Vaksin Sebelum Menunaikan Ibadah Haji

Vaksin-Sebelum-Menunaikan-Ibadah-Haji-Alodokter.jpg

Semua peserta ibadah haji dan umroh harus memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat vaksin meningitis.

Selain kesehatan tubuh yang prima, beribadah bersama ribuan orang dari berbagai penjuru dunia membuat calon peserta haji membutuhkan imunisasi yang dapat mengurangi risiko terpapar bakteri dan virus berbahaya.

Vaksin Meningitis

Meningitis adalah infeksi yang menyebabkan inflamasi pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini berisiko tinggi terjadi di bagian tertentu di dunia, terutama negara Arab Saudi sebagai tempat umat muslim menunaikan ibadah haji dan umroh.

Untuk mencegahnya, vaksin meningitis menjadi imunisasi yang diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat imunisasi meningitis menjadi syarat bagi calon haji untuk mendapatkan visa. Berikut ini adalah ketentuan pemberian vaksin:

  • Meningitis adalah penyakit yang disebabkan bakteri kelompok A, W, C, dan Y. Maka semua jamaah wajib mendapat satu dosis vaksin kuadrivalen polisakarida atau ACYW135.
  • Pemberian vaksin ini sebaiknya dilakukan 2-3 minggu sebelum keberangkatan dan tidak kurang dari 10 hari sebelumnya. Jika sebelumnya pernah mendapat vaksin yang sama, pastikan bahwa waktu pemberiannya tidak lebih dari tiga tahun sebelumnya.
  • Jika diberikan pada orang dewasa dan anak-anak berusia lebih dari lima tahun, vaksin ini akan memberikan perlindungan dari meningitis selama lima tahun.
  • Untuk anak di bawah usia lima tahun, vaksinasi akan memberikan perlindungan selama 2?3 tahun. Namun pemberian pada balita usia dua bulan hingga tiga tahun harus diikuti dengan pemberian vaksin kedua pada tiga bulan setelahnya.
  • Tidak tepat diberikan untuk bayi berusia kurang dari dua bulan.

Efek samping yang parah setelah pemberian vaksin ACWY sangat jarang terjadi. Sekitar 10 persen orang yang mendapat vaksin ini mengalami nyeri dan kulit kemerahan yang umumnya akan hilang dalam 1-2 hari. Sementara anak-anak terkadang mengalami demam.

Vaksin yang Dianjurkan

Selain kewajiban atas pemberian vaksin meningitis, Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga menyarankan calon haji untuk mendapatkan vaksin influenza dan pneumonia sebelum berangkat.

Vaksin influenza

Jenis virus yang menyebabkan influenza berbeda-beda pada tiap tahunnya, sehingga vaksin yang diberikan pun disesuaikan dengan tipe tersebut.

Vaksin influenza dianjurkan terutama untuk jamaah haji sebagai berikut:

  • Pengidap penyakit kronis seperti gangguan ginjal, sakit jantung, gangguan pernapasan, diabetes, dan gangguan sistem saraf.
  • Pasien imunodefisiensi.
  • Pengidap penyakit metabolik.
  • Pengidap obesitas.
  • Wanita hamil.

Vaksin pneumonia

Penyakit yang umumnya disebabkan infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin.

Vaksin pneumonia disarankan bagi calon jamaah haji dengan kondisi sebagai berikut:

  • Orang dewasa berusia 65 tahun ke atas.
  • Anak-anak dan orang dewasa pengidap penyakit kronis, seperti diabetes, asma, gangguan ginjal atau penyakit jantung.
Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
8 Cara Instan untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri Anda

8 Cara Instan untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri Anda

Ada kalanya Anda merasakan kepercayaan diri pudar begitu saja. Walau hal itu memang wajar, namun memendam perasaan tidak percaya diri dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental Anda. Berikut adalah delapa cara meningkatkan kembali kepercayaan diri seperti dilansir dari She Knows.1. Berpenampilan BedaSesekali ubahlah gaya berpakaian Anda menjadi lebih menarik. Dengan mengenakan pakaian yang mampu meningkatkan kepercayaan diri, Anda akan merasa lebih nyaman dan memiliki kendali dalam hidup. 2. Pasang Wajah BahagiaSekalipun sedang mengalami hari yang buruk, tetaplah tersenyum dengan ikhlas. Mendapatkan respon positif dari orang di sekitar yang mengatakan bahwa Anda adalah pribadi yang periang dan menyenangkan bisa membuat perasaan jauh lebih baik.3. Berbuat BaikTunjukkanlah perbuatan baik kepada orang sekitar Anda seperti membelikan kopi untuk rekan kerja, membukakan pintu untuk seseorang, ataupun melakukan kegiatan amal. Dengan berbuat baik, Anda akan merasa berguna untuk orang lain. Hal itu tentu memberikan pengaruh baik pada diri sendiri.4. Menantang Diri SendiriMenantang diri sendiri untuk melakukan hal yang belum pernah terbayangkan sebelumnya dapat membuat Anda merasa bisa m [...]

Minum Teh 4 Cangkir Sehari Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Minum Teh 4 Cangkir Sehari Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Hobi minum teh hitam? Kabar baik bagi Anda, karena kemungkinan mengalami kerusakan gigi bisa lebih kecil. Berdasarkan hasil penelitian terbaru, rutin minum teh setiap hari bisa menyehatkan gigi dan mengurangi risiko kerusakan serta pembusukan gigi.Para peneliti menemukan bahwa teh hitam bisa melawan bakteri Streptococcus dan Lactobacillus yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Menurut Dr Carrie Ruxton yang memimpin penelitian tersebut, 3-4 cangkir teh sehari merupakan 'dosis' yang dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Penelitian tersebut juga menunjukkan, teh hitam bisa melawan pengeroposan dan pembusukan gigi bahkan setelah dicampur sedikit gula. Dr Ruxton mengatakan, ada bukti yang cukup kuat bahwa minum teh bisa melindungi gigi orang dewasa agar tidak copot sampai tua."Bukti menunjukkan bahwa minum teh hitam 3-4 cangkir sehari bisa membantu mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut. Saya yakin berita ini akan disambut gembira oleh dokter gigi dan ahli kesehatan yang mengedukasi masyarakat akan pentingnya perawatan mulut dan gigi," ujar Dr Carrie, seperti dikutip dari Daily Mail.Tak hanya teh hitam, teh hijau pun memiliki efek yang sama. Selain mencegah k [...]

Operasi Hernia Ada Dua, Operasi Terbuka dan Laparoskopi

Operasi Hernia Ada Dua, Operasi Terbuka dan Laparoskopi

Rupanya prosedur operasi hernia untuk menyembuhkan penyakit yang juga dikenal sebagai turun berok ini dapat dilakukan dengan dua cara. Penyakit hernia terjadi ketika organ atau jaringan lemak mendorong otot atau dinding jaringan yang lemah di sekitarnya. Jenis hernia yang paling sering terjadi di Indonesia adalah hernia inguinalis, yaitu hernia yang terjadi ketika bagian dari organ di dalam perut mendorong membran yang melapisi rongga perut atau dinding otot perut yang lemah. Akibatnya, terdapat benjolan atau pembengkakan di pangkal paha atau bahkan sampai sebagian skrotum (kantong yang berisi testis) membesar. Hernia inguinalis dapat menimbulkan komplikasi seperti inkarserata dan strangulata. Inkarserata terjadi ketika usus atau jaringan perut terjebak di dalam kantong hernia (tonjolan berupa jaringan lunak yang mendorong dinding perut yang lemah) atau di dinding perut hingga menghalangi kerja usus, menyebabkan nyeri parah, mual, muntah, perut bengkak (distensi), dan susah buang angin atau air besar. Strangulata terjadi ketika jaringan terjepit hingga aliran/pasokan darah terputus. Strangulata menyebabkan kematian jaringan usus yang terkena (gangren), pendarahan parah, infeksi [...]

Ini Bahayanya Pakai Makeup di dalam Mobil yang Berjalan

Ini Bahayanya Pakai Makeup di dalam Mobil yang Berjalan

Sering memakai makeup saat berada di kendaraan? Kini sebaiknya hentikan kebiasaan itu. Sejumlah ahli kesehatan memperingatkan bahaya memakai makeup, khususnya eyeliner dan maskara karena bisa membahayakan penglihatan.Dr Susan Blakeney, penasihat klinis dari College of Optometrist (ahli mata) mengatakan bahwa guncangan bisa saja terjadi dalam perjalanan, saat wanita mengaplikasikan riasan mata. Guncangan tersebut bisa membuat eyeliner atau maskara menggores kornea mata. Goresan tersebut bisa membuat mata rentan terkena infeksi karena permukaan korneanya terluka.Jadi pembicara dalam National Eye Health Week, Susan mengungkapkan pentingnya menjaga kebersihan tangan sebelum bermakeup. Hal ini mungkin terkesan sepele namun dari kebiasaan kecil itulah risiko terkena gangguan kesehatan yang berisiko tinggi bisa dicegah. Susan menambahkan, penting juga memerhatikan informasi tanggal kedaluwarsa kosmetik pada kemasan."Langkah sederhana ini bisa membantu meminimalisir risiko kerusakan mata," ujarnya, seperti dikutip dari Daily Mail.Baca Juga: 50 Inspirasi Model Kebaya Susan menjelaskan bahwa mata merupakan organ tubuh dengan tingkat ketahanan yang cukup tinggi. Namun jika Anda mengabaikan [...]

Kenaikan BBM Picu Depresi

Kenaikan BBM Picu Depresi

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emawati memaparkan jumlah penderita gangguan kesehatan jiwa ringan pada 2011 di Jakarta meningkat, semula dari 159.029 jiwa pada 2010 menjadi 306.621 jiwa di triwulan kedua 2011. Angka tersebut merupakan 14,1 persen dari total jumlah penduduk DKI Jakarta. Stressor (pemicu stres) lebih banyak dikontribusikan dari faktor lingkungan dibandingkan faktor internal individu. Kondisi kota besar yang diwarnai kemacetan, polusi udara, kebisingan dan meningkatnya beban ekonomi, serta ketidakpastian situasi sosial politik membuat ruang hidup masyarakat kian menyempit, hingga berdampak memberikan tekanan luar biasa pada kondisi mental emosional ?yang mau tidak mau- memposisikannya senantiasa bergejolak. Dalam skala nasional, rasio angka penderita depresi di DKI Jakarta berada diatas angka nasional sebesal 11,6 persen. Dari data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, jumlah penderita gangguan jiwa berat di Indonesia diperkirakan sebanyak 19 juta jiwa atau sekitar 11,6 persen dari total penduduk Indonesia. Dikhawatirkan dengan kecepatan laju peningkatan angka penderita depresi tersebut, ditambah lagi kenaikan BBM 2013 sebagai kehadiran faktor stressor ya [...]

Mastitis, Kendala para Ibu Menyusui

Mastitis, Kendala para Ibu Menyusui

Salah satu penyakit yang bisa mengganggu proses pemberian nutrisi kepada bayi adalah mastitis. Penyakit ini sendiri adalah kondisi jaringan payudara yang mengalami peradangan. Mastitis biasanya menyerang ibu menyusui pada trimester awal tapi bisa juga terjadi saat proses menyusui sudah berjalan lama. Mastitis bisa membuat ibu mengalami kesulitan memberikan ASI karena kondisi payudara yang terasa sakit. Seperti Apa Tanda-tandanya? Mastitis pada saat masa menyusui biasa menyerang hanya satu payudara. Gejala penyakit ini sendiri bisa muncul dengan tiba-tiba. Berikut gejala-gejala mastitis yang harus diwaspadai: Payudara memar kemerahan. Sering terasa gatal di payudara. Payudara terasa perih saat menyusui. Terdapat benjolan di payudara yang terasa menyakitkan. Ukuran salah satu payudara lebih besar karena pembengkakan Payudara mudah merasa nyeri. Puting bernanah. Sering merasa lelah. Terdapat pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami gejala menyerupai flu sebelum Anda akhirnya menyadari ada perubahan pada payudara Anda. Apa Penyebab Mastitis? Infeksi pada payudara atau mastitis bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebab mastitis p [...]

4 Cara Agar Tidak Mudah Haus Ketika Puasa

4 Cara Agar Tidak Mudah Haus Ketika Puasa

Haus adalahsatugejala tubuh kita ketika mengalami kekurangan cairan. Mutlak, untuk mengatasi haus adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan, yakni dengan minum atau bahkan makan. Tapi apa daya jika sedang berpuasa, dimana minum dan makan baru dapat dilakukan hanya ketika matahari tidak di singasananya. Ada beberapa caranya, tapi sebelum itu kita harus tahu lebih dahulu bahayanya jika kekurangan cairan. Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat membutuhkan cairan dan elektrolit untuk mempertahankan kelangsungan fungsi tubuh. Apabila tidak terpenuhi maka dapat mempengaruhi organ tubuh terutama ginjal. Fungsi cairan adalah sebagai berikut: � Mempertahankan panas tubuh dan pengaturan temperatur tubuh. � Mengankut nutrisi, hormon dan protein ke sel. � Membawa hasil sisa metabolisme. � Mempertahankan tekanan hidrostatik dalam sistem kardiovaskuler. � Pembentuk struktur tubuh � Sebagai sarana metabolisme sel Lalu bagaimana dengan kebutuhan cairan saat kita berpuasa? 4 Cara Agar Tidak Mudah Haus Ketika Puasa Haus adalahsatugejala tubuh kita ketika mengalami kekurangan cairan. [...]

Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer

Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer

Duduk di depan komputer terlalu lama bisa menyebabkan sakit pinggang maupun punggung dan cepat lelah. Belum lagi jika duduk dengan posisi yang salah, tak hanya punggung Anda yang sakit tapi postur tubuh juga jadi kurang sempurna, bahkan mengakibatkan bungkuk di usia muda. Jika pekerjaan mengharuskan Anda duduk lama di depan komputer, maka sangat penting untuk menjaga posisi duduk sebaik mungkin. Seperti dikutip dari Times of India, berikut ini cara duduk yang benar untuk cegah sakit punggung dan tubuh membungkuk:1. Posisi PinggulDorong pinggul sejauh mungkin ke belakang saat duduk hingga menyentuh sandaran kursi. Cara ini akan membuat tubuh selalu duduk tegak secara tidak sadar, karena beginilah sebenarnya posisi duduk alami manusia. Sebaliknya, jangan duduk di ujung kursi dengan punggung bersandar ke kursi karena bisa membuat pinggang serta punggung cepat pegal.2. Posisi DudukDuduk dengan punggung tegak, tapi pastikan tulang punggung dan tulang ekor Anda mendapat sandaran yang baik. Bisa dengan menggunakan bantal kecil yang diletakkan di punggung bagian bawah atau alat penyangga khusus yang bisa dibeli di toko perangkat berat maupun apotek. Jika tidak ada, pilihlah kursi dengan [...]

5 Akibat Karena Darah Tinggi

5 Akibat Karena Darah Tinggi

Yuk, kita mengenal lebih jauh mengenai ancaman bahaya karena hipertensi. Banyak penderita hipertensi menganggap remeh penyakitnya, karena mayoritas penderita hipertensi tidak mengalami keluhan apa-apa. Sebagian kecil mengalami keluhan pusing, sakit kepala, dan leher terasa tegang. Karena keluhan tidak terasa berat, hipertensi sering kali dipandang sebelah mata. Mengenal bahaya hipertensi sangat diperlukan agar penderita hipertensi memiliki motivasi yang kuat untuk menghindari komplikasi hipertensi. Komplikasi hipertensi meningkat seiring dengan peningkatan tekanan darah. Halaman berikut ini merupakan komplikasi dari hipertensi: Dampak dari Hipertensi 1. Penyakit Jantung: Penyakit Jantung Koroner, Gagal Jantung. Penyakit Jantung Koroner disebabkan karena timbul plak pada pembuluh darah koroner (atherosklerosis). Bila terjadi gangguan pada plak (pecah), maka dapat terjadi sumbatan pada pembuluh darah koroner yang menyebabkan serangan jantung dan kematian mendadak. Penderita penyakit jantung koroner biasanya mengeluhkan nyeri dada seperti tertimpa benda berat pada bagian tengah dada dan dapat menjalar ke lengan kiri. Gagal Jantung terjadi karena otot jantung men [...]

Yang Membuat Wanita Dewasa Terkena Demam Mewarnai Buku Gambar

Yang Membuat Wanita Dewasa Terkena Demam Mewarnai Buku Gambar

Saat ini banyak wanita yang sedang keranjingan mewarnai buku gambar. Buku yang diwarnai memang khusus untuk orang dewasa. Bahkan beberapa wanita rela menghabiskan uang hingga jutaan rupiah untuk membeli peralatan serta buku gambar. Apa yang membuat para wanita modern ketagihan mewarnai buku bergambar?Theralea Gustiany menjadi salah satu wanita yang ketagihan mewarnai terutama karena ia sudah hobi menggambar sejak kecil. Wanita dengan sapaan akrab Lea ini biasa mewarnai setiap hari dari pagi hingga malam. Wanita yang bekerja sebagai Sales Group Head Trans Media itu biasa melakukannya sebelum berangkat kerja, setelah makan siang, ketika akan pergi tidur, hingga saat ada waktu luang. Ia pun mengaku tidak pernah meninggalkan buku mewarnainya di rumah tapi selalu membawanya ke mana pun ia pergi. Lea mengatakan mewarnai bisa meredakan stres dan rasa kesal. "Sebenarnya aku sudah hobi gambar sejak kecil, ditambah sekarang ada coloring books for adults itu, dengan mewarnai bisa menghilangkn rasa kesal kalau di kantor, dan menghilangkan stres juga sih menurut aku," tutur Lea saat dihubungi Wolipop, Selasa (29/9/2015).Lea kini sudah memiliki sekitar dua lusin buku mewarnai khusus untuk ora [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *