Wanita Hamil Kok Jadi Banyak Jerawatnya?

hamil-sakit-140128c.jpg

Wanita hamil akan tersenyum ketika melihat perutnya di depan kaca. Tapi, wajah tersebut akan berubah terkejut saat menemukan banyak benjolan merah kecil di wajah atau tubuhnya.

Ya, itulah jerawat yang sering membuat remaja merasa tak percaya diri. Memang, saat hamil waktunya wanita bersuka cita, tapi jerawat tak bisa dihindari. Wanita hamil yang mengalami kondisi tersebut diperkirakan sekitar 50 persen pada trimester pertama.

Demikian disampaikan Dokter Kandungan di Kokilaben Dhirubhai Ambani Hospital, Mumbai, Dr Shantala Vadeyar, dalam situs Health.India, Kamis (13/2/2014).

Saat kehamilan, jerawat bisa ringan, sedang, dan berat. Lantas apa yang menyebabkan jerawat pada ibu hamil?

Ketika hamil, jerawat merupakan hasil dari meningkatnya hormon di sistem tubuh Anda, yang pada gilirannya meningkatkan produksi minyak alami di kulit.

Hormon yang meningkat memicu kelenjar sebaceous yang memproduksi lebih banyak minyak atau sebum (kelenjar minyak) di kulit Anda. Sebum ini dikombinasikan dengan sel-sel mati, kotoran, dan debu yang menutup pori-pori di kulit Anda sehingga menciptakan lingkungan untuk berkembang biaknya bakteri.

Inilah yang menyebabkan peradangan dan kulit berjerawat.

Apa yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil?

Wanita hamil tak bisa membantu dirinya sendiri karena Anda tak bisa melawan hormon. Kecuali Anda memilih intervensi eksternal yang tak dianjurkan selama kehamilan.

Agar jerawat tak memenuhi wajah wanita hamil, yang bisa dilakukan adalah:

1. Menjaga kebersihan wajah

Trik ini tak hanya bisa membantu memerangi jerawat tapi juga berbagai masalah kulit lainnya.

“Bersihkan dengan mencuci wajah Anda dengan lembut diikuti pelembab yang tepat. Hindari menggosok berlebihan,” kata Vadeyar.

Scrubbing tak hanya menyingkirkan jerawat tapi juga menghilangkan minyak alami yang menyebabkan kulit kering.

2. Periksa diet Anda

Sertakan buah-buahan segar, sayuran, dan jangan lupa minum delapan gelas air sehari. Namun, jangan membatasi jumlah minuman yang Anda konsumsi. Hindari cokelat, goreng-gorengan, makanan berminyak, serta konsumsi berlebihan dari kopi dan teh.

“Jika Anda memiliki kulit berjerawat, ada banyak alasan mengapa Anda harus mempertahankan diet seimbang,” kata Dr Vadeyar.

3. Jaga kebersihan

Masalah kulit selama kehamilan tak hanya sebatas di wajah, tapi juga muncul di daerah lain. “Hindari keringat berlebihan, menjaga daerah organ intim Anda bersih dan kering dan gunakan bedak Antijamur jika Anda mengalami infeksi jamur di kemaluan Anda.”

4. Konsultasi ke dokter

Jika jerawat benar-benar mengganggu Anda, periksakan ke dokter kulit.

5. Alihkan perhatian

Cobalah mengalihkan pikiran Anda dari jerawat dan menggunakan energi Anda untuk pekerjaan yang produktif seperti mengikuti kelas antenatal, persalinan, atau membaca tentang parenting.

“Selain trimester pertama, jerawat tak akan mengkhawatirkan lagi dalam tahap akhir kehamilan,” kata Dr vadeyar.

(Mel)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Dia Istimewanya Buah Kiwi

Ini Dia Istimewanya Buah Kiwi

Kiwi merupakan buah dengan kandungan gizi cukup padat dan sangat dianjurkan untuk rutin dikonsumsi agar daya tahan tubuh senantiasa kuat, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini.Agar mendapat manfaat dari buah kiwi, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS, Sp.GK menganjurkan untuk mengonsumsi tergantung dari pola makan kita sehari-hari. Bisa satu atau dua buah setiap hari."Memang, buah tidak hanya kiwi, masih banyak buah yang lain juga. Tapi, kiwi termasuk buah dengan kepadatan gizi yang sangat tinggi," kata Fiastuti di Restoran White Box, Menteng, Jakarta, Selasa (2/12/2014)Lebih lanjut Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan, selain kepadatan gizi yang tinggi, buah kiwi juga mengandung serat dan vitamin yang tinggi juga. Sehingga, mengonsumsi satu atau dua buah kiwi per hari begitu sangat membantu.Karena kiwi memiliki serat yang cukup tinggi, maka sangat membantu mereka yang kesulitan buang air besar setiap pagi."Pengalaman pribadi saya, kalau saya makan kiwi BAB saya jadi lancar. Sekali saja nggak makan, tidak akan selancar kalau saya makan buah kiwi. Ini pengalaman saya, makan satu atau dua buah di malam hari, maka pagi hari akan [...]

Resep Menu dari Bahan Selada Air

Resep Menu dari Bahan Selada Air

Karena sayuran ini berwarna hijau, dapat diragamkan dengan sayuran hijau lainnya seperti bayam dan kangkung, yang sudah banyak digemari. Jika tidak suka menyantapnya secara segar, dapat di-blanching lebih dulu, agar bau langu hilang.Banyak resep yang dapat dibuat dengan menggunakan selada air, sesuai dengan kebiasaan tiap-tiap daerah di Indonesia. Berikut resep dari ahli gizi kuliner, Toeti Sunardi Selada Air Dressing KacangUntuk 5 porsi (1 porsi = 204 kalori)Bahan:250 gram selada air, dipotong daunnya100 gram ketimun, diiris halus panjang1 butir telur rebus, diirisBahan Dressing Kacang:5 sendok makan mayones siap pakai2 sendok makan saus tomat2 sendok makan air masak100 gram pindakas (selai kacang)1 butir kuning telur rebus1/2 sendok teh garam1 sendok makan air jeruk lemon1 sendok makan gula pasirCara membuat:1. Buat dressing kacang. Campur mayones dengan saus tomat, sisihkan. Campur air dengan pindakas dan kuning telur rebus, aduk rata. Campur adonan mayones dengan adonan pindakas, aduk, beri garam, air jeruk lemon, dan gula. Aduk rata, sisihkan.2. Selada air di-blanching (direbus dengan air mendidih selama 3 menit), angkat, rendam dalam air es, tiriskan.3. Atur dalam [...]

Mau Aman? Buat Pizza Sendiri Saja

Mau Aman? Buat Pizza Sendiri Saja

Pizza sebenarnya adalah makanan yang dapat memenuhi gizi dan kalori seorang anak. Namun, bila orangtua beranggapan pizza yang dibeli di gerai-gerai pizza adalah makanan cepat saji dan tidak sehat, orangtua dapat membuat pizza sendiri di rumah.Jika meracik sendiri seporsi pizza di rumah, orangtua dapat mengontrol bahan-bahan penyedap yang selama ini ditakutkan. Jangan lupa juga bahwa saus yang dibeli di pasar swalayan atau warung terkandung bahan penyedap. Maka itu, hindari penggunaan saus-saus itu dan raciklah sendiri."Pada dasarnya pizza itu sehat, kok. Kalau buat di rumah, orangtua dapat mengontrol sendiri bahan-bahan apa saja yang akan digunakan. Termasuk membuat sendiri saus tomatnya," kata Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rahmi Dwi Hapsari, S. Si. T, S.Gz dalam perayaan Hari Anak Sedunia dengan tema `Pizza Maker Juniors` di Pizza Hut Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, ditulis Jumat (21/11/2014)Rahmi juga menyarankan, agar pizza yang dibuat benar-benar fresh dan sehat, orangtua dapat menggunakan daging sapi yang belum sempat dibekukan. "Begitu dibeli, bersihkan, lalu giling saja jadi daging giling. Itu kan bakal jadi daging yang fresh," kata dia menerangkan.Sedangkan unt [...]

Mau Langsing? Jangan Dengar Musik Jazz!

Mau Langsing? Jangan Dengar Musik Jazz!

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Arkansas cukup menarik. Bagaimana tidak, peneliti menulis mendengarkan musik Jazz bisa membuat rasa makanan Anda lebih enak. Hal ini lantas dikaitkan dengan gagalnya diet bila Anda makan sambil ditemani musik jazz. Mengutip laman Dailymail, Jumat (18/4/2014) peneliti menilai selera makan beberapa orang saat mendengarkan empat jenis musik, klasik, jazz, hip hop dan rock. Hasilnya, peneliti menemukan pengaruh suara musik jazz dapat memengaruhi selera makan lebih baik. Menurut peneliti, beberapa orang mengaku makanannya jadi lebih enak padahal yang disuguhkan pada seluruh peserta sama. Sebelumnya, beberapa penelitian mengungkapkan musik klasik lah yang memiliki peranan besar dapat meningkatkan nafsu makan. Namun dengan adanya penelitian ini, peneliti menyebutkan spesifik jenis musik yang paling berpengaruh yaitu musik Jazz. [...]

Cara ‘Curang’ Turunkan Berat Badan

Cara ‘Curang’ Turunkan Berat Badan

Dari sekian banyak trik menurunkan berat badan, ada lho cara menarik yang sering dilakukan wanita tanpa ia sadari. Seperti misalnya makan kue di pagi hari bisa membuat bobot tubuh turun. Kok bisa? Lebih jelasnya, berikut trik langsing yang melansir dari Fitsugar, Senin (10/3/2014): 1. Menimbang berat badan Jika Anda merasa berat badan Anda naik dan diet yang Anda lakukan tidak berhasil, cobalah untuk mencari segala sesuatu yang berkalori rendah. Setelah itu, timbang berat badan Anda. 2. Konsumsi dessert setelah sarapan Sebuah studi menunjukkan, orang gemuk yang kehilangan berat badan menemukan bahwa ia mengonsumsi makanan di pagi hari dalam jumlah yang lebih besar termasuk mengonsumsi makanan manis. Hal ini dilakukan untuk menekan keinginan makan banyak pada siang hari atau malam hari. 3. Memotong kecil makanan Sebuah studi menemukan bahwa memotong makanan menjadi bagian kecil, akan membantu mengelabui otak untuk makan lebih sedikit. 4. Latihan pagi Studi menemukan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari cenderung memiliki kebiasaan makan dan diet yang lebih baik. Selain itu, olahraga di pagi hari juga membantu melancarkan kinerja tubuh dan proses mencerna makanan sehing [...]

Manfaatnya Makan Perlahan dan Menikmati Proses Mengunyah

Manfaatnya Makan Perlahan dan Menikmati Proses Mengunyah

Makan secara perlahan dipercaya dapat menurunkan berat badan. Sebab, dengan cara itu, kita lebih fokus dan konsentrasi pada makanan yang disantapnya sekaligus bisa menikmati makanan.Banyak penelitian mengatakan bahwa trik ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan dapat membantu seseorang mengurangi 150 sampai 200 kalori per hari.Seperti dikutip Health Me Up, Sabtu (25/1/2014), semakin lama seseorang mengunyah makanan maka reaksi otak menangkap rasa kenyang dapat berlangsung makin cepat. Selain itu, makan secara perlahan juga dapat membantu Anda terbebas dari masalah pencernaan dan membuat perut tidak kembung.Proses lambat itu juga memungkinkan terbentuknya enzim yang berfungsi membuat makanan menjadi lebih lembut baik saat di mulut dengan enzim lipase atau pun enzim-enzim lain yang ada di kerongkongan, lambung dan usus. Aroma dan rasa lapar dengan kunyahan yang lambat membantu tubuh mengolah makan dengan baik dan membuat yang makan bisa mengontrol dirinya terhadap apa yang dimakan.Selama ini seseorang tidak terlalu memerhatikan kecepatan makannya. Bahkan cenderung makan cepat-cepat. Tapi, bila kebiasaan ini dubah, dapat membantu Anda yang berkeinginan menurunkan berat bad [...]

Cara Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Cara Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Tidak sedikit yang memilih untuk menghindari makanan tertentu dan ada juga yang berolahraga mati-matian. Namun terkadang usaha tersebut tidak mencapai target yang diinginkan. Ingin berat badan turun dalam satu minggu? Coba cara yang satu ini seperti dikutip Boldsky, Jumat (11/4/2014) :Hari PertamaAwali hari dengan buah-buahan yang mengandung banyak air. Jangan biarkan tubuh merasakan dehidrasi. Selain buah, konsumsi air secukupnya.Hari KeduaLakukan diet sayuran secara ketat, konsumsi sayuran (salad) berbagai jenis dan warna sayur. Hindari makanan yang mengandung minyak, konsumsi air secukupnya. Tambahkan kentang sebagai pengganti nasi, imbangi dengan minum air kurang lebih delapan gelas.Hari KetigaCampurkan menu sayuran dan buah konsumsi tiga kali dalam satu hari. Hari ketiga ini sebaiknya menghindari kentang atau pisang sama sekali. Sekali lagi cukupkan minum air kurang lebih delapan gelas.Hari KeempatDi hari ini, Anda hanya boleh mengonsumsi pisang dan susu. Kreatif Anda di hari ini diuji, konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung pisang dan susu namun hindari minyak.Hari KelimaHari ini Anda diperbolehkan mengonsumsi [...]

Ingin Diet Sukses? Tangkis Pikiran Negatif Dulu dengan Cara Ini!

Ingin Diet Sukses? Tangkis Pikiran Negatif Dulu dengan Cara Ini!

Kunci diet sukses apa sih? Rajin ikut fitnes dan menjaga pola makan telah dijalani, tapi mengapa masih sulit menurunkan berat badan? Pertanyaan ini juga mungkin sering Anda tanyakan pada diri Anda sendiri. Parahnya, semakin Anda mimikirkan berat badan yang tak kunjung turun, Anda akan semakin stres dan berat justru bertambah.Pemicu gagal diet seperti stres inilah yang dikatakan pakar Hypnoslimming, Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt perlu dihilangkan dengan teknik clearing. Menurutnya, teknik ini bertujuan untuk memotivasi diri untuk hidup lebih sehat dan diet agar lebih sukses.Caranya cukup mudah. Tony menyontohkan, bila Anda makan terus di kala stres, Anda hanya perlu menyugesti diri untuk tidak stres sehingga Anda tidak perlu makan berlebih. "Dengan memberi kata-kata positif sambil membuka jalur mental block, Anda akan mendapati diri lebih baik. Sambil berkata hal positif, ketukkan jari pada dahi, samping telinga, bawah mata dekat hidung, mulut, dada bagian atas dan pergelangan tangan. Setelah itu tarik napas dan rasakan perbedaannya," kata Tony saat ditemui di acara seminar Kamaratih-Totok Perut di D'cost, Kemang, Jakarta, seperti ditulis Senin (16/6/2014).Tony menambahkan, agar rilek [...]

Awas! Ini Ciri Orang Kelebihan Konsumsi Protein

Awas! Ini Ciri Orang Kelebihan Konsumsi Protein

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tak baik di tubuh. Begitu pula dalam mengonsumsi protein.Mengonsumsi protein tentu merupakan bagian penting dari diet seimbang. Tubuh kita tak akan mampu membangun dan memperbaiki sel-sel tanpa protein. Selain itu, sarapan tinggi protein bisa membantu kita tergiur untuk makan camilan yang tak sehat.Menurut Institutes of Medicine, orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 0,8 gram protein per kilogram dari berat badan per harinya. Pria berusia 20 tahun atau lebih rata-rata mendapatkan 98,9 gram protein seharinya dan wanita berusia 20 tahun dan lebih mendapatkan 68 gram. Dalam analisis baru, diet tinggi protein, terutama ikan bisa menurunkan risiko stroke.Marion Nestle, Ph.D., Paulette Goddard Professor of Nutrition, Food Studies, and Public Health at New York University mengatakan kepada Huffington Post bahwa dalam beberapa kasus, kebanyakan protein bisa menimbulkan masalah.Berikut tiga tanda diet Anda mungkin berlebihan protein, Senin (16/6/2014):1. Berat badan naikJika Anda berlebihan protein dalam diet Anda tanpa memotong kalori lain, Anda mungkin akan melihat berat badan Anda naik.Pada penelitian 2012, peneliti menemukan orang yang diet tin [...]

Tes DNA Prediksi Diet Paling Efektif untuk Anda

Tes DNA Prediksi Diet Paling Efektif untuk Anda

Tes DNA ternyata bisa memprediksi diet yang paling efektif untuk tubuh Anda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Amerika Serikat, tes DNA bisa menentukan apakah Anda lebih cocok melakukan diet rendah lemak atau diet karbohidrat.Hasil studi awal dari 101 perempuan menunjukkan mereka yang melakukan diet sesuai gen dapat menurunkan berat badan dua sampai tiga kali lipat lebih besar dibanding yang lain.Sebuah studi yang berkembang yaitu nutrigenomics mencoba melihat bagaimana makanan dapat berinteraksi dengan gen. Dan telah lama diketahui bahwa reaksi seseorang terhadap nutrisi tertentu tergantung dengan genetik. Para peneliti dari universitas Stanford menganalisis data dari 101 perempuan dengan cara mengambil sampel DNA mereka dari sel pipi. Para perempuan itu dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan genotipe yang digambarkan sebagai karbohidrat rendah responsif, responsif diet rendah lemak dan diet yang seimbang genotipe responsif.Hasilnya ditemukan bahwa orang-orang yang diet sesuai dengan genotipe mereka berhasil menurunkan berat badan 2-3 lebih besar setelah 12 bulan dibanding mereka yang melakukan diet "salah".Prof Christine Williams, dari University of Reading berpendapat ini [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *