Vaksin Sebelum Menunaikan Ibadah Haji

Vaksin-Sebelum-Menunaikan-Ibadah-Haji-Alodokter.jpg

Semua peserta ibadah haji dan umroh harus memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat vaksin meningitis.

Selain kesehatan tubuh yang prima, beribadah bersama ribuan orang dari berbagai penjuru dunia membuat calon peserta haji membutuhkan imunisasi yang dapat mengurangi risiko terpapar bakteri dan virus berbahaya.

Vaksin Meningitis

Meningitis adalah infeksi yang menyebabkan inflamasi pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini berisiko tinggi terjadi di bagian tertentu di dunia, terutama negara Arab Saudi sebagai tempat umat muslim menunaikan ibadah haji dan umroh.

Untuk mencegahnya, vaksin meningitis menjadi imunisasi yang diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat imunisasi meningitis menjadi syarat bagi calon haji untuk mendapatkan visa. Berikut ini adalah ketentuan pemberian vaksin:

  • Meningitis adalah penyakit yang disebabkan bakteri kelompok A, W, C, dan Y. Maka semua jamaah wajib mendapat satu dosis vaksin kuadrivalen polisakarida atau ACYW135.
  • Pemberian vaksin ini sebaiknya dilakukan 2-3 minggu sebelum keberangkatan dan tidak kurang dari 10 hari sebelumnya. Jika sebelumnya pernah mendapat vaksin yang sama, pastikan bahwa waktu pemberiannya tidak lebih dari tiga tahun sebelumnya.
  • Jika diberikan pada orang dewasa dan anak-anak berusia lebih dari lima tahun, vaksin ini akan memberikan perlindungan dari meningitis selama lima tahun.
  • Untuk anak di bawah usia lima tahun, vaksinasi akan memberikan perlindungan selama 2?3 tahun. Namun pemberian pada balita usia dua bulan hingga tiga tahun harus diikuti dengan pemberian vaksin kedua pada tiga bulan setelahnya.
  • Tidak tepat diberikan untuk bayi berusia kurang dari dua bulan.

Efek samping yang parah setelah pemberian vaksin ACWY sangat jarang terjadi. Sekitar 10 persen orang yang mendapat vaksin ini mengalami nyeri dan kulit kemerahan yang umumnya akan hilang dalam 1-2 hari. Sementara anak-anak terkadang mengalami demam.

Vaksin yang Dianjurkan

Selain kewajiban atas pemberian vaksin meningitis, Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga menyarankan calon haji untuk mendapatkan vaksin influenza dan pneumonia sebelum berangkat.

Vaksin influenza

Jenis virus yang menyebabkan influenza berbeda-beda pada tiap tahunnya, sehingga vaksin yang diberikan pun disesuaikan dengan tipe tersebut.

Vaksin influenza dianjurkan terutama untuk jamaah haji sebagai berikut:

  • Pengidap penyakit kronis seperti gangguan ginjal, sakit jantung, gangguan pernapasan, diabetes, dan gangguan sistem saraf.
  • Pasien imunodefisiensi.
  • Pengidap penyakit metabolik.
  • Pengidap obesitas.
  • Wanita hamil.

Vaksin pneumonia

Penyakit yang umumnya disebabkan infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin.

Vaksin pneumonia disarankan bagi calon jamaah haji dengan kondisi sebagai berikut:

  • Orang dewasa berusia 65 tahun ke atas.
  • Anak-anak dan orang dewasa pengidap penyakit kronis, seperti diabetes, asma, gangguan ginjal atau penyakit jantung.
Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Langkah-langkah Terapkan Gaya Hidup Organik agar Tubuh dan Lingkungan Sehat

Langkah-langkah Terapkan Gaya Hidup Organik agar Tubuh dan Lingkungan Sehat

Mendengar kata organik, umumnya yang terlintas di pikiran banyak orang adalah produk-produk makanan atau kecantikan berbasis natural tanpa bahan kimia. Tapi pengertian organik sebenarnya tidak hanya sampai di situ. Organik adalah gaya hidup yang sehat untuk diri sendiri juga lingkungan."Saya lebih suka menyebutnya gaya hidup selaras alam. Organik asal katanya dari organisme, it's a living thing. Makhluk hidup yang hidup dengan lainnya. Makhluk hidup, lingkungan hidup, segala macam ada di situ. Itu maksudnya organik," jelas Ir. Christopher Emile Jayanata, ketua Komunitas Organik Indonesia saat media briefing di kantor Fleishman Hillard, Gedung Hero II, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (24/09/2013).Pria yang akrab disapa Emile ini menambahkan, organik juga merupakan sebuah pola pikir. Ketika hati dan pikiran seseorang sudah organik, maka sehat jasmani dan rohani yang akan diraih. Kenapa harus organik?Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida pada produk makanan, kecantikan maupun rumah tangga tidak hanya mengganggu kesehatan pemakainya, tapi juga merusak lingkungan. Dalam jangka panjang, bahan kimia berbahaya tersebut bisa menurunkan kualitas hidup secara drastis dan [...]

Posisi Tidur Mana yang Terbaik?

Posisi Tidur Mana yang Terbaik?

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Terkadang muncul pertanyaan bagaimanakah posisi yang baik dan benar saat tidur. Posisi tidur yang salah ternyata dapat menimbulkan masalah kesehatan. Karena sulit dipungkiri juga, ternyata posisi tidur juga mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa posisi tidur dan hubungannya dengan manfaat ataupun dampak kesehatan ke tubuh Anda. 1. Tidur Miring Ini merupakan posisi tidur yang paling umum. Sekitar 57% manusia memulai tidur dengan posisi ini. Tidur miring merupakan posisi yang ideal bagi mereka yang menderita refluks asam lambung (gastroesophageal reflux disease/GERD) atau nyeri punggung. Bagi yang suka mendengkur posisi ini dapat mengurangi suara dengkuran. Bagi ibu hamil, posisi tidur terbaik adalah miring ke kiri untuk meningkatkan aliran darah ke uterus. Namun, tidur dengan posisi miring akan meningkatkan tekanan pada bagian paha dan pundak sehingga dapat menyebabkan nyeri pada leher. 2. Tengkurap Posisi tidur seperti ini sering kali menimbulkan banyak masalah kesehatan, seperti nyeri punggung dan leher. Selain itu, posisi ini ju [...]

Cinta yang Romantis = Obat Anti Nyeri

Cinta yang Romantis = Obat Anti Nyeri

Siapa yang tidak pernah sakit kepala? Hampir semua orang pernah merasakan sakit kepala setidaknya satu kali dalam hidupnya layaknya jerawat yang menghampiri semua orang dalam satu waktu kehidupannya. Dengan demikian, pada dasarnya semua orang pasti pernah merasakan nyeri. Dunia medis mengatasi nyeri dengan obat anti nyeri, termasuk di dalamnya adalah obat-obat golongan opioid (kokain). Seringkali kokain juga disalahgunakan untuk kegiatan rekreasi karena efeknya yang dapat menimbulkan perasaan senang. Tapi, tahukah Anda bahwa cinta yang romantis dapat memberikan efek yang sama seperti kokain dalam mengatasi nyeri? Sebuah penelitian bersama antara State University of New York (SUNY) dan Stanford University Medical Center in California menunjukkan bahwa oleh kokain dan perasaan cinta romantis memicu aktivitas otak di daerah yang sama. Daerah yang teraktivasi ini memicu produksi suatu senyawa kimia yang disebut dengan dopamin. Dopamin inilah yang menyebabkan rasa senang. Dan, daerah otak yang teraktivasi beserta dengan dopamin merupakan faktor yang penting dalam penanganan nyeri. Fakta ini menjadi suatu titik terang untuk penanganan nyeri di masa depan yang lebih terarah dan spesifik. [...]

Saran Kesehatan dari Selebriti yang Tidak Perlu Ditiru

Saran Kesehatan dari Selebriti yang Tidak Perlu Ditiru

Selebriti kerap jadi panutan masyarakat umum. Mulai dari gaya busana, pola diet hingga aktivitas fisik. Bahkan kebiasaan mereka dalam menerapkan gaya hidup sehat juga seringkali diikuti, padahal belum tentu aman bagi kesehatan. Menurut sebuah studi yang dimuat dalam British Medical Journal, selebriti punya kemampuan untuk memengaruhi orang untuk mengikuti saran kesehatan, karena secara biologis manusia memang diprogram untuk itu (punya role model). Tapi sayangnya tidak semua saran kesehatan dari selebriti itu benar dan aman diikuti. Ini beberapa tips sehat dari selebriti yang tidak patut ditiru, seperti dikutip dari Every Day Health.1. Gwyneth Paltrow: Semua yang Alami Pasti AmanDalam sebuah wawancara dengan Cosmopolitan UK, Gwyneth mengatakan bahwa segala sesuatu yang berasal dari alam aman bagi manusia. Ia bahkan tidak menggunakan sunblock saat beraktivitas di luar rumah karena menganggap paparan sinar matahari itu alami dan aman."Kita itu manusia dan matahari adalah matahari. Bagaimana itu bisa berbahaya bagi kita? Menurut saya kita semua harus mendapat sinar matahari dan udara segar yang cukup. Aku tidak merasa semua yang alami berbahaya bagi kita. Sangat bagus berjemur sela [...]

Kaki Pecah-pecah Membuat Minder? Ini Solusinya!

Kaki Pecah-pecah Membuat Minder? Ini Solusinya!

Tidak percaya diri memakai sandal atau sepatu dengan bagian tumit terbuka karena kaki pecah-pecah? Kini Anda tidak perlu minder karena ada solusi untuk mengatasi hal tersebut. Kaki pecah-pecah terjadi karena kulit di daerah kaki sangat kering. Kulit kering ini tidak bisa menunjang tekanan keras ketika Anda menapakkan kaki. Akibatnya, kulit kering tersebut bisa retak. Kulit retak ini selain mengganggu penampilan, juga bisa menimbulkan rasa perih pada kaki. Lembapkan Kulit Kaki Anda Kunci utama menangani kaki pecah-pecah adalah menjaga kelembapannya. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan agar kelembapan kulit selalu terjaga. Gunakan krim kaki. Pilih krim yang kaya pelembap atau mengandung zat dimethicone di dalamnya. Krim dengan kandungan zat tersebut bisa melembapkan kulit kering. Krim ini memang bisa membuat kulit Anda berminyak, namun efek itu sangat baik untuk kulit pecah-pecah. Untuk penyerapan yang optimal, krim ini harus segera Anda olesi di tumit setelah mandi. Jangan biarkan sisa sabun menempel di kaki. Sabun dengan bahan-bahan kimia yang keras bisa membuat kulit kaki semakin kering. Namun itu bukan berarti Anda tidak boleh membersihkan kaki dengan sabun. Anda dapat [...]

Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten?

Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten?

Ketika memeriksakan diri ke dokter, tak jarang ada pasien yang meminta untuk diresepkan ?obat paten?. Alasannya karena mereka tidak mempan dengan obat generik, atau karena harga obat generik yang murah sehingga mereka berasumsi bila kualitasnya pun ?semurah? harganya. Pada kenyataannya, semua anggapan tersebut hanyalah salah kaprah yang wajib diluruskan di sini. Di dalam dunia farmasi dan kedokteran, dikenal dua jenis obat yaitu obat paten dan obat generik. Obat generik pun dibagi lagi menjadi obat generik berlogo dan obat generik bermerek. Sebenarnya, apa sih perbedaan ketiganya? Mari kita ulas satu persatu selengkapnya di halaman selanjutnya. Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten? Obat Paten Obat paten merupakan obat baru yang diproduksi dan dipasarkan oleh sebuah perusahaan farmasi yang memiliki hak paten untuk membuat obat baru tersebut, yang ditemukan berdasarkan serangkaian uji klinis yang dilakukan oleh perusahaan farmasi tersebut sesuai aturan yang telah ditetapkan secara internasional. Obat yang telah diberi hak paten tidak boleh diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan farmasi lainnya tanpa seizing pemilik hak paten. Di Indonesia, hak paten suatu [...]

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun pada pori-pori dan kelenjar lemak kulit yang ditandai dengan adanya komedo dan benjolan peradangan kulit pada tempat-tempat tertentu. Tempat-tempat yang biasanya sering terdapat jerawat adalah wajah, bahu, dada bagian atas dan punggung bagian atas. Kadang-kadang dapat juga terdapat pada leher, lengan atas dan bokong. Usia, ras, faktor keturunan, makanan dan cuaca/musim dapat secara tidak langsung memicu terjadinya jerawat. Pengaruh Makanan pada JerawatMelalui pengamatan dr. Alan R. Shalita, profesor dermatologi di pusat kedokteran SUNY Downstate, New York, konsumsi makanan rendah karbohidrat dapat mempengaruhi kontrol hormonal pada jerawat sehingga jerawat dapat membaik. Kadar gula dalam darah yang terkontrol dapat memperbaiki kondisi berjerawat. Selain itu, produk susu dan juga makanan berlemak sebaiknya juga dihindari. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan minyak dalam kelenjar sebasea kulit sehingga memicu terjadinya jerawat. Pengaruh makanan terhadap jerawat ini memang masih banyak diperdebatkan dan seringkali ditemukan hasilnya individual, namun, jika setelah dicoba dalam jangka waktu t [...]

MRI Dapat Membantu Identifikasi Penyakit

MRI Dapat Membantu Identifikasi Penyakit

Magnetic resonance imaging (MRI) atau pencitraan resonansi magnetik adalah alat pemindai yang memanfaatkan medan magnet dan energi gelombang radio untuk menampilkan gambar struktur dan organ dalam tubuh. MRI dapat memberikan informasi struktur tubuh yang tidak dapat ditemukan pada tes lain, seperti X-ray, ultrasound, atau CT scan. Pada tes MRI, tubuh yang akan dipindai ditempatkan pada sebuah mesin dengan magnet yang kuat. Gambar-gambar yang dihasilkan dari MRI berupa foto digital yang dapat disimpan di komputer untuk dipelajari lebih lanjut. Alasan Dilakukan MRI MRI adalah salah satu cara dokter memeriksa dan menghasilkan gambar organ, jaringan, dan sistem rangka dengan resolusi tinggi. Hal itu nantinya dapat membantu dokter melakukan diagnosis berbagai kondisi. Jantung dan pembuluh darah MRI yang dilakukan pada jantung atau pembuluh darah bertujuan melihat beberapa hal seperti ukuran dan fungsi pada serambi jantung, ketebalan dan gerakan dinding jantung dan tingkat kerusakan akibat serangan jantung. Selain itu dapat juga mendeteksi masalah struktural pada urat nadi, seperti dinding pembuluh darah yang melemah atau sobek, maupun radang dan penyumbatan pada pembuluh darah. Otak d [...]

Obat Anti Nyeri sebelum Olahraga: Baik atau Buruk?

Obat Anti Nyeri sebelum Olahraga: Baik atau Buruk?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Mengkonsumsi obat anti nyeri atau painkillers seperti ibuprofen untuk mencegah nyeri setelah olahraga bukan hal yang asing bagi populasi atlet. Bahkan beberapa atlet berpikir bahwa hal ini dapat meningkatkan performa saat berolahraga karena menghilangkan nyeri. Akan tetapi, tindakan ini justru dapat menimbulkan bahaya menurut penelitian baru yang diterbitkan di Medicine & Science in Sports & Exercise. Penelitian yang dilakukan di Belanda oleh dr. Kim van Wijck, seorang residen bedah di ORBIS Medical Center, Masstricht, mempertanyakan penggunaan obat anti inflamasi ibuprofen sebelum dan sesudah olahraga. Hasilnya menunjukkan bahwa ibuprofen justru menimbulkan cedera setelah olahraga di usus halus pada laki-laki sehat yang terlatih dalam melakukan olahraga endurance. Dalam penelitian ini, van Wijck mengevaluasi 9 laki-laki sehat yang aktif berolahraga dengan usia rata-rata 27 tahun. Para subyek penelitian menghabiskan waktu 3 hingga 10 jam per minggu melakukan olahraga endurance. Van Wijck sebelumnya telah melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga mempunyai efek menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan. Selain itu, obat anti inflamasi [...]

Filter Air dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Filter Air dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tubuh kita membutuhkan asupan air sekitar 2,5 liter tiap harinya agar kesehatan tetap terjaga. Tapi terpenuhinya kebutuhan harian tersebut juga perlu mendapat jaminan bahwa air yang kita konsumsi tidak terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya. Maka dari itu, peran filter air menjadi penting bagi kehidupan sehari-hari. Di zaman sekarang ini, sebagian masyarakat telah terbiasa dengan mengonsumsi air minum kemasan. Namun ada pula yang masih memakai air keran yang dimasak untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Tidak seperti air kemasan, air keran yang berasal dari PAM dan air tanah berisiko terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya, seperti kuman, pestisida, timbal, nitrat, dan lainnya. Saat dimasak, kuman memang dapat hilang dari air, tapi zat berbahaya masih terkandung di dalamnya dan proses memasak justru bisa meningkatkan jumlah zat-zat tersebut. Ini karena air menguap saat pemanasan sehingga konsentrasi senyawa berbahaya justru meningkat. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan akibat mengonsumsi air yang terkontaminasi kuman maupun senyawa berbahaya, antara lain: Diare. Kram perut. Mual. Hepatitis A. Kolera. Tifoid. Gangguan ginjal. Tekanan darah tinggi. Perkembangan fisik dan mental [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *