Vaksin Sebelum Menunaikan Ibadah Haji

Vaksin-Sebelum-Menunaikan-Ibadah-Haji-Alodokter.jpg

Semua peserta ibadah haji dan umroh harus memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat vaksin meningitis.

Selain kesehatan tubuh yang prima, beribadah bersama ribuan orang dari berbagai penjuru dunia membuat calon peserta haji membutuhkan imunisasi yang dapat mengurangi risiko terpapar bakteri dan virus berbahaya.

Vaksin Meningitis

Meningitis adalah infeksi yang menyebabkan inflamasi pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini berisiko tinggi terjadi di bagian tertentu di dunia, terutama negara Arab Saudi sebagai tempat umat muslim menunaikan ibadah haji dan umroh.

Untuk mencegahnya, vaksin meningitis menjadi imunisasi yang diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat imunisasi meningitis menjadi syarat bagi calon haji untuk mendapatkan visa. Berikut ini adalah ketentuan pemberian vaksin:

  • Meningitis adalah penyakit yang disebabkan bakteri kelompok A, W, C, dan Y. Maka semua jamaah wajib mendapat satu dosis vaksin kuadrivalen polisakarida atau ACYW135.
  • Pemberian vaksin ini sebaiknya dilakukan 2-3 minggu sebelum keberangkatan dan tidak kurang dari 10 hari sebelumnya. Jika sebelumnya pernah mendapat vaksin yang sama, pastikan bahwa waktu pemberiannya tidak lebih dari tiga tahun sebelumnya.
  • Jika diberikan pada orang dewasa dan anak-anak berusia lebih dari lima tahun, vaksin ini akan memberikan perlindungan dari meningitis selama lima tahun.
  • Untuk anak di bawah usia lima tahun, vaksinasi akan memberikan perlindungan selama 2?3 tahun. Namun pemberian pada balita usia dua bulan hingga tiga tahun harus diikuti dengan pemberian vaksin kedua pada tiga bulan setelahnya.
  • Tidak tepat diberikan untuk bayi berusia kurang dari dua bulan.

Efek samping yang parah setelah pemberian vaksin ACWY sangat jarang terjadi. Sekitar 10 persen orang yang mendapat vaksin ini mengalami nyeri dan kulit kemerahan yang umumnya akan hilang dalam 1-2 hari. Sementara anak-anak terkadang mengalami demam.

Vaksin yang Dianjurkan

Selain kewajiban atas pemberian vaksin meningitis, Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga menyarankan calon haji untuk mendapatkan vaksin influenza dan pneumonia sebelum berangkat.

Vaksin influenza

Jenis virus yang menyebabkan influenza berbeda-beda pada tiap tahunnya, sehingga vaksin yang diberikan pun disesuaikan dengan tipe tersebut.

Vaksin influenza dianjurkan terutama untuk jamaah haji sebagai berikut:

  • Pengidap penyakit kronis seperti gangguan ginjal, sakit jantung, gangguan pernapasan, diabetes, dan gangguan sistem saraf.
  • Pasien imunodefisiensi.
  • Pengidap penyakit metabolik.
  • Pengidap obesitas.
  • Wanita hamil.

Vaksin pneumonia

Penyakit yang umumnya disebabkan infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin.

Vaksin pneumonia disarankan bagi calon jamaah haji dengan kondisi sebagai berikut:

  • Orang dewasa berusia 65 tahun ke atas.
  • Anak-anak dan orang dewasa pengidap penyakit kronis, seperti diabetes, asma, gangguan ginjal atau penyakit jantung.
Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Olahraga untuk Anak

Olahraga untuk Anak

Oleh: dr. Sophia B. Hage Saat ini di dunia, prevalensi obesitas di anak-anak meningkat pesat. Meskipun faktor resiko obesitas bersifat multifaktorial, mayoritas faktor tersebut terkait dengan gaya hidup dan dapat diintervensi. Termasuk di dalamnya adalah jumlah waktu tidak aktif, dan frekuensi, intensitas, jumlah serta tipe aktivitas fisik yang dilakukan. Pada tahun 2012, Canadian Paediatric Society mengeluarkan rekomendasi panduan aktivitas fisik bagi anak-anak. Panduan ini menyebutkan bahwa anak-anak saat ini cenderung tidak aktif karena maraknya penggunaan televisi, komputer, dan video game di kalangan masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut mengakibatkan anak-anak lebih banyak duduk dan diam. Anak-anak yang menonton televisi lebih dari 2 jam sehari memiliki risiko dua kali lipat menjadi overweight atau obesitas daripada mereka yang menonton televisi 1 jam sehari. Anak-anak yang mempunyai televisi di kamar mereka bahkan memiliki resiko yang lebih tinggi lagi. Panduan berolahraga bagi anak-anak yang direkomendasikan oleh Canadian Paediatric Society adalah sebagai berikut: Untuk tumbuh kembang yang baik, bayi yang berusia kurang dari 1 tahun sebaiknya diberi waktu aktif beberapa [...]

Jus Jeruk dapat Mencegah Batu Ginjal!

Jus Jeruk dapat Mencegah Batu Ginjal!

Pembentukan batu ginjal telah banyak diteliti dipengaruhi oleh keseimbangan konsumsi berbagai makanan dan minuman yang mempengaruhi komposisi substansi pembentuk batu di dalam urin. Teh hitam, susu, cokelat, bayam, keju, daging, dan telur dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal karena menyebabkan pengeluaran oksalat, kalsium, dan asam urat di dalam urin meningkat. Oksalat, kalsium, dan asam urat merupakan substansi pembentuk batu ginjal yang cukup sering. Selain makanan-makanan yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal, Tuhan juga telah menyediakan makanan-makanan yang dapat menangkal pembentukan batu ginjal ini. Salah satunya adalah keluarga buah jeruk seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon. Bila dikonsumsi dalam bentuk jus buah maka dapat meningkatkan volume cairan urin sehingga dapat melarutkan substansi pembentuk batu. Kandungan asam sitrat dalam buah-buah ini juga memberikan efek pencegahan tambahan. Asam sitrat mengikat kalsium di dalam urin sehingga tidak bertumpuk menjadi batu. Konsumsi jus buah ini 120 mL per hari terbukti dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Selain itu, Anda harus memperhatikan asupan protein hewani yang berlebih juga. Halaman berikut penjelasan [...]

Kesalahan Saat Membersihkan Ayam Mentah yang Bisa Berakibat Keracunan

Kesalahan Saat Membersihkan Ayam Mentah yang Bisa Berakibat Keracunan

Sebelum memasaknya, orang terbiasa membersihkan ayam dengan mencucinya menggunakan air mentah. Sekitar 60 persen orang mengakui mencuci ayam dan menganggap cara tersebut benar untuk menjaga keamanan masakan.Cara ini ternyata keliru dan bukan membuatnya jadi bersih, justru menyebabkan keracunan makanan. Mencuci ayam dengan air mentah bisa menimbulkan penyebaran campylobacter di sekitar area dapur dari percikan air yang digunakan.Campylobacter merupakan bakteri penyebab keracunan makanan dan sebagian besar berasal dari daging ayam yang sudah terkontaminasi. Gejala keracunan makanan mulai dari sakit perut, diare yang terus menerus hingga muntah-muntah.Mencuci ayam sebelum memasaknya bisa menyebarkan bakteri tersebut ke tangan, permukaan meja kitchen set, pakaian yang dikenakan saat pencucian dan peralatan masak. Meskipun banyak orang yang sudah cukup waspada terhadap penyebaran kuman dengan mencuci tangan mereka menggunakan sabun setelah menyentuh ayam, tapi cara itu saja tak cukup efektif mencegahnya. Lembaga Food Standards Agency di Inggris menghimbau orang untuk berhenti melakukan pencucian ayam dengan air mentah, begitu juga dengan Food Safety Information Council di Australia. [...]

Konsumsi Yogurt Saat Sahur Bisa Cegah Bau Mulut & Memperlama Rasa Kenyang

Konsumsi Yogurt Saat Sahur Bisa Cegah Bau Mulut & Memperlama Rasa Kenyang

Di bulan Ramadan, kebanyakan orang hanya memperhatikan santapan untuk berbuka. Sementara makanan atau minuman saat sahur sering dihadirkan seadanya. Hal tersebut tentu kurang tepat karena bisa membuat Anda merasa lebih cepat lapar kala menjalankan puasa.Sahur yang dilakukan tengah malam memang sering membuat orang malas menyiapkan makanan yang lengkap. Sebagian orang bahkan lebih memilih asupan yang cepat dan kurang bergizi karena lebih praktis, misalnya mie instan.Bagi Anda yang ingin asupan sahur lebih ?bernutrisi atau untuk menambah gizi makanan instan sehingga lebih kenyang, bisa mengkonsumsi yogurt. Susu fermentasi tersebut dapat memenuhi kebutuhan kalori, lemak, dan protein harian sehingga mengurangi sensasi lapar saat menjalankan puasa di siang hari."Yogurt mengandung nutrisi lengkap. Maka dari itu, yogurt juga bisa membantu menjaga kadar gula darah sehingga sensasi lapar berkurang," ungkap Dr Marya Haryono, M.Gizi, SpGK ketika mengisi talkshow yang diadakan Heavenly Blush ?di kawasan Menteng, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.?Selain mengkonsumsi yogurt, Marya pun menyarankan agar orang-orang yang berpuasa banyak mengkonsumsi asupan berkarbohidrat kompleks. Misalnya na [...]

Sebelum Mencoba Yoga, Pahami Dulu Sejarah Asal-Usulnya

Sebelum Mencoba Yoga, Pahami Dulu Sejarah Asal-Usulnya

Penelitian tentang yoga dilakukan lebih dari satu abad. Meski begitu masih banyak misteri yang belum terkuak tentang awal hadirnya yoga. Yang diketahui publik, yoga berasal dari India sekitar lima ribu tahun lalu.Sampai sekarang, banyak sarjana barat berpikir yoga berasal jauh sebelum itu, barangkali sekitar 500 Silam Masehi. Itu adalah masa Buddha Gautama, sang pendiri agama Buddha.Namun kemudian, di awal tahun 1920-an, para arkeolog mengejutkan dunia dengan penemuan yang disebut sebagai peradaban budaya Indus. Sebuah peradaban di atas lahan seluas 300 ribu mil persegi.Itu adalah peradaban terbesar di awal zaman kuno. Di bawah reruntuhan kota-kota besar Mohenjo Daro dan Harappa, mesin eskavator menemukan gambar ukiran tokoh menyerupai yogi pada cap batu.Banyak temuan lain yang menunjukkan keberlangsungan menakjubkan antara peradaban tersebut, dan kemudian antara masyarakat dan budaya Hindu.Tidak ada yang primitif dari peradaban yang saat ini disebut sebagai Indus-Sarasvati ini, dinamai dari dua sungai besar mengalir di India bagian Timur.Populasi Indus-Sarasvati adalah peradaban yang menikmati bangunan bertingkat, sistem pembuangan limbah modern yang tak bisa ditandingi mulai d [...]

Ini Alasan Perut Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi

Ini Alasan Perut Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi

Bagi sebagian orang, kopi merupakan minuman yang enak untuk dinikmati. Bahkan beberapa tidak bisa lepas dari kopi sehingga kerap dijuluki coffee addict. Namun ada pula yang merasa perutnya melilit dan perlu segera buang air besar setelah menyeruput kopi. Efek berbeda yang dirasakan sebagian orang ini ternyata memiliki alasan. Kopi tidak hanya meningkatkan keawasan setelah meminumnya, tapi juga level keasaman di perut. Asam yang cukup tinggi ini kemudian menimbulkan reaksi pada usus yang memicu keinginan untuk buang air besar.Para peneliti awalnya mengira reaksi perut mulas itu dikarenakan efek pencahar yang ditimbulkan kafein pada kopi. Dalam percobaan yang dilakukan American Chemical Society tersebut, tiga dari 10 orang melaporkan mengalami mulas dan ingin buang air besar setelah meminum kopi. Namun ternyata kafein bukanlah penyebabnya. Kopi yang dikurangi kandungan kafeinnya tetap menimbulkan efek yang sama. Sedangkan ketika meminum minuman soda diet, responden tidak mengalami hal yang sama. Dari situ, para peneliti mengambil kesimpulan bahwa ada senyawa lain di dalam kopi yang jadi penyebabnya.Kemungkinan besar penyebabnya adalah sifat asam pada kopi yang memengaruhi perut se [...]

5 Penyebab Gangguan Ereksi

5 Penyebab Gangguan Ereksi

Disfungsi ereksi terjadi ketika seorang pria megalami masalah untuk mempertahankan ereksi yang konsisten dan berulang. Bila tidak dilakukan terapi maka DE akan menyebabkan kesulitan dalam berhubungan seksual. Kejadian ini dilaporkan pada 1 diantara 5 pria dan angkanya bertambah dengan usia. Ada banyak sekali masalah seksual pada pria seperti libido yang rendah dan gangguan ejakulasi. Namun DE disebut sebagai gangguan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi. Pria dengan gangguan ereksi biasanya memiliki libido yang sehat namun kesulitan untuk mencapai ereksi. Gangguan ereksi akan semakin sering terjadi dengan meningkatnya usia pada pria,biasanya pada usia 40-70 tahun. Sebelum kita membahas hal apa saja yang menjadi penyebab disfungsi ereksi, ada baiknya kita mengenali lebih dulu dan mendalam mengenai disfungsi ereksi berikut ini: Gejala dari gangguan ereksi termasuk: Ereksi yang terlalu lembek untuk hubungan seksual Ereksi yang terlalu sebentar untuk hubungan seksual Kesulitan mencapai ereksi Kenapa hal ini bisa terjadi? Ereksi terjadi saat adanya peningkatan suplai darah ke organ yang dinamakan corpora cavernosa. Hal ini menyebabkan penis membesar dan [...]

Bahaya Kesehatan di Balik Jus Apel

Bahaya Kesehatan di Balik Jus Apel

Jika Anda pikir jus buah adalah minuman yang sehat, sebaiknya pikir kembali. Menurut pakar kesehatan, jus buah justru bisa memiliki efek buruk terhadap kesehatan. Salah satu yang berbahaya adalah jus apel.Menurut pakar kesehatan dan nutrisi, jus apel bisa berbahaya bagi berat badan dan gigi pada anak. Jus apel dipercaya mengandung banyak kalori dan pada beberapa kasus, juga mengandung gula dan soda.Membiarkan anak meminum jus apel, sama saja seperti membiasakan anak mengonsumsi makanan manis dan menjauhkannya dari makanan serta minuman sehat. Belum lagi adanya risiko obesitas yang akan dihadapi si kecil di kemudian hari."Jus apel seperti air gula. Saya tidak akan membiarkan anak saya yang berusia 3 tahun meminum jus apel'," ujar Judith Stern, profesor dalam bidang kesehatan dan nutrisi di University of California.Belakangan ini banyak dijumapi jus yang telah dilengkapi dengan berbagai macam vitamin. Namun hal tersebut tidak memuaskan beberapa ahli gizi. Menurut mereka dengan adanya vitamin, minuman itu tetap tak bisa disebut sebagai minuman sehat."Jika tidak sehat pada awalnya, menambahkan vitamin tidak membuatnya jadi makanan atau minuman sehat. Jika minuman itu malah menambah [...]

Baca Ini Dulu Sebelum Makan Sate

Baca Ini Dulu Sebelum Makan Sate

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, tentu sangatlah mudah menemukan penjual sate. Sate sangat digemari para penduduk Indonesia karena rasanya yang enak dan harganya terjangkau semua kalangan. Apa saja sebetulnya kandungan gizi dalam sate? Sate mengandung protein yang tinggi karena umumnya terdiri dari daging. Selain itu sate juga mengandung lemak yang tinggi, terutama lemak jenuh yang berasal dari lemak dan minyak sayur yang digunakan sewaktu memprosesnya. Sebagai gambaran umum, pada sate ayam terkandung kadar lemak jenuh sebesar 20%, sate sapi 30% dan sate kambing 60%. Bagaimana dengan bumbu kacangnya? Berikut penjelasannya: Bagaimana dengan Bumbu Kacangnya? Bumbu kacang biasanya terdiri dari kacang, bawang merah, bawang putih, garam, gula dan minyak. 29 gram bumbu kacang mengandung 77 kalori, dimana 70% nya berasal dari lemak. Selain itu juga mengandung 138 gram sodium atau garam. Kacang memang tinggi akan lemak tak jenuh, sedangkan bawang merah dan bawang putih mengandung antioksidan. Namun sate dan bumbu kacang yang berminyak menjadikan semua kandungan gizi tersebut menurun. Bagaimana dengan pelengkapnya seperti bawang merah? Bawang merah kaya akan flavo [...]

Apa Itu Antibiotik?

Apa Itu Antibiotik?

Sejak ditemukan pada tahun 1927 oleh Alexander Fleming dan digunakan pertama kali pada tahun 1940-an, antibiotik telah membawa perubahan besar pada pelayanan kesehatan dan penyembuhkan infeksi bakterial. Tak heran jika antibiotik menjadi golongan obat yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk Indonesia. Kata ?antibiotik? mengacu pada bahan alam yang dihasilkan oleh jamur dan mikroorganisme lain yang dapat membunuh bakteri. Kini, antibiotik dapat berupa bahan sintetis (tidak dihasilkan oleh mikroorganisme) yang juga membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri. Meski antibiotik memiliki banyak manfaat, pemakaiannya yang tidak rasional sering kali terjadi di mana-mana. Ditandai dengan penggunaan obat yang terlalu banyak atau tidak sesuai dosis, lama konsumsi tidak tepat, peresepan obat yang tidak sesuai diagnosis, serta pengobatan sendiri dengan obat yang seharusnya menggunakan resep dokter. Contohnya, penggunaan antibiotik di masyarakat masih tinggi untuk beberapa gejala umum seperti batuk, pilek, demam, yang bukan disebabkan oleh infeksi bakteri. Padahal, gejala tersebut mungkin diakibatkan oleh infeksi virus yang sebenarnya cukup diatasi dengan istirahat, asupan nutrisi yang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *