Tujuh Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

tujuh-manfaat-lemon-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-alodokter.jpg

Lemon yang mengandung vitamin C dianggap sebagai buah yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Selain mengandung vitamin C, lemon juga mengandung bioflavonoid yang menjadi salah satu bentuk antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas .

Tidak hanya mengandung 51 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh, lemon juga mengandung serat, protein, kalsium, dan masih banyak mineral lainnya. Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, lemon memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh.

Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Untuk mendapatkan manfaat lemon, Anda bisa dengan langsung mengonsumsinya atau dengan menambahkan beberapa bahan lainnya. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan manfaat lemon lainnya bagi kesehatan.

Meningkatkan daya tahan tubuh. Kenapa bisa membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh? Karena lemon mengandung vitamin C dengan kandungan yang tinggi dan bioflavonoid. Anda juga bisa terhindar dari flu jika mengonsumsi buah ini.

Melawan radikal bebas. Dengan mengonsumsi lemon baik diolah menjadi jus atau dimakan begitu saja dapat memberikan vitamin c dan antioksidan yang dapat membantu melawan penyebab kanker yaitu unsur-unsur radikal bebas.

Mencegah asma. Walau masih dalam tahap awal penelitian, mengonsumsi vitamin C sebanyak 1 gram per hari diduga dapat mencegah asma.

Menghilangkan ketombe. Campurkan satu gelas air dengan satu sendok teh lemon untuk menghilangkan ketombe membandel pada kulit kepala Anda. Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala Anda dan cuci setelah 2 menit.

Membantu penyerapan zat besi. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dengan menambah perasan jeruk lemon. Dengan begitu zat besi di dalam bayam akan lebih mudah terserap oleh tubuh. Zat besi penting bagi kesehatan tubuh karena kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia dan mengganggu fungsi-fungsi tubuh lainnya.

Meminimalkan risiko stroke iskemik. Wanita yang mengonsumsi banyak buah citrus dapat menurunkan kemungkinan untuk terkena stroke iskemik setidaknya sebanyak 19 persen dibandingkan mereka yang tidak. Walau hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut, tidak ada salahnya Anda memasukkan lemon ke dalam menu makanan Anda.

Mengangkat sel kulit mati. Dengan mencampurkan perasan lemon dan gula, Anda akan mendapatkan ramuan alami untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh atau wajah Anda.

Ambil Manfaatnya dan Tetap Perhatikan Hal Ini

Meski manfaat lemon baik bagi kesehatan dan kecantikan, Anda juga perlu memerhatikan pemakaiannya karena jika tidak justru bisa menimbulkan iritasi. Jika Anda menggunakan perasan jeruk lemon pada kulit, maka sebaiknya hindari paparan langsung sinar matahari. Karena kandungan yang terdapat di dalam lemon, yaitu psoralen, bisa membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif dengan paparan sinar matahari. Hindari paparan sinar matahari setidaknya selama 24 jam.

Selain itu, untuk menghindari atau meminimalkan iritasi, Anda bisa mencampurkan perasan jeruk lemon dengan air. Serta hindari daerah kulit yang tipis seperti bibir atau sekitar mata.

Tidak hanya memerhatikan pemakaiannya, jika Anda ingin menggunakan lemon sebagai perawatan kulit, perhatikan juga kondisi kulit Anda. Berikut ini adalah beberapa kondisi kulit yang sebaiknya tidak menggunakan lemon sebagai perawatan kulit.

  • Kulit kering
  • Kulit pecah-pecah
  • Kulit sensitif
  • Seboroik dermatitis

Lemon kaya vitamin C dan kandungan lainnya yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaatkan kandungan yang ada di dalam lemon sebaik-baiknya untuk menjaga kesehatan Anda dan mendapatkan kulit sehat yang diinginkan. Dengan mengonsumsi lemon secara teratur dan tidak berlebihan, Anda bisa menuai manfaat-manfaatnya secara maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Nyeri Buang Air Kecil? Waspadai Anyang-Anyangan

Nyeri Buang Air Kecil? Waspadai Anyang-Anyangan

Risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 persen. Kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini berulang kali bahkan hingga bertahun-tahun. Sering membilas kemaluan dari belakang ke depan setelah buang air? Segera hentikan kebiasaan ini karena bisa menyebabkan anyang-anyangan atau infeksi saluran kencing (ISK). Hal ini disebabkan uretra atau saluran kencing yang meneruskan urine dari kandung kemih ke bagian luar tubuh terletak dekat dengan anus. Membilas dari belakang ke depan mengakibatkan bakteri dari usus besar, seperti E.coli, dapat keluar dari anus dan masuk ke saluran kencing. Bakteri ini kemudian menginfeksi kandung kemih yang jika tidak segera diobati juga dapat menginfeksi ginjal. Waspadai Gejala Anyang-anyangan Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda Anda bisa jadi mengalami anyang-anyangan. Hasrat berlebih untuk buang air kecil. Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit. Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita. Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus. Rasa perih ketika buang air kecil. Uri [...]

Apakah Aman Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Ear Candle?

Apakah Aman Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Ear Candle?

Kotoran telinga yang jarang dibersihkan akan mengganggu kenyamanan. Ear candle adalah satu pilihan untuk membersihkannya. Tetapi apakah ada efek sampingnya? Akhir-akhir ini ear candle banyak dipilih untuk membersihkan kotoran telinga karena dianggap lebih praktis dan lebih bersih. Para penyedia perawatan telinga ini juga mengklaim penggunaan ear candle dapat memberikan efek relaksasi bahkan diduga dapat menyembuhkan sinusitis, sakit kepala, kanker, dan memperlancar peredaran darah. Sayangnya, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa hal ini dapat efektif membersihkan kotoran telinga. Bahkan, beberapa artikel kesehatan menyebutkan ear candle justru dapat menyebabkan kotoran telinga masuk lebih dalam dan menimbulkan cedera baik di dalam telinga maupun di luar. Akibat Penggunaan Ear candle Penggunaan ear candle dapat menimbulkan beberapa akibat yang dapat membahayakan. Berikut ini adalah beberapa cedera atau risiko perawatan ear candle: Telinga tersumbat oleh lelehan lilin Infeksi telinga bagian luar Hilangnya pendengaran yang bersifat sementara Kerusakan atau berlubangnya gendang telinga Masuknya abu ke dalam gendang telinga Luka bakar pada gendang telinga, dan telinga bagian d [...]

Sehat Berkat Tahu Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri

Sehat Berkat Tahu Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri

Banyak bahan alami di sekitar kita yang bermanfaat untuk tubuh, salah satunya adalah minyak kelapa. Mudahnya mendapatkan bahan baku menjadikan cara membuat minyak kelapa tidak sesulit yang dibayangkan. Minyak kelapa terdiri dari bahan-bahan yang diduga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahan-bahan penyusun minyak kelapa antara lain asam laurat sebanyak 44 persen dan asam miristat sebanyak 16,8 persen. Begitu Banyak Manfaat Minyak Kelapa Dengan komposisi di atas, minyak kelapa ditengarai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa kondisi yang mungkin bisa dibantu berkat penggunaan minyak kelapa. Diabetes Minyak kelapa mungkin bisa memperbaiki toleransi penderita diabetes terhadap glukosa dan memperbaiki resistensi insulin. Pemakaian minyak kelapa juga dianggap dapat mengurangi timbunan lemak. Kolesterol tinggi Beberapa penelitian menyatakan minyak kelapa dapat menaikkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Namun, kadar kolesterol jahat di dalam tubuh tidak mengalami perubahan. Penelitian lain menyatakan konsumsi minyak kelapa tidak meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Sayangnya, penelitian mengenai efek minyak kelapa terhadap kolesterol dan p [...]

Memahami Kesehatan dan Kebersihan Organ Intim

Memahami Kesehatan dan Kebersihan Organ Intim

Semua wanita perlu memahami cara merawat organ intim mereka. Agar kesehatan dan kebersihannya senantiasa terjaga, pastikan untuk membersihkan dengan cara yang benar. Munculnya aroma tidak sedap dari organ intim Anda tentu saja sangatlah mengganggu. Bahkan bukan tidak mungkin hal ini akan berdampak buruk kepada kehidupan pernikahan Anda dan membuat Anda kehilangan kepercayaan diri. Suatu hal yang wajar bahwa vagina untuk mengeluarkan aroma tertentu, jadi jangan mengkhawatirkannya secara berlebihan. Hanya saja, Anda perlu perhatikan jika organ intim Anda itu mulai mengeluarkan aroma tajam atau amis karena hal ini dapat menandakan gejala adanya masalah kesehatan. Terlebih jika vagina mulai mengeluarkan flek secara tidak normal, timbul gejala gatal dan sensasi panas, serta menunjukkan tanda-tanda iritasi. Jika ini terjadi, lebih baik segera temui dokter. Kenapa Vagina Mengeluarkan Aroma Tidak Sedap? Vagina biasanya mengeluarkan aroma saat kondisinya lembap, misalnya saat tubuh sedang berkeringat. Siklus menstruasi dan aktivitas seksual juga dapat membuat vagina Anda mengeluarkan aroma yang sedikit berbeda dibandingkan biasanya. Di luar kondisi di atas, infeksi juga dapat menyebabkan [...]

Meredupnya Gairah Mengganggu Seksualitas Suami Istri

Meredupnya Gairah Mengganggu Seksualitas Suami Istri

Gairah seksual merupakan faktor terpenting dalam kehidupan seksualitas suami-istri. Penurunan atau hilangnya gairah tersebut tentu dapat mengganggu hubungan. Namun apa sajakah penyebabnya dan bagaimana mengatasinya? Redupnya gairah seksual atau libido umumnya muncul secara bertahap, jarang yang terjadi secara tiba-tiba. Kondisi ini umumnya berkembang dalam jangka waktu beberapa bulan. Mendeteksi Sejak Dini Jangan salah, frekuensi aktivitas seksual tidak dapat menjadi ukuran dari gairah seksual suami-istri. Berbagai hal yang terjadi dalam rumah tangga bisa saja menghalangi aktivitas tersebut. Namun, jika hubungan seksual Anda lebih sedikit dari frekuensi pasangan pada umumnya, yaitu sekitar satu kali dalam seminggu, ada baiknya Anda menelaah lebih lanjut mengenai hal tersebut. Para ahli menyebutkan, permasalahan semacam ini lebih baik ditangani secepatnya. Ada beberapa indikasi yang menandakan seorang pria kemungkinan tengah mengalami hal tersebut. Pertama, pria merasa seks tidak lagi menjadi saat yang dinantikan untuk mendekatkan diri dengan pasangan dan hanya menjadi bagian dari rutinitas. Selain itu, indikasi lain seperti semakin berkurangnya pikiran atau fantasi seks terhadap [...]

Cari Aman Sebelum Membuat Tato Kosmetik

Cari Aman Sebelum Membuat Tato Kosmetik

Riasan permanen yang ditato memang menghemat waktu, namun risiko yang didatangkan bisa sulit untuk dihilangkan. Riasan permanen pada wajah umumnya berbentuk tato bibir dan alis. Tato ini membuat Anda tidak perlu lagi repot memoles ulang lipstik atau meratakan alis tiap hari. Anda dapat pergi bekerja, berenang, dan tidur dengan polesan bibir dan alis yang tidak luntur. Bagi orang yang mengalami kerontokan alis (alopecia) dan kekurangan pigmentasi kulit (vitiligo), tato juga berguna menyamarkan kondisi penyakitnya tersebut. Tapi ketahuilah bahwa semua benda asing yang dilekatkan pada kulit dan bersifat permanen bisa mendatangkan risiko. Proses Aplikasi Tato Proses penggunaan tato bibir dan alis umumnya sama seperti tato pada bagian tubuh lain. Tato diaplikasikan dengan jarum yang melepaskan pigmen pada kulit atau disebut mikropigmentasi. Sebelumnya Anda perlu menjalani tes percobaan untuk memeriksa apakah pigmen yang akan diaplikasikan menimbulkan reaksi alergi atau tidak. Kemudian pembuat tato akan membuat pola pada area yang akan ditato. Area ini akan dioles dengan gel pereda rasa sakit. Selanjutnya mengaplikasikan pigmen pada permukaan kulit menggunakan jarum getar yang steril [...]

Percaya Diri Tanpa Bau Kaki

Percaya Diri Tanpa Bau Kaki

Kaki adalah anggota tubuh dengan kelenjar keringat terbanyak sehingga paling berisiko untuk berkeringat dan menimbulkan bau. Meski merupakan masalah umum, kaki yang beraroma tidak sedap dapat membuat Anda tidak percaya diri, terutama saat membuka alas kaki di antara banyak orang. Mengenali beberapa kemungkinan penyebabnya dapat membuat Anda mampu menentukan pilihan yang tepat untuk menanganinya. Penyebab Bau Kaki dan Orang yang Paling Berisiko Mengidapnya Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin dapat menjadi penyebab bau kaki: Kondisi kaki yang lembap karena tertutup sepatu dan kaos kaki sepanjang hari adalah lingkungan yang sempurna untuk bakteri berkembang biak. Bakteri yang bertemu keringat akan menyebabkan timbulnya bau. Menggunakan sepatu dan kaos kaki yang sama selama berhari-hari secara berturut-turut. Tidak mencuci kaki tiap hari. Bau kaki juga lebih mudah dialami beberapa kelompok orang seperti: Orang yang sedang stres, cenderung banyak memproduksi keringat. Orang yang berdiri sepanjang hari. Pengidap hiperhidrosis, yaitu gangguan berkeringat berlebihan. Remaja dan ibu hamil, akibat perubahan hormon. Orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Menghalau [...]

Tidak Sedikit Manfaat Ikan Lele

Tidak Sedikit Manfaat Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu sajian lauk pauk yang banyak digemari. Namun, Anda harus mengetahui manfaat ikan lele dari sisi kandungan gizinya serta porsi yang tepat untuk kesehatan tubuh. Salah satu resep ikan lele yang paling banyak di kenal di Indonesia, pecel lele. Dalam sajian tersebut, ikan lele digoreng atau dibakar kemudian dilengkapi dengan sayur dan sambal. Kandungan Gizi Ikan lele atau dikenal sebagai catfish merupakan jenis yang banyak diternakkan untuk kepentingan konsumsi. Tak hanya di Asia, ikan ini juga dikonsumsi di negara-negara Afrika, Eropa dan Amerika Timur. Meski kualitas dan rasa lele dari berbagai negara bisa berbeda, namun ikan ini disebut-sebut memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tiap 100 gram ikan lele mengandung energi sebesar 229 kilokalori. Kandungan protein dari lele dengan porsi itu sekitar 18 gram, karbohidrat sekitar 8 gram, serat 0,7 gram dan lemak sebesar 13 gram. Ikan lele juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, serta kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan zinc. Ikan lele juga kaya kandungan vitamin D. Ikan lele yang dikembangkan peternakan, kem [...]

Cara Membesarkan Payudara secara Sehat

Cara Membesarkan Payudara secara Sehat

Ukuran payudara sering dianggap sebagai salah satu faktor utama daya tarik seksual wanita. Oleh karenanya, banyak wanita yang mencari berbagai cara untuk membesarkan ukuran payudara. Ada berbagai cara membesarkan payudara, mulai dari cara alami hingga operasi. Mulai dari yang tanpa biaya, hingga yang berdana tinggi. Jika Anda berniat membesarkan payudara, mengenali berbagai cara yang ada dapat membuat Anda dapat menentukan mana pilihan yang paling tepat. Berikut ini beberapa cara yang umumnya dikenal untuk membesarkan payudara: Operasi Operasi augmentasi payudara yang biasanya dilakukan dengan implan payudara atau transfer lemak. Selain untuk mengangkat payudara (mastektomi) dan merekonstruksi bentuk payudara, operasi implan payudara umumnya dilakukan untuk memperbesar ukuran payudara. Biasanya terdapat dua jenis implan payudara: Implan silikon dalam bentuk gel, cairan, atau padat serupa plastik. Implan salin atau air garam steril. Tiap jenis implan punya kekurangan dan kelebihan. Implan dapat bertahan hingga 10 ? 15 tahun. Implan umumnya ditempatkan di antara otot dada dan jaringan payudara. Operasi ini umumnya tergolong aman jika dilakukan oleh dokter bedah yang berpengalama [...]

Amankah Mengonsumsi Pil Pelangsing?

Amankah Mengonsumsi Pil Pelangsing?

Pil pelangsing akan bekerja dengan baik jika dipadukan dengan gaya hidup sehat. Anda pernah mencoba mengonsumsi pil diet dengan harapan menurunkan berat badan dengan cepat? Berhati-hatilah karena selain berat badan bisa berisiko naik kembali setelah konsumsi dihentikan, pil tertentu kemungkinan mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh. Pada tahun 2010, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik enam merek obat diet dari pasaran karena mengandung sibutramin. Bahan ini mampu meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular. Mengenali Kandungan dalam Pil Pelangsing Pil diet yang dijual bebas maupun diresepkan dokter tersedia dengan kandungan bahan dan efek yang berbeda. Sebelum membeli atau mengonsumsinya, pastikan obat tersebut terdaftar di BPOM dan perhatikan nama kandungan yang tertera pada kemasan pil. Berikut ini adalah beberapa bahan yang umumnya terkandung di dalam pil pelangsing. Bahan yang tergolong efektif Berikut ini adalah bahan-bahan yang umumnya terkandung di dalam berbagai produk pelangsing. Bahan-bahan ini diperkirakan efektif untuk menurunkan berat badan, namun bukan berarti tidak mengandung risiko. Orlistat Cara kerja: mengurangi kadar lemak yang diserap oleh tubu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *