Turunkan Tekanan Darah dengan Sayur & Buah Ini

102751641_edit1.jpg

Menjaga tekanan darah tetap normal sangat penting karena tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko stroke, gagal ginjal dan penyakit jantung. Beberapa buah dan sayur ini memiliki khasiat besar dalam mengontrol tekanan darah.

Tekanan darah tinggi sering disebut ‘silent killer’ karena seringkali tidak menunjukkan gejala apa-apa. Dikutip dari detikhealth, penelitian menunjukkan memasukkan buah-buahan dan sayuran tertentu dalam menu harian Anda dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Berikut beberapa buah dan sayur yang dapat menurukan tekanan darah, seperti dilansir Livestrong, antara lain:

1. Buah Bit
Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Barts and London Medical School dan Queen Mary University of London menunjukkan minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah. Ini karena buah bit mengandung nitrat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Mekanisme kerja yang terjadi adalah kadar nitrat anorganik di dalam buah bit akan diubah menjadi gas oksida nitrat saat dimakan. Gas ini akan membuat pembuluh darah terbuka dan rileks, sehingga tekanan darah seseorang menjadi turun. Namun efek ini lebih jelas terlihat pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

2. Bayam
Folat, yaitu vitamin B yang larut yang ditemukan pada bayam dan brokoli juga dapat menurunkan tekanan darah. Ilmuwan dari Policlinico di Modena, Italia, mengeksplorasi efek folat pada tekanan darah pada wanita menopause.

Peserta menerima 15 mg folat atau plasebo selama tiga minggu. Para ilmuwan melaporkan pada European Journal of Clinical Nutrition bahwa kelompok folat mengalami penurunan yang signifikan pada tekanan darah dibandingkan dengan kelompok plasebo.

3. Jeruk
Sebuah penelitian dilaporkan dalam jurnal Hipertensi edisi bulan April 2005. Ilmuwan dari St George’s Medical School di London meneliti efek dari sitrat kalium yang ditemukan dalam pisang dan buah jeruk, serta kalium klorida dari suplemen. Ilmuwan menemukan bahwa kedua bentuk kalium tersebut efektif dalam menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi tahap 1.

4. Pisang
Penemuan yang dilaporkan dalam jurnal Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases edisi Desember 2009 menyelidiki dampak suplemen magnesium pada orang dewasa yang kelebihan berat badan.

Peneliti menemukan bahwa partisipan dengan tekanan darah sistolik lebih besar dari 140 dan diastolik antara 90 dan 99 dengan mengonsumsi magnesium 300 mg selama 12 minggu, mengalami penurunan tekanan darah dibandingkan dengan plasebo. Magnesium banyak terdapat pada buah pisang, apel, jeruk dan pir.

(mer/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Agar Tidak Lemas dan Makin Gemuk Saat Puasa, Yuk Coba Food Combining

Agar Tidak Lemas dan Makin Gemuk Saat Puasa, Yuk Coba Food Combining

Food combining bisa menjadi pilihan jika Anda ingin lebih sehat dan berenergi saat puasa. Bagaimana caranya jika ingin mencoba metode ini? Apa saja makanan yang bisa dikonsumsi saat sahur dan buka? Sebelum mengetahui apa saja makanan yang bisa dimakan saat sahur dan buka puasa, Anda perlu lebih dulu memahami aturan food combining. Food combining mengenal padu-padan yang cocok atau tidak cocok untuk setiap unsur makanan. Detailnya berikut ini:1. Protein (hewani) dan sayur: serasi2. Protein (hewani) dan karbohidrat: tidak ideal3. Sayur dan karbohidrat: serasi dan normal.Lantas bagaimana menerapkan padu-padan unsur makanan tersebut selama Ramadan? Dalam buku terbarunya Food Combining di Bulan Ramadan, praktisi yoga dan food combining Erikar Lebang memberikan panduannya. SahurFood combining membutuhkan konsentrasi waktu pelaksanaan yang sedikit lebih banyak. Untuk Anda yang baru mau mencoba, disarankan bangun sahur 30 menit lebih awal ketimbang saat puasa Ramadan biasa. Ketika bangun tidur, minumlah segelas air hangat yang sudah diberi perasan jeruk lemon atau nipis. Minuman ini bermanfaat untuk memberikan tonik pada liver yang bekerja keras sebagai katalisator serap saat tidur.Sete [...]

Inilah Menu untuk Diet Tinggi Protein

Inilah Menu untuk Diet Tinggi Protein

Diet tinggi protein umum dilaksanakan beberapa sebagian orang untuk tujuan menurunkan berat badan dan membentuk tubuh lebih ideal. Namun kenyataannya, tidak bisa sembarangan untuk memulai dan melakukan diet tinggi protein. Diperlukan disiplin ketat sekaligus kejelian dalam memilah pilih menu makanan yang dimakan. Berikut adalah beberapa menu ideal untuk diet tinggi protein yang dibutuhkan: Daging merah Pilihlah daging merah yang tidak sarat lemak seperti daging has dalam yang memiliki kadar lemak tak jenuh lebih sedikit. Sangat disarankan untuk sebisa mungkin hindari daging olahan. Daging putih Anda dapat memilih daging ayam atau daging unggas yang memiliki kadar lemak jauh lebih sedikit dibandingkan daging merah. Namun, perlu Anda perhatikan untuk hindarilah untuk mengkonsumsi kulitnya, dimana biasanya di kulit unggas yang gurih dan nikmat justru terdapat sarat akan lemak jenuh. Berikut ini adalah menu tinggi protein lainnya: Menu Tinggi Protein Lainnya: Ikan Selain kaya akan protein, ikan memiliki kadar lemak yang rendah. Meskipun ikan salmon dan tuna memiliki kadar lemak yang tinggi, namun lemak yang dimaksud dalam ikan ini memiliki kadar asam lemak [...]

Cahaya Infra Merah Dalam Pengobatan Kanker

Cahaya Infra Merah Dalam Pengobatan Kanker

Sebuah penelitian di National Cancer Institute, Maryland, Amerika Serikat menemukan cara mengobati penderita kanker dengan membuat obat senyawa antibodi yang mampu menempel hanya pada protein dipermukaan sel kanker menggunakan cahaya infra merah. Hal ini merupakan suatu penemuan baru dimana pengobatan dapat ditargetkan secara langsung tanpa merusak jaringan sehat lain di sekitarnya. Seperti yang ketahui, bahwa semua cara penanganan dan pengobatan kanker saat ini masih memiliki efek samping yang cukup beresiko terhadap kesehatan tubuh lainnya baik itu dengan cara menghancurkan sel kanker menggunakan pemaparan radiasi, operasi pengangkatan tumor kanker, hingga penggunaan obat-obatan dalam membunuh sel kanker dari dalam. Meskipun penelitian menggunakan antibodi dan cahaya infra merah baru berhasil diterapkan pada tikus percobaan di laboratorium, namun penelitian menemukan bahwa ukuran tumor sel kanker dapat mengecil secara signifikan dan mampu mematikan sel kanker yang telah ditentukan. Dengan demikian secara langsung meminimalisir kerusakan pada sel normal. Menjadikan cara ini sebagai salah satu terapan yang sangat berpotensial dalam mengobati kanker. Untuk itu penelitian yang di pub [...]

1 Desember Hari AIDS Sedunia

1 Desember Hari AIDS Sedunia

Tanggal 1 Desember merupakan hari peringatan akan bahaya virus mematikan yang pertama kali diperkenalkan ke publik di tahun 1982. Virus yang kemudian dikenal dengan Human Immunodefiency Virus (HIV) yang berarti virus penurun kekebalan tubuh ini mampu menginfeksi tubuh manusia dan menjadi penyakit mematikan dengan sebutan AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome. Hanya kurang lebih 30 tahun semenjak keberadaannya diketahui oleh para ilmuwan, AIDS telah merenggut lebih dari 35 juta jiwa diseluruh dunia dan penyebarannya yang berawal di daerah Amerika Serikat dan Eropa, berkembang keseluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia. HIV sendiri merupakan virus yang biasa menyerang pada primata di hutan Afrika layaknya manusia diserang virus flu, namun suatu kejadian menyebabkan virus tersebut berpindah ke manusia dan menyerang sel-sel kekebalan tubuh sehingga mengakibatkan tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit dan sering kali berujung pada kematian. Dengan mempelajari kinerja HIV, ilmuwan telah dapat mengusahakan pengobatan antiretrovirus yaitu perawatan dalam memperlambat infeksi yang disebabkan oleh virus termasuk HIV. Namun sayangnya pengobatan ini tergolong menelan biaya y [...]

4 Makanan Agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

4 Makanan Agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Banyak orang mengalami sulit tidur ketika malam, dan penyebabnya bukan hanya sekadar stres atau terlalu lelah. Makanan yang Anda konsumsi juga bisa memengaruhi seberapa baik kualitas tidur.Beberapa makanan yang mengandung melatonin cukup tinggi bisa membantu Anda lebih mudah dan nyenyak tidur. Apa itu melatonin dan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi beberapa jam menjelang tidur? Ini dia, seperti dikutip dari Female First. 1. SalmonSalmon mengandung unsaturated docosahexaenoic acid (DHA), jenis asam lemak dari 'kerabat' omega-3. Asam lemak ini membantu menstimulasi produksi melatonin dalam tubuh. Melatonin sangat berguna mengatur ritme sirkadian pada manusia, atau istilah lainnya siklus tidur.2. Kacang-kacanganTinggi akan vitamin B dan folic acid, kacang-kacangan seperti polong, kacang panjang, kacang merah dan kacang hijau membantu tubuh mengatur siklus tidur dan produksi serotonin. Hormon serotonin sangat penting dalam pembentukan melatonin sehingga jam tidur jadi lebih teratur dan berkualitas.3. CherryBuah kecil berwarna merah ini dikenal sebagai anti peradangan dan sumber alami melatonin. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistr [...]

Perlambat Penuaan dengan Tabir Surya

Perlambat Penuaan dengan Tabir Surya

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Tampak awet muda adalah dambaan semua orang, terutama perempuan. Proses penuaan pada kulit merupakan suatu proses yang akan terus berlangsung dan tidak dapat dihentikan, namun dapat diperlambat. Salah satu rahasia untuk tampak awet muda ternyata tidak terlalu sulit, yaitu dengan menggunakan tabir surya setiap hari. Peneliti dari Australia menemukan bahwa orang yang menggunakan tabir surya (sunscreen) setiap hari memiliki garis keriput yang lebih sedikit dibanding mereka yang tidak menggunakan tabir surya secara teratur. Penelitian ini dilakukan pada 900 orang warga Australia yang berusia 25-55 tahun dan dilihat perkembangan kondisi kulitnya selama 4,5 tahun. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa orang dewasa (pria dan wanita) yang menggunakan tabir surya setiap hari memiliki garis keriput 24% lebih sedikit dibanding mereka yang hanya menggunakannya sewaktu-waktu. Penggunaan tabir surya secara teratur pada usia remaja dan dewasa muda memiliki manfaat secara kosmetik dengan memperlambat proses penuaan dan menurunkan risiko kanker kulit dalam jangka lama. Bagaimana bisa begitu? Sebagian besar masalah penuaan disebabkan oleh paparan sinar matahari (p [...]

Meningitis, Infeksi Otak yang Mematikan

Meningitis, Infeksi Otak yang Mematikan

Dunia selebritas baru-baru ini dikejutkan dengan kabar yang kurang mengenakkan, Olga Syahputra, selebriti yang sedang naik daun di tanah air, dikabarkan dirawat di sebuah ruang ICU rumah sakit Jakarta. Olga, yang kita kenal sebagai presenter acara Dahsyat ini, lemas tak berdaya akibat penyakit meningitis yang dideritanya. Berbahayakah penyakit ini? Sebelum itu, ada baiknya kita mengenali apa itu meningitis. Meningitis diambil dari kata meninges yang berarti selaput otak dan ?itis yang berarti peradangan, jadi meningitis adalah peradangan pada selaput otak. Seperti infeksi pada umumnya, penyebab dari penyakit ini adalah virus dan bakteri. Meningitis yang disebabkan serangan bakteri biasanya berdampak lebih buruk pada orang yang mengidapnya. Ketika pertahanan tubuh kita lemah, bakteri penyebab meningitis akan menyerang kita dan masuk ke selaput otak, disana ia berkoloni dan akibatnya timbulah reaksi peradangan dari tubuh kita. Karena erat hubungannya dengan otak, infeksi ini seringkali menimbulkan gejala-gejala yang berhubungan dengan sistem saraf pusat. Gejala-gejala yang menonjol antara lain nyeri yang timbul saat kepala menengok ke kanan atau ke kiri, dan gejala infeksi pada umu [...]

Sering Sakit Perut Setelah Makan? Ini Dia Penyebabnya

Sering Sakit Perut Setelah Makan? Ini Dia Penyebabnya

Setiap manusia tentu membutuhkan makan sebagai penyedia energi. Saat makanan dicerna, perut dan usus kecil mengeluarkan enzim dan hormon. Enzim tersebut memecah karbohidrat, protein, dan lemak yang kita konsumsi menjadi materi berguna bagi sel-sel tubuh.Sebagian berguna sebagai penambah energi, penghasil panas, atau disimpan sebagai glikogen maupun lemak. Namun, sebagian lagi berkontribusi menimbulkan gas yang membuat perut menjadi kembung, peradangan atau segala bentuk ketidaknyamanan pada perut.Agar perut lebih tenang dan rasa sakitnya berkurang, konsumsilah makanan yang bersahabat dengan kondisi perut Anda, dan jauhkan segala macam makanan dan minuman yang dapat menyebabkan perut sakit. Seperti yang dilansir Health Me Up, berikut adalah cara memilih makanan yang bersahabat bagi perut.1. Perhatikan Kebiasaan MakanJika Anda mengalami sakit perut setelah makan, ubahlah jenis makanan yang dikonsumsi dan kebiasaan Anda makan. Santaplah makanan ringan seperti buah atau roti saat sarapan. Bukan makanan berat seperti nasi lengkap dengan lauk pauknya.Hindari makan 2-3 jam sebelum tidur. Berbaring pada saat perut penuh dapat menekan lower esophageal sphincter Anda, yaitu untuk menjaga [...]

Jangan Minum Kopi Pagi-pagi!

Jangan Minum Kopi Pagi-pagi!

Minum kopi di pagi hari menjadi kebiasaan begitu banyak orang untuk mengusir kantuk saat bekerja maupun menjalankan aktivitas lainnya. Waktu ini dinilai tepat karena membuat mereka lebih prima. Tapi ternyata, pagi hari sebenarnya salah satu saat terburuk dalam sehari untuk anda minum kopi. Alasannya? Karena tingginya tingkat kortisol dalam tubuh kita di pagi hari. Seperti yang kita ketahui bahwa mengonsumsi kafein ketika kadar kortisol tinggi menciptakan dua masalah. Salah satunya adalah bahwa kafein mengganggu produksi kortisol di dalam tubuh, hormon ini yang dilepaskan oleh tubuh dalam respon terhadap stres dan glukosa darah pada kadar yang rendah. Tubuh pada akhirnya memproduksi kortisol yang rendah dan lebih mengandalkan kafein untuk mengompensasi hal yang terjadi. Inilah efek lain ari minum kopi di pagi hari. Jangan Minum Kopi Pagi-pagi! Efek lain dari minum kopi di pagi hari adalah meningkatkan toleransi seseorang terhadap kafein karena menggantikan kortisol yang disebabkan dorongan alami yang memang merupakan respon dari tubuh. Ingatlah bahwa kadar kortisol tinggi pada tiga kali dalam sehari, bukan hanya pagi hari saja. Menurut sebuah studi 2009 yait [...]

Kini Harga Obat Kanker Lebih Terjangkau Karena Diproduksi Dalam Negeri

Kini Harga Obat Kanker Lebih Terjangkau Karena Diproduksi Dalam Negeri

Sebuah titik cerah di dunia kesehatan Indonesia kembali terbit, setelah sejak 2014 PT. Kalbe Farma telah resmi mengoperasikan pabrik obat kanker di kawasan Pulogadung, Jakarta. Demikiannya hal ini berdampak pada lebih terjangkaunya harga obat kanker di Indonesia. Sebagaimana disampaikan Michael Buyung Nugroho, Direktur PT. Kalbe Farma Tbk., "Dengan adanya pabrik tersebut, harga obat kanker dapat ditekan sampai dengan 40 persen," pada kesempatan jumpa pers di Kalbe Oncology Forum Sabtu (2/5/2015). Usaha produksi mandiri ini dapat terealisasi setelah Kalbe melakukan transfer teknologi dengan Samyang Pharmaceutical, Korea Selatan. Dengan produk obat kanker yang telah tersedia untuk kemoterapi dan terapi penunjang kemo, serta nutrisi untuk pasien, Kalbe memberikan harapan pada dunia kesehatan Indonesia, pada khususnya onkologi. Pasalnya, kanker telah lama menjadi momok yang diderita masyarakat Indonesia. Sebagaimana terlansir dari data Jamkesmas pada tahun 2012, pengobatan kanker telah menghabiskan Rp.144,7 miliar. Demikiannya kehadiran obat kanker dengan harga yang lebih terjangkau dapat membantu meringankan beban biaya rakyat Indonesia dalam mengupayakan penanganan penyakit kanker. O [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *