakan Syair Untuk Sahabat Foundation atau Syair.org mendapat sambutan luar biasa. Peserta tidak hanya datang dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Peserta dari Indonesia sendiri datang dari berbagai kota mulai dari Aceh hingga Ambon. Sementara dari luar negeri seperti AS, Selandia Baru, Mesir, India, Bangladesh, dan Syria. Sudah tercatat ada 118 film peserta mengikuti #FestivalFilmSyair. Pendaftaran #FestivalFilmSyair dibuka pada 1 November 2013 dan ditutup pada 31 Januari 2014. Peserta diharuskan mengunggah karya film ke YouTube dengan memakai #FesetivalFilmSyair sehingga karya mereka bisa ditonton oleh siapa pun dan di mana pun. Para juri yang terdiri dari Sha Ine Febriyanti (bintang film, pemain teater, dan sutradara film), Darius Sinathrya (bintang film), Deasy Noviyanti (Ketua Syair.org), dan Yudie Oktav (Pendiri Syair.org) akan memilih 3 karya pemenang yang akan diumumkan pada 14 [...]

Bayi ini Hidup Kembali Setelah Dicium sang Bibi

Bayi ini Hidup Kembali Setelah Dicium sang Bibi

Sempat berhenti bernapas, bayi berusia lima bulan ini kembali hidup berkat bantuan pernapasan dari sang bibi. Bayi menggemaskan bernama Sebastian De La Cruz ini sempat membuat panik sang bibi di kemacetan jalan Miami.Pamela Rauseo dipercaya saudaranya untuk mengasuh Sebastian saat bekerja. Merasa diberikan amanat wanita berusia 37 tahun ini berupaya sebaik mungkin menjaga Sebastian. Suatu ketika di perjalanan, Sebastian yang berada di kursi mobil belakang tiba-tiba tidak bersuara. Pamela pun panik dan bergegas memeriksa Sebastian, kecurigaanya benar tubuh Sebastian sudah membiru dengan napas yang sudah terhenti."Dia berhenti menangis, tidak bersuara dan saya merasakan sesuatu yang salah. Ini firasat buruk, namun saat itu jalanan terlalu ramai dan macet sehingga sulit membawanya ke rumah sakit," kata Pamela dilansir Nydailynews, Minggu (23/2/2014).Pamela pun berteriak meminta pertolongan, menurutnya bayi mungil ini lahir prematur dan menderita gangguan pernapasan sporadis beberapa bulan belakangan ini. Masalah tersebut kerap muncul di minggu-minggu ini."Dia benar-benar lemas, dan itu sangat mengerikan. Aku tidak boleh membiarkan sesuatu terjadi padanya dia. Saudariku telah mempercay [...]

Pasar Sehat Berhasil Kurangi Peredaran Pangan Berbahaya

Pasar Sehat Berhasil Kurangi Peredaran Pangan Berbahaya

Demi mengurangi peredaran bahan berbahaya dalam pangan, pemerintah lewat kementrian kesehatan mencoba mewujudkan program pasar sehat. Setelah dimulai pada Juni 2013, sekitar 62 pasar dari 84 target pasar yang tersebar di 108 kabupaten/kota di 31 provinsi di Indonesia berhasil direvitalisasi.Pembangunan pasar yang bertujuan mewujudkan pasar yang lebih bersih, aman, nyaman dan sehat merupakan program yang diprakarsai oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan Indonesia. Hasilnya, pada 2013 terjadi penurunan sebesar 3,3 persen peredaran bahan berbahaya dalam pangan."Tahun 2013 lalu sudah dilaksanakan program ini di 62 pasar di 16 provinsi dan hasilnya cukup baik. Terjadi penurunan sebesar 3,3 persen peredaran bahan berbahaya dalam pangan dan bahan berbahaya yang disalahgunakan yaitu dari semula 15,7 persen menjadi 12,4 persen. Namun kami masih menemukan kendala," kata Kepala BPOM, Dr. Roy A. Sparringa,M.App.Sc, seperti ditulis Kamis (9/1/2014).Kendala yang dihadapi dalam mewujudkan program ini menurut Roy karena terlalu sulit mengubah perilaku dan pola pikir produsen dan konsumen. "Ini bukan hal sederhana, komunitas pasar pun masih memi [...]

Orangtua Jadi Takut Berhubungan Intim Usai Anak Pertama Lahir

Orangtua Jadi Takut Berhubungan Intim Usai Anak Pertama Lahir

Kehidupan seksual pasangan suami istri yang sudah memiliki anak pasti sudah jauh berbeda dengan saat masih berdua.ng Usai melahirkan, pikiran pasangan sudah teralihkan dan bisa jadi seks menjadi hal terakhir di pikiran. Buktinya, satu dari empat orangtua muda menyerah dan terlalu bergairah dengan seks usai hadirnya anak sulung.Dalam survei terbaru, para orangtua muda ini mengungkapkan seks itu layaknya `gajah dalam ruangan`.Satu dari lima pria mengatakan, mereka mengalami kesulitan bahkan sekadar memikirkan seks dengan pasangannya usai kelahiran anak pertamanya. Ternyata tak hanya pria, kaum perempuan yang lebih gugup bila dihadapkan pada persoaln seks dibanding pria, dengan tingkat kekhawatiran 44 persen.Seperti dilansir MailOnline, Rabu (5/3/2014), 38 persen wanita takut nyeri saat berhubungan seksual, dan lebih dari sepertiga perempuan khawatir seks tak lagi menyenangkan seperti sebelumnya.Namun, kekhawatiran utama kaum wanita adalah cukupnya tidur, merawat bayi serta mendapatkan kembali kepercayaan tubuh sebelum melakukan hubungan seksual seperti ditemukan dalam survei Kegel8."Berhubungan seks untuk pertama kalinya setelah melahirkan bisa menjadi percakapan yang sulit bagi ban [...]

Foto Anak Tercantik di Dunia Menuai Kecaman

Foto Anak Tercantik di Dunia Menuai Kecaman

Gara-gara berfoto dengan busana layaknya orang dewasa, seorang anak perempuan yang disebut sebagai gadis tercantik di dunia, Kristina Pimenova (9) menuai kecaman. Menurut Netizen, foto Kristina bisa menyedot perhatian Pedofil dan membahayakan dirinya.Ibunya yang merupakan supermodel, Glikeriya Pimenova memang sebelumnya tidak menyangka kalau anaknya memiliki bakat yang sama seperti orangtuanya. Ia hanya mengatakan, betapa menyenangkan ketika melihat putrinya berjalan di catwalk dan fashion show. Masalahnya, seperti diberitakan Mirror, Sabtu (6/12/2014), Kristina sering terlihat mengenakan pakaian dewasa sedangkan usianya masih kecil. "Setiap video atau gambar yang diposting tidak sesuai untuk usia Kristina akan dihapus," ujar salah seorang Netizen.Begitupun dengan kalangan orangtua yang menganggap bahwa fto-foto Kristina yang terlihat mengenakan hot pants dan rok pendek bisa menarik pedofil (Orang yang memiliki ketertarikan seksual pada anak kecil).Kendati demikian, banyak yang memuji gadis cantik ini. "Dia cantik, benar-benar cantik." [...]

RS Pertamedika Memang Lain dari Rumah Sakit Lain

RS Pertamedika Memang Lain dari Rumah Sakit Lain

Sebagai pusat lever dan jantung di kawasan Bogor, Jawa Barat, Rumah Sakit Pertamedika juga memiliki harapan agar Indonesia dapat menjadi bagian medical tourism di dunia.Karena itu, Presiden Direktur RS Pertamedika Sentul City, Dr. Dany Amrul Ichdan, SE, MSc menyampaikan bahwa RS Pertamedika memiliki diferensiasi produk dan layanan dibandingkan dengan rumah sakit swasta lain."Dalam strategi diferensiasi produk dan pelayanan, kami memiliki paket pemeriksaan hati dan jantung yang didukung teknologi canggih dan spesialis yang kompeten. Kami juga memiliki paket untuk mereka yang kurang mampu dengan harga termurah sampai paket ekslusif untuk keluarga," kata Dany, seperti ditulis Selasa (21/1/2014).Sementara untuk diferensiasi pelayanan, RS Pertamedika memberi garansi waktu tunggu dan antrian dari konsultasi dokter, sharing, bayar obat, dengan standar pelayanan 30 menit."Jadi bisa dikira-kira kalau ada kepentingan lain setelah periksa dari rumah sakit," jelasnya. Selain itu, RS Pertamedika juga bekerjasama dengan ahli lever dari Jepang dengan harapan mereka juga akan melakukan transfer ilmu agar dokter Indonesia bisa mandiri dan punya kemampuan yang tak kalah hebat tentang lever."Kami jug [...]

Oktober, Bulan Kesadaran Kekerasan dalam Rumah Tangga

Oktober, Bulan Kesadaran Kekerasan dalam Rumah Tangga

Tidak banyak yang tahu bahwa Oktober adalah Bulan Kesadaran Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Domestic Violence Awareness Month), selain Bulan Kesadaran Kanker Payudara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, hampir sepertiga wanita telah mengalami KDRT yang dilakukan oleh pasangannya, baik secara fisik maupun seksual. Maka itu, dengan adanya bulan kesadaran seperti ini, kita dapat bersama-sama mencegah agar keadaan seperti ini tidak terjadi lagi.Dikutip dari Health Me Up, Selasa (21/10/2014) orang yang menderita KDRT biasanya memiliki sejumlah luka di tubuhnya, seperti memar, mata hitam, dan patah tulang. Trauma berkepanjangan akibat KDRT, dapat memengaruhi kesehatan mental mereka juga. Apakah Anda tahu kalau korban KDRT kerap merasa lelah, sesak napas, otot tegang, gemetar yang tak terkendali, dan pola makan tidak menentu. Jika yang menjadi korban KDRT adalah wanita, maka siklus haid menjadi tidak teratur, dan cenderung mengalami masalah kesuburan. Terpenting, korban KDRT kerap menyembunyikan apa yang terjadi padanya, dan selalu menyangkal bahwa luka yang ada di sekujur tubuhnya karena terjatuh, atau menabrak sesuatu. Namun biasanya, korban KDRT akan merasa tidak nyaman bila m [...]

5 Alasan Orangtua Sebaiknya Tak Ajak Anak Kecil ke Restoran

5 Alasan Orangtua Sebaiknya Tak Ajak Anak Kecil ke Restoran

Orangtua sering memilih makan bersama anak-anaknya di restoran pada akhir pekan. Sebenarnya, makan di luar tak selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Ada banyak masalah yang mungkin Anda hadapi jika keluar untuk makan malam.Dan ketika segalanya sudah sempurna, makan malam bisa hancur jika ada anak yang berisik duduk di sebelah Anda. Beberapa restoran mahal bahkan memiliki aturan untuk tak membiarkan orangtua datang bersama anak-anaknya yang masih kecil.Ini bukan berarti membawa anak kecil ke restoran harus dilarang, tapi ada cukup alasan agar Anda tak membawa anak-anak kecil Anda ke restoran seperti dikutip Magorwomen, Minggu (19/1/2014):1. Masalah kesehatanAnak-anak kecil sangat sensitif dan rentan terhadap infeksi. Makanan dari restoran mungkin tak cocok di perutnya dan mereka juga bisa terkena bakter bahkan dari restoran terbersih sekalipun.Daripada khawatir dengan kesehatan anak-anak, yang terbaik adalah meninggalkan anak-anak di rumah dan memberikan anak makanan biasa. 2. Sudah saatnya Anda menyenangkan diriDengan anak-anak kecil di rumah, Anda akan sulit menjalani kehidupan biasa Anda dan bepergian sendiri ke restoran mewah. Anda bisa mencoba makan keluar dan temukan ba [...]

7 Penyebab Tubuh Cepat Lelah

7 Penyebab Tubuh Cepat Lelah

Bukan hanya padatnya aktivitas dan kurang tidur. Ada banyak penyebab tubuh cepat lelah. Paling tidak berikut 7 alasan seseorang merasakan mudah lelah seperti dilansir Health, Kamis (28/8/2014). 1. Tidak minum cukup air"Dehidrasi 2 persen saja sudah bisa membuat tubuh kurang berenergi," tutur Amy Goodson, RD, ahli nutrisi dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine. 2. Kurang zat besiKekurangan zat besi membuat Anda merasa lesu, mudah marah, lemah, dan tidak fokus. "Ini membuat Anda lelah karena sel dan otot kekurangan oksigen," terang Goodson. Segera penuhi kebutuhan zat besi bisa dari sayuran berdaun hijau tua, kacang merah, tahu, telur, dan kacang-kacangan. 3. Perfeksionis"Berjuang untuk melakukan hal dengan sempurna, tak perlu membuat Anda bekerja lebih keras dan lebih lama dari yang diperlukan," tutur Irene Levine, PhD, psikiatri dari New York University School of Medicine. "Seorang perfeksionis membuat tujuan yang tidak realistis, dimana sulit atau tak mungkin untuk dicapai," tutur Levine. Oleh karena itu lebih baik beri batas waktu dan berusaha menempati waktu tersebut. 4. Melewatkan sarapanSiapa bilang saat pagi hari tak butuh asupan energi. Saat tidur tubuh pun butuh [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *