Tujuh Penyebab Telinga Gatal yang Bisa Berbahaya

telinga-gatal-aldokter.jpg

Walau berukuran kecil, tapi telinga berperan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Oleh karena dipenuhi dengan serat saraf yang sensitif, maka jika terjadi sedikit gangguan saja, telinga bisa memberikan reaksi tertentu, salah satunya adalah timbulnya rasa gatal.

Telinga gatal sering dianggap sebagai hal yang biasa. Padahal telinga gatal dapat menjadi tanda adanya kondisi lain yang lebih serius. Mengetahui berbagai kemungkinan penyebabnya dapat membuat Anda lebih siap menangani kondisi tersebut. Lima hal berikut adalah penyebab yang paling umum:

Infeksi telinga (otitis eksterna)

Otitis eksterna adalah infeksi pada saluran yang menghubungkan lubang telinga luar dengan gendang telinga. Kondisi ini disebut juga sebagai swimmer?s ear karena sering terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak yang menghabiskan banyak waktu dengan berenang. Air yang tersisa dalam saluran telinga dapat menjadi media perkembangbiakan bakteri. Selain gatal dan nyeri, infeksi juga dapat menyebabkan telinga merah dan telinga bengkak. Infeksi akibat kerusakan lapisan luar telinga dapat diakibatkan juga oleh luka garukan, gesekan oleh penggunaan headphones, atau cotton bud.

Pada kasus tertentu, otitis eksterna dapat menyebar hingga ke jaringan di luar telinga, seperti wajah dan rahang, sehingga menjadi otitis eksterna ganas. Kondisi ini banyak disebabkan oleh bakteri Pseudomonas aeruginosa. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat mengancam nyawa karena dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebar ke otak.

Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit jangka panjang (kronis) yang menyerang kulit. Gejala psoriasis antara lain adalah ruam memerah, kulit menebal, terkelupas, dan terasa kering serta bersisik. Sel kulit pengidap psoriasis berkembang lebih cepat dari biasanya, sehingga sel-sel kulit mati menumpuk dan mengakibatkan kulit kering dan kulit gatal. Kondisi ini terutama terjadi pada kelompok usia 15-35 tahun.Walau biasanya timbul pada lutut, punggung bagian bawah, siku atau kulit kepala, psoriasis juga dapat terjadi di telinga.

Kulit kering

Kulit kering pada telinga dapat terjadi ketika telinga tidak memproduksi cukup lilin sebagai bahan pelumas. Selain rasa gatal, Anda mungkin juga akan mendapati kulit yang mengelupas dari dalam telinga.

Dermatitis saluran telinga

Kondisi ini terjadi akibat peradangan pada kulit dalam telinga dan saluran telinga. Umumnya kondisi ini dapat terjadi sebagai reaksi alergi terhadap benda asing, seperti penggunaan perhiasan atau produk kecantikan.

Penggunaan alat bantu dengar

Telinga dapat bereaksi alergi terhadap alat bantu dengar yang digunakan. Selain itu, alat ini juga dapat menyebabkan air terjebak di dalam telinga.

Rhinitis

Peradangan pada lapisan rongga hidung yang dapat bersifat musiman ataupun terjadi secara terus-menerus. Kondisi ini dapat berupa alergi ataupun tidak. Rhinitis alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mendeteksi dan mengusir benda asing atau sumber penyebab alergi dengan mengeluarkan histamin. Selain hidung berair dan sering bersin, gatal pada telinga dapat terjadi.

Penumpukan lilin telinga

Tubuh dapat memproduksi terlalu banyak lilin telinga sehingga terjadi penumpukan pada saluran telinga. Lilin ini sebenarnya berperan melindungi telinga bagian dalam dari bakteri dan debu. Tetapi penggunaan cotton bud dapat membuat lilin ini justru makin masuk ke dalam telinga dan menutup jalan telinga sehingga timbul nyeri dan gatal.

Penanganan telinga gatal akan disesuaikan dengan penyebab terjadinya kondisi tersebut. Secara umum, berikut cara-cara yang dapat dilakukan:

Jika disebabkan oleh penggunaan produk kecantikan, maka pemakaiannya harus dihentikan.

  • Hindari memasukkan benda ke dalam telinga yang berisiko menyebabkan iritasi.
  • Bersihkan telinga secara teratur pada dokter THT atau pakailah obat tetes telinga yang dapat dibeli bebas. Hindari membersihkannya sendiri dengan benda-benda, seperti cotton bud atau penjepit rambut.
  • Kenakan perhiasan anti-alergenik untuk menghindari gatal akibat alergi.
  • Orang yang sering berenang dapat mengenakan penutup telinga atau membersihkan air yang masuk ke telinga secara teratur.

Walau umumnya tidak berbahaya, tapi segera periksakan diri ke dokter jika telinga gatal yang dialami juga disertai gejala-gejala lain, seperti demam, telinga bengkak, keluarnya cairan dari dalam telinga, dan keluar darah dari telinga. Dokter spesialis THT (telinga hidung tenggorokan) dapat meresepkan salep antibiotik, krim hidrokortison atau betametason, baby oil, atau salep steroid untuk meredakan peradangan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Kematian

Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Kematian

Sering duduk lebih dari 6 jam sehari? Anda harus berhati-hati. Penelitian terbaru menunjukan duduk terlalu lama bisa berakibat buruk terhadap kesehatan.Penelitian ini bukan main-main. Dikutip dari CNN, Senin (27/06/2011) penelitian ini dilakukan oleh American Cancer Society terhadap lebih dari 123 ribu orang yang dipantau kesehatannya selama lebih dari 14 tahun.Salah satu yang diobservasi dalam penelitian ini adalah wanita yang duduk kurang dari 3 jam sehari dan wanita yang duduk lebih dari 6 jam sehari. Hasilnya, jumlah wanita yang meninggal selama kurun waktu penelitian, 40% lebih banyak pada grup yang duduk lebih dari 6 jam sehari.Penelitian yang lebih spesifik menemukan, penyebab kematian orang yang duduk lebih dari 6 jam sehari, rata-rata terkena penyakit Cardiovascular, kegemukan, diabetes, dan depresi. Penelitian ini juga menemukan semakin lama waktu duduk maka semakin meningkat risikonya terkena berbagai penyakit.Studi lain yang diterbitkan The American Journal of Epidemiology awal tahun ini menemukan, mereka yang memiliki pekerjaan yang lebih banyak duduk dan jarang berpindah meningkatkan risiko terkena kanker kolon hingga dua kali lipat. Yang menarik penelitian ini men [...]

5 Makanan Yang Bisa Menimbulkan Rasa Gatal

5 Makanan Yang Bisa Menimbulkan Rasa Gatal

Di kalangan masyarakat makanan dikenal dengan sumber energi utama yang diperlukan oleh tubuh. Karena bahan makanan seperti makanan pokok, sayuran, buah-buahan, daging dan susu merupakan sumber energi yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang sangat dipelukan oleh tubuh. Makanan merupakansumber energi utama yang diserap oleh tubuh sehingga seseorang mampu untuk beraktifitas. Namun disamping itu makanan juga mengandung zat-zat tertentu yang bersifat beracun hingga menimbulkan penyakit dalam tubuh karena didukung dengan kondisi daya tahan tubuh seseorang yang kurang baik seperti penyakit kulit. Selain itu juga dapat dipengaruhi oleh kondisi tubuh yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Makanan yang dikonsumsi dapat berdampak buruk bagi tubuh biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kandungan dalam makanan tidak sesuai dengan kondisi tubuh yang memiliki alergi pada makanan tertentu, pada saat proses pengolahan suatu makanan yang tidak sesuai dengan prosedur, kurang bersih dalam pengolahan, atau dapat juga akibat dari jenis makanan yang memang dapat menimbulkan efek gatal pada kulit. Untuk kondisi seseorang yang memiliki tingkat sensitifitas tinggi terhad [...]

Siap-siap Kena Penyakit Ini Jika Selalu Makan Gorengan Saat Buka Puasa

Siap-siap Kena Penyakit Ini Jika Selalu Makan Gorengan Saat Buka Puasa

Gorengan dan es buah seakan menjadi teman setia saat berbuka puasa. Padahal kedua makanan tersebut tidak baik dikonsumsi saat baru berbuka. Pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, tidak menganjurkan berbuka dengan makanan berlemak serta minuman dingin.Pria yang akrab disapa Hardin itu menuturkan, makanan yang berlemak akan sulit dicerna oleh tubuh jika disantap saat baru buka puasa. Gorengan termasuk makanan berlemak karena digoreng menggunakan minyak. Maka dari itu, gorengan sebaiknya disisihkan untuk menu malam hari."Kita kan berbuka untuk memulihkan energi setelah 14 jam tidak makan dan usus kita mulai diajak bekerja, harus perlahan diajak kerjanya nggak bisa langsung berat. Kalau goreng-gorengan dia bekerja lebih berat. Makan makanan gorengan, berlemak, buat tubuh harus adaptasi lagi," tutur Hardin kepada wolipop, Kamis (18/7/2013).Selain tubuh sulit mencerna makanan tersebut, gorengan juga dapat menimbulkan penyakit seperti batuk atau radang. Hal itu mungkin saja terjadi karena makanan yang mengandung minyak, pedas, serta minuman dingin dapat menimbulkan luka kecil di tenggorokan. Luka atau iritasi yang terjadi di tenggorokan bisa memicu datangnya bakteri. Bakteri yan [...]

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Kebanyakan orang tua merasa takut bahwa pendidikan seksual pada anak akan membuat anak terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, apakah demikian? Kamus Besar Bahasa Indonesia, memberi 2 pemaknaan terhadap kata ?seksual?. Salah satunya adalah ?berkenaan dengan seks (jenis kelamin)?. Bila kita pikirkan lebih jauh, maka intisari dari pendidikan seksual pada anak adalah untuk mengajarkan anak mengenai jenis kelaminnya, mengenal diri sendiri lebih jauh dan bagaimana melindungi dan menjaga diri sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuannya sebenanrnya untuk kepentingan anak sendiri. Pernahkan kita memikirkan bahwa dengan memberikan pengetahuan dan bimbingan yang baik dan benar, pendidikan seksual sebenarnya malah dapat melindungi anak dari kerusakan fisik dan mental di masa depan? Hal ini merupakan satu hal yang perlu kita renungkan dan pikirkan matang-matang, terutama terkait dengan makin berkembangnya kengerian akan pelecehan seksual pada anak. Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting? Martin A. Finkel Karena sekitar 40% korban pelecehan seksual anak berada pada usia di bawah 6 tahun dan 20%nya berusia d [...]

7 Penyakit Berbahaya yang Terkait dengan Pekerjaan

7 Penyakit Berbahaya yang Terkait dengan Pekerjaan

Fakta bahwa kesehatan terkait dengan pekerjaan kini semakin nyata dan jelas. Bahkan ada penyakit berbahaya yang timbul karena terkait dengan jenis pekerjaan dan tempat bekerja seseorang. Berikut adalah beberapa penyakit berbahaya dan risiko kesehatan pekerjaan yang hampir dijumpai oleh sebagian besar pekerja, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Turbekolosis (TBC)Para pekerja di bidang kesehatan memiliki risiko untuk terkena penyakit berbahaya ini. Hal ini berbahaya karena mereka bisa saja tertular dari pasien yang memiliki penyakit ini tapi belum terdeteksi atau belum mendapat penanganan yang tepat.2. HIV atau Hepatitis B & CJika Anda memiliki pekerjaan dalam bidang kesehatan atau gigi, disarankan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan tertentu untuk menghindari adanya kemungkinan terkena infeksi yang ditularkan melalui darah. Misalnya seperti, HIV atau hepatitis (B dan C). Penyakit ini dapat terjadi akibat adanya kontak dengan darah atau cairan tubuh lain milik pasien atau rekan kerja.3. Carpal Tunnel SyndromeGangguan kesehatan dengan gejala kesemutan dan nyeri pada tangan, terutama pada 3 jari pertama (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Gejala itu disebabkan [...]

Fenomena Gancet Bisa Dijelaskan secara Logis

Fenomena Gancet Bisa Dijelaskan secara Logis

Penis captivus atau yang dikenal dengan gancet adalah keadaan ketika penis terjepit di dalam vagina saat berhubungan seks. Penis terjepit karena otot vagina yang tiba-tiba menekan lebih kuat daripada biasanya. Yang menjadikannya lebih berbahaya, meski sudah tidak dalam keadaan ereksi, penis tetap tidak bisa ditarik keluar. Bahkan, sebagian kasus yang pernah terjadi membutuhkan bantuan medis untuk mengembalikan kondisi ini seperti semula. Sejak dulu, terdapat pro dan kontra mengenai kejelasan dari benar atau tidak benarnya kasus ini. Kasus Gancet yang Pernah Dilaporkan Kasus gancet sangat jarang terjadi. Hanya ada beberapa kasus yang sempat dilaporkan di dunia medis. Dua di antaranya yang dilaporkan pernah terjadi adalah pada tahun 1870 dan1872. Kejadian pertama melibatkan pasangan muda yang baru menjalani enam bulan masa pernikahan. Ketika mereka berhubungan seksual, terjadi kontraksi vagina yang kuat hingga terjadi kejang otot vagina. Bagi pria, kondisi tersebut membuat penis tidak dapat dikeluarkan dari vagina dan turut merasakan nyeri. Pada beberapa kejadian, peristiwa semacam ini terjadi selama lebih dari sepuluh menit. Yang kedua terjadi pada tahun 1872, melibatkan sebuah pa [...]

Inilah Makanan Ideal untuk Penderita Darah Tinggi

Inilah Makanan Ideal untuk Penderita Darah Tinggi

Sepanjang hari, tekanan darah kita bervariasi naik dan turun. Namun, jika tekanan darah seseorang terus menerus tinggi sepanjang waktu, maka perlu yang bersangkutan perlu mewaspadai akan penyakit hipertensi. Bila keadaan ini terus menerus dibiarkan tidak terkendali, maka dapat menyebabkan komplikasi pada jantung, ginjal dan otak. Perkembangan penyakit hipertensi yang tidak terkendali kerap kali menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal dan stroke. Sekali dinyatakan mengidap hipertensi maka penyakit ini biasanya berlangsung seumur hidup. Yang perlu dilakukan oleh penderita hipertensi adalah mengendalikan tekanan darahnya agar berada dalam batas normal. Penyakit hipertensi biasanya tidak memberikan gejala dan tanda yang memberikan peringatan pada penderitanya. Pernahkah Anda memeriksakan tekanan darah Anda? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ada panduan informasi hipertensi di halaman selanjutnya: Kenali Dulu Kategori Tekanan Darah Tinggi Anda Berdasarkan American Heart Association (AHA), Hipertensi dibagi menjadi beberapa kategori: Tekanan Darah (mmHg) Normal Pre-Hipertensi Hipertensi Sistolik < [...]

Sering Migrain? Hati-hati Risiko Stroke!

Sering Migrain? Hati-hati Risiko Stroke!

Mungkin Anda pernah mengalami migrain atau sakit kepala sebelah, atau bahkan sering mengalaminya saat sedang banyak pikiran. Walau tidak berlangsung lama, tapi jangan Anda sepelekan. Sebuah penelitian yang dikutip dari Daily Mail menyatakan migrain yang disertai dengan kaburnya pandangan memiliki risiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke.Penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology selama 15 tahun itu menunjukkan, dari sampel sebanyak 27.860 wanita, 1.435 diantaranya mengalami migrain yang didului dengan gejala sensorik, atau dikenal juga 'migrain dengan aura'.Ditemukan pula, migrain aura menempati urutan kedua yang berisiko tinggi mengarah pada stroke dan serangan jantung, setelah tekanan darah tinggi."Ini berisiko lebih tinggi dibanding diabetes, perokok, obesitas dan penyakit keturunan," ungkap Dr Tobias Kurth, sebagai peneliti.Apa saja tanda-tandanya? Gangguan sensorik yang mungkin merupakan migrain aura dapat berupa blind spot atau titik buta pada pandangan, kerlipan cahaya, perubahan dalam penglihatan, dan pandangan seakan melihat cahaya melayang-layang. Jika Anda pernah mengalami gejala tersebut, konsultasikan ke dokter adalah solusi terbaik. Lebih [...]

Cara Mencegah Kanker dengan Banyak Bergerak

Cara Mencegah Kanker dengan Banyak Bergerak

Tubuh yang bergerak secara aktif terbukti bisa mengurangi risiko kanker. Awal tahun 2014, World Health Organization (WHO) mencatat bahwa kurangnya aktivitas fisik adalah penyebab keempat tertinggi kematian di dunia. Duduk terus-menerus selama berjam-jam tiap hari adalah faktor risiko utama penyebab penyakit-penyakit tidak menular, seperti sakit jantung, diabetes, dan kanker. Sekitar 3,2 juta orang di seluruh dunia meninggal tiap tahun karena kurang aktif bergerak. Kurangnya aktivitas luar rumah di kota-kota besar, umumnya disebabkan oleh tingginya polusi udara akibat asap kendaraan, padatnya lalu lintas, kekhawatiran terhadap tindak kriminal, dan kurangnya sarana untuk berjalan seperti trotoar atau taman. Aktif bergerak tidak selalu harus diartikan berolahraga. Aktivitas fisik bisa berupa pergerakan tubuh yang memerlukan energi, seperti halnya bermain, berjalan-jalan, membersihkan rumah. Aktivitas Fisik sebagai Cara Mencegah Kanker Selain membuat tubuh tetap sehat, aktivitas fisik dapat mengurangi risiko penyakit. Orang yang tidak aktif bergerak memiliki peluang risiko 20-30 persen lebih tinggi untuk meninggal karena penyakit tidak menular seperti kanker jika dibandingkan dengan [...]

5 Hal Yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

5 Hal Yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh (sistem imunitas) kita merupakan hal yang penting untuk kelangsungan tubuh. Sistem imunitas kita dapat membantu kita melawan berbagai serangan dari virus, bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit berat untuk tubuh kita. Nah, apa saja sih hal-hal yang dapat merusak daya tahan tubuh kita? 1. Polusi Udara Polusi telah dibuktikan buruk untuk paru-paru serta sistem imunitas kita. Namun penelitian terbaru menyebutkan bahwa polusi udara dapat mensupresi komponen sistem imun yang dinamakan T-cell, dimana apabila hal ini terjadi dapat memicu peradangan di seluruh tubuh. 2. Duduk Sepanjang Hari Apabila perkerjaan Anda meliputi harus duduk sepanjang hari di kursi maka hal ini ternyata buruk bagi daya tahan tubuh Anda. Duduk sepanjang hari dapat menyebabkan perlambatan dari metabolisme yang menyebabkan penyerapan nutrisi berkurang. Selain dua faktor di atas, ada beberapa faktor lainnya, halaman berikut penjelasannya: Faktor Lainnya Anda Mudah Sakit: 3. Anda Kurang Tidur Apabila tubuh Anda kekurangan tidur dan tidak memproduksi melantonin yang cukup, maka sistem imun kita tidak dapat membuat sel darah putih yang cukup sehinnga tidak dapat membant [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *