Tujuh Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

tujuh-manfaat-lemon-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-alodokter.jpg

Lemon yang mengandung vitamin C dianggap sebagai buah yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Selain mengandung vitamin C, lemon juga mengandung bioflavonoid yang menjadi salah satu bentuk antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas .

Tidak hanya mengandung 51 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh, lemon juga mengandung serat, protein, kalsium, dan masih banyak mineral lainnya. Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, lemon memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh.

Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Untuk mendapatkan manfaat lemon, Anda bisa dengan langsung mengonsumsinya atau dengan menambahkan beberapa bahan lainnya. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan manfaat lemon lainnya bagi kesehatan.

Meningkatkan daya tahan tubuh. Kenapa bisa membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh? Karena lemon mengandung vitamin C dengan kandungan yang tinggi dan bioflavonoid. Anda juga bisa terhindar dari flu jika mengonsumsi buah ini.

Melawan radikal bebas. Dengan mengonsumsi lemon baik diolah menjadi jus atau dimakan begitu saja dapat memberikan vitamin c dan antioksidan yang dapat membantu melawan penyebab kanker yaitu unsur-unsur radikal bebas.

Mencegah asma. Walau masih dalam tahap awal penelitian, mengonsumsi vitamin C sebanyak 1 gram per hari diduga dapat mencegah asma.

Menghilangkan ketombe. Campurkan satu gelas air dengan satu sendok teh lemon untuk menghilangkan ketombe membandel pada kulit kepala Anda. Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala Anda dan cuci setelah 2 menit.

Membantu penyerapan zat besi. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dengan menambah perasan jeruk lemon. Dengan begitu zat besi di dalam bayam akan lebih mudah terserap oleh tubuh. Zat besi penting bagi kesehatan tubuh karena kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia dan mengganggu fungsi-fungsi tubuh lainnya.

Meminimalkan risiko stroke iskemik. Wanita yang mengonsumsi banyak buah citrus dapat menurunkan kemungkinan untuk terkena stroke iskemik setidaknya sebanyak 19 persen dibandingkan mereka yang tidak. Walau hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut, tidak ada salahnya Anda memasukkan lemon ke dalam menu makanan Anda.

Mengangkat sel kulit mati. Dengan mencampurkan perasan lemon dan gula, Anda akan mendapatkan ramuan alami untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh atau wajah Anda.

Ambil Manfaatnya dan Tetap Perhatikan Hal Ini

Meski manfaat lemon baik bagi kesehatan dan kecantikan, Anda juga perlu memerhatikan pemakaiannya karena jika tidak justru bisa menimbulkan iritasi. Jika Anda menggunakan perasan jeruk lemon pada kulit, maka sebaiknya hindari paparan langsung sinar matahari. Karena kandungan yang terdapat di dalam lemon, yaitu psoralen, bisa membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif dengan paparan sinar matahari. Hindari paparan sinar matahari setidaknya selama 24 jam.

Selain itu, untuk menghindari atau meminimalkan iritasi, Anda bisa mencampurkan perasan jeruk lemon dengan air. Serta hindari daerah kulit yang tipis seperti bibir atau sekitar mata.

Tidak hanya memerhatikan pemakaiannya, jika Anda ingin menggunakan lemon sebagai perawatan kulit, perhatikan juga kondisi kulit Anda. Berikut ini adalah beberapa kondisi kulit yang sebaiknya tidak menggunakan lemon sebagai perawatan kulit.

  • Kulit kering
  • Kulit pecah-pecah
  • Kulit sensitif
  • Seboroik dermatitis

Lemon kaya vitamin C dan kandungan lainnya yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaatkan kandungan yang ada di dalam lemon sebaik-baiknya untuk menjaga kesehatan Anda dan mendapatkan kulit sehat yang diinginkan. Dengan mengonsumsi lemon secara teratur dan tidak berlebihan, Anda bisa menuai manfaat-manfaatnya secara maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Faktor-faktor Pendukung Senam Mengecilkan Perut

Faktor-faktor Pendukung Senam Mengecilkan Perut

Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang demi mendapatkan perut rata bebas buncit. Salah satu cara yang patut dicoba adalah senam mengecilkan perut. Timbunan lemak di daerah perut bukan datang tanpa sebab. Adalah hormon kortisol yang memiliki andil menahan lemak perut. Lalu, mampukah senam mengecilkan perut mengatasinya? Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Perut Rata Sebelum melakukan senam mengecilkan perut, ketahui dahulu beberapa hal penting terkait lemak perut agar tidak terjadi kesalahpahaman dan rasio keberhasilannya makin tinggi. Lemak di perut terjadi ketika faktor kalori yang berlebihan berjumpa dengan faktor hormon kortisol dan insulin. Walaupun kita mengurangi asupan berkalori, pembakaran lemak di daerah perut bisa terasa lebih lambat dibanding penurunan berat badan. Hal ini karena pembakaran lemak tersebut juga banyak bergantung pada naik turunnya kadar hormon di dalam darah. Banyaknya produksi hormon insulin terkait dengan jumlah makanan mengandung karbohidrat atau gula yang dikonsumsi. Sementara itu, hormon kortisol terkait erat dengan tingkat stres seseorang serta kualitas dan kuantitas tidur. Untuk itu, cukupi kebutuhan tidur demi menjaga level kortisol yang stabil d [...]

Manfaat dan Cara Mengencangkan Bokong dengan Senam

Manfaat dan Cara Mengencangkan Bokong dengan Senam

Memiliki tubuh indah dan kencang, merupakan dambaan banyak orang. Sejumlah cara dilakukan agar tubuh tampil menawan termasuk bagian bokong. Bagi sebagian orang, bokong merupakan bagian tubuh yang bisa mewakili kesan seksi. Namun, ada juga yang enggan melakukan latihan pembentukan tubuh, karena alasan kesibukan. Padahal, latihan oleh tubuh diperlukan untuk membentuk dan mengencangkan otot-otot. Meski demikian, faktor hormonal dan faktor genetik juga berpengaruh terhadap bentuk bokong. Manfaat Mengencangkan Bokong Faktor yang menentukan bentuk dan keindahan bokong adalah otot bokong dan lapisan lemak di atasnya. Duduk terus menerus dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan otot bokong menyusut atau mengecil. Dengan otot yang mengecil dan beban lapisan lemak di atasnya, kondisi ini membuat bokong tampak kendur. Keadaan ini juga diduga sebagai pemicu sakit pinggang dan kesulitan dalam melakukan gerakan-gerakan yang menggunakan otot bokong, seperti naik tangga, atau berdiri setelah duduk. Untuk yang memiliki bokong kencang, sebaiknya rutin melakukan latihan dan menjaga berat badan tetap ideal. Senam untuk seluruh tubuh dapat membakar lemak tubuh termasuk lemak di bokong. Tap [...]

Menyelidiki Pelecehan Seksual Pada Anak

Menyelidiki Pelecehan Seksual Pada Anak

Pelecehan seksual adalah fenomena yang mulai sering terjadi di lingkungan kita. Karena anak masih belum mengerti, hal tersebut bisa sulit untuk diketahui oleh orang tua. Pengertian pelecehan seksual pada anak adalah segala jenis kontak seksual antara orang dewasa kepada siapa pun yang berumur di bawah 18 tahun. Selain itu, dikatakan pelecehan seksual pada anak jika salah satu pelakunya lebih tua atau lebih dominan. Kriteria kedua ini tanpa melihat seberapa tua usia para pelakunya. Yang menjadi inti persoalan adalah salah satu pihak tidak berdaya terhadap pihak lainnya. Pelaku pelecehan seksual pada anak bukan saja berasal dari pihak luar. Ada juga pihak keluarga yang melakukan hal semacam itu. Jika pelecehan seksual pada anggota keluarga dilakukan oleh salah satu anggota keluarga, maka hal tersebut disebut inses. Beberapa tindakan pelecehan seksual pada anak bisa berupa ciuman, menyentuh kemaluan anak, berhubungan seksual, atau memberikan paparan pornografi pada anak. Pelecehan seksual pada anak terjadi karena anak dipaksa atau dibujuk. Sayangnya, banyak anak yang tidak menyadari atau memahami tindakan yang diminta kepada dirinya. Apalagi, saat ini pelecehan seksual tidak semata- [...]

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jamur untuk Mencegah Penyakit

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jamur untuk Mencegah Penyakit

Jamur tak hanya dikenal lezat, namun juga mendukung kondisi kesehatan. Mari mengetahui kandungan gizi lebih jauh, untuk mengambil manfaat jamur yang dapat menekan risiko penyakit berbahaya. Penelitian mengungkap, jamur memiliki manfaat antara lain antiradang, antivirus, antibakteri, dan mengandung nutrisi yang dapat mendukung imunitas atau daya tahan tubuh. Kemudian, penelitian lain menunjukkan konsumsi jamur yang dikembangkan secara alami dapat menekan risiko obesitas, diabetes, dan sakit jantung. Selain itu, jamur juga bermanfaat untuk sumber energi, meningkatkan stamina tubuh, kesehatan rambut, sekaligus menjaga berat badan. Kandungan nutrisi dari jamur yang dapat membantu mencegah penyakit, antara lain: Vitamin B. Asam folat sebagai salah satu jenis vitamin B di dalam jamur ini dapat memengaruhi serta memperbaiki proses sintesa DNA, sehingga mampu mencegah mutasi gen penyebab kanker. Sementara, kandungan kolin dalam jamur dapat membantu memperbaiki gangguan tidur, gerakan otot, serta kemampuan belajar dan daya ingat. Nutrisi ini juga dapat membantu penyerapan lemak dan mengurangi peradangan kronis pada tubuh. Vitamin C. Bersama dengan serat dan kalium, kandungan vitamin C m [...]

Hati-Hati Menerapkan Diet Golongan Darah O, A, B, AB

Hati-Hati Menerapkan Diet Golongan Darah O, A, B, AB

Berbagai jenis diet untuk menurunkan berat badan kini banyak beredar. Salah satunya adalah diet golongan darah. Sebagaimana namanya, diet tersebut didasarkan pada golongan darah. Meski terdengar menarik, diet ini tidak direkomendasikan sebab belum didukung oleh bukti-bukti ilmiah. Salah satu risiko dari diet ini adalah kesulitan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sepenuhnya karena larangan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Tata Cara yang Disarankan Salah satu penggagas diet golongan darah yaitu Peter D?Adamo, seorang dokter naturopati. Dia meyakini bahwa karakteristik golongan darah memengaruhi sistem pencernaan. Teori yang mendasari adalah tiap golongan darah mencerna lektin secara berbeda. Lektin adalah sejenis protein. Jika kandungan lektin dari makanan tidak sesuai dengan golongan darah, maka dapat memicu perut kembung, peradangan, melambatnya metabolisme dan memicu penyakit lain, seperti kanker. Tiga kategori makanan dalam diet golongan darah adalah bermanfaat, netral, dan harus dihindari. Makanan netral akan dianggap sebagai asupan untuk tubuh. Sementara makanan yang bermanfaat akan dianggap dapat bekerja sebagai obat dan makanan yang harus dihindari, sebagai racun. Konsu [...]

Makanan dan Minuman yang Justru Memicu Dehidrasi

Makanan dan Minuman yang Justru Memicu Dehidrasi

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membuat tubuh sering ingin buang air kecil berisiko menyebabkan dehidrasi. Mengurangi konsumsi air minum agar tidak terlalu sering buang air kecil? Anda salah besar. Kurang mengonsumsi air minum justru akan menyebabkan gangguan pada saluran kemih. Tingginya frekuensi buang air kecil dapat terpicu oleh konsumsi zat atau unsur tertentu di dalam makanan dan minuman. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membuat tubuh lebih sering buang air kecil: Cokelat. Hindari mengonsumsi cokelat menjelang waktu tidur. Beralih ke cokelat putih lebih dapat mengurangi risiko buang air kecil. Buah-buahan yang bersifat asam, seperti anggur, jeruk, lemon, dan nanas. Buah-buahan yang lain, seperti pisang dan apel juga berpeluang menambah produksi urine. Tomat serta semua makanan dan minuman yang berbahan dasar tomat, seperti jus tomat, sambal tomat, dan saus tomat. Cabai dan semua makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pada kandung kemih. Gula dan pemanis buatan yang banyak terkandung dalam makanan serta minuman ringan. Bawang bombai, bawang putih, peterseli, serta daun bawang yang ditumis lebih tidak berisiko dibandingkan bawan [...]

Cara Memilih Daging dan Seafood Segar

Cara Memilih Daging dan Seafood Segar

Apakah Anda bosan dengan ayam sebagai sumber protein? Jangan khawatir, ada beragam jenis daging dan seafood atau makanan laut yang bisa Anda coba. Kandungan nutrisinya pun sangat bermanfaat untuk tubuh Anda. Hanya saja untuk memilih daging dan seafood ini tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar terhindar dari produk yang dapat berisiko untuk kesehatan. Cermat Melihat Ciri Daging Segar Kelompok makanan daging tidak hanya sapi dan ayam, tapi juga termasuk berbagai jenis unggas lain dan seafood. Daging memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral. Sebaiknya pilih daging dengan lemak yang paling sedikit. Lemak dapat dilihat seperti garis putih pada daging. Untuk mengenali daging segar, ada baiknya Anda mengetahui lebih lanjut indikator kualitas daging secara keseluruhan, antara lain: Bau Daging yang segar dari jenis hewan manapun hampir tidak berbau. Ketika dilakukan pengemasan, kemungkinan akan timbul sedikit bau yang berasal dari kelembapan daging dari kemasan. Oleh sebab itu, daging yang tidak segar ditandai dengan bau tidak sedap karena penurunan kualitas protein. Bau yang hampir seperti amonia merup [...]

Kalori: Kunci Berat Badan Sehat

Kalori: Kunci Berat Badan Sehat

Berat badan akan bertambah jika Anda mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang dibakar tubuh. Kalori adalah takaran energi dalam makanan. Kunci berat badan sehat adalah mengetahui berapa kandungan kalori dalam makanan yang Anda konsumsi sehingga dapat disesuaikan dengan jumlah energi yang dibakar oleh tubuh. Bahan Bakar Tubuh Tubuh membutuhkan energi dari kalori dalam makanan untuk dapat beraktivitas. Umumnya rata-rata wanita membutuhkan sekitar 2.000 kilo calori (kcal) per hari, sementara rata-rata pria memerlukan 2.500 kcal. Namun jumlah kalori yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda tergantung kepada tinggi, berat tubuh dan tingkat keaktivan mereka. Banyak faktor yang dapat memengaruhi jumlah kalori yang dibakar tubuh saat beraktivitas fisik. Di antaranya adalah usia dan jenis kegiatan yang dilakukan. Misalnya bersepeda akan lebih banyak membakar kalori dibandingkan berjalan santai. Jika tidak digunakan sebagai bahan bakar, kalori yang lebih akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Menghitung Kalori Karbohidrat, protein, dan lemak adalah jenis nutrisi mengandung kalori yang berperan sebagai bahan bakar tubuh. Tiap gram lemak rata-rata mengandung 9 kalori, sementara karbohidrat [...]

Diet Detoksifikasi: Perlu dan Aman Dilakukan?

Diet Detoksifikasi: Perlu dan Aman Dilakukan?

Diet detoksifikasi alias diet detoks bertujuan membersihkan tubuh dari racun atau zat-zat berbahaya. Tapi ternyata tidak seampuh dan seaman yang kita duga. Detoksifikasi mengacu pada proses menghilangkan racun atau toksin dari tubuh yang merugikan kesehatan dalam jangka pendek atau panjang. Racun tersebut berupa kontaminan (bahan yang dianggap mengkontaminasi nutrisi yang berguna bagi kesehatan) seperti pengawet, pewarna makanan, pestisida, dan penguat rasa. Metode detoksifikasi yang populer dalam beberapa tahun belakangan ini adalah diet detoks. Diet detoks dapat berupa puasa, menghindari lemak atau karbohidrat, hanya mengonsumsi makanan/minuman tertentu (seperti buah-buahan, sayuran, jus, atau air) atau makanan dengan kandungan serat tinggi, serta menghindari makanan olahan. Ada pula yang menganjurkan menggunakan ramuan herba dan suplemen lainnya untuk mengosongkan usus. Beberapa orang percaya bahwa mencerna makanan dapat membuat tubuh mengalami ?stres?. Diet detoksifikasi seperti hanya minum air putih atau jus diyakini dapat menghilangkan stres semacam itu dan memungkinkan tubuh untuk beristirahat. Sedangkan diet detoks tinggi serat diklaim dapat membakar lemak yang terkumpul [...]

Pakai Bra Saat Tidur, Berbahayakah?

Pakai Bra Saat Tidur, Berbahayakah?

Sebagian besar wanita mungkin lebih memilih melepas bra ketika hendak tidur. Alasannya mungkin agar lebih nyaman sekaligus menghindari dampak buruk akibat pemakaiannya. Ya, menurut kabar yang beredar di masyarakat, memakai bra saat tidur kerap dikaitkan dengan kanker payudara. Menurut isu yang beredar, bra mungkin dapat menghambat sirkulasi pada getah bening dan mengganggu pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Hal tersebut dianggap bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Penyebab kanker payudara sendiri hingga saat ini belum bisa dipastikan. Namun, yang para dokter tahu, kanker payudara dapat terjadi ketika ada sel-sel pada payudara yang tidak tumbuh secara normal. Sel-sel ini berkembang dengan cepat sehingga membentuk benjolan pada payudara. Sel-sel ini mungkin dapat menyebar ke kelenjar getah bening atau bagian tubuh Anda lainnya. Nah, sayangnya, para ahli belum bisa menemukan bukti ilmiah yang menyatakan bahwa pemakaian bra saat tidur dapat menyebabkan kanker payudara. Bahkan, memakai bra berkawat (jenis bra yang paling sering dikambinghitamkan sebagai penyebab kanker) juga tidak meningkatkan risiko Anda terkena kanker payudara. Jadi, Anda bisa memakainya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *