Vasektomi pada Pria Bisa Ganggu Performa Seks?

vasektomi-pada-pria-bisa-ganggu-performa-seks-alodokter.jpg

Sebagai salah satu cara kontrasepsi, vasektomi pada pria masih tergolong jarang. Vasektomi kerap disebut memiliki efek samping terhadap kemampuan seks. Mari kita telaah anggapan tersebut.

Vasektomi adalah metode kontrasepsi yang dilakukan dengan memotong saluran sperma (vas deferens) yang membawa sperma dari testis ke penis. Dengan metode yang menyerupai sterilisasi ini, sperma tidak lagi keluar bersama air mani saat pria ejakulasi.

Di kalangan awam, metode vasektomi memang banyak yang mempertanyakan. Salah satunya mitos bahwa vasektomi dapat memengaruhi gairah seksual pria.

Padahal, tidak demikian. Setelah vasektomi, seorang pria tetap akan merasakan sensasi orgasme, ereksi bahkan ejakulasi. Memang, sesaat setelah vasektomi dilakukan, ada kasus yang mengalami rasa nyeri di bagian testis, tetapi hal itu hanya sementara.

Beberapa hari setelah prosedur vasektomi, seorang pria dapat segera melakukan hubungan seksual. Vasektomi juga tidak akan memengaruhi produksi hormon testosteron pada pria.

Demikian juga air mani yang keluar saat ejakulasi setelah vasektomi, tidak akan banyak berbeda, karena sperma hanya merupakan bagian kecil dari air mani secara keseluruhan.

Sebagai metode kontrasepsi permanen, vasektomi memiliki keunggulan sebagai prosedur yang aman dan minim komplikasi serta murah karena hanya dilakukan satu kali seumur hidup. Hanya saja vasektomi tidak melindungi pria dari infeksi menular seksual, sehingga diperlukan alat kontrasepsi lain seperti kondom, untuk hal tersebut.

Efektivitas Vasektomi

Efektivitas vasektomi sebagai alat kontrasepsi tergolong tinggi yaitu mencapai 99 persen. Hanya 0,1-0,4 persen wanita yang mengalami kehamilan selama satu tahun pertama, setelah pasangannya melakukan prosedur vasektomi.

Yang harus diingat, vasektomi tidak efektif dengan segera. Air mani pria sesaat setelah vasektomi masih mengandung sperma. Jika ingin menghindari kehamilan, gunakan alat kontrasepsi lain.

Untuk benar-benar mengosongkan sperma pada air mani, diperlukan sekitar 15-20 kali ejakulasi atau sekitar 3 bulan. Sebagian pria harus menunggu lebih lama lagi. Untuk memastikan sudah tidak ada lagi sperma yang tersisa, harus dipastikan melalui tes.

Risiko Komplikasi

Meski tergolong rendah, ada beberapa risiko komplikasi dari vasektomi yaitu :

  • Hematoma yaitu pendarahan di bawah kulit yang dapat menyebabkan pembengkakan yang terasa sakit.
  • Infeksi yang dapat diiringi dengan demam atau kemerahan pada kantong pelir (skrotum).
  • Rasa nyeri pada testis yang tidak segera menghilang yaitu postvasectomy pain syndrome.
  • Benjolan pada skrotum atau disebut juga granuloma yaitu sperma yang keluar dari saluran sperma ke dalam jaringan.
  • Peradangan pada saluran sperma atau epididimitis kongestif.
  • Kegagalan vasektomi. Memang tergolong kecil yaitu sekitar 11 dari 1.000 vasektomi pada dua tahun pertama

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Vasektomi

Sebelum melakukan prosedur vasektomi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan :

  • Tidak berniat memiliki anak atau menambah jumlah anak lagi. Jika ada keraguan, sebaiknya hindari vasektomi.
  • Didiskusikan dengan pasangan mengenai vasektomi. Sebaiknya Anda berdua menyetujui hal ini.
  • Jangan ambil keputusan vasektomi sesaat setelah mengalami krisis atau perubahan besar, misalnya baru saja memiliki bayi ataupun baru saja terpaksa menggugurkan janin pada pasangan Anda.
  • Umumnya dokter akan meminta seorang pria berusia di bawah 30 tahun dan belum pernah memiliki anak, untuk mempertimbangkan kembali prosedur vasektomi.

Tindakan vasektomi sebagai metode kontrasepsi permanen harus dipikirkan dengan matang dan sebaiknya disetujui oleh pasangan. Konsultasikan dengan dokter atau spesialis untuk tindakan lebih lanjut.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Air Kelapa, Minuman Isotonik Alami

Air Kelapa, Minuman Isotonik Alami

Setelah berolahraga, banyak sekali cairan yang hilang dari tubuh Anda akibat banyak keringat yang keluar. Bila cairan ini tidak segera diganti, tubuh Anda bisa mengalami dehidrasi atau lemas. Mungkin beberapa dari Anda akan memilih produk-produk minuman isotonik di pasaran untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ini. Tapi, akan lebih aman bagi tubuh bila Anda mengonsumsi minuman sejenis yang alami. Dikutip dari studi yang diterbitkan Medicine & Science in Sports & Exercise, air kelapa ternyata dapat menggantikan cairan tubuh dan juga elektrolit yang hilang setelah berolahraga. Ini tidak mengherankan, karena air kelapa mengandung komposisi elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, air kelapa adalah minuman isotonik alami yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga atau beraktivitas karena bisa merehidrasi tubuh, cepat mengganti cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Keutamaan nutrisi air kelapa adalah karbohidrat sederhana, natrium yang rendah dan tinggi akan kalium. Nah, jika Anda telah berolahraga berat lebih dari 3 jam, berada dalam lingkungan yang lembab dan kehilangan cairan tubuh yang banyak, Anda membutuhkan karbohidrat yang mudah dicerna untuk asupan energi dan [...]

6 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

6 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

Ketika Anda sedang haus, segelas penuh minuman dingin sangat menggoda. Ternyata, tidak hanya minuman yang bisa jadi alternatif untuk merehidrasi tubuh saat kekurangan cairan, tapi juga makanan.?Buah dan sayuran mengandung 90 persen air. Meskipun tidak cukup besar kadar airnya untuk tubuh kita, tapi menjadi sumber yang baik saat sedang butuh cairan,? ungkap Roberta Anding, seorang juru bicara Akademi Gizi dan Diet, serta direktur nutrisi olahraga di Texas Children's Hospital.Seperti yang dilansir dari The Huffington Post, berikut ini enam makanan dengan kadar air tinggi yang baik untuk membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh.1.SemangkaSemangka mempunyai tingkat hidrasi yang tinggi, sekitar 92 persen air. Selain itu, semangka juga mengandung nutrisi beta karoten (nutrisi yang akan menjadi vitamin A), likopen, dan vitamin C. Buah merah dan segar ini kaya elektrolit natrium dan kalium sehingga dapat dijadikan pengganti cairan tubuh setelah olahraga.2.KetimunSebagian besar kandungan dari ketimun adalah air. Ketimun juga mengandung vitamin C dan dapat membuat kulit lebih cerah. Kandungan serat makanan di dalamnya dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga melancarkan prose [...]

Apa yang Buat Payudara Nyeri Saat Jelang Menstruasi?

Apa yang Buat Payudara Nyeri Saat Jelang Menstruasi?

Menjelang haid, tubuh wanita mengalami banyak perubahan yang dinamai PMS (premenstrual syndrome). Selain mood yang naik turun, gejala PMS seringkali ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada payudara. Mengapa bisa terjadi?Menurut dr. Dhely Lesthama SpOG, dokter spesiali obstetri-ginekologi, Payudara nyeri atau terasa membesar sebelum dan saat menstruasi adalah normal dan tidak berbahaya jika nyerinya tidak terjadi terus menerus. Nyeri tersebut terjadi karena adanya perubahan hormon estrogen.Hal yang tak jauh berbeda diungkap oleh dr Denni Joko Purwanto SpBK Onk, spesialis bedah onkolog. Menurut dr Denni, saat menjelang mensturasi payudara wanita secara fisiologis dipengaruhi oleh hormon. Akibatnya, payudara menjadi sembab dan kencang sehingga timbul rasa nyeri.Menurut pakar kesehatan, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri saat haid. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, menjauhi makanan yang mengandung banyak garam, berolahraga sampai melakukan akupuntur.Namun untuk urusan nyeri payudara karena haid, pijat adalah salah satu cara yang paling tepat. Caranya? Oleskan minyak pijat seperti, minyak aromaterapi, minyak telon atau minyak zaitun, di sekitar payudara [...]

Telat Haid? 4 Faktor ini Penyebabnya

Telat Haid? 4 Faktor ini Penyebabnya

Oleh: dr. Adithia Kwee Untuk sebagian wanita yang telah mendapat haid, mungkin pernah mengalami terlambatnya datang haid selama beberapa siklus haid, bahkan ada yang mengalami lebih dari enam bulan tidak mendapat haid sama sekali padahal sebelumnya mengalami haid yang teratur. Faktor HormonalJika mengalami hal tersebut Anda tidak perlu panik. Banyak hal yang dapat menyebabkan tidak keluarnya darah haid pada waktunya. Salah satu contohnya adalah ketidakstabilan hormon. Pada remaja-remaja yang baru mendapat haid, kelenjar di otak yang mengatur keluarnya hormon yang mempengaruhi haid belum stabil, sehingga keluarnya darah haid belum teratur. Faktor KegemukanSelain itu dapat pula disebabkan oleh kegemukan. Pada wanita gemuk, jumlah lemak dalam tubuhnya akan lebih besar daripada wanita tidak gemuk, dan lemak inilah yang akan digunakan untuk membentuk horrmon reproduksi tersebut. Sehingga secara tidak langsung kegemukan akan berpengaruh terhadap pola siklus haid. Faktor StresStres yang dialami seorang wanita juga dapat menyebabkan tidak keluarnya darah haid. Pada saat seseorang stres, otaknya akan mengirim impuls kimia yang akan menghambat hormon reproduksi tersebut [...]

6 Suplemen yang Dibutuhkan Oleh Setiap Wanita

6 Suplemen yang Dibutuhkan Oleh Setiap Wanita

Mengatur pola makan dan berolahraga belum tentu cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. Wanita pada khususnya membutuhkan suplemen untuk merawat tubuh mereka agar tetap sehat. Ini lima kandungan yang dibutuhkan tubuh, seperti dirangkum dari iDiva. 1. KalsiumSalah satu hal terpenting yang dibutuhkan wanita adalah kalsium. Kalsium penting untuk tulang yang kuat dan menghindari dari osteoporosis. Semakin tua, tulang akan semakin rapuh dan membutuhkan kalsium untuk mempertahankannya. Kalsium yang terkandung dalam produk susu (susu, keju, yogurt) tidak cukup. Wanita di bawah umur 50 memerlukan konsumsi suplemen kalsium sebanyak 500 mg dan di atas 50 tahun membutuhkan 800 sampai 1000 mg kalsium. 2. Minyak Ikan Omega 3Minyak ikan mengandung lemak yang tidak bisa diporoduksi oleh tubuh. Ini untuk menurunkan risiko kardiovaskular. Itu merupakan sistem peredaran darah. Fungsi dari mengonsumsi suplemen minyak ikan adalah mencegah serangan jantung, mengurangi risiko kanker payudara dan masih banyak hal lagi. Konsumsilah 1 gram minyak ikan setiap harinya. 3. Zat Besi Kekurangan zat besi dapat berisiko anemia, mudah lelah dan menurunnya level imun. Jika Anda periksa darah dan dokter mengatakan, [...]

Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan & Hidung Tersumbat Pada Anak

Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan & Hidung Tersumbat Pada Anak

KlikDokter.com ? Pada anak-anak, tenggorokan dan hidung tersumbat biasanya disebabkan oleh alergi. Ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk membantu meringankan ketidaknyamanan pada anak Anda. Berikut penjelasannya: 1. Air putih dan cairan lain Salah satu solusi sederhana untuk mengatasi tenggorokan mampat adalah mengonsumsi air secara cukup, terutama air hangat. Air hangat dapat membantu melonggarkan lendir di saluran napas anak. Bila anak bosan dengan air putih, cobalah jus hangat, kaldu, atau teh tanpa kafein, seperti chamomile atau peppermint. Sup ayam juga dapat meringankan ketidaknyaman, karena bersifat anti-inflamasi dan dapat mengencerkan lendir keluar. Cara Atasi Tenggorokan & Hidung Anak Tersumbat 2. Air garam dan semprotan saline Air garam dan semprotan saline dapat membantu mengeluarkan lendir dan meringankan beberapa rasa sakit yang terkait dengan tenggorokan mampat Anda dapat membeli semprotan saline di apotek terdekat. Namun Anda juga dapat membuat larutan garam sendiri dengan mencampur setengah sendok teh garam dengan air. Catatan: air garam tidak untuk diminum tapi hanya dipakai untuk berkumur. 3. Uap Cara lain untuk membantu mengurang [...]

Makanan Sehat untuk Berpuasa

Makanan Sehat untuk Berpuasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Bila tidak berhati-hati memilih makanan untuk dikonsumsi pada saat bulan puasa, bukannya menurunkan berat badan malahan Anda akan mengalami kenaikan berat badan. Untuk itu, Anda dan keluarga perlu lebih teliti memilah-milah makanan untuk disajikan saat sahurdan berbuka. Makanan-makanan sehat yang dikonsumsi pada saat bulan puasa harusnya tidak berbeda jauh dengan makanan-makanan yang dikonsumsi pada hari-hari biasa. Makanan-makanan tersebut harus mengandung karbohidrat, protein dan lemak serta vitamin, mineral dan serat yang berimbang. Beberapa jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi saat Bulan Puasa yang dapat melepaskan energi dalam jangka waktu cukup lama adalah: Makanan dengan karbohidratkompleks: Gandum, kacang-kacangan, umbi-umbian, nasi. Makanan tinggi serat: Gandum, kentang dengan kulit, sayuran seperti kacang hijau, dan semua jenis buah-buahan. Beberapa jenismakanan yang perlu dihindari pada saat Bulan Puasa: Makanan yang diproses dengan pembakaran cepat dan mengandung karbohidrat sederhana; seperti makanan dengan gula tinggi dan dibuat dari tepung beras. Makanan dengan lemak tinggi; seperti kue-kue, biskuit, coklat dan makanan mani [...]

Obati Rambut Rontok dengan Konsumsi 4 Nutrisi Ini

Obati Rambut Rontok dengan Konsumsi 4 Nutrisi Ini

Rambut rontok dapat disebabkan oleh banyak faktor termasuk efek samping dari obat tertentu, ketidakseimbangan hormon, stres atau bahkan kekurangan gizi. Beberapa nutrisi dapat mengatasi masalah tersebut. Apa saja?Makanan kaya vitamin B, vitamin A dan E, zinc, besi, asam lemak omega-3 dan protein bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan rambut rontok atau pertumbuhan rambut rapuh dan tidak sehat. Dilansir detikhealth, berikut beberapa nutrisi terbaik untuk mengatasi rambut rontok:1. Telur dan ayamAsam amino adalah protein yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Makanan yang memberikan protein seperti daging, ikan, unggas, produk susu, makanan kedelai dan telur. Unggas dan telur merupakan pilihan yang sangat baik untuk mengatasi rambut rontok.Telur kaya akan biotin dan vitamin B12, yang diperlukan untuk kesehatan rambut, kuku dan kulit. Ayam dan telur merupakan produk makanan yang memiliki protein berkualitas tinggi.2. Ikan dan lemak omega-3Mengkonsumsi makanan yang kaya asam lemak esensial atau yang dikenal sebagai omega-3 lemak tak jenuh, dapat menjaga rambut dan kulit selalu sehat. Makanan yang kaya asam lemak omega-3 adalah ikan, s [...]

Seram, Tren Tato Terbaru yang Buat Orang Rela Disayat Hingga Berdarah

Seram, Tren Tato Terbaru yang Buat Orang Rela Disayat Hingga Berdarah

Tato menggunakan tinta sepertinya sudah dianggap biasa bagi sebagian orang. Pecinta seni melukis tubuh memiliki cara baru untuk mengekspresikan diri mereka. Yakni dengan menyanyat kulit demi menampilkan gambar pada bagian tubuh yang dikehendaki. Tato jenis baru yang dinyatakan ilegal di sejumlah negara ini pun menjadi tren di kalangan pecinta modifikasi tubuh.Prosedur tersebut dijadikan bentuk pengorbanan bagi para pecinta modifikasi tubuh yang hobi menerapkan tindikan serta tato secara ekstrem. Praktek ini terinspirasi dari ritual pengorbanan diri yang sering dilakukan suku-suku di Afrika, Papua Nugini, atau Selandia Baru. Biasanya para anggota merelakan diri untuk terluka sebagai bentuk pengabdian baik untuk sesama ataupun Tuhan yang disembah. Gambar yang tampil pada kulit dilukis dengan cara seperti dipahat. Menurut blog Tattoodo, praktik ini melibatkan pisau yang sudah disterilkan. Prosedur selebihnya kurang lebih sama dengan tato biasa yang menggunakan jarum. Pertama bagian tubuh yang ingin dilukis dibersihkan kemudian digambarkan desain tatonya. Setelah itu motif tersebut dibentuk dengan cara menyayat kulit bagian paling luar.Sebagian dari Anda mungkin menganggap jika tato [...]

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

Mencuci tangan setelah dari toilet sangat penting dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri atau kuman penyebab penyakit. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kebiasaan sehat ini.Menurut hasil studi terbaru, hanya 5 persen orang yang mencuci tangan dengan benar dan cukup lama untuk membunuh kuman penyebab infeksi, setelah menggunakan toilet atau kamar mandi. Artinya, ada 95 orang yang tidak mencuci tangannya dengan tepat. Sementara 33 persen cuci tangan, tapi tidak menggunakan sabun dan 10 persen responden bahkan tidak membersihkannya sama sekali.Studi yang dilakukan dengan mengobservasi perilaku 3.749 orang di toilet umum ini juga menemukan, wanita lebih peduli terhadap kebersihan tangan mereka ketimbang pria. Ada 15 persen pria yang tidak mencuci tangannya setelah dari kamar mandi. Sedangkan wanita hanya 7 persen.Carl Borchgrevink, associate professor of hospitality business dari Michigan State University yang memimpin penelitian mengatakan kalau penemuan ini cukup mengejutkan. Sebab dalam penelitian sebelumnya menunjukkan kalau kesadaran orang untuk menjaga kebersihan tangannya meningkat.Para peneliti yang mengadakan observasi di toilet yang terdapat di bar, restoran at [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *