Wanita Perlu Tahu! Tanda-tanda Keputihan yang Normal dan Abnormal

keputihan.jpg

Keputihan merupakan kondisi yang umum terjadi pada wanita. Keluarnya cairan pada vagina memiliki fungsi untuk ‘membersihkan’ sistem reproduksi wanita, khususnya tepat setelah menstruasi.

Itulah sebabnya kenapa keluarnya cairan Miss V cenderung lebih banyak di hari-hari pasca haid. Gunanya untuk menyingkirkan sel-sel lama dan cairan yang sudah tidak berfungsi pada uterus dan Miss V. Ini juga merupakan cara alami bagi tubuh untuk menjaga uterus, serviks dan vagina tetap bersih.

Namun seringkali keputihan menimbulkan kekhawatiran pada wanita, terutama bila keluar terlalu banyak. Seperti apa keputihan yang normal? Ginekolog dr Prachi Kakkar mengatakan, banyak/sedikitnya keputihan bisa berbeda-beda pada tiap wanita. Jadi apa yang normal pada wanita yang satu, bisa jadi abnormal bagi wanita lainnya.

“Selain itu jumlah dan intensitas keluarnya keputihan bisa dipengaruhi beberapa faktor seperti stres, infeksi, penyakit, penggunaan antibiotik, penuaan dan kehamilan,” ujar dr Prachi, seperti dikutip dari Times of India.

Sementara pada beberapa wanita bisa mengalami keputihan tiap hari, di luar masa menstruasi, pada wanita lainnya bisa terjadi di waktu-waktu tertentu saja. Dr Prachi menuturkan, selama cairan Miss V yang keluar transparan atau sedikit putih, tanpa bau dan tidak kental, keputihan masih terbilang normal.

Anda bisa waspada atau khawatir apabila keputihan tidak menunjukkan ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas. Tanda-tanda awal terjadinya masalah pada organ reproduksi wanita umumnya terdeteksi dari penampakan cairan Miss V yang keluar.

“Baik infeksi pada area tertentu vagina atau kondisi yang lebih berat seperti fibroid, keputihan akan memperlihatkan indikasi awal dari kondisi tersebut. Anda mungkin bisa mengalami keputihan banyak secara tiba-tiba. Tapi bisa juga justru tidak ada cairan Miss V yang keluar sama sekali. Jadikan keduanya sebagai alarm,” ujar ginekolog dr Kirti Soman.

Ia menjelaskan, Anda patut waspada jika saat keputihan, warnanya menjadi kekuningan atau kehijauan, atau putih pekat seperti susu. Jika cairan menimbulkan bau tidak sedap, misalnya amis yang menyengat, besar kemungkinan Anda mengalami infeksi pada vagina. Bisa karena infeksi jamur, vaginosis atau penyakit kelamin menular seperti gonorrhoea.

Kabar baiknya, infeksi tersebut bisa disembuhkan dengan obat minum. Jika anjuran dokter diikuti dengan disiplin, infeksi bisa teratasi dalam beberapa minggu. Satu hal yang perlu diingat, jangan mencoba menyembuhkan infeksi sendiri di rumah, apalagi menggunakan vaginal douche (alat semprot) atau cairan pembersih vagina yang bebas dijual di pasaran. Sebab ada kemungkinan Anda justru membunuh bakteri baik dan sel sehat di dalam Miss V. Selalu konsultasikan pada dokter spesialis sebelum bertindak.

Beberapa jenis infeksi bisa kambuh, jadi meskipun keputihan telah teratasi, jangan mengira Anda sudah tidak butuh perawatan lagi. Temuilah dokter Anda untuk menanyakan pola hidup, makan dan pengobatan yang paling tepat untuk Miss V sehat.

(hst/rma)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Diet untuk Penghilang Stres

Diet untuk Penghilang Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami stress dalam kehidupannya. Namun, bagaimana seseorang menanganinya tentu berbeda-beda. Terdapat berbagai strategi untuk mengurangi stress, salah satu diantaranya adalah dalam hal pemilihan makanan yang kita konsumsi. Makanan dapat mengurangi stress dengan beberapa cara. Comfort foods seperti semangkuk oatmeal hangat dapat meningkatkan produksi serotonin, yaitu suatu senyawa kimia otak untuk menenangkan. Tahukah Anda makanan apa saja yang dapat membantu mengurangi stres? Berikut penjelasannya: Makanan yang Membantu Meredakan Stres Karbohidrat Kompleks Seluruh jenis karbohidrat dapat membantu otak dalam produksi serotonin. Untuk asupan yang stabil, dianjurkan agar Anda mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti: sereal gandum, roti, pasta, dan oatmeal. Karbohidrat kompleks dicerna lebih lama dan membantu menstabilkan gula darah. Jeruk Jeruk kaya akan vitamin C. Pada suatu studi ditemukan bahwa vitamin C dapat mengurangi kadar hormon stress dan meningkatkan sistem imun. Bayam Magnesium yang dikandung dalam bayam dapat membantu mengurangi stress dan gejala-gejala yang menyertainya seperti: nyeri kepala dan mudah lelah [...]

Pentingnya Sendawa bagi Bayi

Pentingnya Sendawa bagi Bayi

Pada dasarnya sendawa adalah hal yang alami dan tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan sendawa menjadi pertanda kebaikan untuk bayi karena dia sedang mengeluarkan kelebihan gas dari dalam perutnya. Saat kita bernapas, udara yang kita hirup mengandung gas-gas, seperti nitrogen dan oksigen. Begitu juga saat makan atau minum, mulut Anda tidak hanya memasukkan makanan dan air, melainkan juga gas. Gas yang berlebih di dalam perut kemudian akan naik ke kerongkongan dan keluar dari mulut sebagai sendawa. Sendawa Penting bagi Bayi Sendawa mungkin adalah kondisi yang sederhana bagi orang dewasa, namun sendawa merupakan hal yang penting dilakukan pada bayi. Saat bayi minum, gelembung udara di dalam minumannya akan masuk dan mengumpul di dalam perut. Mengondisikan bayi bersendawa akan mencegah perut bayi terasa kembung. Selain itu, sendawa juga dapat meringankan bayi yang sedang mengalami kolik dan asam lambung berlebih. Sebagai perbandingan, bayi yang mengonsumsi susu dari botol perlu lebih sering bersendawa daripada yang menyusu langsung ke payudara. Hal ini dikarenakan lebih banyak gelembung udara yang terdapat dalam susu botol dibandingkan jika menyusu dari payudara. Berikut ini hal-hal [...]

7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

World Health Organization (WHO) memperkirakan terdapat 45 juta penderita kebutaan di dunia dan sepertiganya berada di Asia Tenggara. Selain itu, diperkirakan 12 orang menjadi buta setiap menit. Sedangkan di Indonesia, diperkirakan ada satu orang menjadi buta tiap menitnya. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran menjaga kondisi mata.Mata yang kurang sehat akan membuat Anda mengalami sakit ringan seperti gangguan konsentrasi, sakit kepala, atau masalah penglihatan. Jangan biarkan hal ini terus-menerus terjadi karena akan memperburuk keadaan mata. Untuk itu, simak tujuh langkah sederhana untuk menjaga kesehatan mata, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Diet yang SeimbangUntukdapatkan mata yang sehat, lakukanlah program penurunan berat badan dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan. Perbanyak memakan makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E karenadapat meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, ikan salmon juga memberikan efek yang baik untuk mata.2. Hindari Kebiasaan Hidup BurukHindari minuman beralkohol dan kebiasaan merokok. Para ahli mengatakan, merokok bisa menyebabkan katarak, degenerasi makula (hilangnya ketajaman penglihatan), dan keru [...]

Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah Belum Tentu Lebih Sehat

Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah Belum Tentu Lebih Sehat

Pada label kemasan makanan, biasanya terdapat keterangan indeks glikemik. Namun, informasi ini ternyata tidak dapat dijadikan satu-satunya acuan untuk menjalankan pola makan sehat. Indeks glikemik (IG) adalah sistem peringkat makanan yang mengandung karbohidrat. Angka ini menjadi indkator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Angka indeks glikemik kadang dapat ditemukan pada label kemasan makanan atau dapat dicek pada laman kesehatan di internet. Indeks Glikemik Rendah dan Tinggi Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah makanan karbohidrat yang diproses secara cepat oleh tubuh dan menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat. Hal ini dikarenakan karbohidrat tertentu memang lebih mudah dan lebih cepat dicerna tubuh menjadi gula yang digunakan tubuh sebagai sumber energi. Beberapa jenis makanan yang indeks glikemiknya tinggi adalah kentang, nasi putih, gula, roti putih, dan minuman bersoda dan yang manis. Sedangkan makanan dengan indeks glikemik rendah dan sedang adalah makanan yang dicerna tubuh secara perlahan dan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara bertahap. Contoh makanan tersebut antara lain kacang-kacangan, buah- [...]

Sering Gemetar? Waspada Gejala Parkinson

Sering Gemetar? Waspada Gejala Parkinson

Bila Anda mengenal petinju Muhammad Ali, barangkali Anda pernah mendengar penyakit yang dialaminya, yaitu penyakit Parkinson. Gejala yang dialami salah satunya adalah sering gemetar dan langkah kaki menjadi pendek. Perlu diketahui, penyakit ini umum menyerang orang-orang yang telah lanjut usia, karena penyakit ini terkait dengan proses penuaan. Meskipun begitu, bukan berarti kondisi ini tidak dapat ditangani. Marilah kita lebih mengenal penyakit ini. Penyakit Parkinson sendiri disebabkan oleh adanya gangguan kimiawi yang berperan dalam sistem saraf di otak. Akibat adanya gangguan senyawa kimia di otak ini, kerja otak, terutama yang berfungsi dalam memperhalus berbagai gerakan tubuh dan otot akan terganggu. Akibatnya gerakan penderita cenderung kasar dan lambat. Penyakit ini menyebabkan gangguan dalam proses gerak. Dalam kasus petinju, gangguan tersebut disebabkan oleh risiko pekerjaannya yang sering menerima benturan di daerah kepala. Halaman berikut menjelaskan apa saja gejala-gejala awal Parkinson. Gejala Awal Parkinson Namun, pada lansia, tanpa terjadinya kerusakan akibat benturan, telah terjadi proses penuaan sel-sel saraf, yang mengakibatkan gangguan p [...]

Ini Bahayanya Jika Terlalu Banyak Tidur

Ini Bahayanya Jika Terlalu Banyak Tidur

Tidur cukup yang berkualitas adalah salah satu kunci hidup sehat. Orang dewasa dianjurkan tidur minimal tujuh jam di malam hari, sementara balita dan anak-anak bisa lebih lama sekitar 10 hingga 12 jam. Kurang tidur bisa menimbulkan berbagai penyakit mulai dari hipertensi, obesitas hingga penyakit jantung, namun terlalu banyak tidur juga tidak berdampak baik bagi kesehatan. Ini sejumlah kerugian jika Anda terlalu lama berbaring di kasur, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Meningkatkan Risiko DepresiDalam hasil studi yang dilakukan di 2014, peneliti menemukan bahwa durasi tidur yang terlalu lama bisa meningkatkan risiko depresi. Orang dewasa yang tidur antara tujuh hingga sembilan jam hanya memiliki risiko menderita depresi 27 persen, sementara responden yang tidur hingga sembilan jam atau lebih risiko lebih besar hingga 49 persen. 2. Bisa Merusak OtakSebuah studi di 2012 mengungkapkan, tidur kurang atau terlalu lama bisa memperparah dan mempercepat kerusakan fungsi otak. Kondisi ini bisa lebih parah dialami wanita paruh baya. Wanita yang tidur lebih dari sembilan jam setiap malamnya (atau kurang dari lima jam) menunjukkan adanya perubahan pada otak, yaitu menua lebih cepat h [...]

Atasi Tekanan Darah Rendah dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Atasi Tekanan Darah Rendah dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Apa Anda seringkali merasa pusing, lesu, atau depresi? Mungkin Anda sedang mengalami tekanan darah rendah. Orang dikatakan mengalami tekanan darah rendah jika tekanan sistolik (angka atas dalam pembacaan tekanan darah) kurang dari 90 mmHg atau nilai tekanan diastolik (angka bawah dalam pembacaan tekanan darah) kurang dari 60 mmHg.Penyebab tekanan darah rendah bisa akibat dehidrasi hingga gangguan pada sinyal otak yang mengatur tentang pemompaan darah. Tekanan darah rendah bisa menyebabkan gejala pusing hingga pingsan yang memicu kerusakan jantung, endokrin atau gangguan saraf.Sebagai langkah awal mengatasi kurang darah, Anda bisa memilih cara yang lebih alami yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Dikutip dari Health Me Up, berikut ini lima makanan terbaik mengatasi tekanan darah rendah atau hipotensi.1. Kacang-kacanganPenelitian di Harvard Heart Letter merekomendasikan untuk memakan kacang-kacangan karena dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan. Inilah yang membuat tekanan darah Anda naik. Jadi, jangan lupa memasukan buncis, kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau ke dalam daftar menu harian Anda.2. Air Miner [...]

Katabolisme, Cara Kerja Tubuh dalam Menghasilkan Energi

Katabolisme, Cara Kerja Tubuh dalam Menghasilkan Energi

Berkat energi, kita bisa menjalani segala aktivitas sehari-hari. Namun pernahkah Anda berpikir bagaimana cara tubuh memproduksi energi? Energi pada tubuh dihasilkan oleh proses biokimia bernama katabolisme. Secara garis besar, proses biokimia yang terjadi dalam tubuh kita dinamakan metabolisme. Reaksi metabolisme sendiri terbagi dua, yaitu katabolisme dan anabolisme. Katabolisme adalah proses memecah molekul-molekul kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, kebanyakan diubah menjadi energi. Bentuk sederhana ini kemudian disintesis menjadi molekul-molekul yang lebih kompleks oleh reaksi anabolisme. Reaksi Katabolisme di Tubuh Bingung dengan cara kerja katabolisme? Berikut penjelasannya. Di dalam tubuh terdapat protein. Reaksi katabolisme akan menyederhanakan bentuk protein menjadi asam amino. Asam amino ini dioksidasi menjadi urea dan karbondioksida. Reaksi ini menghasilkan energi. Selain memecah protein, katabolisme juga bisa memecah karbohidrat kompleks (polisakarida) menjadi karbohidrat sederhana (glukosa, fruktosa, dan ribosa). Karbohidrat sederhana ini akan dipecah lagi melalui sebuah reaksi yang dinamakan glikolisis. Dari reaksi inilah energi dihasilkan. Sedangkan lemak [...]

Awas! Dekat-dekat dengan Orang Depresi Bisa Ketularan

Awas! Dekat-dekat dengan Orang Depresi Bisa Ketularan

Hati-hati bila berada di sekeliling orang yang sedang stres atau depresi. Gangguan kesehatan mental ini ternyata bisa menular, berdasarkan penelitian yang baru-baru ini dilakukan.Para peneliti menemukan, orang dengan pikiran negatif, suram dan muram yang berkembang jadi depresi bisa membuat teman-teman di sekitarnya cenderung mengalami kondisi yang sama enam bulan kemudian. Penelitian yang dilakukan di University of Notre Dame, Indiana, Amerika Serikat itu menunjukkan, orang yang memandang negatif segala permasalahan dalam hidupnya, lalu menginterpretasikannya sebagai sesuatu yang tidak akan pernah bisa mereka ubah lebih rentan menderita depresi.Dikutip dari Daily Mail, kondisi yang disebut kerapuhan kognitif ini merupakan faktor terkuat penyebab depresi yang bisa digunakan untuk memprediksi, siapa yang paling mungkin mengalami depresi ke depannya nanti. Dokter Gerald Haeffel dan Jennifer Hames yang melakukan penelitian mengatakan, individu yang di masa kecilnya rentan depresi biasanya akan berada dalam kondisi yang sama saat dewasa nanti, apabila tidak diatasi sejak dini.Berdasarkan teori itu, mereka memutuskan untuk mengetahui apakah benar depresi, stres atau gangguan mental l [...]

Kenali Gejala Stroke Sebelum Terlambat

Kenali Gejala Stroke Sebelum Terlambat

Stroke merupakan suatu kegawatdaruratan medis yang harus segera dikenali dan ditangani. Stroke dapat disebabkan oleh karena penyumbatan pembuluh darah di otak atau yang dikenal dengan stroke iskemik atau bisa juga karena disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak atau yang dikenal juga dengan stroke hemorrhagik. (Baca: 5 Gejala Stroke) Seseorang yang mengalami serangan stroke harus sesegera mungkin dibawa ke rumah sakit untuk mencegah berlanjutnya kerusakan di otak dan kemungkinan untuk pulih menjadi normal. Masa golden period adalah tiga jam setelah stroke mulai menyerang. Karena pada masa ini penderita masih sangat mungkin untuk terhindar dari stroke, bila langsung ditangani dengan benar. Hal ini dapat menolong penderita untuk mengalami stroke yang lebih berat. Bagaimana mengetahui gejalanya? Halaman berikut penjelasannya: Bagaimana Mengetahui Gejalanya? Keterlambatan dalam penanganan stroke dapat meningkatkan resiko kecacatan dan bahkan kematian. Waktu merupakan hal yang sangat penting sehingga semua orang harus mengetahui gejalanya dan bertindak cepat. Berikut adalah cara yang mudah untuk mengenali gejalanya. Ingatlah kata FAST, masing-masing terdir [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *