Tujuh Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

tujuh-manfaat-lemon-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-alodokter.jpg

Lemon yang mengandung vitamin C dianggap sebagai buah yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Selain mengandung vitamin C, lemon juga mengandung bioflavonoid yang menjadi salah satu bentuk antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas .

Tidak hanya mengandung 51 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh, lemon juga mengandung serat, protein, kalsium, dan masih banyak mineral lainnya. Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, lemon memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh.

Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Untuk mendapatkan manfaat lemon, Anda bisa dengan langsung mengonsumsinya atau dengan menambahkan beberapa bahan lainnya. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan manfaat lemon lainnya bagi kesehatan.

Meningkatkan daya tahan tubuh. Kenapa bisa membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh? Karena lemon mengandung vitamin C dengan kandungan yang tinggi dan bioflavonoid. Anda juga bisa terhindar dari flu jika mengonsumsi buah ini.

Melawan radikal bebas. Dengan mengonsumsi lemon baik diolah menjadi jus atau dimakan begitu saja dapat memberikan vitamin c dan antioksidan yang dapat membantu melawan penyebab kanker yaitu unsur-unsur radikal bebas.

Mencegah asma. Walau masih dalam tahap awal penelitian, mengonsumsi vitamin C sebanyak 1 gram per hari diduga dapat mencegah asma.

Menghilangkan ketombe. Campurkan satu gelas air dengan satu sendok teh lemon untuk menghilangkan ketombe membandel pada kulit kepala Anda. Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala Anda dan cuci setelah 2 menit.

Membantu penyerapan zat besi. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dengan menambah perasan jeruk lemon. Dengan begitu zat besi di dalam bayam akan lebih mudah terserap oleh tubuh. Zat besi penting bagi kesehatan tubuh karena kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia dan mengganggu fungsi-fungsi tubuh lainnya.

Meminimalkan risiko stroke iskemik. Wanita yang mengonsumsi banyak buah citrus dapat menurunkan kemungkinan untuk terkena stroke iskemik setidaknya sebanyak 19 persen dibandingkan mereka yang tidak. Walau hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut, tidak ada salahnya Anda memasukkan lemon ke dalam menu makanan Anda.

Mengangkat sel kulit mati. Dengan mencampurkan perasan lemon dan gula, Anda akan mendapatkan ramuan alami untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh atau wajah Anda.

Ambil Manfaatnya dan Tetap Perhatikan Hal Ini

Meski manfaat lemon baik bagi kesehatan dan kecantikan, Anda juga perlu memerhatikan pemakaiannya karena jika tidak justru bisa menimbulkan iritasi. Jika Anda menggunakan perasan jeruk lemon pada kulit, maka sebaiknya hindari paparan langsung sinar matahari. Karena kandungan yang terdapat di dalam lemon, yaitu psoralen, bisa membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif dengan paparan sinar matahari. Hindari paparan sinar matahari setidaknya selama 24 jam.

Selain itu, untuk menghindari atau meminimalkan iritasi, Anda bisa mencampurkan perasan jeruk lemon dengan air. Serta hindari daerah kulit yang tipis seperti bibir atau sekitar mata.

Tidak hanya memerhatikan pemakaiannya, jika Anda ingin menggunakan lemon sebagai perawatan kulit, perhatikan juga kondisi kulit Anda. Berikut ini adalah beberapa kondisi kulit yang sebaiknya tidak menggunakan lemon sebagai perawatan kulit.

  • Kulit kering
  • Kulit pecah-pecah
  • Kulit sensitif
  • Seboroik dermatitis

Lemon kaya vitamin C dan kandungan lainnya yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaatkan kandungan yang ada di dalam lemon sebaik-baiknya untuk menjaga kesehatan Anda dan mendapatkan kulit sehat yang diinginkan. Dengan mengonsumsi lemon secara teratur dan tidak berlebihan, Anda bisa menuai manfaat-manfaatnya secara maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Masker Kopi untuk Kulit Awet Muda

Masker Kopi untuk Kulit Awet Muda

Kopi tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi. Bubuk kopi juga dapat diolah dengan paduan bahan lain untuk menjadi masker yang diklaim bermanfaat mengangkat sel kulit mati. Masker adalah paduan bahan yang dioleskan pada permukaan wajah, dibiarkan selama beberapa waktu hingga mengering, untuk kemudian dibilas bersih. Proses pendiaman bertujuan agar bahan aktif dalam masker tersebut meresap ke dalam kulit. Kaya akan Kandungan Antioksidan Berbagai bahan alami dapat digunakan sebagai paduan masker, mulai dari buah, sayur, hingga biji-bijian, termasuk kopi. Selain aromanya yang menenangkan, biji kopi sendiri adalah bahan yang kaya akan kandungan antioksidan alami bernama quinines, yang akan menjadi makin aktif setelah dipanggang. Meski manfaat kopi yang dioleskan pada kulit sebagai masker belum terbukti, namun yang pasti antioksidan sendiri sangat dibutuhkan kulit untuk menangkal radikal bebas agar tetap awet muda. Radikal bebas adalah sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu. Dari luar tubuh, radikal bebas dapat ditimbulkan dari asap rokok dan radiasi sehingga menyebabkan penuaan kulit lebih dini. Membuat Masker Kopi Sendiri Berbagai bahan dapat dip [...]

Unsur yang Menjadikan Kosmetik Berbahaya

Unsur yang Menjadikan Kosmetik Berbahaya

Para ahli telah meneliti bahwa bahan-bahan tertentu yang terkandung di dalam produk kosmetik tertentu berisiko membahayakan kesehatan penggunanya. Dengan kata lain, kosmetik yang selama ini membuat Anda terlihat lebih cantik, ternyata perlu diteliti kandungannya sebelum digunakan tiap hari. Sebuah penelitian terhadap efek samping produk kecantikan menyatakan bahwa rata-rata pada tiap harinya, wanita menggunakan 10 produk kosmetik yang memungkinkannya terpapar oleh 126 jenis bahan kimia. Beberapa bahan-bahan kimia tersebut berisiko menyebabkan gangguan sistem reproduksi, kanker, maupun diabetes. Bahan-Bahan yang Berisiko Menjadikan Kosmetik Berbahaya Anda disarankan untuk mengetahui sekaligus memahami bahan-bahan yang terkandung di dalam kosmetik agar dapat lebih berhati-hati saat memilih produk kecantikan. Inilah beberapa bahan yang dapat berdampak buruk pada. Merkuri Merkuri akan terserap ke dalam kulit. Materi ini kerap ditambahkan pada eye shadow sebagai bahan pengawet. Selain itu, juga dapat ditemukan dalam krim pemutih kulit. Bahaya dari zat ini adalah dapat menyebabkan kerusakan otak. Selain itu, beberapa penelitian mencurigai adanya hubungan antara autisme dengan papar [...]

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Memiliki bibir merah merona yang alami menjadi salah satu impian sebagian wanita. Lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk memerahkan bibir secara alami. Bibir merupakan bagian kulit yang unik karena tidak dilengkapi kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya. Bibir juga lebih tipis dari kulit lainnya sehingga memungkinkan pembuluh darah yang ada di bagian ini terlihat. Kehadiran pembuluh darah yang mudah terlihat inilah yang membuat bibir memiliki warna merah nan indah. Jika tidak dirawat dengan baik, bibir dapat menjadi kering, kasar, hingga pecah-pecah. Hal tersebut dapat membuat bibir terlihat kusam. Langkah-langkah Untuk Memerahkan Bibir Secara Alami Memerahkan bibir secara alami bisa dilakukan dengan memerhatikan beberapa hal berikut. Menggosok bibir Membuang kulit bibir yang terkelupas bisa dilakukan untuk mendapatkan bibir merah alami. Oleskan setetes gula atau madu pada bibir, kemudian gosok perlahan. Setelah selesai menggosok, sekalah hingga kering. Setelah itu, oleskanlah lip balm pada bibir. Membuang sel-sel mati berupa kulit yang terkelupas akan membuat sel-sel epidermis membantu merangsang pertumbuhan kolagen baru. Tumbuhnya kolagen baru bermanfaa [...]

Rambu-rambu Pemutihan Gigi

Rambu-rambu Pemutihan Gigi

Pemutih gigi sebaiknya hanya diaplikasikan pada orang dengan gigi dan gusi yang sehat. Pemutih gigi bekerja dengan mempercerah warna gigi asli. Perawatan ini dapat dikerjakan oleh dokter gigi profesional, salon kecantikan, atau dilakukan sendiri dengan perangkat yang dijual bebas di pasaran. Namun selain tidak bersifat permanen, terdapat risiko lainnya jika menjalani pemutihan gigi oleh pihak-pihak yang bukan tenaga profesional. Proses Pemutihan Gigi Pemutihan gigi dilakukan dokter dengan dua cara utama: Cetakan gigi Dokter akan membuat cetakan gigi Anda. Cetakan ini dikenakan di rumah bersamaan dengan penggunaan gel pemutih pada gigi. Perawatan yang berlangsung selama kurang lebih sebulan ini mengharuskan Anda berkunjung rutin ke dokter untuk memeriksakan gigi. Beberapa jenis gel pemutih tertentu dapat digunakan hingga delapan jam sehingga periode perawatan dapat menjadi lebih singkat. Laser pemutih Laser disorot ke jajaran gigi yang sudah diolesi produk pemutih. Sorotan yang dilakukan selama sekitar 60 menit ini berguna untuk mengaktifkan pemutih tersebut. Perawatan ini berharga lebih mahal. Berbagai Cara Memutihkan Gigi Selain memutihkan gigi dengan jasa dokter gigi, perawata [...]

Jangan Salah, Kandungan dan Manfaat Buah Nanas Ada Banyak

Jangan Salah, Kandungan dan Manfaat Buah Nanas Ada Banyak

Buah nanas ternyata mengandung banyak zat yang dapat berguna untuk tubuh. Salah satunya adalah bromelain, yang diduga bersifat antiinflamasi atau anti pembengkakan, dan beberapa nutrisi lain. Bromelain dipercaya turun temurun untuk meredakan pembengkakan sinus dan saluran pencernaan, sebagai pembersih luka bakar, pencegah penyakit paru-paru basah, membuat tubuh langsing, bahkan mencegah kanker. Apakah semua pendapat diatas benar? Bagaimana penelitian membuktikan kandungan dan manfaat nanas? Ada baiknya kita mengetahui hal-hal ini agar tidak salah kaprah. Kandungan Nutrisi di Dalam Sebuah Nanas Buah tropical ini banyak mengandung vitamin C. Dalam 3,5 ons buah nanas terdapat 47,8 mg vitamin C. Selain itu juga mengandung vitamin B, berbagai mineral seperti mangan, dan serat. Buah nanas adalah satu-satunya sumber bromelain, yaitu enzim proteolitik yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sampai saat ini, tidak ada satu pun penelitian ilmiah yang dapat memastikan apakah bromelain benar-benar berguna sebagai pengobatan. Nanas dapat dijadikan jus, di mana 200 ml jus nanas mengandung sekitar 25 mg vitamin C. Ini cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C p [...]

Obat Tidur dan Dampaknya Terhadap Kesehatan

Obat Tidur dan Dampaknya Terhadap Kesehatan

Jika tidak dikonsumsi dengan bijak, obat tidur dapat membawa efek samping yang tidak ringan, seperti diare, gangguan ingatan, alergi, hingga ketergantungan. Anda mengalami gangguan tidur? Jangan terburu-buru mengonsumsi obat tidur untuk mengatasinya. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya, ada baiknya mengetahui apa saja efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan obat tidur. Jenis Obat Tidur Ada berbagai jenis obat tidur dengan manfaat dan risiko berbeda. Ada yang dapat membuat Anda tidur lebih lama atau membantu Anda untuk lebih mudah tidur. Obat tidur dalam kelompok benzodiazepines disebut sebagai penenang sistem saraf pusat yang berperan memperlambat kerja sistem saraf. Sementara kelompok lain, non-benzodiazepine, memiliki efek samping lebih aman. Oleh karenanya, agar dapat menemukan obat yang tepat, sebelum meresepkan obat tidur, dokter biasanya akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada Anda mengenai hal-hal berikut: Pola tidur Anda dan berbagai aktivitas lain yang memengaruhi hal tersebut. Tes untuk mendeteksi kondisi yang melatarbelakangi gangguan tidur. Diskusi tentang jenis, dosis, dan efek samping obat tidur, termasuk ada tidaknya obat tidur generik d [...]

Ternyata Tidak Sulit Mengatasi Stres

Ternyata Tidak Sulit Mengatasi Stres

Anda pernah merasa mudah marah, gelisah, frustrasi, kesepian, sulit menenangkan pikiran, kerap berpikir negatif, atau mulai kecanduan alkohol? Jika demikian, bisa jadi Anda mengalami stres dan Anda harus segera mengatasi kondisi ini. Stres adalah kondisi normal yang pernah dialami oleh tiap orang dewasa. Stres yang normal bisa memberikan dampak positif, misalnya membantu Anda bekerja lebih cepat ketika sedang mengejar masa tenggat waktu. Namun hati-hati, kondisi stres bisa berdampak negatif jika sering terjadi dan berkepanjangan. Stres yang berkepanjangan bisa memicu Anda terkena penyakit. Mungkin Anda bertanya-tanya, ?Kenapa stres bisa menyebabkan penyakit??. Jawabannya, stres bukan hanya sekadar perasaan. Kondisi stres akan memicu beberapa reaksi, seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, dan Anda pun akan bernapas lebih cepat. Hal ini disebabkan tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma sehingga Anda merasa mudah lelah. Sistem kekebalan seseorang yang sedang stres juga akan menurun sehingga menjadikan tubuh sulit melawan penyakit. Hasilnya Anda akan leb [...]

Beragam Manfaat Mandi Air Hangat

Beragam Manfaat Mandi Air Hangat

Mandi air hangat tidak hanya bisa mengatasi dinginnya mandi di pagi hari. Mandi atau berendam air hangat dipercaya juga bisa membantu Anda meredakan nyeri, gatal, dan sakit di sekitar panggul atau organ intim. Ketika merasakan bagian perut atau panggul sakit, sebagian orang akan mengompres bagian yang sakit dengan kompres air hangat. Selain dengan kompres air hangat, cobalah untuk mandi atau berendam air hangat karena ternyata mandi air hangat tidak kalah pentingnya dalam memberikan manfaat. Manfaat Mandi Air Hangat Manfaat mandi air hangat dapat memperlancar peredaran darah Anda. Tidak hanya memberikan kehangatan, mandi air hangat juga bisa meredakan rasa gatal atau sakit di sekitar organ intim. Serta dapat menjadi salah satu cara membersihkan daerah perineum (daerah antara vulva (bibir kelamin luar) atau skrotum (kantung pelir) dan lubang anus). Berikut ini adalah kepercayaan banyak orang akan manfaat mandi air hangat lainnya yang perlu Anda ketahui, Sembelit. Kondisi di mana pergerakan usus tidak teratur, sehingga sulit untuk buang air besar dalam jangka waktu yang cukup lama. Sembelit bisa menimbulkan rasa tegang di sekitar perut. Mandi air hangat dipercaya dapat menjadi sa [...]

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Realistis

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Realistis

Bagi sebagian orang, memiliki bobot ideal mungkin hanya angan-angan. Namun seharusnya tidak demikian. Meski tidak mudah, menurunkan berat badan bisa dilakukan. Lalu bagaimana cara realistis mencapai berat badan yang diinginkan? Pada dasarnya, berat badan tergantung kepada asupan kalori yang masuk dan seberapa banyak pengeluaran kalori dari aktivitas tubuh. Berat badan ideal akan tercapai jika asupan kalori sesuai dengan energi yang dikeluarkan oleh tubuh. Sedangkan untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengonsumsi kalori lebih sedikit dan meningkatkan aktivitas fisik untuk membakar kalori tubuh. Menetapkan Sasaran dengan Jelas Membuat perubahan dan disiplin merupakan kunci penurunan berat badan. Mari kita pelajari bagaimana cara menurunkan berat badan. Langkah pertama adalah membuat rencana penurunan berat badan dengan rentang waktu yang realistis. Misalnya Anda menargetkan untuk menurunkan 4 kg selama 1-2 bulan. Setelah berhasil mencapai target tersebut, maka buat target yang selanjutnya. Kemudian mulailah membuat rencana tindakan terhadap rencana tersebut. Sebagai contoh, Anda mulai mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan penutup, seperti kue yang manis. Jika biasanya makan [...]

Suasana Hati Buruk? Atasi dengan Makanan Ini

Suasana Hati Buruk? Atasi dengan Makanan Ini

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, makanan ternyata bisa memperbaiki suasana hati buruk. Lalu, makanan seperti apa yang bisa membuat suasana hati membaik? Makanan dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari gaya hidup yang tidak sehat dan membuat stres. Misalnya saja terlalu banyak mengonsumsi kafein akan menyebabkan kurang tidur. Kurang tidur berisiko stres, dan begitu seterusnya. Sebaliknya, kamu pasti sudah sering mendengar bagaimana makanan sehat bisa memberikan efek menenangkan pada diri kita, bukan? Penelitian menyatakan bahwa terdapat beberapa kandungan dari makanan yang terkait dengan efek menenangkan tersebut, antara lain magnesium, asam lemak omega-3, triptofan, cokelat, makan dengan indeks glikemik rendah, asam folat, dan berbagai vitamin B lainnya. Makanan Pengikis Suasana Hati Negatif Setelah mengetahui kandungan makanan yang berperan penting dalam memperbaiki suasana hati, saatnya mengetahui apa saja makanan yang bisa dikonsumsi. Beberapa jenis makanan di bawah ini bisa kamu pilih sebagai pemberi efek positif bagi suasana hatimu. Pisang Salah satu kontribusi penting dari pisang adalah asam amino triptofan dan vitamin B6. Vitamin B6 berperan menduku [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *