Vaksin Sebelum Menunaikan Ibadah Haji

Vaksin-Sebelum-Menunaikan-Ibadah-Haji-Alodokter.jpg

Semua peserta ibadah haji dan umroh harus memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat vaksin meningitis.

Selain kesehatan tubuh yang prima, beribadah bersama ribuan orang dari berbagai penjuru dunia membuat calon peserta haji membutuhkan imunisasi yang dapat mengurangi risiko terpapar bakteri dan virus berbahaya.

Vaksin Meningitis

Meningitis adalah infeksi yang menyebabkan inflamasi pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini berisiko tinggi terjadi di bagian tertentu di dunia, terutama negara Arab Saudi sebagai tempat umat muslim menunaikan ibadah haji dan umroh.

Untuk mencegahnya, vaksin meningitis menjadi imunisasi yang diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mendapat imunisasi meningitis menjadi syarat bagi calon haji untuk mendapatkan visa. Berikut ini adalah ketentuan pemberian vaksin:

  • Meningitis adalah penyakit yang disebabkan bakteri kelompok A, W, C, dan Y. Maka semua jamaah wajib mendapat satu dosis vaksin kuadrivalen polisakarida atau ACYW135.
  • Pemberian vaksin ini sebaiknya dilakukan 2-3 minggu sebelum keberangkatan dan tidak kurang dari 10 hari sebelumnya. Jika sebelumnya pernah mendapat vaksin yang sama, pastikan bahwa waktu pemberiannya tidak lebih dari tiga tahun sebelumnya.
  • Jika diberikan pada orang dewasa dan anak-anak berusia lebih dari lima tahun, vaksin ini akan memberikan perlindungan dari meningitis selama lima tahun.
  • Untuk anak di bawah usia lima tahun, vaksinasi akan memberikan perlindungan selama 2?3 tahun. Namun pemberian pada balita usia dua bulan hingga tiga tahun harus diikuti dengan pemberian vaksin kedua pada tiga bulan setelahnya.
  • Tidak tepat diberikan untuk bayi berusia kurang dari dua bulan.

Efek samping yang parah setelah pemberian vaksin ACWY sangat jarang terjadi. Sekitar 10 persen orang yang mendapat vaksin ini mengalami nyeri dan kulit kemerahan yang umumnya akan hilang dalam 1-2 hari. Sementara anak-anak terkadang mengalami demam.

Vaksin yang Dianjurkan

Selain kewajiban atas pemberian vaksin meningitis, Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga menyarankan calon haji untuk mendapatkan vaksin influenza dan pneumonia sebelum berangkat.

Vaksin influenza

Jenis virus yang menyebabkan influenza berbeda-beda pada tiap tahunnya, sehingga vaksin yang diberikan pun disesuaikan dengan tipe tersebut.

Vaksin influenza dianjurkan terutama untuk jamaah haji sebagai berikut:

  • Pengidap penyakit kronis seperti gangguan ginjal, sakit jantung, gangguan pernapasan, diabetes, dan gangguan sistem saraf.
  • Pasien imunodefisiensi.
  • Pengidap penyakit metabolik.
  • Pengidap obesitas.
  • Wanita hamil.

Vaksin pneumonia

Penyakit yang umumnya disebabkan infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin.

Vaksin pneumonia disarankan bagi calon jamaah haji dengan kondisi sebagai berikut:

  • Orang dewasa berusia 65 tahun ke atas.
  • Anak-anak dan orang dewasa pengidap penyakit kronis, seperti diabetes, asma, gangguan ginjal atau penyakit jantung.
Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Yuk Lari! Riset Membuktikan Olahraga Lari Bisa Cegah Penyakit Jantung

Yuk Lari! Riset Membuktikan Olahraga Lari Bisa Cegah Penyakit Jantung

Lari atau jogging kini menjadi olahraga yang tren di kalangan anak muda. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya, berlari dapat dilakukan secara rutin dengan waktu yang fleksibel dan kalori yang dikeluarkan pun lebih maksimal. Tak hanya membakar kalori, lari pun memiliki manfaat kesehatan.Menurut penelitian yang telah dipublikasikan dalam Jurnal Ilmu Kardiologi di Amerika Serikat, berlari dengan kecepatan yang konstan atau tidak berubah dalam waktu beberapa menit dapat mencegah risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Penelitian yang dalam waktu 15 tahun ini dilakukan kepada lebih dari 55.000 orang dewasa berusia antara 18 sampai 100 tahun. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kesehatan mereka secara keseluruhan, meliputi apakah mereka berolahraga dan berapa lama mereka hidup.Peneliti menemukan bahwa orang-orang yang rutin olahraga lari memiliki risiko kematian sebesar 45% lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular dibanding orang-orang yang jarang berlari. Faktanya para pelari rata-rata bisa bertahan hidup tiga tahun lebih lama daripada mereka yang tidak berlari. Riset ini juga melihat usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, merokok dan kebias [...]

Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel?

Apakah Anda termasuk orangtua yang memiliki putera dan puteri usia balita? Kita sebagai orangtua tentu ingin pertumbuhan dan perkembahgan anak kita berjalan optimal. Tumbuh kembang yang dialami si kecil saat usia ini merupakan masa tumbuh kembang yang sangat penting karena pada usia inilah tumbuh kembang terjadi secara pesat. Tumbuh kembang yang dialami si kecil tidak hanya pertambahan tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, kemampuan motorik ataupun kematangan emosi. Tetapi juga berkembangnya kemampuan bahasa. (Baca: 5 Tanda Interaksi Pada Anak yang Artinya Anak Tumbuh Optimal) Sering kita temui anak usia balita yang belum mampu mengucapkan kata-kata dengan tepat karena cadel. Cadel yang terjadi pada anak disebabkan ketidaksesuaian antara otot lidah dan bibir karena pada usia dini kinerja otot-otot tersebut belum matang. Hal ini membutuhkan stimulasi dari lingkungan supaya otot-ototnya terlatih untuk mengucapkan kata-kata dengan benar. Cadel bisa bermacam-macam, ada anak yang tidak bisa mengucapkan huruf ?R?, atau bisa mengucapkan huruf ?R? tetapi malah tidak bisa mengucapkan huruf ?L?, atau bisa juga tidak bisa mengucapkan huruf lain. Bila cadel ini terjadi pada anak usia di [...]

Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat dengan 5 Hal Ini

Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat dengan 5 Hal Ini

Jika Anda merasa sering lupa menaruh barang dan kesulitan mengingat nama orang yang baru saja ditemui, sebaiknya harus waspada karena hal tersebut adalah salah satu tanda dari penurunan daya ingat di usia dini. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kemampuan mengingat Anda. Seperti apa?1. KonsentrasiInformasi yang disampaikan untuk pertama kali biasanya tidak pernah tertanam dengan tepat di dalam ingatan. Untuk itu diperlukan sedikit konsentrasi untuk mengingatnya agar bisa mendapat manfaat lainnya. Pilihlah suasana yang tenang dan nyaman agar terbebas dari gangguan sekitar yang bisa memecah konsentrasi.2. Menulis atau MerekamCara lain untuk membantu diri Anda dalam meningkatkan ingatan adalah dengan menulis atau merekam poin-poin penting pada suatu perbincangan. Menulis terbukti lebih efektif daripada hanya sekedar membaca atau mendengarkan. Selalu siapkan notebook atau alat perekam saat Anda berada di tempat-tempat ramai seperti pusat perbelanjaan atau ketika ingin bertemu rekan bisnis.3. Bagi Berdasarkan KelompokMengorganisir sesuatu berdasarkan kelompoknya membuat memori menghafal lebih muda. Itulah sebabnya kita sering sekali memb [...]

4 Cara Efektif Lawan Stres di Pagi Hari yang Bisa Ganggu Pekerjaan

4 Cara Efektif Lawan Stres di Pagi Hari yang Bisa Ganggu Pekerjaan

Sering lupa menaruh dompet atau kunci mobil saat akan berangkat kerja, yang menyebabkan Anda telat datang ke kantor? Atau selalu terburu-buru mengawali hari karena bangun terlalu siang akibat sulit tidur di malam hari? Itu berarti Anda sedang mengalami morning stress, atau stres di pagi hari.Retailer peralatan rumah tangga IKEA telah mengadakan survei di Inggris yang menunjukkan kalau 2/3 orang merasa stres saat tidur dan bangun di keesokan paginya. Stres di malam hari, sebagian besar disebabkan oleh sulitnya tidur terlelap dan khawatir bagaimana menjalani aktivitas di hari esok.Stres, dalam tahap seringan apa pun memang bisa mengganggu aktivitas harian. Kinerja di kantor pun bisa menurun begitu juga produktivitas kerja. Jika Anda sering mengalami hal yang sama seperti tersebut di atas, besar kemungkinan Anda juga menderita stres meskipun masih dalam tahap ringan. Namun jangan khawatir, Anda bisa menangkal datangnya stres di pagi hari dengan cara-cara berikut:1. Atur Suhu Ruangan Sebelum TidurSeperti dikutip dari Female First, temperatur ruangan yang paling tepat untuk membuat tidur jadi lebih nyenyak di malam hari adalah antara 18 sampai 22 derajat Celcius. Lebih rendah atau ti [...]

Ketahui 5 Kandungan Berbahaya yang Ada di Dalam Shampo

Ketahui 5 Kandungan Berbahaya yang Ada di Dalam Shampo

Kebanyakan orang membeli shampo berdasarkan jenis rambut serta aromanya. Mereka tidak terlalu memperhatikan kandungan dalam shampo tersebut. Padahal ada beberapa bahan yang perlu diwaspadai karena cukup berbahaya untuk kulit kepala.Untuk itu, Anda perlu cermat sebelum membeli shampo. Sebaiknya baca kandungannya terlebih dahulu demi menjaga kesehatan rambut dan kulit. Seperti yang dilansir dari Healthmeup, ini dia lima bahan berbahaya yang ada di dalam shampo.1. Sodium Lauryl/Laureth SulfateShampo yang mengandung bahan ini perlu diwaspadai karena bahan kimia Sodium Lauryl sering dipakai untuk deterjen dan digunakan sebagai bahan pembersih di beberapa industri. Selain itu, dampak terburuknya bisa berubah menjadi karsinogenik (zat penyebab kanker).2. DietanolaminaBahan kimia ini dapat membentuk karsinogenik yang memicu kanker. Karsinogenik bisa menyebabkan kanker secara langsung dengan cara bermutasi pada DNA sel tubuh atau secara tidak langsung melalui pembelahan sel sehingga gagal menciptakan sel yang sempurna. Kegagalan itu menyebabkan timbulnya sel kanker.3. ParabensKandungan Parabens memang dapat mempengaruhi tingkat estrogen yang membuat hormon menjadi tidak seimbang. Paraben [...]

5 Khasiat Kayu Manis untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

5 Khasiat Kayu Manis untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Kayu manis biasa digunakan untuk membuat roti, kue, atau sebagai bumbu yang membuat rasa masakan lebih lezat. Aromanya membangkitkan rasa hangat dan mengingatkan kita pada kue apple pie atau toko roti yang menggugah selera.Di samping rasa dan aromanya yang enak, kayu manis ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari mencegah diabetes, menurunkan kolesterol sampai menyeimbangkan hormon. Ini sejumlah khasiat kayu manis bagi kesehatan, seperti dikutip dari Health Mu Up.1. Kayu manis membantu mengatur kadar gula darah, sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu kayu manis juga bisa dikonsumsi bagi Anda yang ingin menstabilkan tingkat energi.2. Rempah-rempah dengan citarasa eksotis ini juga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Taburkan 1-2 sendok teh bubuk kayu manis ke makanan Anda setiap hari untuk mencegah peningkatan LDL di dalam tubuh. Sebaiknya dibarengi juga dengan pilihan makanan sehat lainnya yang rendah kolesterol seperti sayuran dan buah segar.3. Kayu manis mengandung sedikit serat, kalsium, zat besi dan mangan. Meskipun jumlahnya sedikit, tapi bisa membantu melengkapi kebutuhan serat dan mineral harian Anda.4. Menga [...]

Membiasakan Diri untuk Olahraga Ringan di Kantor

Membiasakan Diri untuk Olahraga Ringan di Kantor

Penelitian menemukan bahwa duduk terlalu lama, seperti saat bekerja di kantor, dapat meningkatkan risiko penyakit-penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, hingga kematian dini. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga ringan di kantor. Tubuh manusia tidak didesain untuk duduk 12 jam sehari. Itulah kenapa sekadar duduk saja di kantor dapat mendatangkan sakit kepala hingga nyeri punggung. Lebih jauh lagi, duduk terlalu lama berisiko berdampak kepada kemampuan tubuh untuk mengelola kadar gula darah, tekanan darah, dan memperlambat metabolisme lemak tubuh. Kurang bergerak di tempat kerja juga tidak hanya mengakibatkan kegemukan. Orang yang bertubuh kurus, tapi kurang bergerak aktif, berisiko mengalami tulang keropos akibat osteoporosis juga. Oleh karenanya banyak orang mencari cara agar dapat melakukan olahraga ringan di kantor di sela-sela rutinitas. Penelitian menemukan bahwa bahkan sekedar 15 menit gerakan tiap hari dapat berdampak sama dengan olahraga 60 menit, terutama jika Anda dapat meningkatkan intensitas gerakan. Kuncinya adalah dengan memulainya secara perlahan-lahan, sedikit dem [...]

Pentingnya Zat Besi untuk Tubuh

Pentingnya Zat Besi untuk Tubuh

Zat besi adalah nutrisi yang berperan penting dalam pertumbuhan manusia semenjak dalam kandungan. Kenapa Zat Besi Penting? Zat besi merupakan bagian penting dari hemoglobin. Hemoglobin adalah komponen sel darah merah yang berperan dalam membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan membawa karbondioksida kembali ke paru-paru untuk dikeluarkan. Paduan pola makan yang kurang diperhatikan dengan gaya hidup yang serba cepat dapat menyebabkan tubuh Anda kekurangan cadangan zat besi. Jika kadar zat besi menurun, kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang sehat pun ikut menurun. Kondisi ini disebut anemia akibat kekurangan zat besi. Jika dibiarkan berkelanjutan, kinerja organ-organ dan pertahanan kekebalan tubuh akan menurun. Sementara pada ibu hamil, kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan hambatan atau bahkan gangguan pada pertumbuhan janin, termasuk otak dan sarafnya. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia sehingga penderitanya mulai lemas dan lesu. Tubuh kita pada dasarnya mendapatkan kebutuhan zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memilih makanan yang beragam agar kebutuhan dasar akan vitamin dan minera [...]

Jeans Terlalu Ketat Bisa Rusak Pencernaan

Jeans Terlalu Ketat Bisa Rusak Pencernaan

Banyak wanita yang malas mengganti celana jeans lamanya dengan yang baru, karena merasa masih muat dikenakan. Ternyata, kebiasaan tersebut bisa mempengaruhi sistem pencernaan dan mengganggu kenyamanan perut setelah Anda makan besar.Seperti yang dikutip dari danone, Dr Oz, seorang ahli bedah yang sering menjadi pembicara di acara talk-show Oprah Winfrey, merasa setuju bahwa jeans terlalu ketat dapat menyebabkan masalah pencernaan dan sembelit. Selain itu, jeans ketat yang berpotongan di pinggang akan membuat makanan sulit menuju usus. Itu sebabnya jeans terlalu ketat bisa menyebabkan nyeri perut dan kram.Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dr Octaviano Bessa, seorang internis dari Stamford, Connecticut. Menurutnya, "jeans ketat dapat mengganggu mobilitas usus. Hal ini yang membuat seseorang merasa tidak nyaman atau sakit pada perut setelah dua atau tiga jam setelah makan. Banyak orang yang tidak sadar kalau nyeri itu akibat jeans."Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, ada baiknya Anda mengutamakan kenyamanan saat memilih jeans. Usahakan membeli jeans bermodel slip on --jeans dengan pinggang berkaret-- dan memiliki campuran bahan lycra. Selain tidak terlalu ketat, jeans se [...]

Kenali Penyakit dari Pola Buang Air Kecil

Kenali Penyakit dari Pola Buang Air Kecil

Apakah Anda termasuk orang yang sulit menahan buang air kecil? Jika ya, mungkin Anda mengidap masalah pada kandung kemih. Simak kebiasaan buang air kecil yang menandai adanya masalah pada kandung kemih Anda.Masalah pada kandung kemih cukup merepotkan dan tak jarang disertai kondisi yang lebih serius sehingga perlu diwaspadai. Seperti yang dikutip dari Caring, terdapat tujuh kebiasaan yang dapat mendiagnosa masalah buang air kecil. Ini dia.1. Terlalu sering buang air kecilMenurut para dokter, jika frekuensi buang air di atas 8 kali sehari berarti ada kemungkinan Anda mengidap overactive bladder atau hasrat ingin buang air kecil terus menerus. Hal ini biasanya disebabkan karena terlalu sering minum atau mengonsumsi beberapa makanan dan obat-obatan yang memicu overactive bladder.2. Tidak bisa menahan buang air kecilTidak bisa menahan hasrat buang air kecil juga merupakan salah satu tanda Anda mengidap overactive bladder. Kebiasaan buang air kecil ini kebanyakan diidap oleh orang lanjut usia dan orang yang menderita dimensia.3. Terasa terbakar saat buang air kecilSensasi terbakar saat buang air kecil merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih (ISK), baik pada wanita maupun pr [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *