Ukuran Amygdala Dalam Otak Menentukan Luasnya Jaringan Sosial Anda

Amygdala_1.jpg

Sebuah studi baru mengemukakan bahwa besarnya amygdala, sebuah bagian dari otak berbentuk almond yang melibatkan emosi, bisa menjadi sebuah penanda kuat untuk dapat melihat seberapa banyak dan beragamnya Anda mempunyai hubungan sosial, sama seperti saat melihat banyaknya ?teman? Anda yang ada di Facebook.

Dalam online Nature Neuroscience edisi 26 Desember, para peneliti melaporkan bahwa orang-orang yang memiliki jaringan sosial lebih besar dan lebih kompleks ternyata juga memiliki amygdala yang lebih besar.

Paul Sanberg, direktur University of South Florida Center of Excellence for Aging and Brain Repair di Tampa berkata, amygdala juga ditemukan mempunyai peran terhadap adanya rasa takut, emosi, dan bahkan kejang yang kita miliki. Beliau menjelaskan amygdala adalah bagian ?lama? dari otak, yang berarti bahwa amygdala merupakan bagian inti dari otak berbagai macam spesies yang berbeda.

Baru-baru ini, para peneliti mempelajari seorang wanita tanpa amygdala yang ditemukan tidak takut terhadap berbagai rangsangan menakutkan pada umumnya, seperti ular, laba-laba, film horor dan rumah hantu. Ia pun tidak merespon negatif ketika ditanya tentang pengalaman traumatis di masa lalunya. Menurut para peneliti dari University of Iowa, yang menerbitkan laporannya dalam edisi 16 Desember dari Current Biology, mengatakan bahwa penelitian ini mungkin menjadi studi penelitian manusia pertama yang menyatakan bahwa struktur otak memiliki peran yang sangat penting untuk memicu ketakutan.

Dalam studi terbaru, para ilmuwan di Harvard Medical School dan Massachusetts General Hospital telah mempunyai partisipan sebanyak 58 orang dewasa yang sehat berusia 19 hingga 83 tahun untuk menjawab pertanyaan tentang jumlah orang yang masih mereka kontak secara teratur, dan tentang berapa jumlah kelompok sosial yang telah mereka ikuti. Dengan mengemukakan pertanyaan-pertanyaan tersebut, para peneliti berharap akan mendapat petunjuk tentang kompleksitas jaringan sosial pada setiap orang. Lalu para partisipan pun melakukan tes Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk mengetahui berapa ukuran amygdala mereka masing-masing.

Ternyata, semakin luas dan semakin kompleks jaringan sosial yang dipunya oleh seseorang, semakin besar amygdala-nya. Hal ini benar-benar tidak memandang dari usia atau jenis kelamin para partisipan. Di sisi lain, tidak ada hubungan antara jumlah kontak sosial dan ukuran dari bagian-bagian lain dari otak. Namun ada hubungan antar area otak yang berkaitan dengan bagaimana amygdala berkomunikasi dengan bagian otak yang lain.

Sanberg mengatakan bahwa studi ini penting untuk diketahui agar para peneliti dapat menentukan peran amygdala dan membantu orang-orang yang mungkin mengalami masalah sosial. Jika para peneliti memahami bagaimana amygdala terlibat dalam perilaku sosial, mereka bisa mencari cara yang memungkinkan untuk membantu orang-orang yang mengalami kesusahan dalam masalah sosial.

Penelitian ini bisa dikatakan memiliki makna evolusi. Sebuah amygdala yang lebih besar dapat membantu orang-orang mengatasi hubungan sosial yang lebih kompleks, dan dapat membuat mereka lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sosial yang rumit dan terkadang menantang ini.[] (JRA)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Pentingnya Rajin Minum Air Perasan Lemon Tiap Pagi

Ini Pentingnya Rajin Minum Air Perasan Lemon Tiap Pagi

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk meminum air hangat dengan perasan jeruk lemon sesaat setelah bangun tidur. Meskipun rasanya asam, buah lemon merupakan makanan yang sifatnya basa, yang dapat menjaga keseimbangan pH tubuh agar terjaga kesehatannya serta terhindar dari berbagai penyakit. Ini beberapa alasan lainnya kenapa Anda disarankan untuk meminum air lemon hangat di pagi hari.1. Tonik untuk LiverPraktisi food combining, Erikar Lebang mengatakan, air dengan perasan lemon di pagi hari sangat baik untuk menjaga kesehatan liver. Setelah semalaman bekerja untuk menyaring racun-racun di dalam tubuh yang berasal dari makanan tidak sehat, liver membutuhkan tonik untuk mempertahankan fungsi kerjanya. Pagi hari merupakan waktu paling tepat untuk memberi 'hadiah' pada liver, tapi pastikan Anda tidak mengonsumsi apapun 20 menit sebelum atau setelah meminumnya.2. Mengganti Cairan ElektrolitSaat malam hari, tubuh kekurangan cairan selama lebih kurang 6-7 jam. Itulah sebabnya kita kerap merasa lemas saat bangun di pagi harinya. Meminum air putih saja tidak cukup, Anda perlu menggantinya dengan cairan elektrolit. Ketimbang minum minuman kemasan yang mengandung elektrolit, akan l [...]

7 Manfaat Citrus dan Alasan Anda Harus Konsumsi Tiap Hari

7 Manfaat Citrus dan Alasan Anda Harus Konsumsi Tiap Hari

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis atau grapefruit tidak hanya memiliki rasa yang segar dan kaya vitamin tapi juga punya banyak manfaat lainnya. Mulai dari khasiatnya untuk menjaga kesehatan hingga menambah rasa pada makanan atau minuman. Ini manfaat mengonsumsi buah citrus setiap hari, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Penambah Rasa AlamiHindari menambahkan gula, sirup atau saus botolan pada makanan/minuman Anda jika ingin hidup sehat dan tetap ramping. Sebagai gantinya, Anda bisa memakai buah citrus untuk dressing salad, bumbu daging/ikan, jus atau smoothies. Perasan lemon misalnya, bisa menambah kesegaran pada minuman teh bahkan air putih Anda.2. Rendah GulaKeluarga citrus merupakan salah satu jenis buah yang rendah kandungan fruktosa atau gulanya. Rata-rata buah yang termasuk dalam citrus diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita diabetes karena bisa membantu mengontrol tingkat insulin.3. Kaya Vitamin CSemua buah citrus sudah tentu kaya Vitamin C. Seperti diketahui, vitamin ini memiliki banyak manfaat seperti anti penuaan, meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk kulit. Selain itu juga bisa membuat mood Anda jadi lebih baik dan bahkan memban [...]

Konsumsi Yogurt Saat Sahur Bisa Cegah Bau Mulut & Memperlama Rasa Kenyang

Konsumsi Yogurt Saat Sahur Bisa Cegah Bau Mulut & Memperlama Rasa Kenyang

Di bulan Ramadan, kebanyakan orang hanya memperhatikan santapan untuk berbuka. Sementara makanan atau minuman saat sahur sering dihadirkan seadanya. Hal tersebut tentu kurang tepat karena bisa membuat Anda merasa lebih cepat lapar kala menjalankan puasa.Sahur yang dilakukan tengah malam memang sering membuat orang malas menyiapkan makanan yang lengkap. Sebagian orang bahkan lebih memilih asupan yang cepat dan kurang bergizi karena lebih praktis, misalnya mie instan.Bagi Anda yang ingin asupan sahur lebih ?bernutrisi atau untuk menambah gizi makanan instan sehingga lebih kenyang, bisa mengkonsumsi yogurt. Susu fermentasi tersebut dapat memenuhi kebutuhan kalori, lemak, dan protein harian sehingga mengurangi sensasi lapar saat menjalankan puasa di siang hari."Yogurt mengandung nutrisi lengkap. Maka dari itu, yogurt juga bisa membantu menjaga kadar gula darah sehingga sensasi lapar berkurang," ungkap Dr Marya Haryono, M.Gizi, SpGK ketika mengisi talkshow yang diadakan Heavenly Blush ?di kawasan Menteng, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.?Selain mengkonsumsi yogurt, Marya pun menyarankan agar orang-orang yang berpuasa banyak mengkonsumsi asupan berkarbohidrat kompleks. Misalnya na [...]

Vaksin Penyebab Autisme?

Vaksin Penyebab Autisme?

Oleh: dr. Nadia Octavia Autisme merupakan suatu kondisi gangguan otak dimana terdapat kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Kebanyakan penyandang autisme mengalami kesulitan dalam menjalin relasi dengan orang lain. Gejala biasanya timbul sebelum anak berusia kurang dari 3 tahun: Terdapat gangguan keterlambatan belajar berbicara atau bahkan tidak bisa berbicara sama sekali Melakukan kegiatan ataupun perilaku yang berulang-ulang (repetitive) dan obsesif. Misalnya: melakukan suatu gerakan tubuh yang berulang dan akan kecewa dan marah jika rutinitas tersebut diubah. Tidak dapat melakukan kontak mata dengan lawan bicara Cenderung menarik diri dan lebih suka bermain sendiri. Autisme cenderung bersifat genetik dan diturunkan. Meskipun dasar genetik masih kurang jelas, namun diduga dikarenakan adanya mutasi genetik. Selain itu, terdapat beberapa kontroversi terkait dengan kondisi lingkungan, misalnya: logam berat, pestisida, dan yang paling menjadi momok adalah vaksin. Salah satu kandungan pada vaksin yang telah diteliti secara spesifik adalah thimerosal, yang sebelumnya pernah digunakan sebagai bahan pengawet pada beberapa jenis vaksin. Thimerosal merup [...]

Deteksi & Perawatan Eksim Anak

Deteksi & Perawatan Eksim Anak

Oleh: dr. Nadia Octavia Saat bayi Anda gatal dan memiliki kulit yang kering dan membuatnya terus menggaruk setiap saat, tentu Anda akan melakukan segala cara untuk mengurangi ketidaknyamanannya. Mandikan anak secara rutin Kebanyakan dokter kulit menyarankan agar bayi Anda dimandikan setiap hari jika memiliki eksim. Dengan mandi atau berendam, akan menambahkan kelembaban pada kulit bayi yang kering dan mengurangi resiko infeksi dari bakteri. Gunakan sabun yang bebas pengharum dan memang ditujukan untuk kulit yang sensitif. Mandikan bayi selama 5-10 menit, keringkan dan berikan pelembab. Gunakan pelembab secara rutin Untuk mengurangi kulit kering dan bayi terus menggaruk, aplikasikan pelembab pada kulit bayi setidaknya dua kali sehari. Kulit yang kering akan membuat eksim dan peradangan bertambah parah. Pelembab akan mengurangi lingkaran "gatal dan menggaruk". Pelembab berbahan dasar krim dan salep akan bekerja lebih baik pada kulit bayi Anda dibandingkan dengan lotion. Jika dokter Anda meresepkan krim untuk mengurangi gatal, gunakan terlebih dahulu sebelum pemakaian pelembab. Hindari bahan 'natural' Produk berbahan organik dan alami memang populer digunakan, tetapi kebanyakan produ [...]

Vasektomi pada Pria Bisa Ganggu Performa Seks?

Vasektomi pada Pria Bisa Ganggu Performa Seks?

Sebagai salah satu cara kontrasepsi, vasektomi pada pria masih tergolong jarang. Vasektomi kerap disebut memiliki efek samping terhadap kemampuan seks. Mari kita telaah anggapan tersebut. Vasektomi adalah metode kontrasepsi yang dilakukan dengan memotong saluran sperma (vas deferens) yang membawa sperma dari testis ke penis. Dengan metode yang menyerupai sterilisasi ini, sperma tidak lagi keluar bersama air mani saat pria ejakulasi. Di kalangan awam, metode vasektomi memang banyak yang mempertanyakan. Salah satunya mitos bahwa vasektomi dapat memengaruhi gairah seksual pria. Padahal, tidak demikian. Setelah vasektomi, seorang pria tetap akan merasakan sensasi orgasme, ereksi bahkan ejakulasi. Memang, sesaat setelah vasektomi dilakukan, ada kasus yang mengalami rasa nyeri di bagian testis, tetapi hal itu hanya sementara. Beberapa hari setelah prosedur vasektomi, seorang pria dapat segera melakukan hubungan seksual. Vasektomi juga tidak akan memengaruhi produksi hormon testosteron pada pria. Demikian juga air mani yang keluar saat ejakulasi setelah vasektomi, tidak akan banyak berbeda, karena sperma hanya merupakan bagian kecil dari air mani secara keseluruhan. Sebagai metode k [...]

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah Oleh: drg. Martha Mozartha Beberapa tahun belakangan ini, industri hiburan di Korea khususnya Korea Selatan melejit dan sepertinya sedang dalam masa keemasan. K-pop, serial atau drama Korea digemari tidak hanya oleh masyarakat Korea Selatan tapi terkenal ke seluruh dunia. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa seperti halnya artis Hollywood, artis Korea Selatan pun rata-rata telah menjalani operasi bedah plastik demi memiliki penampilan yang menawan. Dan berdasarkan data statistik dari Departemen Kesehatan Kor-Sel, kecenderungan untuk mengubah penampilan dengan bedah plastik rupanya tidak hanya berlaku pada artis namun juga pada masyarakat awam. Bagian yang paling diminati untuk diperbaiki di tangan seorang dokter adalah bagian mata, tulang rahang dan hidung. Selain itu, tuntutan untuk mendapatkan perawatan gigi juga tinggi, demi sebuah senyum yang indah. Dengan semakin berkembangnya teknologi di bidang kedokteran gigi, para profesional di bidang ini sangat terbantu untuk dapat memperbaiki bentuk dan warna gigi pasien menjadi lebih memuaskan secara estetik. Salah satu caranya adalah dengan melapisi permukaan gigi dengan suatu material sewarna gigi [...]

3 Jenis Contact Lens

3 Jenis Contact Lens

Contact lens adalah sebuah piringan kecil dari bahan seperti plastik tipis yang dipasang pada bola mata Anda. Sesuai fungsinya, kontak lensa memiliki tipe yang berbeda-beda. Berikut akan kami paparkan beberapa tipe kontak lensa. Soft contact lenses Soft contact lenses merupakan jenis lensa kontak yang paling digemari dan digunakan untuk mengoreksi berbagai masalah mata seperti: � Rabun jauh (miopi) � Rabun dekat (hipermetropi) � Astigmatisma � Presbiopi Lensa kontak ini mengikuti bentuk mata, lebih nyaman dan cenderung berada pada posisi yang statis. Oleh karena itu, lensa kontak jenis ini merupakan pilihan yang dianjurkan jika Anda adalah pribadi yang aktif ataupun senang berolahraga. 3 Jenis Contact Lens 2. Hard contact lenses Lensa kontak jenis ini memberikan pandangan yang lebih jelas dan lebih tajam pada beberapa masalah mata tertentu, terutama jika Anda sudah mencoba menggunakan soft contact lenses dan tidak puas dengan hasilnya. Sirkulasi udara pada hard contact lenses seringkali lebih baik daripada soft contact lenses sehingga dapat mengurangi resiko infeksi. Dibutuhkan waktu hing [...]

Minum Kopi Menguntungkan Atau Merugikan?

Minum Kopi Menguntungkan Atau Merugikan?

Kini, minum kopi di pagi hari bukan lagi hanya merupakan sekedar rutinitas belaka. Karena ternyata, banyak hal baik dari kopi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya yaitu: Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung Kopi mengandung antioksidan yang dapat mengurangi oksidasi dari LDL. Selain itu terbukti menurunkan risiko penyakit jantung koroner, dan gagal jantung bila mengkonsumsi sekitar 2 cangkir setiap harinya. (Baca: 5 Tanda Gagal Jantung) Menurunkan risiko terjadinya stroke Mengkonsumsi kopi 1 hingga 6 cangkir setiap harinya terbukti menurunkan risiko penyakit stroke sebanyak 17%. Menurunkan risiko terjadinya penyakit kencing manis Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan produksi insulin, merangsang metabolisme gula darah, dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kencing manis. (Baca: Kafein Pada Kopi Mencegah Kanker Kulit). Masih ada beberapa manfaat minum kopi dan kafein lainnya, ada di halaman selanjutnya: Manfaat Kopi Lainnya untuk Kesehatan 4. Menurunkan risiko terkena kanker Kopi juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, termasuk kanker endometrium, kanker prostat, kanker kepala dan leher, [...]

Obat Baru Bagi Penyandang Diabetes

Obat Baru Bagi Penyandang Diabetes

Prof. dr. Robert Toto, MD, dari University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas, telah melakukan penelitian yang melahirkan sebuah obat anti-inflamasi baru bagi diabetesein tipe-2. Lebih lanjut diketahui obat tersebut dapat pula meningkatkan fungsi ginjal. "Pada diabetes, fungsi ginjal cenderung memburuk dari waktu ke waktu, tidak ada studi sebelumnya yang telah menunjukkan peningkatan fungsi ginjal oleh setiap terapi atau pengobatan yang dilakukan pengidap diabetes atau pengidap ginjal kronis. Hal ini membuat penelitannya sangat menarik," terang profesor Toto, kedokteran internal. Penelitian melibatkan 227 diabetesein tipe 2 serta penyakit ginjal kronis. Dengan pemantauan penuh selama 56 minggu, empat minggu setelah peneliti berhenti memberikan obat, pengukuran menunjukkan bahwa diabetesein terus mempertahankan hasil yang lebih tinggi dari fungsi ginjal yang membaik dibandingkan dengan pengukuran dasar yang diambil pada awal penelitian. Dan seterusnya hasil penelitian telah dilaporkan di New England Journal of Medicine. ?Tipe 2 adalah bentuk paling umum dari diabetes, penyebab utama gagal ginjal pada diabetes untuk hampir setengah dari semua kasus baru stadium akhir pen [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *