Vaksin Sebelum Menunaikan Ibadah Haji

Vaksin-Sebelum-Menunaikan-Ibadah-Haji-Alodokter.jpg

Semua peserta ibadah haji dan umroh harus memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat vaksin meningitis.

Selain kesehatan tubuh yang prima, beribadah bersama ribuan orang dari berbagai penjuru dunia membuat calon peserta haji membutuhkan imunisasi yang dapat mengurangi risiko terpapar bakteri dan virus berbahaya.

Vaksin Meningitis

Meningitis adalah infeksi yang menyebabkan inflamasi pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini berisiko tinggi terjadi di bagian tertentu di dunia, terutama negara Arab Saudi sebagai tempat umat muslim menunaikan ibadah haji dan umroh.

Untuk mencegahnya, vaksin meningitis menjadi imunisasi yang diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat imunisasi meningitis menjadi syarat bagi calon haji untuk mendapatkan visa. Berikut ini adalah ketentuan pemberian vaksin:

  • Meningitis adalah penyakit yang disebabkan bakteri kelompok A, W, C, dan Y. Maka semua jamaah wajib mendapat satu dosis vaksin kuadrivalen polisakarida atau ACYW135.
  • Pemberian vaksin ini sebaiknya dilakukan 2-3 minggu sebelum keberangkatan dan tidak kurang dari 10 hari sebelumnya. Jika sebelumnya pernah mendapat vaksin yang sama, pastikan bahwa waktu pemberiannya tidak lebih dari tiga tahun sebelumnya.
  • Jika diberikan pada orang dewasa dan anak-anak berusia lebih dari lima tahun, vaksin ini akan memberikan perlindungan dari meningitis selama lima tahun.
  • Untuk anak di bawah usia lima tahun, vaksinasi akan memberikan perlindungan selama 2?3 tahun. Namun pemberian pada balita usia dua bulan hingga tiga tahun harus diikuti dengan pemberian vaksin kedua pada tiga bulan setelahnya.
  • Tidak tepat diberikan untuk bayi berusia kurang dari dua bulan.

Efek samping yang parah setelah pemberian vaksin ACWY sangat jarang terjadi. Sekitar 10 persen orang yang mendapat vaksin ini mengalami nyeri dan kulit kemerahan yang umumnya akan hilang dalam 1-2 hari. Sementara anak-anak terkadang mengalami demam.

Vaksin yang Dianjurkan

Selain kewajiban atas pemberian vaksin meningitis, Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga menyarankan calon haji untuk mendapatkan vaksin influenza dan pneumonia sebelum berangkat.

Vaksin influenza

Jenis virus yang menyebabkan influenza berbeda-beda pada tiap tahunnya, sehingga vaksin yang diberikan pun disesuaikan dengan tipe tersebut.

Vaksin influenza dianjurkan terutama untuk jamaah haji sebagai berikut:

  • Pengidap penyakit kronis seperti gangguan ginjal, sakit jantung, gangguan pernapasan, diabetes, dan gangguan sistem saraf.
  • Pasien imunodefisiensi.
  • Pengidap penyakit metabolik.
  • Pengidap obesitas.
  • Wanita hamil.

Vaksin pneumonia

Penyakit yang umumnya disebabkan infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin.

Vaksin pneumonia disarankan bagi calon jamaah haji dengan kondisi sebagai berikut:

  • Orang dewasa berusia 65 tahun ke atas.
  • Anak-anak dan orang dewasa pengidap penyakit kronis, seperti diabetes, asma, gangguan ginjal atau penyakit jantung.
Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Dampak Buruk Menonton TV Pada Anak

Dampak Buruk Menonton TV Pada Anak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Penelitian-penelitian terbaru menunjukkan hubungan lama menonton televisi dengan perilaku antisosial. Di Universitas Glasgow, peneliti menemukan bahwa ?menonton televisi, video, atau DVD selama 3 jam atau lebih sehari berhubungan dengan peningkatan masalah perilaku antara usia 5 sampai 7 tahun.? Penelitian ini dilakukan menggunakan sampel 11,000 anak yang lahir antara tahun 2000 hingga 2002. Gangguan perilaku yang dimaksud adalah perilaku antisosial seperti berkelahi, mencuri atau bullying. Pada penelitian yang dipublikasikan pada tanggal 25 Maret 2013 di Archives of Disease in Childhood ini, para ibu dari anak-anak yang berusia 5 sampai 7 tahun diberikan sebuah kuesioner yang mengukur masalah perilaku, gejala emosional, hiperaktivitas atau gangguan pemusatan perhatian, kesulitan berteman, dan empati terhadap orang lain (yang dinilai sebagai perilaku pro-social). Mereka juga ditanyakan berapa sering anak menonton televisi atau bermain komputer dan video games pada usia 5 tahun. Senada dengan hasil tersebut, sebuah penelitian jangka panjang yang dilakukan di Selandia Baru terhadap 1000 anak yang lahir di Dunedin, Selandia Baru pada tahun 1972 dan 1973 m [...]

Kacang Kenari Cegah Risiko Kanker Payudara

Kacang Kenari Cegah Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh wanita karena bisa sebabkan kematian jika telat mendiagnosa. Untuk mencegah risikonya, mengonsumsi kacang kenari adalah salah satu solusinya.Kacang kenari memang tidak terlalu populer bila dibandingkan jenis makanan lainnya yang disebut-sebut sebagai makanan anti kanker seperti kedelai atau tomat. Namun penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang kenari secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol sehat (HDL) dalam tubuh.Tidak hanya itu, kenari juga diketahui sangat baik untuk mencegah dan memperlambat perkembangan kanker payudara. Kenari sangat unik dibandingkan kacang-kacangan lainnya karena satu-satunya kacang yang mengandung asam alpha-linolenic, salah satu tipe asam lemak omega 3 dengan kandungan yang paling banyak, seperti dikutip dari Health.Sumber alpha-linolenic lainnya bisa didapat dari kedelai, biji rami, ikan laut dan beberapa sayuran hijau. Namun kandungannya hanya sedikit dan tidak ada yang melebihi kenari.Dalam studinya, peneliti ingin mengetahui pengaruh konsumsi kenari terhadap perkembangan kanker payudara pada tikus percobaan. Kandungan yang terdapat dalam ken [...]

Pertolongan Pertama Keselak & Tersedak

Pertolongan Pertama Keselak & Tersedak

Tersedak atau keselak. hampir semua orang pernah mengalaminya.Memang rasanya tidak nyaman, menggangu, dan mengerikan. KetikaAnda sedang makan atau minum dan tiba-tiba asupan Anda itu masuk ke saluran yang salah. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ada berapa saluran di tenggorokan kita? Sebenarnya kemana makanan dan minuman kita pergi? Sebelum kita membahas langkah pertolongan pertama keselak, sangat penting untuk kita mengetahui dahulu bagaimana keselak dan tersedak itu dapat terjadi. Pertolongan Pertama Keselak & Tersedak Tersedak atau keselak. hampir semua orang pernah mengalaminya.Memang rasanya tidak nyaman, menggangu, dan mengerikan. KetikaAnda sedang makan atau minum dan tiba-tiba asupan Anda itu masuk ke saluran yang salah. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ada berapa saluran di tenggorokan kita? Sebenarnya kemana makanan dan minuman kita pergi? Sebelum kita membahas langkah pertolongan pertama keselak, sangat penting untuk kita mengetahui dahulu bagaimana keselak dan tersedak itu dapat terjadi. Apa Itu Keselak? Saat makanan masuk ke dalam mulut, banyak otot yang bekerja tanpa Anda sadari. Ketika Anda menelan makanan ada 30 otot yang bekerja. Proses pertama Anda harus mengu [...]

Apakah Kondom Baik untuk Vagina?

Apakah Kondom Baik untuk Vagina?

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Selain mencegah kehamilan yang tidak direncanakan, serta mencegah penularan infeksi penyakit kelamin, ternyata kondom juga memiliki fungsi perlindungan terhadap vagina. Dengan cara apa? Penelitian terbaru yang dipublikasikan di negara Cina menyatakan bahwa kondom dapat memicu perkembangan bakteria (flora) ?baik? atau ?menguntungkan? dalam vagina. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang aktif secara seksual dan menggunakan kondom memiliki flora (bakteri) menguntungkan di dalam vagina lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang memakai jenis kontrasepsi tipe lain. Bakteri yang mereka teliti adalah Lactobacillus. Para peneliti dari Beijing Friendship Hospital meniliti wanita menikah yang berasal dari Cina dengan usia antara 18 ? 45 tahun yang tidak menggunakan kontrasepsi hormonal. Daintara subjek, 72 orang wanita menggunakan kondom, 57 subjek memakai IUD (spiral) dan 35 wanita menggunakan metode tanggalan. Para peneliti mefokuskan penelitian pada bakteri lactobacillus, yaitu sekelompok bakteri yang secara normal berada dalam vagina pada kebanyakan wanita. Bakteri ini memproduksi asam laktat dan hydrogen peroxide, yang membantu memelihara keasaman da [...]

Otak Lelah & Tak Cukup Tidur Buat Orang Ingin Makan Junkfood

Otak Lelah & Tak Cukup Tidur Buat Orang Ingin Makan Junkfood

Kurangnya waktu istirahat terkadang membuat otak menjadi lelah dan sulit fokus. Efek samping lainnya, bisa membuat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori karena merasa lapar akan junkfood.Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa kebiasaan tidur seseorang memiliki hubungan dengan rasa lapar dan nafsu makan yang menyebabkan peningkatan berat badan. Tidak hanya perut, otak pun memiliki peran yang sama.Menurut studi yang dilakukan oleh para peneliti di Boston, kurang tidur dapat meningkatkan aktivitas pada area otak yang mencari kesenangan --termasuk kesenangan yang didapat saat memakan junkfood. Rasa lelah dan mengantuk juga dapat mengurangi aktivitas otak di arean yang berfungsi menahan nafsu makan.Dalam studinya, para peneliti di Columbia University meneliti 25 orang pria dan wanita dengan berat badan normal untuk melacak aliran darah ke dalam otak selama mereka melihat gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat. Mereka meneliti otak responden yang dibagi menjadi dua kondisi yang berbeda. Kondisi pertama, responden tidur nyenyak selama sembilan jam, sementara kondisi kedua responden hanya tidur selama empat jam.Hasilnya, gambar junk food muncul di dalam otak yang mengalami kuran [...]

Anggur Merah Untuk Umur Panjang

Anggur Merah Untuk Umur Panjang

Penelitian terhadap seekor tikus di Harvard, Amerika Serikat, menemukan bahwa resveratol ? sebuah senyawa anggur merah ? mampu mengaktifkan enzim yang dapat memicu proses perbaikan DNA. Penemuan yang dilakukan oleh Professor David A. Sinclair selaku ahli genetis di Harvard ini juga mengemukakan kemungkinan penggunaan resveratol sebagai obat dalam memperlambat proses penuaan pada manusia. Hasil dari penemuan tersebut membawa pada penelitian berikutnya seperti yang diungkapkan dalam pertemuan The Annual Medicine Dean?s Lecture di University of New South Wales, Sidney, akan dimulainya penelitian tahap awal mengenai obat ?Wonder? pills yang mampu membantu tubuh manusia dalam memperbaiki diri dan proses penyembuhan. Sehingga tak ayal dalam sepuluh tahun kedepan masa hidup seseorang akan dapat mencapai usia 150 tahun, seperti dilansir dalam UNSW News dengan judul Living to 150 ?Science Fact? (18/10). Dengan adanya kabar gembira ini, seakan memberikan harapan baru bagi umat manusia. Karena tidak bisa dipungkiri lagi masa hidup manusia mengalami penurunan seiring dengan kemajuan dunia. Bahkan dapat dikatakan rata-rata usia tua manusia didunia hanya hingga 67 tahun dengan ekspektasi kesehat [...]

Minyak Tanah Berbahaya Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Minyak Tanah Berbahaya Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Terdapat kebiasaan masyarakat dalam mengobati luka, yang telah dilakukan secara turun temurun meskipun manfaat dan keamanannya belum terbukti. Salah satu bentuk kebiasaan tersebut adalah mengoleskan minyak tanah untuk menangani luka dikulit. Bagaimanakah pandangan medis terhadap metode tradisional ini? Kabar yang beredar bahwa minyak tanah memiliki efek penyembuhan luka, hingga belakangan ini muncul propaganda bahwa minyak tanah adalah obat segala macam kanker, sesungguhnya belum terbukti dari sisi medis. Dari berbagai penelitian yang terpercaya, justru penggunaan minyak tanah pada tubuh manusia terbukti mengancam kesehatan. Apa saja efek yang ditimbulkan oleh penggunaan minyak tanah secara berlebihan? Akut (segera): efek lokal yang dapat muncul berupa iritasi kulit, kelumpuhan mendadak, infeksi, gangguan jantung Kronik (jangka lama): menurunkan fungsi imun, penyakit autoimun, asma, alergi, infertilitas, keguguran, retardasi mental, kerusakan kulit dan saraf Halaman berikut menjelaskan bagaimana minyak tanah sebenarnya berbahaya untuk kesehatan Anda Minyak Tanah Justru Berbahaya Gangguan saraf adalah kelainan terberat yang diketahui dimunculkan oleh penggun [...]

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

Mencuci tangan setelah dari toilet sangat penting dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri atau kuman penyebab penyakit. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kebiasaan sehat ini.Menurut hasil studi terbaru, hanya 5 persen orang yang mencuci tangan dengan benar dan cukup lama untuk membunuh kuman penyebab infeksi, setelah menggunakan toilet atau kamar mandi. Artinya, ada 95 orang yang tidak mencuci tangannya dengan tepat. Sementara 33 persen cuci tangan, tapi tidak menggunakan sabun dan 10 persen responden bahkan tidak membersihkannya sama sekali.Studi yang dilakukan dengan mengobservasi perilaku 3.749 orang di toilet umum ini juga menemukan, wanita lebih peduli terhadap kebersihan tangan mereka ketimbang pria. Ada 15 persen pria yang tidak mencuci tangannya setelah dari kamar mandi. Sedangkan wanita hanya 7 persen.Carl Borchgrevink, associate professor of hospitality business dari Michigan State University yang memimpin penelitian mengatakan kalau penemuan ini cukup mengejutkan. Sebab dalam penelitian sebelumnya menunjukkan kalau kesadaran orang untuk menjaga kebersihan tangannya meningkat.Para peneliti yang mengadakan observasi di toilet yang terdapat di bar, restoran at [...]

Tindakan Pertolongan Ketika Keracunan Minuman Keras Oplosan

Tindakan Pertolongan Ketika Keracunan Minuman Keras Oplosan

Belakang ini ada fenomena keracunan massal akibat minuman keras oplosan. Metanol merupakan salah satu penyebab keracunan yang marak dioplos menjadi minuman keras oplosan. Kandungan lain dalam miras oplosan selain methanol terdiri dari berbagai campuran antara lain alkohol (>55% etanol), obat-obatan, minuman bersoda / softdrink, suplemen kesehatan, bahan kimia seperti spirtus. Berbeda dari minuman alkohol yang beredar saat ini, pada miras oplosan tidak bisa ditentukan berapa persen kandungan pasti etanol nya. Berdasarkan kandungan alkoholnya, minuman beralkohol yang beredar di Indonesia dikelompokkan menjadi 3, yaitu : Minuman beralkohol Golongan A : adalah minuman yang mengandung etil alkohol dengan kadar sampai 5 %. Minuman beralkohol Golongan B : adalah minuman yang mengandung etil alkohol lebih dari 5% hingga 20 %. Minuman beralkohol Golongan C : adalah minuman yang mengandung etil alkohol lebih dari 20% hingga 55% Dampak Keracunan Etanol dari Miras Oplosan: Pada miras oplosan yang ada, kandungan etanolnya justru sangat rendah namun metanolnya sangat tinggi bahkan bisa melebihi 50%. Metanol dan etanol mempunyai bau dan bentuk cairan yang sama, oleh kare [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *