Usia yang Tepat bagi Orangtua Berikan Teh Hijau pada Anak

teh-hijau-sehat-140206b.jpg

Tidak sedikit penelitian telah menunjukkan beragam manfaat yang didapat ketika rutin mengonsumsi teh hijau, salah satunya meningkatkan fungsi otak. Maka itu, orangtua dianjurkan untuk membiasakan anak-anaknya mengonsumsi secangkir teh hijau setiap harinya. Namun, perhatikan dulu usia si anak tersebut.

Menurut Clinical Dietician, Emilia E. Achmadi MS.,RD usia sekolah menjadi waktu yang tepat bagi para orangtua untuk mengenalkan teh hijau kepada anak-anaknya. Alasannya, anak yang belum mencapai usia tersebut, dianjurkan untuk diberi minuman lain yang berguna bagi tumbuh kembangnya.

“Saat usia SD, anak boleh mengonsumsi teh hijau. Tapi, semua itu kembali pada kebijakan orangtua dalam mengatur berapa banyak porsi yang akan diberikan untuk anak-anaknya,” kata Emilia dalam acara `Ichi Ocha, Minuman Teh Hijau Dalam Kemasan Pertama dengan 1 Kali Proses Penyeduhan`, The Only One Club, FX Lifestyle X?enter, Jakarta, ditulis Kamis (6/2/2014)

Lebih lanjut Emilia menjelaskan, di saat usia anak belum menginjak 5 atau 6 tahun, cairan terbaik yang patut diberikan kepadanya adalah susu dan air putih. Itu diberikan agar tumbuh kembangnya tidak mengalami hambatan.

Tapi, ketika anak menginjak usia sekolah dasar, saat yang tepat bagi orangtua untuk mengajarkan anak-anaknya pola hidup sehat dengan memberikannya teh hijau ini.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Teh Hijau, Mulai dari Bakar Lemak Hingga Tingkatkan Fungsi Otak
Tak Bisa Tidur, Wanita Lebih Pilih Minum Teh Ketimbang Bercinta
Bahaya Teh Hijau bagi Ibu Hamil
Kombinasi Teh Hijau, Daun Sirih dan Manjakani Jaga Organ Wanita
Seduh Teh Pakai Air Dingin Sedang Ngetren

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Makanan Pembentuk Perut Six Pack

6 Makanan Pembentuk Perut Six Pack

Selain sit up dan push up, untuk mendapatkan perut yang rata, pria harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat mempercepat prosesnya dan meningkatkan metabolisme Anda, seperti dikutip Health Me Up, Senin (19/5/2015)AlmondKacang dengan kandungan vitamin E ini mampu membantu Anda membangun otot dan mengurangi rasa lapar. Dan dalam banyak studi disebutkan bahwa kacang almon mampu membantu seseorang menurunkan berat badan dan menghancurkan lemak dalam tubuh.Kacang-kacanganKonsumsi kacang-kacangan yang kaya akan serat dapat membuat usus menjadi bersih. Kacang-kacangan ini juga dapat membantu memperbaiki pencernaan Anda, membakar lemak, dan membentuk otot sesuai keinginan Anda.BayamBayam rendah kalori, sarat dengan vitamin dan serat, serta dapat membantu seseorang membangun ototnya.Alpukat atau avokadAlpukat dengan buah berwarna hijau mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu membakar lemak perut. Alpukat juga kayak akan vitamin, nutrisi, mineral, dan baik untuk kesehatan secara menyeluruhApelApel yang kaya akan serat mampu membuat kita kenyang. Konsumsi apel secara rutin, juga dapat meningkatkan metabolisme dan [...]

Makan Buah dan Sayuran Tidak Membuat Anda Kurus!

Makan Buah dan Sayuran Tidak Membuat Anda Kurus!

Anda harus tahu bahwa buah-buahan dan sayuran yang baik bagi tubuh kita tidak dapat mengecilkan ukuran pinggang Anda. Seberapa banyak dan sering Anda mengonsumsinya, akan tetap percuma selama Anda masih mengonsumsi makanan berkalori tinggi.Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi produk yang lebih segar, tidak selalu berujung pada berkurangnya berat badan seseorang. Terutama jika buah-buahan dan sayuran tidak dapat menggantikan makanan berkalori tinggi dalam diet Anda.Para peneliti tidak pernah bosan untuk mengingatkan bahwa buah-buahan dan sayuran akan bermanfaat untuk mengecilkan ukuran pinggan Anda, bila diimbangi dengan aktivitas fisik. Sebab, diet saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan Anda."Dalam konteks dari diet sehat, pengurangan energi adalah cara untuk membantu seseorang menurunkan berat badan, sehingga untuk mengurangi berat badan, Anda harus mengurangi asupan kalori," kata salah satu peneliti Dr Kathryn Kaiser, seperti dikutip Daily Mail pada Kamis (24/7/2014)Diakui Kathryn, selama ini tidak sedikit di antara kita yang berasumsi bahwa makanan dengan serat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran atau men [...]

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Bikin Anda Makin Tambun

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Bikin Anda Makin Tambun

Kebiasaan makan di malam hari mungkin bukan ide yang bagus jika Anda sedang menjalani diet. Seperti disampaikan Nutritionist, Jaime Mass, R. D. Ada 7 kebiasaan buruk yang sering dilakukan di malam hari yang dapat membuat tubuh gemuk, seperti dikutip Womenshealth, Sabtu (2/8/2014) berikut ini: 1. Makan besar"Ketika Anda kekenyangan, tubuh akan kesulitan untuk mencerna. Selain itu, makan terlalu banyak dan mengunyah dengan cepat juga bisa membuat asam lambung naik dan menambah berat badan," kata Mass. 2. Makan sebelum tidurMenurut Mass, makan sebelum tidur itu bisa membuat susah tidur. Padahal kita tahu, tidur sangat dibutuhkan untuk metabolisme tubuh. Makan sebelum tidur, lanjut Mass, dapat meningkatkan gula darah, merusak keseimbangan hormon dan menambah energi. 3. Mengonsumsi Kafein"Mengonsumsi secangkir kopi dapat mengganggu tidur. Walaupun ada yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kafein dapat mengurangi berat badan," kata Mass. 4. Mengonsumsi terlalu banyak karbohidratMakan terlalu banyak karbohidrat, dapat membuat gula darah tidak stabil. Mass mengatakan, karbohidrat dapat menyebabkan berat badan bertambah. Tak hanya itu, Jika gula darah naik sebelum tidur, Anda b [...]

Tips Langsing ala Hypnoslimming Tanpa Perlu Diet

Tips Langsing ala Hypnoslimming Tanpa Perlu Diet

Berbeda dengan teroi diet kebanyakan, hypnoslimming lebih menitikberatkan program diet melalui pikiran. Yang menarik lagi, dalam hypnoslimming Anda tidak perlu membatasi makanan yang Anda suka. Sebaliknya, yang perlu diperhatikan adalah cara membuat pikiran bersinergi dengan tubuh. Seperti disampaikan Pakar Hypnoslimming, Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt ada tips penting yang perlu Anda ketahui bila ingin mencoba diet ala Hypnosliming sebagai berikut: 1. Makan di saat lapar Diet dalam hypnoslimming bukan menahan lapar. Karena menahan apapun yang Anda inginkan akan membuat efek yang tidak baik bagi tubuh. "Ingat efek yoyo pada bola karet yang dipaksa masuk ke air. Semakin ditahan, semakin besar keinginannya keluar. Begitu juga Anda, semakin enahan lapar, makan jadi sulit dikendalikan." 2. Makan apa saja yang Anda ingin makan Supaya hasrat berkurang, dalam hypnoslimming, Anda dibolehkan makan apapun dan kapanpun Anda inginkan. Perlu dicatat, yang Anda makan adalah yang Anda inginkan bukan temannya. Maksudnya, ketika ingin pizza ya makan pizza. Jangan makanan pendamping lainnya. 3. Makan dengan sadar dan pelan-pelan Makan pelan akan merangsang tubuh untuk kenyang lebih lama. Intinya [...]

Mau Langsing? Jangan Dengar Musik Jazz!

Mau Langsing? Jangan Dengar Musik Jazz!

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Arkansas cukup menarik. Bagaimana tidak, peneliti menulis mendengarkan musik Jazz bisa membuat rasa makanan Anda lebih enak. Hal ini lantas dikaitkan dengan gagalnya diet bila Anda makan sambil ditemani musik jazz. Mengutip laman Dailymail, Jumat (18/4/2014) peneliti menilai selera makan beberapa orang saat mendengarkan empat jenis musik, klasik, jazz, hip hop dan rock. Hasilnya, peneliti menemukan pengaruh suara musik jazz dapat memengaruhi selera makan lebih baik. Menurut peneliti, beberapa orang mengaku makanannya jadi lebih enak padahal yang disuguhkan pada seluruh peserta sama. Sebelumnya, beberapa penelitian mengungkapkan musik klasik lah yang memiliki peranan besar dapat meningkatkan nafsu makan. Namun dengan adanya penelitian ini, peneliti menyebutkan spesifik jenis musik yang paling berpengaruh yaitu musik Jazz. [...]

2 Hal Ini yang Bikin Bobot Tubuh Melonjak Saat Puasa

2 Hal Ini yang Bikin Bobot Tubuh Melonjak Saat Puasa

Normalnya, puasa memang membuat berat badan turun. Karena secara tidak sadar, Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit dibanding biasanya. Tapi ternyata tidak semua orang bisa begitu. Kebanyakan diantaranya malah bertambah berat badannya. Seperti disampaikan pakar gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK bahwa selama bulan puasa, tanpa sadar Anda telah mengurangi asupan makanan. Itulah sebabnya, saat berbuka, beberapa orang cepat kenyang hanya dengan minum saja. Ini juga tandanya, lambung mulai mengecil dan sering dimanfaatkan untuk sekalian menurunkan berat badan. "Mengurangi seperempat porsi makan saja, berat badan bisa turun setengah sampai 1 kilogram. Tapi ada orang yang sewaktu puasa berat badannya naik. Inilah yang disebut teori balas dendam," katanya, seperti ditulis Kamis (10/7/2014). Samuel menerangkan, rumus untuk gemuk hanya dua. Lemak dan gula. Yang terjadi ketika buka puasa apa? Banyak orang yang mengonsumsi gorengan dan es campur atau es buah, cendol, kolak. Itu semua gula. Ubi, pisang merupakan bahan makanan yang mengandung gula. Masih ditambah gula pasir atau gula merah untuk pemanis. Bila minum es cincau pun, gula pasti disertakan dalam jumlah banyak. Sementara kegi [...]

Trik Olla Ramlan Tetap Langsing Meski Gemar Makan Cokelat

Trik Olla Ramlan Tetap Langsing Meski Gemar Makan Cokelat

Siapa yang tidak suka cokelat dan es krim? Kedua makanan ini merupakan pilihan kudapan paling dicari dan disukai oleh hampir semua orang. Masalahnya, kedua jenis makanan mengandung lemak dan gula yang tinggi. Aktris dan presenter Olla Ramlan pun mengaku sangat menyukai kedua jenis makanan ini. Menurut wanita yang mulai berkecimpung sebagai produser eksekutif rekaman ini, ia tidak bisa meninggalkan makan cokelat dan es krim karena keduanya merupakan makanan favoritnya. Lantas, bagaimana Olla menjaga tubuhnya tetap ramping meski suka makanan manis?"Perempuan itu suka banget makan cokelat es krim, tapi gimana ya. Paling nggak, untuk tetap ramping saya juga suka skip makan malam atau siang kalau sudah makan manis. Ya, harus pinter-pinter ngejaga berat badan sih," kata Olla saat ditemui di The Plaza, Kamis (23/1/2014).Walaupun Olla senang makanan manis, ternyata ia juga sering merasa bersalah (feeling guilty) setelah makan. Tapi untuk menyiasatinya, ia mengaku akan memperbanyak makan sayur keesokan harinya dan olahraga."Pastilah ada feeling guilty. Tapi sebagai perempuan, pleasure-nya macam-macam. Shopping banyak juga feeling guilty, sama aja kayak makan es krim. Cuma sudahlah, nikmati [...]

Cara Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Cara Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Tidak sedikit yang memilih untuk menghindari makanan tertentu dan ada juga yang berolahraga mati-matian. Namun terkadang usaha tersebut tidak mencapai target yang diinginkan. Ingin berat badan turun dalam satu minggu? Coba cara yang satu ini seperti dikutip Boldsky, Jumat (11/4/2014) :Hari PertamaAwali hari dengan buah-buahan yang mengandung banyak air. Jangan biarkan tubuh merasakan dehidrasi. Selain buah, konsumsi air secukupnya.Hari KeduaLakukan diet sayuran secara ketat, konsumsi sayuran (salad) berbagai jenis dan warna sayur. Hindari makanan yang mengandung minyak, konsumsi air secukupnya. Tambahkan kentang sebagai pengganti nasi, imbangi dengan minum air kurang lebih delapan gelas.Hari KetigaCampurkan menu sayuran dan buah konsumsi tiga kali dalam satu hari. Hari ketiga ini sebaiknya menghindari kentang atau pisang sama sekali. Sekali lagi cukupkan minum air kurang lebih delapan gelas.Hari KeempatDi hari ini, Anda hanya boleh mengonsumsi pisang dan susu. Kreatif Anda di hari ini diuji, konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung pisang dan susu namun hindari minyak.Hari KelimaHari ini Anda diperbolehkan mengonsumsi [...]

Contoh Menu Diet dalam Sehari ala Ade Rai

Contoh Menu Diet dalam Sehari ala Ade Rai

Banyak orang sulit menjalankan diet dengan tepat serta konsisten. Alasannya, tidak ingin lapar. Padahal diet yang benar, menurut binaragawan Ade Rai harusnya tidak membuat kita lapar. Berikut salah satu contoh menu diet yang tepat menurut Pendiri RAI Institute, Fitness Education Center yang dikutip dari binaraga.net, Senin (22/9/2014): Pagi: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Bubur oatmeal + susu rendah lemakNasi/bubur merah + omelet putih telurRoti gandum + ayam / omelet putih telurYoghurt + muesliSnack Pagi: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Yoghurt rendah lemakSusu rendah lemakBubur oatmeal + bubuk proteinGado-gado + telur rebusBuah + susu kedelai Makan Siang: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Ayam bakar + nasi merah + sayuranSteak + kentang + sayuranOmelet putih telur + tempe + nasi merah + salad/sup sayuran beningTahu bacem + lalab + nasi merahIkan kukus/bakar + nasi merah + salad/sup sayuran bening Snack Petang: (sama dengan snack pagi) Makan Malam: (sama dengan makan siang) Catatan: Jumlah atau porsi disesuaikan dengan ukuran tubuh dan tujuan fisik yang ingin dicapaiPorsi protein makanan: 1 telapak tangan [...]

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Bila Ogah Minum Susu

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Bila Ogah Minum Susu

Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi susu untuk memenuhi asupan nutrisinya. Namun, ada juga wanita yang enggan melakukannya. Jika sudah seperti ini, apa yang harus dilakukan?Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberi informasi lebih lanjut tentang manfaat dari susu kehamilan itu sendiri. Selanjutnya, tanyakan pada calon ibu itu bagaimana kecukupan makannya selama ini."Tanyakan pada wanita itu, bagaimana komposisi makannya per hari? Jika kurang dari ketentuan yang sebenarnya, maka ada baiknya untuk mengonsumsi susu kehamilan," kata Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dr. Febriansyah Darus, SpOG(K) menjelaskan 'Kesiapan Nutrisi Serta Dukungan Tepat Sejak Persiapan Kehamilan Penting Untuk Kesehatan Masa Depan' di Rumah Imam Bonjol, Jalan Imam Bonjol No. 66, Menteng, Jakarta, ditulis Selasa (25/2/2014)Selama masa kehamilan, ada beberapa mitos yang berkembang, seperti wanita hamil diharuskan untuk makan dua kali lebih banyak dari biasanya. Padahal, mitos itu salah sama sekali. Benarnya, variasikan makanan yang masuk dengan jumlah yang wajar. "Makanan yang masuk tidak harus dalam jumlah banyak, tapi harus memvariasikan makannya. Sehingga k [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *