Vasektomi pada Pria Bisa Ganggu Performa Seks?

vasektomi-pada-pria-bisa-ganggu-performa-seks-alodokter.jpg

Sebagai salah satu cara kontrasepsi, vasektomi pada pria masih tergolong jarang. Vasektomi kerap disebut memiliki efek samping terhadap kemampuan seks. Mari kita telaah anggapan tersebut.

Vasektomi adalah metode kontrasepsi yang dilakukan dengan memotong saluran sperma (vas deferens) yang membawa sperma dari testis ke penis. Dengan metode yang menyerupai sterilisasi ini, sperma tidak lagi keluar bersama air mani saat pria ejakulasi.

Di kalangan awam, metode vasektomi memang banyak yang mempertanyakan. Salah satunya mitos bahwa vasektomi dapat memengaruhi gairah seksual pria.

Padahal, tidak demikian. Setelah vasektomi, seorang pria tetap akan merasakan sensasi orgasme, ereksi bahkan ejakulasi. Memang, sesaat setelah vasektomi dilakukan, ada kasus yang mengalami rasa nyeri di bagian testis, tetapi hal itu hanya sementara.

Beberapa hari setelah prosedur vasektomi, seorang pria dapat segera melakukan hubungan seksual. Vasektomi juga tidak akan memengaruhi produksi hormon testosteron pada pria.

Demikian juga air mani yang keluar saat ejakulasi setelah vasektomi, tidak akan banyak berbeda, karena sperma hanya merupakan bagian kecil dari air mani secara keseluruhan.

Sebagai metode kontrasepsi permanen, vasektomi memiliki keunggulan sebagai prosedur yang aman dan minim komplikasi serta murah karena hanya dilakukan satu kali seumur hidup. Hanya saja vasektomi tidak melindungi pria dari infeksi menular seksual, sehingga diperlukan alat kontrasepsi lain seperti kondom, untuk hal tersebut.

Efektivitas Vasektomi

Efektivitas vasektomi sebagai alat kontrasepsi tergolong tinggi yaitu mencapai 99 persen. Hanya 0,1-0,4 persen wanita yang mengalami kehamilan selama satu tahun pertama, setelah pasangannya melakukan prosedur vasektomi.

Yang harus diingat, vasektomi tidak efektif dengan segera. Air mani pria sesaat setelah vasektomi masih mengandung sperma. Jika ingin menghindari kehamilan, gunakan alat kontrasepsi lain.

Untuk benar-benar mengosongkan sperma pada air mani, diperlukan sekitar 15-20 kali ejakulasi atau sekitar 3 bulan. Sebagian pria harus menunggu lebih lama lagi. Untuk memastikan sudah tidak ada lagi sperma yang tersisa, harus dipastikan melalui tes.

Risiko Komplikasi

Meski tergolong rendah, ada beberapa risiko komplikasi dari vasektomi yaitu :

  • Hematoma yaitu pendarahan di bawah kulit yang dapat menyebabkan pembengkakan yang terasa sakit.
  • Infeksi yang dapat diiringi dengan demam atau kemerahan pada kantong pelir (skrotum).
  • Rasa nyeri pada testis yang tidak segera menghilang yaitu postvasectomy pain syndrome.
  • Benjolan pada skrotum atau disebut juga granuloma yaitu sperma yang keluar dari saluran sperma ke dalam jaringan.
  • Peradangan pada saluran sperma atau epididimitis kongestif.
  • Kegagalan vasektomi. Memang tergolong kecil yaitu sekitar 11 dari 1.000 vasektomi pada dua tahun pertama

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Vasektomi

Sebelum melakukan prosedur vasektomi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan :

  • Tidak berniat memiliki anak atau menambah jumlah anak lagi. Jika ada keraguan, sebaiknya hindari vasektomi.
  • Didiskusikan dengan pasangan mengenai vasektomi. Sebaiknya Anda berdua menyetujui hal ini.
  • Jangan ambil keputusan vasektomi sesaat setelah mengalami krisis atau perubahan besar, misalnya baru saja memiliki bayi ataupun baru saja terpaksa menggugurkan janin pada pasangan Anda.
  • Umumnya dokter akan meminta seorang pria berusia di bawah 30 tahun dan belum pernah memiliki anak, untuk mempertimbangkan kembali prosedur vasektomi.

Tindakan vasektomi sebagai metode kontrasepsi permanen harus dipikirkan dengan matang dan sebaiknya disetujui oleh pasangan. Konsultasikan dengan dokter atau spesialis untuk tindakan lebih lanjut.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
3 Tanda Anda Tertular Penyakit Menular Seks

3 Tanda Anda Tertular Penyakit Menular Seks

Perilaku seks bebas adalah faktor pemicu utama sebagai menularnya penyakit infeksi menular seks (IMS). Jika dirincikan, sesuai data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, faktor risiko penularan HIV terbanyak adalah berikut ini: Heteroseksual, yakni berkontribusi 58,7% Injecting drug users (IDU) 17,5% Penularan perinatal 2,7& Homoseksual sebanyak 2,3 persen% Lebih lanjut sebagaimana kita ketahui salah, satu konsekuensi awal dari perilaku seks bebas adalah terpapar penyakit menular seks. Infeksi Menular Seksual (IMS), dalam dunia medis diartikan sebagai semua infeksi yang ditularkan melalui aktivitas seksual, termasuk HIV/AIDS. Masalah kesehatan ini akhir-akhir ini mengkhawatirkan karena makin banyak kejadiannya, dapat menyebabkan kemandulan dan sangat mudah ditularkan lewat perilaku seksual yang tidak bertanggung jawab seperti berganti-ganti pasangan. Untuk itu pengenalan gejala menjadi sangat penting agar dapat segera mencari pertolongan medis. Infeksi Menular Seksual pada pria maupun wanita dapat dengan mudah dikenali lewat 3 gejala: 3 Gejala Tertular Penyakit Menular Seks Infeksi Menular Seksual pada pria maupun wanita dapat dengan mudah dike [...]

Mengenali dan Mengatasi Gejala Mata Juling Pada Anak

Mengenali dan Mengatasi Gejala Mata Juling Pada Anak

Jangan remehkan mata juling pada anak karena dapat mengganggu penglihatan mereka. Dengan mengetahui gejala-gejalanya, Anda bisa mengatasi mata juling pada anak dengan cepat. Mata juling atau strabismus seringkali muncul pada masa kanak-kanak. Pada mata juling, otot mata yang terhubung ke otak tidak bekerja dengan tepat sehingga gerakan mata berbeda, padahal seharusnya kedua mata bergerak ke arah yang sama. Gejala Mata Juling Beberapa gejala mata juling yang dapat dicermati antara lain mata tidak bergerak ke arah yang sama di saat bersamaan. Salah satu mata akan menyipit atau menutup pada saat terpapar matahari dan seringkali menabrak saat berjalan. Sebagian anak yang mengalami mata juling mengeluh mengalami pandangan ganda. Namun ada juga yang tidak pernah mengeluh. Kondisi mata juling justru lebih sering dikenali oleh orang lain. Anak kecil yang belum mampu berkomunikasi dengan baik, biasanya tampak sering menyipitkan mata atau memiringkan atau memutar kepala ketika berusaha melihat sesuatu agar lebih jelas. Penyebab Mata Juling Pada kondisi mata juling, umumnya satu mata yang garis pandangnya ke depan lebih dominan dan satu mata lagi yang garis pandangnya tidak selalu ke dep [...]

Jangan Sampai Penyakit Penis Ini Terjadi pada Anda

Jangan Sampai Penyakit Penis Ini Terjadi pada Anda

Penis adalah organ vital pria yang berfungsi sebagai saluran keluarnya urine dan sperma dari dalam tubuh. Oleh karena itu, jagalah kebersihan dan kesehatan penis agar enam penyakit penis ini tidak menyerang. Penis yang bermasalah atau berpenyakit dapat menimbulkan rasa sakit serta memengaruhi fungsi seksual dan kesuburan pria. Penyakit penis juga bisa memengaruhi aspek lain kehidupan Anda seperti menyebabkan stres, masalah dalam hubungan, dan menurunkan kepercayaan diri. Beberapa penyakit penis yang ada antara lain adalah sebagai berikut. Priapismus Priapismus atau priapism adalah keadaan di mana penis mengalami ereksi terus-menerus selama lebih dari empat jam dan sering kali terasa sakit. Priapism terjadi ketika darah yang mengalir ke pembuluh darah area penis tidak sepenuhnya kembali (ada darah yang tidak mengalir keluar). Penyakit penis ini biasanya disebabkan oleh penyalahgunaan narkoba (terutama kokain) dan minuman keras, penyakit darah (leukimima, anemia sel sabit), terapi injeksi untuk disfungsi ereksi, cedera pada alat kelamin, gangguan di saraf tulang belakang, atau konsumsi obat-obat tertentu (antidepresan, dan obat tekanan darah). Keadaan darurat medis ini harus sege [...]

Lakukan 6 Hal Ini Agar Kembali Bersemangat Kerja Setelah Libur Panjang

Lakukan 6 Hal Ini Agar Kembali Bersemangat Kerja Setelah Libur Panjang

Liburan panjang akhirnya selesai, Anda pun harus kembali melakukan kegiatan seperti biasa. Tetapi rasa lelah dan tak bersemangat seringkali menghampiri di awal minggu. Agar dapat bersemangat kembali ke kantor seusai liburan panjang, berikut tips yang bisa Anda terapkan.1. Rencanakan Acara dengan TemanKetimbang mengeluh karena harus kembali melakukan aktivitas rutin, lebih baik buat acara menyenangkan bersama teman setelah jam kantor. Misalnya dengan mencoba kafe atau restoran baru. Adanya alasan itu, bisa membuat Anda jadi lebih senang menghadapi hari kerja.2. SarapanMelewatkan waktu sarapan hanya akan membuat Anda lebih cepat merasa lelah di siang hari. Oleh karena itu, sarapan sehat penuh energi sangat dianjurkan agar Anda lebih berenergi dan terhindar dari memakan cemilan saat menunggu waktu makan siang tiba.3. Hindari KafeinSaat bangun dengan perasaan lelah, menghindari kopi mungkin menjadi hal yang paling sulit. Namun kopi merupakan diuretik, yang akan membuat tubuh kehilangan cairan. Minum jus jeruk dan air mineral adalah pilihan yang tepat. Selain itu, campuran air mineral dengan madu atau perasan jeruk lemon dengan jahe juga bisa membatu sirkulasi tubuh dan meningkatkan [...]

Studi: Dihormati Lebih Membahagiakan Daripada Punya Harta Banyak

Studi: Dihormati Lebih Membahagiakan Daripada Punya Harta Banyak

Harta melimpah tidak selamanya bisa membuat orang bahagia. Menurut penelitian terbaru, perasaan dihormati dan dihargai justru buat orang lebih bahagia ketimbang memiliki status sosial dan ekonomi tinggi (mencakup pendidikan tinggi dan kekayaan)."Salah satu alasan mengapa uang tidak bisa membeli kebahagian adalah karena orang cepat beradaptasi dengan tingkat pendapatan baru atau kekayaan. Pemenang lotere, misalnya, awalnya senang namun kembali pada tingkat kebahagiaan awal dengan cepat," jelas peneliti Cameron Anderson, seorang ilmuwan psikologi di Haas School of Business yang ada di University of California, Amerika."Ada kemungkinan bahwa dihormati, memberikan pengaruh dan diterima secara sosial selalu bisa membahagiakan seseorang," tambah Anderson yang penelitiannya dipublikasikan dalam jurnal 'Psychological Science'.Penelitian Anderson dibagi menjadi empat studi terpisah. Dalam salah studi, peneliti menghitung 'status sociometric' dari 80 mahasiswa yang memiliki kegiatan sosial. Dalam penelitiannya, status mereka dipertimbangkan mulai dari bagaimana rekan-rekan mereka menilai secara sosial, posisi kepemimpinan hingga kesejahteraan faktor sosial.Hasilnya, para peserta penelitia [...]

4 Cara Efektif Lawan Stres di Pagi Hari yang Bisa Ganggu Pekerjaan

4 Cara Efektif Lawan Stres di Pagi Hari yang Bisa Ganggu Pekerjaan

Sering lupa menaruh dompet atau kunci mobil saat akan berangkat kerja, yang menyebabkan Anda telat datang ke kantor? Atau selalu terburu-buru mengawali hari karena bangun terlalu siang akibat sulit tidur di malam hari? Itu berarti Anda sedang mengalami morning stress, atau stres di pagi hari.Retailer peralatan rumah tangga IKEA telah mengadakan survei di Inggris yang menunjukkan kalau 2/3 orang merasa stres saat tidur dan bangun di keesokan paginya. Stres di malam hari, sebagian besar disebabkan oleh sulitnya tidur terlelap dan khawatir bagaimana menjalani aktivitas di hari esok.Stres, dalam tahap seringan apa pun memang bisa mengganggu aktivitas harian. Kinerja di kantor pun bisa menurun begitu juga produktivitas kerja. Jika Anda sering mengalami hal yang sama seperti tersebut di atas, besar kemungkinan Anda juga menderita stres meskipun masih dalam tahap ringan. Namun jangan khawatir, Anda bisa menangkal datangnya stres di pagi hari dengan cara-cara berikut:1. Atur Suhu Ruangan Sebelum TidurSeperti dikutip dari Female First, temperatur ruangan yang paling tepat untuk membuat tidur jadi lebih nyenyak di malam hari adalah antara 18 sampai 22 derajat Celcius. Lebih rendah atau ti [...]

Ketahui Tanda Awal Penyakit Jantung

Ketahui Tanda Awal Penyakit Jantung

Pada Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada 29 September lalu, pakar kesehatan menekankan bahwa 80% angka kematian dini karena penyakit jantung dan pembuluh darah dapat dihindari apabila empat faktor risiko utamanya dapat dikendalikan, antara lain merokok, diet yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol (Depkes, 2014). Selain melakukan pengendalian faktor risiko, masyarakat perlu memahami tanda dan gejala awal penyakit jantung agar dapat dilakukan deteksi dan penanganan sejak dini. Tidak seperti gambaran sakit jantung yang banyak diketahui saat ini, penyakit jantung memiliki onset gejala yang lambat, dan sering kali tidak disadari oleh penderitanya. Dan ketika gejala timbul, umumnya kerusakan yang terjadi sudah cukup berat. Berbagai jenis penyakit jantung dapat memberikan gambaran gejala yang serupa. Seperti pada serangan jantung, penyakit jantung koroner, maupun gagal jantung. Walaupun begitu, penanganan masing-masing penyakit berbeda-beda. Orang yang pernah mengalami serangan jantung sebelumnya juga mungkin akan mengalami gejala yang berbeda pada serangan kedua. Tanda awal serangan jantung dapat bermanifestasi sebagai satu gejala atau kombinasi diantaranya. U [...]

Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin

Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin

Gelisah, itulah yang dirasakan oleh sebagian orangtua saat mengantar anaknya untuk melakukan vaksinasi. Anda ingin tubuh anak Anda dilindungi dengan melakukan vaksinasi, tetapi Anda juga berharap bahwa prosedur vaksinasi tersebut terbebas dari rasa sakit, jadi anak Anda tidak perlu rewel untuk diajak melakukan vaksinasi lagi. Jangan khawatir, Anda mempunyai peran aktif yang dapat mengubah sikap anak Anda. Apa yang Anda katakan dan lakukan sebelum, selama dan setelah vaksinasi dapat membantu menenangkan anak dan mengurangi rasa takut terhadap vaksinasi. Berikut adalah beberapa tips agar Anda tidak kesulitan untuk mengajak anak Anda melakukan vaksinasi: Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin Gelisah, itulah yang dirasakan oleh sebagian orangtua saat mengantar anaknya untuk melakukan vaksinasi. Anda ingin tubuh anak Anda dilindungi dengan melakukan vaksinasi, tetapi Anda juga berharap bahwa prosedur vaksinasi tersebut terbebas dari rasa sakit, jadi anak Anda tidak perlu rewel untuk diajak melakukan vaksinasi lagi. Jangan khawatir, Anda mempunyai peran aktif yang dapat mengubah sikap anak Anda. Apa yang Anda katakan dan lakukan sebelum, selama dan setelah vaksinasi [...]

Ini Pentingnya Rajin Minum Air Perasan Lemon Tiap Pagi

Ini Pentingnya Rajin Minum Air Perasan Lemon Tiap Pagi

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk meminum air hangat dengan perasan jeruk lemon sesaat setelah bangun tidur. Meskipun rasanya asam, buah lemon merupakan makanan yang sifatnya basa, yang dapat menjaga keseimbangan pH tubuh agar terjaga kesehatannya serta terhindar dari berbagai penyakit. Ini beberapa alasan lainnya kenapa Anda disarankan untuk meminum air lemon hangat di pagi hari.1. Tonik untuk LiverPraktisi food combining, Erikar Lebang mengatakan, air dengan perasan lemon di pagi hari sangat baik untuk menjaga kesehatan liver. Setelah semalaman bekerja untuk menyaring racun-racun di dalam tubuh yang berasal dari makanan tidak sehat, liver membutuhkan tonik untuk mempertahankan fungsi kerjanya. Pagi hari merupakan waktu paling tepat untuk memberi 'hadiah' pada liver, tapi pastikan Anda tidak mengonsumsi apapun 20 menit sebelum atau setelah meminumnya.2. Mengganti Cairan ElektrolitSaat malam hari, tubuh kekurangan cairan selama lebih kurang 6-7 jam. Itulah sebabnya kita kerap merasa lemas saat bangun di pagi harinya. Meminum air putih saja tidak cukup, Anda perlu menggantinya dengan cairan elektrolit. Ketimbang minum minuman kemasan yang mengandung elektrolit, akan l [...]

Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Sakit Kepala Sebelah

Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Sakit Kepala Sebelah

Sakit kepala sebelah atau migrain biasanya disebabkan oleh stres, kurang tidur, sinusitis atau adanya penyakit serius di kepala jika sakitnya terasa hebat dan menusuk. Namun ada hal yang kelihatannya sepele dan kurang diperhatikan, yang juga jadi penyebab migrain. Pakar diet Dr Sunita Dube mengatakan, kebiasaan makan yang tidak sehat juga bisa mengakibatkan sakit kepala sebelah. "Selain stres, makanan dan minuman juga jadi 30 persen penyebab migrain," ujarnya, seperti dikutip dari Times Of India.Lalu makanan seperti apa yang bisa memicu terjadinya migrain? Untuk mencegah migrain, sebaiknya hindari makanan yang tinggi kandungan tyramine. Tyramine merupakan jenis asam amino yang bisa memicu sakit kepala karena mengurangi tingkat serotonin di dalam tubuh dan bisa mempersempit pembuluh darah. Ini beberapa makanan mengandung tyramine, yang perlu dikurangi atau dihindari konsumsinya.1. Minuman BeralkoholMinuman beralkohol seperti red wine, white wine dan bir mengandung cukup banyak tyramine dan phenol yang bisa memicu migrain. Pada sebagian orang, minum alkohol bisa menyebabkan sakit kepala sebelah yang cukup menusuk. Whiskey dan vodka pun bisa mengurangi kadar serotonin, yaitu hormon [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *