Ukuran Amygdala Dalam Otak Menentukan Luasnya Jaringan Sosial Anda

Amygdala_1.jpg

Sebuah studi baru mengemukakan bahwa besarnya amygdala, sebuah bagian dari otak berbentuk almond yang melibatkan emosi, bisa menjadi sebuah penanda kuat untuk dapat melihat seberapa banyak dan beragamnya Anda mempunyai hubungan sosial, sama seperti saat melihat banyaknya ?teman? Anda yang ada di Facebook.

Dalam online Nature Neuroscience edisi 26 Desember, para peneliti melaporkan bahwa orang-orang yang memiliki jaringan sosial lebih besar dan lebih kompleks ternyata juga memiliki amygdala yang lebih besar.

Paul Sanberg, direktur University of South Florida Center of Excellence for Aging and Brain Repair di Tampa berkata, amygdala juga ditemukan mempunyai peran terhadap adanya rasa takut, emosi, dan bahkan kejang yang kita miliki. Beliau menjelaskan amygdala adalah bagian ?lama? dari otak, yang berarti bahwa amygdala merupakan bagian inti dari otak berbagai macam spesies yang berbeda.

Baru-baru ini, para peneliti mempelajari seorang wanita tanpa amygdala yang ditemukan tidak takut terhadap berbagai rangsangan menakutkan pada umumnya, seperti ular, laba-laba, film horor dan rumah hantu. Ia pun tidak merespon negatif ketika ditanya tentang pengalaman traumatis di masa lalunya. Menurut para peneliti dari University of Iowa, yang menerbitkan laporannya dalam edisi 16 Desember dari Current Biology, mengatakan bahwa penelitian ini mungkin menjadi studi penelitian manusia pertama yang menyatakan bahwa struktur otak memiliki peran yang sangat penting untuk memicu ketakutan.

Dalam studi terbaru, para ilmuwan di Harvard Medical School dan Massachusetts General Hospital telah mempunyai partisipan sebanyak 58 orang dewasa yang sehat berusia 19 hingga 83 tahun untuk menjawab pertanyaan tentang jumlah orang yang masih mereka kontak secara teratur, dan tentang berapa jumlah kelompok sosial yang telah mereka ikuti. Dengan mengemukakan pertanyaan-pertanyaan tersebut, para peneliti berharap akan mendapat petunjuk tentang kompleksitas jaringan sosial pada setiap orang. Lalu para partisipan pun melakukan tes Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk mengetahui berapa ukuran amygdala mereka masing-masing.

Ternyata, semakin luas dan semakin kompleks jaringan sosial yang dipunya oleh seseorang, semakin besar amygdala-nya. Hal ini benar-benar tidak memandang dari usia atau jenis kelamin para partisipan. Di sisi lain, tidak ada hubungan antara jumlah kontak sosial dan ukuran dari bagian-bagian lain dari otak. Namun ada hubungan antar area otak yang berkaitan dengan bagaimana amygdala berkomunikasi dengan bagian otak yang lain.

Sanberg mengatakan bahwa studi ini penting untuk diketahui agar para peneliti dapat menentukan peran amygdala dan membantu orang-orang yang mungkin mengalami masalah sosial. Jika para peneliti memahami bagaimana amygdala terlibat dalam perilaku sosial, mereka bisa mencari cara yang memungkinkan untuk membantu orang-orang yang mengalami kesusahan dalam masalah sosial.

Penelitian ini bisa dikatakan memiliki makna evolusi. Sebuah amygdala yang lebih besar dapat membantu orang-orang mengatasi hubungan sosial yang lebih kompleks, dan dapat membuat mereka lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sosial yang rumit dan terkadang menantang ini.[] (JRA)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Vaksin Sebelum Menunaikan Ibadah Haji

Vaksin Sebelum Menunaikan Ibadah Haji

Semua peserta ibadah haji dan umroh harus memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat vaksin meningitis. Selain kesehatan tubuh yang prima, beribadah bersama ribuan orang dari berbagai penjuru dunia membuat calon peserta haji membutuhkan imunisasi yang dapat mengurangi risiko terpapar bakteri dan virus berbahaya. Vaksin Meningitis Meningitis adalah infeksi yang menyebabkan inflamasi pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini berisiko tinggi terjadi di bagian tertentu di dunia, terutama negara Arab Saudi sebagai tempat umat muslim menunaikan ibadah haji dan umroh. Untuk mencegahnya, vaksin meningitis menjadi imunisasi yang diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat imunisasi meningitis menjadi syarat bagi calon haji untuk mendapatkan visa. Berikut ini adalah ketentuan pemberian vaksin: Meningitis adalah penyakit yang disebabkan bakteri kelompok A, W, C, dan Y. Maka semua jamaah wajib mendapat satu dosis vaksin kuadrivalen polisakarida atau ACYW135. Pemberian vaksin ini sebaiknya dilakukan 2-3 minggu sebelum keberangkatan dan tidak kurang dari 10 hari sebelumnya. Jika [...]

6 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Kurang Tidur

6 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Kurang Tidur

Apa Anda sering mengalami gangguan tidur atau insomnia? Hati-hati kurang tidur bisa meningkatkan risiko diabetes, bahkan meningkatkan risiko kematian 2 kali lebih besar! Seperti yang dikutip dari Prevention internasional, berikut enam masalah kesehatan yang disebabkan kurangnya waktu tidur.1. Penyakit kardiovaskularDalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal 'Sleep 2010', para peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau data terhadap 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi National Health Interview tahun 2005. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam, lebih berisiko terhadap penyakit jantung. Selain itu, wanita di bawah 60 tahun yang tidur kurang dari 5 jam, berisiko 2 kali lipat lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung.2. DiabetesBerdasarkan jurnal diabetes tahun 2011 lalu, penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa penderita diabetes yang kurang tidur dapat mengembangkan produksi kadar glukosa sebesar 9%, kadar insulin puasa (fasting insulin) sebesar 30%, dan resistensi insulin meningkat hingga 43%. Kontrol gula darah adalah salah satu dari banyak [...]

Awet Muda Dengan Tempe

Awet Muda Dengan Tempe

Tempe memiliki kandungan isoflavon yang kaya yang terbukti mampu menghambat proses penuaan dini khususnya untuk wanita menjelang masa menopause. Hal ini diperkuat dengan riset yang dilakukan staf pengajar Fakultas Kedokteran Undip Semarang, DR. dr. Prasetyowati, Sp.KK. yang menguji sekitar 30 responden wanita yang diminta mengkonsumsi kapsul berisi ekstrak isoflavon kedelai tempe selama tiga bulan. Dari hasil yang dicatat, ternyata kulit mereka lebih kenyal dibandingkan dengan responden yang tidak diberi ekstrak isoflavon. Menurut Prasetyowati hormon ekstrogen dalam isoflavon kedelai bisa menghambat penuaan. Selain itu mengkonsumsi kedelai untuk menjaga kecantikan selain murah juga aman, dibanding bahan kimiawi yang menjanjikan hasil cepat namun berisiko. Dokter yang meraih penghargaan atas penelitiannya ini menyarankan kaum hawa agar menggunakan bahan alami sebagai resep menjaga badan tetap sehat dan cantik di usia paruh baya. Menurutnya wanita paruh baya setiap hari paling tidak membutuhkan 50-100 miligram isoflavon. Bila setiap 60 gram tempe mengandung 10 mg isoflavon, maka perempuan pada usia senja harus lebih banyak mengonsumsi tahu dan tempe. Sepotong tempe mengandung berbaga [...]

Bahan Dapur untuk Mengobati Penyakit Ringan Secara Alami

Bahan Dapur untuk Mengobati Penyakit Ringan Secara Alami

Gigitan serangga dan paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa menyebabkan kulit gatal-gatal, kemerahan atau iritasi. Jangan dulu memakai salep atau obat berbahan kimia untuk menyembuhkannya. Atasi dulu dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah atau dapur Anda. Ini dia bahan alami untuk mengatasi iritasi kulit, seperti dikutip dari She Knows.1. Kulit Pisang Sebuah metode pengobatan kuno dari China menggunakan bagian dalam kulit pisang untuk mengurangi peradangan dan iritasi. Pertama bersihkan area yang terkena gigitan serangga dengan hand sanitizer atau cuci dengan sabun dan air. Kemudian tempelkan bagian dalam kulit pisang pada luka selama lima menit. Biarkan sisa-sisa kulit pisang menempel dan tidak perlu dibilas.2. CukaSetelah lama bermain di luar ruangan pada siang hari, seringkali kulit terasa perih dan memerah karena terbakar. Salah satu bahan di dapur Anda, yaitu cuka dapat mengobati kulit yang terbakar. Cuka mengandung asam acetic yang merupakan salah satu komponen obat seperti aspirin, dan telah terbukti dapat mengurangi rasa sakit, gatal, dan peradangan akibat kulit terbakar. Cuka dapat membantu kulit itu menyeimbangkan pH dan mempercepat pengobatan. Para dokter k [...]

Mengapa Semakin Banyak Penyakit Menular dan Sulit Dilawan?

Mengapa Semakin Banyak Penyakit Menular dan Sulit Dilawan?

KlikDokter.com ? Tidak dapat dipungkiri, globalisasi telah meningkatkan penyebaran penyakit infeksi dari negara berkembang ke negara maju. Inilah yang membuat penyakit menular semakin menyebar dan sulit dilawan. Sebagai contoh, pada akhir 2003 dan awal 2004 infeksi berat dan fatal oleh virus flu burung A (H5N1) yang sangat patogenik merebak di Cina, Thailand, dan Vietnam. Sebagian besar kasus flu burung mengalami pneumonia dan kegagalan pernapasan. Sejak itu 400 kasus H5N1 telah dilaporkan di lebih dari 12 negara di Asia, Asia Tenggara (termasuk Indonesia), Afrika, dan Eropa. Sebaliknya, aliran informasi, mobilitas manusia dan barang juga bisa mempengaruhi penyebaran penyakit non-infeksi dari negara maju ke negara berkembang melalui penularan budaya dan perilaku. Beberapa kuman yang tadinya menjadi masalah besar hanya di rumah sakit, saat ini berubah menjadi kuman yang beredar di masyarakat (methicillin-resistant Staphylococcus aureus/ MRSA menjadi Community-associated MRSA/ CA-MRSA). Evolusi yang dialami kuman menyebabkan mereka memiliki pertahanan tubuh yang baru hingga kemampuan yang lebih besar untuk menyebabkan penyakit yang lebih parah di tubuh manusia. Beberapa ahli menyeb [...]

Berawal dari Rencana Diet, Wanita Ini Sukses Berbisnis Susu Almond

Berawal dari Rencana Diet, Wanita Ini Sukses Berbisnis Susu Almond

Tidak hanya bisa disantap untuk camilan sehat, kacang almond kini banyak diolah menjadi susu. Minuman ini dipercaya rendah lemak dan bebas kolestrol sehingga aman dikonsumsi untuk orang-orang yang sedang diet dan memiliki intoleransi laktosa sehingga tidak bisa meminum susu hewani. Selain itu, mengonsumsi susu almond juga telah menjadi tren yang banyak dilakoni oleh para pecinta gaya hidup sehat.Melihat maraknya orang-orang yang mengonsumsi susu almond, seorang wanita yang berdomisili di Jakarta, Prafieta tertarik untuk menjadikan susu almond ini sebagai peluang usahanya. Pada Desember 2014, wanita 27 tahun ini mendirikan Mylkinc, sebuah brand minuman yang menjual berbagai minuman sehat, termasuk susu almond.Prafieta yang memiliki intoleransi laktosa sehingga tidak bisa mengonsumsi susu hewani ini awalnya hanya iseng bereksperimen di dapur kecilnya. Tanpa disangka, susu almond buatannya terasa enak."Aku coba meramu sendiri di dapur dan pakai resep sendiri. Kebetulan aku lagi diet juga, jadi aku nggak pakai gula. Ternyata rasanya enak, akhirnya aku coba jualan di bazar-bazar, alhamdulillah responnya bagus dan aku makin percaya diri untuk buka toko," tuturnya saat berbincang denga [...]

Waspadai Gejala-gejala Diabetes Ini!

Waspadai Gejala-gejala Diabetes Ini!

Oleh: dr. Nadia Octavia Penderita diabetes melitus tipe 2 dapat mengontrol kadar gula darah dengan diet, olahraga, dan obat-obatan. Namun tanpa pengecekkan kadar gula darah setiap hari melalui alat cek gula darah, Anda tidak mungkin mendapatkan hasil yang akurat. Jika Anda adalah seorang penderita diabetes, waspadailah gejala-gejala ini: Sering haus dan buang air kecil Haus dan sering buang air kecil merupakan 2 gejala klasik diabetes yang disebabkan oleh terlalu tingginya kadar gula dalam darah. Di saat yang bersamaan ginjal Anda menyaring gula, ginjal juga menarik cairan lebih banyak dari jaringan, oleh karena itulah Anda sering buang air kecil. Haus adalah suatu bentuk permintaan dari tubuh untuk mengganti cairan yang hilang. Mudah lelah Ketika gula menetap pada aliran darah bukan pada sel-sel tubuh, maka otot tidak mendapatkan "bensin" yang cukup untuk menghasilkan energi. Terkadang penderita diabetes sering cepat lelah setelah makan cukup banyak Pusing berputar Perasaan pusing berputar atau gemetar bisa jadi merupakan tanda gula darah yang rendah atau hipoglikemi. Karena otak Anda membutuhkan glukosa untuk berfungsi, gula darah yang rendah berbahaya - [...]

Bolehkah Mengonsumsi Sirop Batuk Saat Menyusui?

Bolehkah Mengonsumsi Sirop Batuk Saat Menyusui?

Banyak sekali pantangan untuk ibu menyusui, salah satunya adalah harus membatasi asupan gula, garam, lemak, dan makanan olahan. Namun, apakah hal itu berlaku bagi sirop batuk? Sirop batuk diklasifikasi sebagai antitusif yang dapat mengendurkan lendir dan dahak di tenggorokan maupun paru-paru. Anda dapat membelinya di apotek tanpa resep dokter. Kandungan aktif yang biasa terdapat pada sirop batuk, antara lain codeine, benzonatate, pseudoephedrine atau carbetapentane. Dua substansi lainnya, guaifenesin and dextromethorphan, dinilai aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Lalu, bagaimana dengan kandungan lainnya? Adakah kandungan pada obat batuk yang membahayakan bagi ibu menyusui? Berikut adalah dua kandungan pada obat batuk yang harus dihindari oleh ibu menyusui: Codeine Beberapa sirop batuk mengandung codeine. Codeine dapat dengan mudah dikeluarkan melalui air susu. Sebagian wanita memetabolisme codeine dengan stabil, sehingga hanya sedikit codeine yang mengontaminasi air susu mereka. Namun, beberapa wanita memiliki masalah dalam memetabolisme codeine dan hal tersebut dapat menghasilkan konsentrasi morfin dalam darah yang bisa membahayakan bayi. Benzonatate Benzonatate adalah bent [...]

Puasa dan Penyakit Jantung

Puasa dan Penyakit Jantung

Puasa mempunyai banyak manfaat, salah satunya bagi penderita penyakit jantung. Keuntungan ini didapatkan melalui pengendalian berbagai faktor risiko utama dari penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, merokok, dan hiperkolesterolemia (kadar kolesterol tinggi). Dengan berpuasa selama 12-13 jam di bulan Ramadhan, kadar natrium tubuh akan menurun dan tentunya akan menurunkan tekanan darah seseorang. Hal ini sangat baik bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pengontrolan hipertensi melalui diet makanan, pengaturan berat badan, olahraga, pengendalian alkohol dan merokok, serta mengurangi stress atau emosi memang dapat dilakukan di bulan suci ini. Berpuasa secara otomatis memiliki efek menurunkan berat badan, mengurangi pajanan rokok serta makanan sehari-hari. Minuman beralkohol sendiri sudah dilarang bagi kaum Muslim. Selain itu, Ramadhan akan memacu orang meningkatkan ibadah mereka (seperti sholat, dll) dimana ibadah tersebut dapat berarti peningkatan aktivitas fisik atau olahraga. Selanjutnya, berpuasa dapat membuat seseorang lebih dapat mengendalikan emosi, menurunkan stress, dan lebih bahagia karena di bulan ini pengendalian emosi diwajibkan dan ibadah [...]

7 Gejala Awal Hamil yang Aneh

7 Gejala Awal Hamil yang Aneh

Bila Anda sedang dalam masa awal kehamilan maka hormon-hormon di dalam tubuh Anda dapat berubah yang membuat munculnya banyak gejala-gejala kehamilan diluar normal. Ada beberapa wanita pada masa kehamilan yang mengalami perubahan sangat drastis dan ada yang tidak mengalami perubahan. Nah, bila Anda mengalami satu atau beberapa gejala kehamilan yang serupa dibawah ini, itu sangatlah wajar dan janganlah takut, sebab banyak wanita lain yang mengalaminya, gejala seperti apa yang paling aneh dalam kehamilan? Halaman berikut terdapat 7 gejala kehamilan yang dimaksud: Gejala Awal Hamil yang Aneh Kaki dapat ?tumbuh? hingga 10 mm, yang disebabkan oleh peregangan dari ligament (otot) dan akhirnya kaki akan kehilangan arah ? dan yang paling aneh pada gejala kehamilan ini dalah, gejala ini dapat bertahan seperti itu hingga bayi lahir. Volume dari sel-sel di otak dapat berkurang 4% akibat terjadi perubahan hormon ? namun kembali seperti semula beberapa bulan setelah kelahiran bayi. Yang membuat Ibu hamil terkadang terkesan menjadi pelupa dan berpikir sedikit lebih lama dibandingkan sewajarnya. Rambut akan berhenti rontok (akibat hormon), yang membuat kesan rambut [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *