Turunkan Tekanan Darah dengan Sayur & Buah Ini

102751641_edit1.jpg

Menjaga tekanan darah tetap normal sangat penting karena tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko stroke, gagal ginjal dan penyakit jantung. Beberapa buah dan sayur ini memiliki khasiat besar dalam mengontrol tekanan darah.

Tekanan darah tinggi sering disebut ‘silent killer’ karena seringkali tidak menunjukkan gejala apa-apa. Dikutip dari detikhealth, penelitian menunjukkan memasukkan buah-buahan dan sayuran tertentu dalam menu harian Anda dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Berikut beberapa buah dan sayur yang dapat menurukan tekanan darah, seperti dilansir Livestrong, antara lain:

1. Buah Bit
Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Barts and London Medical School dan Queen Mary University of London menunjukkan minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah. Ini karena buah bit mengandung nitrat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Mekanisme kerja yang terjadi adalah kadar nitrat anorganik di dalam buah bit akan diubah menjadi gas oksida nitrat saat dimakan. Gas ini akan membuat pembuluh darah terbuka dan rileks, sehingga tekanan darah seseorang menjadi turun. Namun efek ini lebih jelas terlihat pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

2. Bayam
Folat, yaitu vitamin B yang larut yang ditemukan pada bayam dan brokoli juga dapat menurunkan tekanan darah. Ilmuwan dari Policlinico di Modena, Italia, mengeksplorasi efek folat pada tekanan darah pada wanita menopause.

Peserta menerima 15 mg folat atau plasebo selama tiga minggu. Para ilmuwan melaporkan pada European Journal of Clinical Nutrition bahwa kelompok folat mengalami penurunan yang signifikan pada tekanan darah dibandingkan dengan kelompok plasebo.

3. Jeruk
Sebuah penelitian dilaporkan dalam jurnal Hipertensi edisi bulan April 2005. Ilmuwan dari St George’s Medical School di London meneliti efek dari sitrat kalium yang ditemukan dalam pisang dan buah jeruk, serta kalium klorida dari suplemen. Ilmuwan menemukan bahwa kedua bentuk kalium tersebut efektif dalam menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi tahap 1.

4. Pisang
Penemuan yang dilaporkan dalam jurnal Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases edisi Desember 2009 menyelidiki dampak suplemen magnesium pada orang dewasa yang kelebihan berat badan.

Peneliti menemukan bahwa partisipan dengan tekanan darah sistolik lebih besar dari 140 dan diastolik antara 90 dan 99 dengan mengonsumsi magnesium 300 mg selama 12 minggu, mengalami penurunan tekanan darah dibandingkan dengan plasebo. Magnesium banyak terdapat pada buah pisang, apel, jeruk dan pir.

(mer/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
APMB Pastikan Produk Susunya Aman

APMB Pastikan Produk Susunya Aman

Adanya kabar tentang beredarnya susu formula yang berbakteri Enterobacter Sakazakii di Indonesia memang membuat masyarakat resah, terutama para ibu yang memiliki balita yang mengonsumsi susu formula. Hal ini pun dirasakan oleh David Tobing, pengacara publik yang mempunyai dua balita yang juga mengonsumsi susu formula. Hingga kini, David masih menunggu Menteri Kesehatan (Menkes), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mengumumkan nama-nama produsen susu formula yang mengandung Enterobacter Sakazakii. Namun, untuk mengatasi keresahan masyarakat, Asosiasi Produsen Makanan Bayi (APMB) bisa memastikan hingga saat ini, produk susu yang bernaung di bawah mereka terbebas dari bakteri yang membahayakan manusia. Public Relation APMB, Yenny Fatmawati memastikan, bahwa berbagai merek susu yang diproduksi perusahannya telah melalui proses standar mutu yang sangat ketat sesuai aturan pemerintah dan BPOM. Jadi, produk mereka yang saat ini beredar di masyarakat memang aman untuk dikonsumsi oleh bayi. Bagi APMB, keamanan makanan dan higienitas merupakan faktor yang utama dalam produksi makanan bayi. Meski riset tentang adanya berbakteri Enterobacter Sakazaki [...]

Cara Sophie Navita Agar Tidak Selingkuh dari Gaya Hidup Sehat

Cara Sophie Navita Agar Tidak Selingkuh dari Gaya Hidup Sehat

Sosok wanita inspiratif, Sophie Navita, tak hanya dikenal di dunia entertainment tapi juga sebagai penggagas gaya hidup sehat di Indonesia. Sudah sejak beberapa tahun lalu, Sophie berusaha mengampanyekan gaya hidup sehat agar masyarakat mulai sadar akan kesehatan masing-masing.Kini di Indonesia, gaya hidup sehat menjadi tren dan banyak yang menjadikannya sebagai kebutuhan primer, yang tak hanya mempengaruhi penampilan tapi juga kebugaran tubuh. Oleh karena itu, presenter 39 tahun ini tetap setia dengan gaya hidup sehat yang sudah dijalaninya sejak kurang lebih tujuh tahun lalu itu.Istri musisi Pongky Barata ini pun mengatakan bahwa ia tidak pernah cheating makanan atau selingkuh dengan makanan. Sebenarnya Sophie sendiri kurang setuju dengan istilah cheating tersebut. Menurutnya cheating itu sama saja berbohong, seperti selingkuh dengan orang lain yang berarti kita berbohong dengan pasangan.Lalu bagaimana dengan cheating makanan? Ketika cheating makanan itu tandanya ia mengkhianati dirinya dengan berbohong. Maka dari itu ia sebisa mungkin tidak pernah bohong dengan diri sendiri. Ketika sedang ingin mengonsumsi makanan tinggi minyak misalnya atau yang memiliki banyak kalori maka S [...]

Benarkah Makanan Murah Bikin Cepat Gemuk?

Benarkah Makanan Murah Bikin Cepat Gemuk?

Jika sedang menjalani program penurunan berat badan, sebaiknya hindari membeli makanan yang harganya murah. Penelitian terbaru menunjukkan makanan dengan harga murah membuat orang tak bisa mengontrol porsi makan.Lingkungan turut mempengaruhi keberhasilan program diet seseorang. Hasil penelitian yang dilakukan Cornell University menemukan orang yang tinggal dekat dengan akses tempat makan mudah dan murah, cenderung lebih mudah gemuk dan sulit melakukan program penurunan berat badan."Kita adalah 'budak' dari lingkungan," ujar David Levitsky, profesor ilmu gizi dan psikologi di Cornell University, seperti dilansir Indiavision.Levitsky dan seorang mahasiswa pascasarjana Carly Pacanowski menganalisis ratusan artikel tentang perilaku makan orang dan menemukan bahwa kekuatan individu yang tidak dapat mengontrol dirinya terhadap lingkungan sangat mempengaruhi epidemi obesitas di Amerika Serikat."Faktor-faktor sosial juga merupakan stimulan yang kuat untuk membuat orang makan berlebihan. Kekuatan ini sudah berlangsung lebih dari 50 sampai 60 tahun terakhir," jelas Levitsky.Kekuatan ini termasuk harga makanan yang murah dan kemudahan akses untuk memperoleh makanan tersebut. Levitsky menje [...]

Mengenal Lebih Jauh Tentang Mata Minus

Mengenal Lebih Jauh Tentang Mata Minus

Mata minus atau rabun jauh memiliki istilah medis miopia. Kondisi ini menyebabkan Anda kesulitan melihat benda jarak jauh. Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jauh di depannya. Hal ini dapat disebabkan oleh karena kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga jika Anda memiliki mata minus, pada saat melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus. Besarnya keparahan mata minus ditandai dengan ukuran dioptri (D). Berdasarkan tingkat keparahannya, mata minus terbagi tiga, yaitu miopia rendah (minus 0.5D hingga minus 3D), sedang (minus 3D hingga 6D), dan berat (di atas 6D). Gejala Mata Minus Perhatikan beberapa gejala mata minus di bawah ini. Jika Anda mengalami beberapa gejala ini, mungkin Anda perlu memeriksakan mata ke dokter. Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat Memicingkan mata saat melihat sesuatu Kesulitan meli [...]

Ladies, Ini Kunci Agar Hidup Bahagia dari Indy Barends dan Indra Bekti

Ladies, Ini Kunci Agar Hidup Bahagia dari Indy Barends dan Indra Bekti

Semua orang tentu ingin hidup bahagia. Namun yang namanya hidup pasti memiliki lika-liku dalam menjalaninya. Menurut psikolog Personal Growth, Ratih Ibrahim, kebahagiaan mempengaruhi lingkungan sekitar Anda. Oleh karena itu berusaha untuk bahagia setiap hari akan memberikan energi positif terhadap orang-orang tersayang."Kebahagiaan merupakan bentuk emosi kuat yang mempengaruhi kondisi orang sekitar kita. Ini suatu jaringan yang menyebar luas selama kita terus bersikap positif," tutur Ratih saat acara pengenalan program baru 97,9 FeMale Radio dengan nama 'Happy Morning' di Torino Cafe, Gunawarman, Jakarta Selatan (13/5/2014).Agar hidup lebih bahagia, Indy Barends dan Indra Bekti berbagi rahasianya terutama untuk para wanita. Indy mengatakan agar selalu bersikap positif dan menjadi diri sendiri. Bekti menambahkan, tidak lupa menumbuhkan rasa semangat untuk menumbuhkan kebahagiaan dalam diri sendiri kemudian membawa perasaan tersebut ke lingkungan sekitar Anda."Happy bukan namanya Happy Salma saja, happy adalah perasaan posifit yang ada di manusia. Kita harus share our happiness, ini sudah jadi motto aku dalam hidup. Kita harus happy dulu baru kita bisa membahagiakan orang lain," u [...]

Alasan Mengapa Anda Cepat Merasa Lelah Saat Musim Hujan

Alasan Mengapa Anda Cepat Merasa Lelah Saat Musim Hujan

Ada kondisi kesehatan yang membuat seseorang menjadi galau dan tak bersemangat akibat datangnya hujan. Seasonal Affective Disorder (SAD) adalah jenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun. Gejalanya, penderita bisa merasakan energi yang berkurang dan moody pada musim-musim tertentu.Kasus SAD lebih banyak dijumpai di negara dengan empat musim. Meskipun demikian, kemungkinan SAD dialami penduduk di negara dua musim juga masih terbuka lebar. Di negara empat musim, gejala gangguan ini biasanya muncul selama akhir musim gugur atau awal musim dingin. Gejala ini kemudian hilang ketika hari menjadi lebih cerah seperti pada musim semi dan musim panas.Namun ternyata, cuaca tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorag, tetapi juga dengan kondisi fisiknya. Cuaca hujan juga bisa membuat orang cepat merasa lelah. Kok bisa? Seperti yang dikutip dari ehow, berikut beberapa alasannya.1. Mempengaruhi PenglihatanSaat hujan, langit berubah menjadi hitam dan mendung. Pagi dan siang pun bisa terlihat seperti sore atau bahkan, malam hari. Hal ini mempengaruhi respon biologis manusia untuk menutup mata. Jam internal tubuh mengira bahwa malam telah tiba dan ini adalah [...]

Menanti Vaksin Pencegah Demam Berdarah Dengue

Menanti Vaksin Pencegah Demam Berdarah Dengue

Vaksin untuk mencegah DBD diharapkan siap pada 2015. Beberapa jenis vaksin DBD sedang dalam tahap pengembangan di beberapa negara. Setelah dinyatakan lulus uji klinis, vaksin yang terlisensi diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu metode pencegahan DBD. Endemi Demam Berdarah DBD disebabkan oleh gigitan nyamuk yang terinfeksi oleh salah satu dari empat tipe virus dengue. Penyakit ini ditandai demam tinggi yang muncul pada tiga hari hingga dua pekan setelah gigitan. Sekitar 75 persen penduduk dunia yang paling berisiko mengidap penyakit ini bermukim di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Pada 2013, Angka Kesakitan atau Incidence Rate (IR) DBD di Indonesia mencapai 41,25 per 100.000 penduduk. Pada kondisi yang lebih parah, DBD membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Pada tahun 2013, Laju Kematian atau Case Fatality Rate (CFR) DBD di Indonesia adalah 0,7 persen dari total penderita. Saat ini belum ada vaksin yang lolos uji sepenuhnya untuk mencegah dengue, begitu juga pengobatan secara khusus untuk membasmi virus dengue. Orang yang mengalami DBD hanya menjalani pengobatan secara suportif yaitu sebatas menangani gejala demi [...]

6 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Tanpa Bantuan Obat

6 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Tanpa Bantuan Obat

Cuaca yang tidak menentu bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit seperti flu atau demam. Untuk itu, Anda perlu meningkatkan sistem imun dengan makan sehat dan mengasup nutrisi yang cukup.Kesampingkan dulu meminum suplemen atau obat penguat daya tahan tubuh di apotek, tapi lakukan dengan cara alami seperti yang disarankan praktisi kesehatan holistik Dr Prasanna Kerur dari Ayush Wellness Spa, seperti dikutip dari Female First.1. Makanlah secukupnya, konsumsi makanan yang baru dimasak dan mudah dicerna. Hindari mengonsumsi produk susu olahan dan gandum berlebihan dengan memperbanyak sayur dan buah-buahan seperti jeruk, lobak, paprika, apel dan stroberi.2. Teh bisa bantu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidannya. Jika bosan dengan teh hijau, teh hitam atau oolong, Anda bisa mencoba membuat teh herbal sendiri yang mengandung jahe, kunyit atau kayu manis. Untuk teh herbal, minumlah 3-4 cangkir sehari.3. Jika mulai timbul gejala flu atau pilek, redakan dengan membuat minuman yang terdiri dari campuran bubuk kunyit dan madu. Campur bersama secangkir air hangat dan minum dua kali sehari.4. Minyak almond dan wijen bisa menjadi perisai Anda me [...]

Mengenal Lebih Jauh Resistensi Tuberkulosis

Mengenal Lebih Jauh Resistensi Tuberkulosis

Oleh: dr. Alvin Nursalim Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa bermunculan kasus resistensi Tuberkulosis (TB) dengan berbagai spektrum keparahannya? ?Man made phenomenon? adalah jawabannya. Resistensi Tuberkulosis ditimbulkan karena ulah manusia melalui pengobatan yang tidak sesuai standar, baik dari segi regimen, dosis atau pengobatan yang tidak teratur. Hal ini turut ditekankan oleh dr. Arifin Nawas, Sp.P., dalam sesi pembukaan workshop DOTS dan ISTC. ?Penanganan kasus TB yang sesuai standar DOTS dan ISTC wajib dilakukan bagi semua dokter yang melayani kasus TB,? ungkap dr Arifin. Resistensi Tuberkulosis tentu membuat masalah baru bagi praktisi kesehatan diatas tumpukan masalah yang sudah ada. Penanganan kasus resistensi TB memerlukan perhatian khusus karena angka kesembuhan yang lebih rendah dan tingkat mortalitas yang lebih tinggi. Penyebab dan mekanisme resistensiSecara umum terdapat tiga aspek yang perlu kita soroti ketika berbicara mengenai penyebab resistensi. Hal ini diungkapkan dr Arifin dalam salah satu sesi workshop. Aspek pertama adalah aspek provider/program yang ada. Adapun beberapa masalah yang mungkin dihadapi provider adalah tidak ada pedoman TB atau pedoman TB yan [...]

Solusi Rambut Rontok Setelah Kehamilan

Solusi Rambut Rontok Setelah Kehamilan

Oleh dr. Jessica Florencia Rambut Rontok Setelah Persalinan Selama kehamilan, rambut Ibu hamil biasanya menjadi semakin lebat dan berkilau. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon yang mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut sehingga hanya sedikit rambut yang rontok. Hal ini juga biasanya tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan rambut di kulit kepala namun juga di kulit tubuh lainnya. Beberapa daerah tubuh yang pertumbuhan rambutnya meningkat pada saat hamil biasanya adalah daerah wajah, lengan, tungkai dan punggung. Pertumbuhan rambut berlebih di daerah-daerah ini biasanya akan kembali normal setelah 6 bulan paska persalinan. Dua sampai empat minggu setelah persalinan, rambut Ibu hamil akan mengalami kerontokan yang cukup berat. Hal ini termasuk wajar dan tidak perlu dikhawatirkan karena hal ini hanya akan berlangsung selama 3-4 bulan dan rambut akan tumbuh kembali dalam 6-15 bulan. Jika kerontokan rambut terjadi hanya di daerah depan dan samping, maka Ibu perlu mengkonsultasikan hal ini dengan dokter karena ini merupakan hal yang tidak lazim. Kuku Rapuh dan Mudah Patah Saat Hamil Pada saat hamil, cukup banyak Ibu hamil yang mengeluhkan kukunya menjadi rapuh dan mudah patah. Namun [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *