Ukuran Amygdala Dalam Otak Menentukan Luasnya Jaringan Sosial Anda

Amygdala_1.jpg

Sebuah studi baru mengemukakan bahwa besarnya amygdala, sebuah bagian dari otak berbentuk almond yang melibatkan emosi, bisa menjadi sebuah penanda kuat untuk dapat melihat seberapa banyak dan beragamnya Anda mempunyai hubungan sosial, sama seperti saat melihat banyaknya ?teman? Anda yang ada di Facebook.

Dalam online Nature Neuroscience edisi 26 Desember, para peneliti melaporkan bahwa orang-orang yang memiliki jaringan sosial lebih besar dan lebih kompleks ternyata juga memiliki amygdala yang lebih besar.

Paul Sanberg, direktur University of South Florida Center of Excellence for Aging and Brain Repair di Tampa berkata, amygdala juga ditemukan mempunyai peran terhadap adanya rasa takut, emosi, dan bahkan kejang yang kita miliki. Beliau menjelaskan amygdala adalah bagian ?lama? dari otak, yang berarti bahwa amygdala merupakan bagian inti dari otak berbagai macam spesies yang berbeda.

Baru-baru ini, para peneliti mempelajari seorang wanita tanpa amygdala yang ditemukan tidak takut terhadap berbagai rangsangan menakutkan pada umumnya, seperti ular, laba-laba, film horor dan rumah hantu. Ia pun tidak merespon negatif ketika ditanya tentang pengalaman traumatis di masa lalunya. Menurut para peneliti dari University of Iowa, yang menerbitkan laporannya dalam edisi 16 Desember dari Current Biology, mengatakan bahwa penelitian ini mungkin menjadi studi penelitian manusia pertama yang menyatakan bahwa struktur otak memiliki peran yang sangat penting untuk memicu ketakutan.

Dalam studi terbaru, para ilmuwan di Harvard Medical School dan Massachusetts General Hospital telah mempunyai partisipan sebanyak 58 orang dewasa yang sehat berusia 19 hingga 83 tahun untuk menjawab pertanyaan tentang jumlah orang yang masih mereka kontak secara teratur, dan tentang berapa jumlah kelompok sosial yang telah mereka ikuti. Dengan mengemukakan pertanyaan-pertanyaan tersebut, para peneliti berharap akan mendapat petunjuk tentang kompleksitas jaringan sosial pada setiap orang. Lalu para partisipan pun melakukan tes Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk mengetahui berapa ukuran amygdala mereka masing-masing.

Ternyata, semakin luas dan semakin kompleks jaringan sosial yang dipunya oleh seseorang, semakin besar amygdala-nya. Hal ini benar-benar tidak memandang dari usia atau jenis kelamin para partisipan. Di sisi lain, tidak ada hubungan antara jumlah kontak sosial dan ukuran dari bagian-bagian lain dari otak. Namun ada hubungan antar area otak yang berkaitan dengan bagaimana amygdala berkomunikasi dengan bagian otak yang lain.

Sanberg mengatakan bahwa studi ini penting untuk diketahui agar para peneliti dapat menentukan peran amygdala dan membantu orang-orang yang mungkin mengalami masalah sosial. Jika para peneliti memahami bagaimana amygdala terlibat dalam perilaku sosial, mereka bisa mencari cara yang memungkinkan untuk membantu orang-orang yang mengalami kesusahan dalam masalah sosial.

Penelitian ini bisa dikatakan memiliki makna evolusi. Sebuah amygdala yang lebih besar dapat membantu orang-orang mengatasi hubungan sosial yang lebih kompleks, dan dapat membuat mereka lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sosial yang rumit dan terkadang menantang ini.[] (JRA)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Depresi Sebagai Gangguan Pada Otak

Depresi Sebagai Gangguan Pada Otak

Ganguan psikologis yang sering menghinggap seseorang saat merasakan sedih yang berlebih, akan menimbulkan keadaan dimana tubuh dan pikiran mereka menjadi terganggu atau biasa disebut dengan depresi. Seringkali depresi diatasi dengan pemberian obat anti depressant yang hanya memberikan efek sesaat dan bisa menimbulkan ketergantungan, sehingga membawa para dokter dan peneliti untuk memberikan solusi lebih baik. Salah satu solusi yang dikemukakan adalah dengan mengadopsi penggunaan terapi gen yang berhasil dalam mengobati pasien Parkinson secara aman. Untuk itu Michael Kaplitt beserta kolega dari Weil Cornell Medical College, bekerja sama dengan pemenang Nobel Prize dalam hal meneliti sel otak Paul Greengard dari Rockefeller University di New York, Amerika Serikat, merancang molekul obat yang mampu mengantarkan p11 dan komponen lain ke dalam otak tanpa mempengaruhi jaringan sel sekitar. P11 merupakan nama salah satu protein yang terlihat berkurang dalam sel jaringan otak manusia saat mereka mengalami depresi sama seperti penurunan protein p11 dalam otak tikus yang mengalami gejala depresi. Sehingga upaya memperbaiki gen yang menghasilkan protein ini, diharapkan mampu memberikan efek m [...]

6 Cara Atasi Mata Lelah Karena Terlalu Lama Tatap Monitor

6 Cara Atasi Mata Lelah Karena Terlalu Lama Tatap Monitor

Rasa lelah, kering, bahkan pusing bisa dirasakan karyawan saat terlalu lama menatap layar komputer, laptop ataupun gadget. Sebagai wanita karir yang tak bisa lepas dari komputer, hal ini pasti pernah Anda alami. Di tengah kesibukan menyelesaikan pekerjaan, masalah tersebut bisa cukup mengganggu dan jika dibiarkan bisa menyebabkan rusaknya penglihatan. Agar kesehatan mata tetap terjaga, inilah beberapa tips atasi mata lelah karena terlalu lama berhadapan dengan layar monitor:1. Istirahat SejenakCara paling mudah untuk menghindari mata lelah karena terlalu sering menatap komputer adalah dengan menginstirahatkannya sejenak. Di sela-sela kesibukan kerja Anda, sempatkan waktu 15 menit untuk tidak melihat layar monitor termasuk handphone sama sekali. Untuk membuat otot mata lebih rileks, fokuskan penglihatan pada sebuah objek yang jauh selama beberapa detik.2. Pijat MataJika mata benar-benar terasa lelah atau kering, Anda bisa melakukan pijatan kecil untuk membuatnya rileks. Caranya adalah dengan menutup ke dua mata kemudian tempatkan tengah telapak tangan di depannya. Sambil melakukan hal tersebut, tariklah nafas yang panjang agar pikiran menjadi lebih tenang.3. Sering BerkedipSering [...]

Penanganan Bencana dan Pasca Bencana

Penanganan Bencana dan Pasca Bencana

Bagi yang ingin memberi bantuan dapat langsung ke alamat kami: Jl. Cilandak I No.2, Cilandak Barat Jakarta Selatan 12430 Telp: (021)-75909338 Berbagai bencana datang menghampiri Indonesia, diantaranya adalah bencana alam tsunami disertai gempa berskala 7,2 skala Richter (SR) yang melanda Mentawai lepas pantai Sumatera Barat, Senin (25/10). Selain itu, bencana alam Gunung Merapi meletus terjadi di Yogyakarta, Selasa (26/10). Korban jiwa di Mentawai yang masih terhitung saat ini adalah sebanyak 112 orang dinyatakan tewas, 502 lainnya dinyatakan hilang, dan 4.000 keluarga mengungsi. Sedangkan korban jiwa atas meletusnya gunung berapi mencapai hingga 25 orang. Sebanyak 14 orang kini dirawat dan 5.000 jiwa mengungsi ke sejumlah barak. Sampai saat ini proses evakuasi korban meletusnya Gunung Merapi dari beberapa wilayah masih terus dilakukan sukarelawan dan tim Tanggap Darurat Bencana. Sejumlah bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pun telah tiba di Kecamatan Cikakap, Kabupaten Mentawai. Namun bantuan tenda, selimut, obat-obatan serta alat-alat untuk membantu evakuasi korban belum bisa disalurkan ke lokasi-lokasi yang diperkirakan paling parah terkena tsunami, [...]

1 dari 4 Pria Mengaku Alami Gejala ‘Datang Bulan’, Ini Tanda-tandanya

1 dari 4 Pria Mengaku Alami Gejala ‘Datang Bulan’, Ini Tanda-tandanya

Menstruasi adalah siklus alami pada tubuh yang diketahui hanya terjadi pada wanita. Saat sedang haid, wanita menghadapi sejumlah gejala seperti perut kram, pegal-pegal, mudah tersinggung serta marah, hingga mengidam. Siapa sangka jika hal serupa juga dirasakan oleh pria setiap bulannya. Menurut riset, gejala itu dialami satu dari empat pria.Hal tersebut terungkap dari sebuah poling yang dilakukan oleh situs Voucher Cloud. Survei itu dilakukan kepada 2.412 orang yang sebagian adalah pria. Berdasarkan riset yang dilakukan di Inggris tersebut, dua per tiga wanita mendapati pasangannya mengidap gejala menstruasi. Mereka pun percaya bahwa pria benar-benar bisa mengalami 'datang bulan'. Bahkan satu dari lima wanita menganggap jika PMS pacar atau suaminya lebih parah dari mereka.Penelitian itu membeberkan bahwa 26% pria memiliki tanda-tanda yang bisa diasosiasikan dengan menstruasi. Beberapa gejala utamanya adalah mudah tersinggung atau kesal. Diikuti oleh rasa pegal atau kelelahan lebih dari biasanya. Para wanita pun mengungkapkan jika kekasih atau suaminya kerap mengidam, terus menerus merasa lapar, hingga alami pembengkakan tubuh. Sementara 12% pria mengaku lebih sensitif terhadap b [...]

Ciptakan Istri Sempurna, Dokter Lakukan Operasi Miss V Hingga Bokong

Ciptakan Istri Sempurna, Dokter Lakukan Operasi Miss V Hingga Bokong

Seorang ahli bedah plastik di Amerika Serikat menggunakan kemampuannya untuk menciptakan wanita impiannya. Wanita yang kini menjadi istrinya itu dengan sukarela menjalani berbagai operasi kecantikan mulai dari mengubah bentuk Miss V hingga bokong.Dr David Matlock bertemu dengan istrinya Veronica pada 2007. Saat itu, wanita 38 tahun tersebut datang berkonsultasi padanya untuk melakukan operasi vaginoplasty yaitu mengubah bentuk Miss V atau vagina. Dia ingin melakukan operasi tersebut setelah melahirkan putrinya, Isabella yang kini berusia sembilan tahun.Saat konsultasi itu Dr Matlock tidak hanya menyarankan Veronica melakukan operasi vaginoplasty. Sang dokter juga menyuruhnya melakukan serangkaian prosedur kecantikan yang disebutnya 'Wonder Woman Makeover'. Prosedur tersebut melibatkan tindakan sedot lemak di area dagu, lengan, paha dan juga operasi pengencangan bokong ala Brazil. Dr Matlock mengaku langsung jatuh cinta pada pandangan pertama begitu melihat Veronica, terlepas dari penampilannya yang kelebihan berat badan 18 kg. Dia pun langsung mengajak wanita itu untuk kencan dan melamarnya."Aku tidak memperhatikan berat badannya. Aku hanya tahu apa yang ingin aku lakukan. Dia t [...]

Olahraga Menurunkan Risiko Kanker Dinding Rahim

Olahraga Menurunkan Risiko Kanker Dinding Rahim

Oleh: dr. Alvin Nursalim Olahraga merupakan komponen dari pola hidup sehat. Olahraga merupakan salah satu kunci dalam menjaga berat badan ideal dan menjaga kesehatan jantung Anda. Ternyata berdasarkan penelitian terakhir, manfaat olahraga kian bertambah. Salah satu manfaat terbaru dari olahraga adalah menurunkan risiko kanker dinding rahim atau dalam dunia kedokteran disebut kanker endometrium. Menarik bukan? Mari kita bahas info terbaru ini. Apa itu kanker endometrium? Kanker endometrium atau kanker dinding rahim merupakan keadaan dimana jaringan pelapis bagian dalam rahim tumbuh di berbagai tempat lain. Jaringan endometrium ini dapat tumbuh di berbagai tempat seperti ovarium atau kandung telur wanita. Gejala yang dapat dirasakan penderita kanker endometrium adalah perdarahan vagina setelah menopause, perdarahan antar menstruasi, nyeri perut bagian bawah dan nyeri saat berhubungan. Penyebab kanker ini belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker endometrium adalah kegemukan dan terapi hormonal. Olahraga dan kanker endometrium Mencegah lebih baik dari mengobati, itulah motto yang perlu anda ingat. Kanker endometrium pun dapat dice [...]

Berapa Kadar Gula Darah Normal pada Tubuh?

Berapa Kadar Gula Darah Normal pada Tubuh?

Memiliki kadar gula darah normal pada tubuh sangat penting karena bisa menunjang kinerja tubuh dan membuat Anda tetap sehat. Namun apakah Anda tahu berapa kadar gula darah normal yang harus Anda miliki? Sebenarnya kadar gula darah normal tidak berpatokan pada satu angka baku. Kadar ini bisa berubah seperti saat sebelum dan sesudah Anda makan atau juga saat waktunya tidur. Seusai makan, sistem pencernaan Anda akan memecah karbohidrat menjadi gula atau glukosa yang bisa diserap oleh aliran darah. Zat tersebut sangat penting untuk sumber energi sel-sel tubuh Anda. Darah mengalirkan zat gula ini menuju sel-sel tubuh guna menjadikannya energi. Namun, zat gula ini harus melewati sebuah ?pintu? untuk memasuki sel-sel tersebut. Hormon yang berperan dalam membuka ?pintu? itu adalah insulin. Insulin dihasilkan oleh pankreas. Setelah memasuki sel, zat gula ini akan dibakar menjadi energi yang bisa Anda pakai. Gula yang lebih akan disimpan di hati untuk dipakai di kemudian hari. Berikut kisaran kadar gula darah normal pada tubuh: Sebelum makan: 70 ? 130 mg/dL. Dua jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL. Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL. Menj [...]

Kenapa bisa Terjadi Sakit Perut Sebelah Kanan?

Kenapa bisa Terjadi Sakit Perut Sebelah Kanan?

Sakit perut merupakan keluhan yang umum terjadi. Lokasi bagian perut yang terasa sakit dapat menjadi petunjuk penyebabnya. Salah satu yang sering dikeluhkan adalah sakit perut sebelah kanan. Ada beberapa jenis rasa sakit yang dapat terasa pada perut. Mulai dari sakit yang tidak mengganggu, kram, hingga rasa sakit tajam yang terasa menusuk. Selain itu terdapat jenis sakit perut yang perlahan-lahan bisa terasa tidak tertahankan, lalu mereda kembali. Kondisi ini juga perlu dicermati apakah rasa sakit menjalar ke arah tertentu beserta gejala-gejala lain yang mengiringi. Alasan Utama Kondisi Ini Beberapa kondisi yang umumnya dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan, berbeda dengan sakit perut sebelah kiri. Radang usus buntu atau apendisitis. Kondisi ini terjadi ketika terjadi penyumbatan pada usus buntu akibat infeksi, sehingga terjadi pembengkakan yang perlu diatasi secepatnya. Apendisitis ditandai dengan rasa sakit perut sebelah kanan bawah yang diiringi dengan mual, muntah, dan demam. Batu empedu. Batu ini terbentuk di dalam kantong empedu. Ada batu empedu kolesterol dan batu empedu pigmen yang berwarna coklat atau hitam. Batu empedu dapat menyebabkan rasa sakit pada pe [...]

Emboli Paru, Penyebab Kematian Mendadak

Emboli Paru, Penyebab Kematian Mendadak

Kematian memang merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindari dan dapat terjadi pada usia berapa pun. Terdapat jutaan manusia meninggal setiap tahunnya karena berbagai penyebab. Menurut World Health Organization (WHO), diperkirakan 55 juta orang meninggal di dunia pada tahun 2011. Sekitar dua per tiganya disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, danpenyakit paru kronik maupun akut. Bicara soal penyakit paru akut, mungkin Anda pernah mendengar penyebab kematian mendadak akibat kondisi emboli paru. Sudah terdapat kasus kematian akibat emboli paru yang sudah terdokumentasi. Emboli paru dapat menyebabkan kematian mendadak, karena itu pengetahuan tentang emboli paru diperlukan. . Waspada Kematian Mendadak Akibat Emboli Paru Kematian memang merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindari dan dapat terjadi pada usia berapa pun. Terdapat jutaan manusia meninggal setiap tahunnya karena berbagai penyebab. Menurut World Health Organization (WHO), diperkirakan 55 juta orang meninggal di dunia pada tahun 2011. Sekitar dua per tiganya disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti penyakit kardiovaskular, kanker, diabe [...]

Madu Lebih Sehat dari Gula Pasir, Mitos atau Fakta?

Madu Lebih Sehat dari Gula Pasir, Mitos atau Fakta?

Madu sering dijadikan sebagai pemanis yang lebih sehat ketimbang gula pasir. Jika dibandingkan dengan gula pasir atau gula cair yang telah banyak melalui tahapan proses dalam pembuatannya, madu alami memang menjadi alternatif yang lebih baik.Karena merupakan substansi alami yang dihasilkan langsung oleh alam, banyak orang menganggap madu sebagai 'makanan super' yang tinggi nutrisi. Tapi benarkah madu sesehat yang dipercaya orang selama ini? Madu memang berbeda dengan gula pasir, gula cair atau gula batu dilihat dari kandungannya. Gula yang banyak digunakan saat ini termasuk jenis sukrosa yang diproses oleh insulin. Pankreas merupakan organ yang bertugas memproduksi hormon ini. Sementara madu 55 persennya adalah fruktosa, jenis gula yang sama yang terdapat pada buah. Ketika masuk ke dalam tubuh fruktosa akan diproses oleh liver. Yang perlu diperhatikan, meskipun jenis gula pada madu dan gula pasir berbeda namun tetap menimbulkan efek yang sama pada tubuh yaitu sama-sama menaikkan kadar gula dalam darah secara drastis. Ketika kadar gula naik maka pankreas akan memproduksi insulin yang mengakibatkan tubuh menyimpan kelebihan lemak dan akhirnya berat badan pun naik.Ketika dikonsumsi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *