Vaksin Sebelum Menunaikan Ibadah Haji

Vaksin-Sebelum-Menunaikan-Ibadah-Haji-Alodokter.jpg

Semua peserta ibadah haji dan umroh harus memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat vaksin meningitis.

Selain kesehatan tubuh yang prima, beribadah bersama ribuan orang dari berbagai penjuru dunia membuat calon peserta haji membutuhkan imunisasi yang dapat mengurangi risiko terpapar bakteri dan virus berbahaya.

Vaksin Meningitis

Meningitis adalah infeksi yang menyebabkan inflamasi pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini berisiko tinggi terjadi di bagian tertentu di dunia, terutama negara Arab Saudi sebagai tempat umat muslim menunaikan ibadah haji dan umroh.

Untuk mencegahnya, vaksin meningitis menjadi imunisasi yang diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat imunisasi meningitis menjadi syarat bagi calon haji untuk mendapatkan visa. Berikut ini adalah ketentuan pemberian vaksin:

  • Meningitis adalah penyakit yang disebabkan bakteri kelompok A, W, C, dan Y. Maka semua jamaah wajib mendapat satu dosis vaksin kuadrivalen polisakarida atau ACYW135.
  • Pemberian vaksin ini sebaiknya dilakukan 2-3 minggu sebelum keberangkatan dan tidak kurang dari 10 hari sebelumnya. Jika sebelumnya pernah mendapat vaksin yang sama, pastikan bahwa waktu pemberiannya tidak lebih dari tiga tahun sebelumnya.
  • Jika diberikan pada orang dewasa dan anak-anak berusia lebih dari lima tahun, vaksin ini akan memberikan perlindungan dari meningitis selama lima tahun.
  • Untuk anak di bawah usia lima tahun, vaksinasi akan memberikan perlindungan selama 2?3 tahun. Namun pemberian pada balita usia dua bulan hingga tiga tahun harus diikuti dengan pemberian vaksin kedua pada tiga bulan setelahnya.
  • Tidak tepat diberikan untuk bayi berusia kurang dari dua bulan.

Efek samping yang parah setelah pemberian vaksin ACWY sangat jarang terjadi. Sekitar 10 persen orang yang mendapat vaksin ini mengalami nyeri dan kulit kemerahan yang umumnya akan hilang dalam 1-2 hari. Sementara anak-anak terkadang mengalami demam.

Vaksin yang Dianjurkan

Selain kewajiban atas pemberian vaksin meningitis, Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga menyarankan calon haji untuk mendapatkan vaksin influenza dan pneumonia sebelum berangkat.

Vaksin influenza

Jenis virus yang menyebabkan influenza berbeda-beda pada tiap tahunnya, sehingga vaksin yang diberikan pun disesuaikan dengan tipe tersebut.

Vaksin influenza dianjurkan terutama untuk jamaah haji sebagai berikut:

  • Pengidap penyakit kronis seperti gangguan ginjal, sakit jantung, gangguan pernapasan, diabetes, dan gangguan sistem saraf.
  • Pasien imunodefisiensi.
  • Pengidap penyakit metabolik.
  • Pengidap obesitas.
  • Wanita hamil.

Vaksin pneumonia

Penyakit yang umumnya disebabkan infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin.

Vaksin pneumonia disarankan bagi calon jamaah haji dengan kondisi sebagai berikut:

  • Orang dewasa berusia 65 tahun ke atas.
  • Anak-anak dan orang dewasa pengidap penyakit kronis, seperti diabetes, asma, gangguan ginjal atau penyakit jantung.
Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Vitamin D dan Penderita Kanker

Vitamin D dan Penderita Kanker

Tiga dari empat penderita kanker menunjukkan kondisi kekurangan vitamin D kadar dalam darahnya. Demikian sebuah studi yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan the American Society for Radiation Oncology (ASTRO) oleh Thomas Churilla, MS. Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa vitamin D memiliki kemampuan anti-tumor yang turut mencegah berkembang dan menyebarnya sel kanker pada gen. Dari 160 contoh darah penderita kanker, 42% mengalami kekurangan vitamin D pada darah yaitu sekitar 20-30 nanograms per milliliter (ng/mL) dan 32% mengalami penurunan vitamin D dibawah 20 ng/ml. Vitamin D dan Penderita Kanker Semakin tinggi tingkat kanker dan jenis kanker yang diderita juga turut andil. Hal ini membawa beberapa pendapat menganggap menurunnya ataupun rendahnya vitamin D pada pasien kanker tingkat lanjut, bisa jadi hanya dikarenakan kurangnya pasien terpapar oleh sinar matahari, untuk itu dilakukannya penelitian dengan menggunakan suplemet vitamin D dosis tinggi yaitu 50.000 international units (IU) per delapan minggu, atau sekitar 900 IU perhari dibandingkan dosis umum yang sekitar 600IU perhari. Seperti yang kita semua ketahui, vitamin D merupakan salah satu vitami [...]

10 Makanan Kaya Serat

10 Makanan Kaya Serat

Serat merupakan komponen penting dalam makanan sehari-hari dan bermanfaat bagi kesehatan. Efek serat bagi kesehatan antara lain membantu menurunkan kadar gula darah dan kadar kolesterol darah. Hal-hal tersebut akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner, sindroma metabolik, dan obesitas. Serat juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah makan terlalu banyak. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi tinggal di lambung lebih lama dan menyerap air lebih banyak sehingga membuat Anda merasa kenyang. Kabar baik lainnya adalah serat diduga dapat menurunkan risiko kanker kolorektal dan kanker gastrointestinal. Jadi, seberapa banyak serat yang harus dimakan setiap hari? Halaman berikut penjelasannya: Jadi, seberapa banyak serat yang harus dimakan setiap hari? Rekomendasi asupan serat untuk perempuan adalah 25 gram per hari 38 gram per hari bagi laki-laki. Sayangnya, rata-rata asupan makanan kita sehari-hari hanya mencakup 50% dari asupan serat yang direkomendasikan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menambahkan jenis makanan tertentu yang tinggi serat ke dalam pola makan Anda sehari-hari. 10 Makanan di bawah ini memiliki kandungan [...]

Miliki Asuransi Kesehatan dari Sekarang

Miliki Asuransi Kesehatan dari Sekarang

Memiliki asuransi kesehatan sejak muda dapat menghemat banyak pengeluaran untuk pengobatan saat terserang penyakit. Hanya 30 persen penduduk Indonesia yang memiliki asuransi. Sebagian besar masih membayar biaya kesehatannya sendiri dari tabungan. Padahal inflasi biaya kesehatan mencapai 10-15 persen per tahun akibat meningkatnya harga obat, peralatan, dan honor dokter. Memiliki asuransi kesehatan sejak masih muda sebenarnya mendatangkan banyak keuntungan. Umumnya tidak memerlukan pemeriksaan kesehatan karena dianggap lebih sedikit berisiko sakit. Jumlah premi yang perlu dibayarkan relatif lebih kecil dibandingkan dengan yang baru mulai berasuransi di usia lanjut. Anda yang belum memiliki asuransi kesehatan dapat memeriksa pilihan produk dan mencari-cari informasi dari sekarang. Fasilitas Asuransi Kesehatan dari Kantor Anda yang bekerja tetap, sebaiknya periksa dahulu fasilitas kesehatan yang disediakan oleh kantor. Umumnya perusahaan memberikan asuransi kesehatan untuk rawat inap bagi pekerjanya. Teliti dahulu apakah asuransi kesehatan yang diberikan dari kantor tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda: Adakah penyakit tertentu yang tidak dijamin? Beberapa asuransi tidak menjamin [...]

3 Solusi Bebas Nyeri Ketika Berhubungan Seks

3 Solusi Bebas Nyeri Ketika Berhubungan Seks

Nyeri saat senggama ataupun setelah senggama merupakan hal yang harus diperhatikan, apalagi jika hal ini terjadi berulang-ulang. Masalah ini biasanya menimpa kaum wanita, namun tidak menutup kemungkinan untuk menimpa kaum pria. Nyeri yang muncul dapat disebabkan oleh kurangnya pelumas (lubrikan) yang keluar dari alat kelamin wanita sehingga saat alat kelamin pria masuk ke dalam alat kelamin wanita akan timbul rasa nyeri. Nyeri yang dirasakan bersifat traumatis dan sulit dilupakan sehingga pada aktivitas seksual berikutnya, biasanya lubrikan yang kurang didukung oleh vagina yang tidak membuka, serta ingatan akan rasa nyeri tersebut akan memperparah rasa nyeri yang terjadi sehingga akan timbul nyeri yang lebih hebat lagi. Apakah dapat disepelekan? Berikut penjelasannya Normalkah Nyeri Ketika Berhubungan Seks? Masalah ini memang bukanlah masalah yang mengancam nyawa, tetapi membutuhkan perhatian khusus karena berhubungan dengan masalah psikologis pasangan sehingga dapat berdampak pada kehidupan rumah tangga seseorang. Nyeri saat dan setelah senggama dapat disebabkan oleh faktor usia, yaitu pada usia-usia pre-menopause ataupun pasca-menopause, pada usia ini fakto [...]

Benarkah Jika Flu dan Batuk Tidak Boleh Vaksin Dulu?

Benarkah Jika Flu dan Batuk Tidak Boleh Vaksin Dulu?

Vaksinasi atau imunisasi dilakukan untuk melindungi diri dari penyakit tertentu yang berbahaya. Vaksin akan membentuk kekebalan untuk melawan satu penyakit atau beberapa penyakit sekaligus (vaksin kombinasi). Hampir semua orang dapat menerima semua jenis vaksin secara aman. Namun, ada beberapa orang yang tidak dapat menerima vaksin. Kontraindikasi pemberian vaksin adalah: Seseorang yang memiliki reaksi anafilaksis (reaksi alergi berat) terhadap vaksin yang sama sebelumnya Seseorang yang memiliki reaksi anafilaksis terhadap komponen yang terdapat pada vaksin, misalnya neomycin, streptomycin, atau polymyxin B (yang mungkin ditemukan pada beberapa vaksin). Selain itu, 2live attenuated influenza vaccine (LAIV) tidak boleh diberikan pada mereka yang memiliki alergi terhadap telur atau sedang mendapatkan terapi antivirus Vaksin hidup tidak boleh diberikan pada pasien imunodefisiensi (daya tahan tubuh rendah) dan wanita hamil Apakah seseorang yang sedang demam dan terkena infeksi saluran napas atas boleh menerima vaksinasi? Halaman selanjutnya jawabannya: Benarkah Jika Flu dan Batuk Tidak Boleh Vaksin Dulu? Apakah seseorang yang sedang demam dan terkena infeks [...]

Global Diabetes Forum 2014: Indonesia No.7 Terbanyak Penderita Gula Darah

Global Diabetes Forum 2014: Indonesia No.7 Terbanyak Penderita Gula Darah

Sedikitnya 8,5 juta penduduk Indonesia adalah penderita diabetes. Angka tersebut disampaikan oleh Ketua PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia) Prof. dr. Sidhartawan Soegondo, PhD., FACE. pada kesempatan jumpa pers Global Diabetes Forum 2014 yang diselenggarakan oleh Kalbe pada Sabtu (18/1) di Kuta, Bali. Hal yang lebih mengkhawatirkannya lagi, 70% dari angka tersebut sebelumnya tidak menyadari kalau dirinya memiliki kadar gula darah yang tinggi. ?Mereka (penderita diabetes ?Red) kebanyakan datang ketika gejala sudah muncul, ya kesemutan, luka susah sembuh, sering pusing, gampang capek, tangan kaki bengkak-bengkak. Dan sedihnya lagi, mereka tidak sadar kalau itu adalah diabetes yang mengancam jiwa,? jelas Prof. Sidhartawan. Hal senada disampaikan oleh dr. Saukhat M. Sadikot, Elected President IDF (International Diabetic Federation) pada kesempatan yang sama, ?Pada dua tahun yang lalu, India merupakan negara dalam urutan nomor pertama terbanyak penderita diabetes di dunia. Namun kini ?prestasi? itu diraih oleh China dan menggeser India ke urutan kedua. Setiap 7 detik satu orang meninggal dunia karena diabetes. Itu baru yang terdeteksi dan terdata, dan saya yakin ada masih banyak kor [...]

Seberapa Amankah Penggunaan Obat Kolesterol?

Seberapa Amankah Penggunaan Obat Kolesterol?

Banyak yang merasa khawatir ketika baru saja didiagnosis dengan hiperkolesterolemia (peningkatan kadar kolesterol di dalam darah). Bagaimana tidak? Kadar kolesterol yang berlebih merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Meskipun Anda tak dapat memutar balik waktu, namun Anda dapat mengontrol kadar kolesterol Anda. Saat ini sudah banyak pengobatan yang aman dan baik untuk mengatasi peningkatan kadar kolesterol. Obat-obatan tersebut dapat secara langsung menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan kematian. Akan tetapi, gaya hidup sehat tetap merupakan lini terdepan untuk melawan kadar kolesterol tinggi. Bagi sebagian orang, membuat perubahan dalam gaya hidup dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga sudah cukup untuk menurunkan kadar kolersterol. Namun, diet yang baik dan berolahraga terkadang belum cukup untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah, karena tak sedikit pula yang membutuhkan tambahan obat-obatan. Oleh karena itu, kombinasi perubahan gaya hidup dan obat-obatan merupakan penanganan yang paling tepat. Berikut adalah manfaat obat-obatan penurun kolesterol: Menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) kolesterol, atau yang dikenal se [...]

Rajin Makan Ikan Bisa Cegah Depresi, Ini Alasannya

Rajin Makan Ikan Bisa Cegah Depresi, Ini Alasannya

Ikan, terutama jenis yang berlemak seperti salmon, tuna dan mackerel telah terbukti secara ilmiah bisa menyehatkan jantung, meningkatkan jumlah kolesterol baik sekaligus mengurangi kolesterol jahat juga mencerdaskan otak. Manfaat konsumsi ikan ternyata tidak sampai di situ. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa diet kaya ikan juga bisa membantu mengurangi depresi.Studi yang dilakukan University if South Australia tersebut menemukan bahwa orang yang rajin makan ikan cenderung lebih bahagia, lebih jarang stres dan kualitas kehidupannya meningkat ketimbang orang yang jarang makan ikan. Rahasianya ada pada omega-3, asam lemak esensial yang memang banyak terkandung dalam ikan. Lemak sehat ini memegang peranan penting dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan serta stabilitas mental. Tidak hanya ikan, asam lemak omega-3 juga banyak terkandung pada kacang-kacangan, biji-bijian, minyak dan buah zaitun murni serta wine (dengan takaran secukupnya). Jika diet kaya omega-3 ini dibarengi dengan diet ala Mediterania yang mengurangi makanan olahan pabrik, daging merah, permen dan cokelat serta karbohidrat putih, maka efek anti depresinya bisa lebih optimal.Untuk membuktikannya, para pene [...]

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Setiap tahunnya minggu pertama di bulan Agustus selalu diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia. Tahun ini pekan ASI sedunia mengangkat tema ?Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan?. Berdasarkan data World Health Organization (WHO), jutaan bayi meninggal setiap tahunnya di Asia Tenggara disebabkan oleh penyakit-penyakit yang sering terjadi pada masa kanak-kanak seperti diare dan pneumonia. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan pemberian ASI eksklusif. Pekan ASI Sedunia bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kekuatan ASI dalam menurunkan risiko kematian bayi baru lahir dan balita akibat penyakit-penyakit tersebut sehingga dapat membantu tercapainya salah satu target Tujuan Pembanguan Milenium/Millennium Development Goal?s (MDG?s) yaitu untuk menurunkan angka kematian anak hingga 2/3 pada tahun 2015. Menurut Anthony Lake, Executive Director of the UN Children?s Fund (UNICEF), ?Pemberian ASI pada satu jam pertama setelah melahirkan dapat mencegah satu dari lima penyebab kematian yang tidak diinginkan atau mencegah kematian 500.000 anak setiap tahunnya.? Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik bagi bayi dan balita yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan [...]

Penyakit Autoimun Berarti Tubuh Menyerang Diri Sendiri

Penyakit Autoimun Berarti Tubuh Menyerang Diri Sendiri

Penyakit autoimun terjadi jika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Padahal, sistem kekebalan tubuh seharusnya menjadi benteng bagi tubuh dalam menghadapi penyakit. Penyakit kelainan kekebalan tubuh ini bisa berdampak kepada banyak sekali bagian tubuh seseorang. Saking banyaknya, tercatat ada 80 jenis penyakit autoimun dengan sebagian gejala yang sama. Hal ini membuat seseorang sulit diketahui apakah menderita gangguan ini atau tidak dan pada jenis yang mana. Meski memiliki jenis yang banyak, penyebab dari penyakit autoimun masih belum dapat dipastikan. Penyakit Autoimun yang Paling Sering Ditemui Dari sekian banyaknya jenis penyakit autoimun, beberapa penyakit autoimun di bawah ini merupakan yang sering sekali ditemui. Rheumatoid arthritis Rheumatoid arthritis alias radang sendi adalah penyakit autoimun yang sering ditemui. Sistem kekebalan tubuh memproduksi antibodi yang menyerang pelapis sendi. Akibat dari serangan antibodi semacam ini adalah peradangan, pembengkakan, dan nyeri. Jika tidak diobati, penyakit ini akan menyebabkan kerusakan permanen pada sendi. Untuk mencegahnya memburuk, penderita rheumatid arthritis biasanya akan diberikan obat oral atau [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *