Ukuran Amygdala Dalam Otak Menentukan Luasnya Jaringan Sosial Anda

Amygdala_1.jpg

Sebuah studi baru mengemukakan bahwa besarnya amygdala, sebuah bagian dari otak berbentuk almond yang melibatkan emosi, bisa menjadi sebuah penanda kuat untuk dapat melihat seberapa banyak dan beragamnya Anda mempunyai hubungan sosial, sama seperti saat melihat banyaknya ?teman? Anda yang ada di Facebook.

Dalam online Nature Neuroscience edisi 26 Desember, para peneliti melaporkan bahwa orang-orang yang memiliki jaringan sosial lebih besar dan lebih kompleks ternyata juga memiliki amygdala yang lebih besar.

Paul Sanberg, direktur University of South Florida Center of Excellence for Aging and Brain Repair di Tampa berkata, amygdala juga ditemukan mempunyai peran terhadap adanya rasa takut, emosi, dan bahkan kejang yang kita miliki. Beliau menjelaskan amygdala adalah bagian ?lama? dari otak, yang berarti bahwa amygdala merupakan bagian inti dari otak berbagai macam spesies yang berbeda.

Baru-baru ini, para peneliti mempelajari seorang wanita tanpa amygdala yang ditemukan tidak takut terhadap berbagai rangsangan menakutkan pada umumnya, seperti ular, laba-laba, film horor dan rumah hantu. Ia pun tidak merespon negatif ketika ditanya tentang pengalaman traumatis di masa lalunya. Menurut para peneliti dari University of Iowa, yang menerbitkan laporannya dalam edisi 16 Desember dari Current Biology, mengatakan bahwa penelitian ini mungkin menjadi studi penelitian manusia pertama yang menyatakan bahwa struktur otak memiliki peran yang sangat penting untuk memicu ketakutan.

Dalam studi terbaru, para ilmuwan di Harvard Medical School dan Massachusetts General Hospital telah mempunyai partisipan sebanyak 58 orang dewasa yang sehat berusia 19 hingga 83 tahun untuk menjawab pertanyaan tentang jumlah orang yang masih mereka kontak secara teratur, dan tentang berapa jumlah kelompok sosial yang telah mereka ikuti. Dengan mengemukakan pertanyaan-pertanyaan tersebut, para peneliti berharap akan mendapat petunjuk tentang kompleksitas jaringan sosial pada setiap orang. Lalu para partisipan pun melakukan tes Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk mengetahui berapa ukuran amygdala mereka masing-masing.

Ternyata, semakin luas dan semakin kompleks jaringan sosial yang dipunya oleh seseorang, semakin besar amygdala-nya. Hal ini benar-benar tidak memandang dari usia atau jenis kelamin para partisipan. Di sisi lain, tidak ada hubungan antara jumlah kontak sosial dan ukuran dari bagian-bagian lain dari otak. Namun ada hubungan antar area otak yang berkaitan dengan bagaimana amygdala berkomunikasi dengan bagian otak yang lain.

Sanberg mengatakan bahwa studi ini penting untuk diketahui agar para peneliti dapat menentukan peran amygdala dan membantu orang-orang yang mungkin mengalami masalah sosial. Jika para peneliti memahami bagaimana amygdala terlibat dalam perilaku sosial, mereka bisa mencari cara yang memungkinkan untuk membantu orang-orang yang mengalami kesusahan dalam masalah sosial.

Penelitian ini bisa dikatakan memiliki makna evolusi. Sebuah amygdala yang lebih besar dapat membantu orang-orang mengatasi hubungan sosial yang lebih kompleks, dan dapat membuat mereka lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sosial yang rumit dan terkadang menantang ini.[] (JRA)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jangan Sepelekan Suara Tiba-tiba Serak

Jangan Sepelekan Suara Tiba-tiba Serak

Pernahkah suara Anda tiba-tiba serak setelah melakukan aktivitas tertentu? Sebenarnya, mengapa suara bisa mengalami serak? Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya: Kelelahan bersuara merupakan adaptasi negatif pembentukan suara pada orang-orang yang sering menggunakan suara dalam jangka waktu lama tanpa kelainan patologis pada laring. Kelelahan bersuara biasanya ditandai dengan perubahan kualitas suara, rasa tidak nyaman saat bersuara, dan adanya keterbatasan penggunaan suara. Karenanya, suara yang lelah biasanya akan terdengar serak atau parau. Penyebab utama kelelahan bersuara adalah penggunaan suara yang berlebihan, berbicara di lingkungan yang bising, dan faktor stres. Berbicara dengan suara yang keras dapat meningkatkan frekuensi vibrasi pita suara yang apabila berlangsung terus-menerus dapat mengakibatkan kekakuan pada pita suara. Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini: Cara Atasi Suara Serak Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini: Menghindari berbicara terlalu keras dalam jangka waktu yang lama. Bila berbicara di ruangan yang besar atau di antara banyak orang lebih baik menggunakan [...]

5 Alasan Olahraga Sebaiknya Dilakukan di Pagi Hari

5 Alasan Olahraga Sebaiknya Dilakukan di Pagi Hari

Olahraga tentu memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh jika dilakukan dengan rutin. Namun beberapa orang mempunyai jadwal latihan yang berbeda-beda. Ada yang senang berolahraga di pagi hari, malam hari, atau hanya ketika memiliki waktu luang. Sebenarnya, olahraga lebih bagus dilakukan saat pagi hari. Mengapa? Berikut lima alasannya.1. Pembakaran Lemak Dilakukan Tepat WaktuOlahraga di pagi hari lebih baik dilakukan daripada siang atau malam karena pembakaran lemak dilakukan tepat waktu. "Baik untuk memulai hari dengan peningkatan metabolisme dalam tubuh, yang berarti Anda melakukan pembakaran lemak saat makan di siang hari," ujar Monica Nelson, seorang American Council on Exercise-certified sekaligus pelatih pribadi.2. Bisa Lebih Fokus LatihanAnda bisa lebih fokus latihan sehingga membuat olahraga menjadi maksimal. Setelah bangun tidur kemudian berolahraga membuat pikiran lebih segar. Nelson mengatakan, saat pagi hari hampir setiap orang belum diganggu oleh e-mail pekerjaan atau pesan singkat dari kerabat serta rekan kerja.3. Tidak Diganggu Banyak OrangBeberapa orang malas berolahraga karena harus bertemu banyak 'mata'. Semakin pagi Anda latihan maka semakin sedikit orang yan [...]

Indomie Aman Dikonsumsi

Indomie Aman Dikonsumsi

Isu razia dan penarikan produk mie instan Indomie di Taiwan sempat membuat kekhawatiran akan keamanan pada produk tidak hanya di Taiwan itu sendiri, tapi juga di masyarakat Indonesia. Walau sudah diperkuat pernyataan Food and Drug Administration (FDA/BPOM-USA) mengenai Methyl P-Hydroxybenzoate dan BPOM RI sebagai zat pengawet yang aman, Taiwan tetap memutuskan untuk melarang peredaran dagang Indomie di Taiwan. Hal ini dikarenakan Taiwan belum menggunakan ratifikasi standar International Codex Alumentarius Commission (ICAC) yang merupakan persyaratan mengenai keamanan mutu gizi dan produk makanan olahan sebagaimana sebagian besar negara-negara besar lainnya di dunia sudah menggunakannya. Walau demikian, dalam pengaplikasiannya ICAC di beberapa negara memiliki standar ambang batas konsumsi sendiri-sendiri, tergantung pada kebijakan masing-masing negara. Sebagaimana Amerika Serikat dan Kanada menggunakan batas ambang aman konsumsi Methyl P-Hydroxybenzoate 1000mg/kg untuk makanan, dan 250mg/kg untuk kecap. Namun di Jepang membatasi 250mg/kg untuk semua jenis bahan makanan. Sementara di Indonesia sendiri memiliki kebijakan ketat serupa dengan Jepang. Ditambah lagi BPOM RI selalu mengada [...]

5 Jenis Makanan yang Dapat Memperkuat Gigi

5 Jenis Makanan yang Dapat Memperkuat Gigi

Diet kaya nutrisi juga memiliki peran penting untuk memperkuat gusi dan gigi. Mencegah karies serta memberikan senyum dengan gigi putih yang indah. Berikut ini beberapa jenis makanan yang membantu memperkuat dan menyehatkan gigi, seperti dilansir oleh Health Me Up.1. Makanan PelindungBeberapa komponen makanan dapat membantu mengurangi karies gigi (Cariostatic), itulah kenapa makanan-makanan tersebut dikenal dengan sebutan makanan pelindung. Jenis makanan ini mengandung kalsium dan fosfor, contohnya produk kacang-kacangan. Dalam jumlah yang tepat, makanan tersebut dapat mengurangi asam yang diproduksi oleh bakteri di mulut dan membentuk lapisan pelindung pada email gigi.2. Gandum UtuhGandum utuh seperti cornflakes dan oatmeal lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan dengan gandum olahan seperti mie, pasta, biskuit dan produk roti dari tepung putih lainnya. Gandum olahan, makanan yang mengandung tepung dan juga gula adalah karbohidrat yang difermentasikan sehingga menjadi penyebab utama yang berkontribusi terhadap pembentukan asam dalam rongga mulut.3. Buah dan SayuranBuah dan sayur mengandung serat, sehingga diperlukan banyak kunyahan untuk mengolahnya. Hal ini berpengaruh pada p [...]

Mencegah Lingkaran Hitam Mata

Mencegah Lingkaran Hitam Mata

Lingkaran hitam di sekitar mata seringkali ditemukan jika seseorang mengalami kurang tidur. Namun, jika lingkaran hitam di sekitar mata tidak juga menghilang setelah cukup tidur maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Proses Penuaan Lingkaran hitam di sekitar mata dapat muncul karena proses penuaan. Ketika terjadi proses penuaan, kulit akan menjadi semakin tipis. Lemak dan jaringan kolagen juga semakin menipis dan berkurang. Jika hal-hal ini terjadi di sekitar mata maka akan menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata akan lebih terlihat dan menciptakan siluet biru-kehitaman samar di sekitar mata. Selain itu, ada beberapa hal lain yang dapat mendasari lingkaran hitam di sekitar hitam: Alergi Pada masyarakat Asia, masalah pigmentasi yang tidak merata sering menjadi penyebab Paparan sinar matahari dapat menyebabkan pembentukan pigmen yang berlebihan pada daerah tertentu, termasuk di sekitar mata. Paparan sinar UV juga dapat melemahkan jaringan kolagen kulit sehingga membuat kulit kendur Sering menggosok daerah sekitar mata Gaya hidup tidak sehat seperti stres fisik dan emosional, merokok dan konsumsi alkohol. Berikut cara pencegahan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata [...]

Ini Dia Bahayanya Kalau Sembarangan Minum Obat Langsing

Ini Dia Bahayanya Kalau Sembarangan Minum Obat Langsing

Pil pelangsing merupakan pilihan yang popular di antara orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun apakah hal tersebut aman dan efektif? Idealnya pil pelangsing hanya diresepkan oleh dokter setelah melalui serangkaian pemeriksaan fisik dan cek kesehatan. Semua orang bisa minum obat pelangsing? TIDAK. Tidak semua orang boleh mengkonsumsinya. Pil pelangsing sendiri diindikasikan untuk mereka yang memilki masalah kesehatan tertentu atau memiliki gangguan sehingga menyebabkan obesitas. Pil pelangsing yang diperoleh atau dibeli dari sumber yang diragukan kebenarannya atau dari online shoptanpa adanya pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter, tidak disarankan untuk dikonsumsi. Obat-obatan semacam itu yang tidak melalui uji klinis dan tidak memiliki sumber ilmiah terpercaya dapat merugikan kesehatan dan dapat menimbulkan komplikasi serius seperti kegagalan organ. Bagaimana cara kerja pil pelangsing tersebut? Bagaimana Cara Kerja Pil Pelangsing Tersebut? Mekanisme kerja pil pelangsing bergantung dari formulasi dan bahan aktif yang ada di dalamnya. Namun pada umumnya cara kerjanya adalah: Menekan nafsu makan sehingga Anda merasa lapar Meningkatkan metabolis [...]

Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan

Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan

Kurang tidur menyebabkan kegemukan! Kalimat ini pasti bukan hal yang asing di telinga Anda. Cukup tidur memang merupakan aspek penting dalam mempertahankan berat badan yang ideal, selain olahraga dan asupan nutrisi yang seimbang. Akan tetapi, berapa jam tidur sehari yang dapat dikatakan cukup? Para ahli mengatakan bahwa jam tidur yang dikatakan cukup adalah 7-8 jam sehari. Lalu apa yang terjadi saat Anda tidak mendapatkan jam tidur yang dianjurkan tersebut? Apakah sebaiknya membayar hutang jam tidur keesokan harinya dengan tidur lebih dari 8 jam? Sebenarnya ketika kita berbicara tentang durasi tidur, yang memiliki risiko menimbulkan kegemukan atau obesitas bukan hanya durasi tidur yang pendek yaitu 5-6 jam. Akan tetapi, durasi tidur yang panjang yaitu 9-10 jam atau bahkan lebih dari itu juga meningkatkan risiko seseorang menjadi gemuk. Besar risiko terjadinya obesitas pada seseorang yang tidur dengan durasi pendek adalah sebesar 27%, sedangkan untuk yang tidur dengan durasi panjang adalah sebesar 21% (Chaput et al, 2007). Jadi, sebenarnya risiko kegemukan meningkat baik dengan jam tidur yang kurang maupun dengan jam tidur yang lebih panjang dari anjuran. Ada beberapa teori mengapa [...]

Manfaat Makan Ikan Bagi Buah Hati

Manfaat Makan Ikan Bagi Buah Hati

PeduliSehat.info - Bagi para orangtua yang memiliki anak balita mungkin sering mendengar anjuran dari orang-orang sekitar terutama orang yang lebih tua untuk memberi makan ikan kepada anaknya. Hal ini dikatakan dapat membuat si anak menjadi pintar. Benarkah dengan makan ikan anak kita bisa menjadi pintar? Anda tentunya sudah mengetahui bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani. Apakah beda antara protein yang tedapat pada ikan dibanding dengan protein pada sumber protein lain seperti daging sapi dan ayam? Berikut beberapa kelebihan daging ikan dibandingkan sumber protein lainnya: 1. Protein Ikan Lebih Mudah Diserap Pada daging ikan, terdapat protein dengan serat yang lebih pendek dibandingkan dengan daging sapi ataupun ayam, sehingga akan lebih mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Bagi anak usia balita yang memiliki pencernaan yang belum matang seperti orang dewasa maka akan sangat tepat bila diberi sumber protein hewani berupa daging ikan. Kandungan protein yang tinggi juga berperan dalam proses pertumbuhan balita terutama pertumbuhan sel-sel otak. Satu hal yang penting diingat, pastikan Anda memasak dengan baik dan matang jika hendak menyajikannya untuk sang b [...]

Asam Urat, Inilah Dietnya

Asam Urat, Inilah Dietnya

Asam Urat atau dalam istilah medisnya Gout arthritis, yaitu suatu peradangan sendi yang disebabkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat pada sendi, seringkali diasosiasikan dengan diet dan pola makan. Apa hubungan antara pola makan dengan asam urat? Gout arthritis terjadi ketika level asam urat yang tinggi dalam darah Anda menyebabkan pembentukan kristal dan terakumulasi pada sendi. Tubuh memproduksi asam urat dari pemecahan purin. Purin secara alami terdapat di dalam tubuh namun Anda banyak mendapatkannya dari makanan seperti jeroan, ikan sarden, makarel, kerang, dan sebagainya. Jika Anda membatasi makanan yang tinggi akan purin, maka akan membantu mengurangi serangan asam urat dan mengurangi derajat keparahannya. Diet bukan merupakan terapi utama dalam menangani gout, hanya dapat membantu mengurangi frekuensi serangan. Bagaimana pola makan yang sesuai bagi penderita asam urat? Bagaimana pola makan yang sesuai bagi penderita asam urat? Pada prinsipnya, diet ini adalah membatasi asupan makanan yang tinggi purin seperti produk hewani, yang membantu kontrol produksi asam urat dalam tubuh. Jika Anda obesitas atau memiliki berat badan berlebih, segera turunka [...]

Mencegah Munculnya Jerawat di Punggung

Mencegah Munculnya Jerawat di Punggung

Kehadiran jerawat di punggung terkadang membuat tidak nyaman. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya jerawat di punggung. Jerawat bisa muncul di mana saja di tubuh kita sepanjang memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak atau folikel rambut. Salah satu yang sering menjadi gangguan adalah jerawat di punggung. Layaknya wajah, punggung juga memiliki banyak kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum atau minyak. Tumpukan sebum yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Bagaimana Mencegah dan Mengobati Jerawat di Punggung Agar jerawat tidak muncul, kita perlu memperhatikan kebersihan tubuh secara keseluruhan. Berikut beberapa cara untuk mencegah atau mengurangi munculnya jerawat di punggung. Segeralah mandi setelah melakukan aktivitas yang menimbulkan banyak keringat. Jika tidak memungkinkan, gunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk membantu menyegarkan kulit dan membuang minyak berlebih. Hindarilah memakai tas punggung, karena ada beberapa kasus munculnya jerawat di punggung terkait pemakaian tas jenis ini. Pakailah tas pinggang atau tas selempang agar risiko jerawat di punggung k [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *