Waspada Gejala Mudah Lelah!

mudah-lelah-capek-cepat-berat-badan.JPG

Oleh: dr. Nadia Octavia

Anda sudah cukup tidur selama 8 jam namun masih merasa lelah, berhati-hatilah terlebih lagi jika hal tersebut disertai dengan gejala lain seperti:

  • Nyeri kepala/pusing berputar
  • Mata buram
  • Penurunan atau peningkatan berat badan secara tiba-tiba
  • Badan atau kaki bengkak
  • Susah BAB
  • Insomnia
  • Depresi

Berikut adalah 10 kondisi medis yang dapat menyebabkan Anda mudah lelah:

  1. Penyakit Celiac
    Merupakan suatu kondisi medis karena intoleransi makanan dimana tubuh Anda menjadi sensitif terhadap gluten yang biasanya terkandung pada roti, kue dan sereal. Selain mudah lelah, gejala-gejala penyakit celiac antara lain: diare, anemia dan penurunan berat badan.

  2. Anemia
    Salah satu kondisi medis yang paling sering mengakibatkan tubuh mudah lelah adalah anemia defisiensi besi. Hal ini biasanya menyerang wanita hamil atau sedang menstruasi yang banyak. Biasanya orang yang mengalami anemia defisiensi besi, tanpa melakukan hal apapun akan merasakan mudah lelah dan berat pada otot.

  3. Chronic fatigue syndrome
    Chronic fatigue syndrome atau myalgia encephalomyelitis merupakan suatu kondisi sering mudah lelah dan parah yang berlangsung selama minimal 6 bulan. Biasanya disertai juga dengan gejala lain seperti nyeri tenggorokan, nyeri otot dan persendian serta nyeri kepala.

  4. Sleep Apnea
    Sleep apnea adalah kondisi dimana terjadi penyempitan tenggorokan dan menutup selama tidur dan mengganggu pernafasan sehingga dapat menyebabkan tidur mendengkur / mengorok dan penurunan kadar oksigen dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan Anda mudah terbangun dan merasa lelah keesokan harinya.

  5. Underactive thyroid
    Kadar hormon tiroid yang rendah di dalam tubuh dapat menyebabkan Anda mudah lelah, peningkatan berat badan dan nyeri otot.

  6. Diabetes
    Salah satu gejala utama diabetes yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi adalah mudah lelah. Gejala lainnya antara lain sering buang air kecil, mudah haus dan penurunan berat badan.

  7. Glandular fever
    Glandular fever adalah infeksi virus yang seringkali menyebabkan gejala mudah lelah, demam, nyeri tenggorok dan pembengkakan kelenjar. Penyakit ini sering menyerang remaja dan dewasa muda.

  8. Depresi
    Selain membuat Anda merasa sedih mendalam, depresi juga dapat menguras energi Anda, susah tidur dan merasa lelah keesokan harinya.

  9. Restless legs syndrome
    Restless legs syndrome menyebabkan Anda merasakan sensasi yang tidak nyaman pada tungkai, kesulitan untuk mencegah gerakan involunter pada tungkai Anda atau tungkai Anda bergerak dengan sendirinya di malam hari.

  10. Gangguan cemas
    Merasa cemas atau khawatir sesekali merupakan hal normal. Namun pada beberapa orang, hal ini terjadi secara konstan, merasa mudah cemas, gugup atau gelisah tanpa adanya alasan yang jelas. Hal ini akan mengganggu aktivitasnya sehari-hari dan menyebabkan Anda menjadi mudah lelah.

(NO)

Artikel Terkait:

  • Sering Merasa Lelah? Waspada Fibromialga
  • 10 Cara Merubah Lelah ke Semangat
  • Lelah dan Stres? Pijat Saja!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Gejala Limfoma

4 Gejala Limfoma

Apakah Anda pernah mendengar penyakit ?limfoma?? Limfoma adalah keganasan pada sistem limfe. Keganasan adalah pertumbuhan sel yang tidak normal dan berlebihan. Keganasan ini menyerang sel darah putih, yang merupakan bagian dari sistem pertahan tubuh manusia. Apa saja gejala dari limfoma? Mari kita simak satu per satu. 1. Pembesaran kelenjar getah bening Pembesaran kelenjar getah bening merupakan pembesaran pada sistem kelenjar getah bening. Akibat pertumbuhan sel berlebihan maka sel akan berkumpul dan membentuk benjolan. Benjolan ini biasanya dapat teraba di beberapa daerah seperti leher, ketiak atau selangkangan. 2. Demam Demam juga merupakan gejala yang umum ditemui pada pasien dengan limfoma. Demam dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya adanya senyawa kimia yang dihasilkan, kematian sel. Pasien dapat mengeluhkan adanya demam berkepanjangan yang tidak sembuh dengan obat penurun panas. Demam yang dialami pasien bisa saja tidak disertai adanya infeksi pada organ lain, yang semakin memperkuat adanya limfoma pada pasien. Berikut ini beberapa gejala limfoma lainnya: Gejala Limfoma Lainnya: 3. Penurunan berat badan Penurunan berat badan merupakan gejala k [...]

4 Tipe Bau dari Badan yang Sering Muncul

4 Tipe Bau dari Badan yang Sering Muncul

Apabila Anda mendengar kata ?Bau Badan?, apakah yang akan Anda pikirkan? Umumnya banyak orang akan menghubungkan bau badan dengan bau yang ada di lipatan ketiak. Tahukah Anda terdapat banyak tipe bau badan yang lain. Apa saja jenis bau badan yang lain? Sedikitnya terdapat 4 jenis bau badan yang datangnya dari tubuh manusia, diantaranya adalah: 1. Bau mulut (Halitosis) 2. Bau badan karena keringat berlebihan (hiperhidrosis) 3. Bau kentut (flatus) 4. Bau badan karena masa puber. Halaman berikut penjelasan selengkapnya dari masing-masing poin diatas dan bagaimana cara mengatasinya: 1. Halithosis atau Bau Mulut Halithosis adalah jenis bau badan yang paling umum ditemui. Hal ini dapat terjadi ketika banyak bakteri yang tumbuh di dalam mulut Anda. Bakteri dapat tumbuh pada lidah atau sela-sela gigi. Hal ini dapat menyebabkan bau nafas yang tidak sedap. Hal lain yang juga dapat menyebabkan bau napas yang tidak sedap adalah lubang pada gigi. Gigi yang berlubang dapat menjadi sarang kuman yang memproduksi bau yang tidak sedap. Ada beberapa kiat untuk atasi bau mulut yang membandel, Anda dapat baca selengkapnya oleh drg. Martha Mozartha disini, Cara Mengatasi Bau Mulut [...]

No Bra Day: Pemakaian Bra Menyebabkan Kanker Payudara Tidak Sepenuhnya Benar

No Bra Day: Pemakaian Bra Menyebabkan Kanker Payudara Tidak Sepenuhnya Benar

No Bra Day beberapa tahun belakangan ini dikenali sebagai hari untuk membantu meningkatkan kewaspadaan terhadap kanker payudara yang diperingati selama sebulan penuh di bulan Oktober. Selain dari pita merah mudah dan ?memerahmudakan? segala sesuatu di bulan Oktober, kegiatan No Bra Day ini makin populer digaung-gaungkan di dunia maya melalui sosial media. Tidak diketahui siapa yang mencetuskannya pertama kali dan bagaimana menjadi tersebar, kegiatan yang mengajak wanita untuk tidak memakai bra selama satu hari penuh ini nampaknya dimaksudkan untuk mengingatkan wanita untuk sadar terhadap kesehatan payudaranya dan ancaman bahaya kanker. Selain itu, nampaknya kegiatan ini juga muncul dari adanya ?kepercayaan? bahwa pemakaian bra dapat menyebabkan kanker payudara. Apakah hal ini benar? ?Mitos? yang beredar adalah bahwa pemakaian bra sepanjang hari dapat mengganggu aliran getah bening dari payudara ke kelenjar getah bening terdekat (daerah ketiak) sehingga dapat menyebabkan penumpukan racun di dalam jaringan payudara dan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Bagaimana mulanya? Berikut penjelasannya: Bagaimana Mulanya? Sebuah penelitian pada tahun 1991 mem [...]

6 Cara Mengecilkan Pori-pori Kulit

6 Cara Mengecilkan Pori-pori Kulit

Banyak yang mengeluhkan kulit wajah yang terlampau banyak pori-pori yang membesar. Biasanya keluhan pori-pori kulit membesar adalah karena bekas jerawat yang membandel. Seringkali pori-pori yang membesar mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Lalu bagaimanakah solusinya? Sebelum kita bagi-bagi tips mengecilkan pori-pori kulit, ada baiknya Anda mengenal lebih jauh dulu apa fungsi dari pori-pori kulit. Pori-pori kulit adalah tempat keluarnya minyak dan keringat dari dalam tubuh. Banyak hal yang dapat mempengaruhi ukuran pori-pori-pori Anda. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mengecilkan pori-pori Anda: 1. Pilih produk secara bijaksana. Zinc dan magnesium dapat membantu mengembalikan keseimbangan minyak pada pori dan membersihkan pori sehingga membuatnya terlelihat lebih kecil. Produk dengan kandungan lavender atau rosemary dapat mengurangi iritasi dan mencegah pori melebar. Pilih produk yang tertulis ?non-komedogenik? pada label. Bila asam salisilat tertulis sebagai salah satu kandungan, kulit dapat dieksfoliasi (pengelupasan lapisan kulit paling luar). Retinol dapat membantu membuka pori-pori dan membuatnya terlihat lebih kecil. 6 Cara Mengecilkan Pori-p [...]

5 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

5 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) sebaiknya tidak dianggap remeh karena bisa menimbulkan komplikasi terutama untuk jantung. Tekanan darah yang tidak normal bisa membuat seseorang berisiko mengalami serangan jantung, stroke dan bahkan disfungsi ereksi. Hal itu kadang tidak diketahui oleh orang tersebut, kecuali jika tekanan darahnya sangat tinggi. Seperti dikutip dari Menshealth, ada cara-cara yang menyenangkan dan mudah untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal, yaitu:1. Mengonsumsi dark chocolatePenelitian di Italia tahun 2008 menemukan orang yang mengonsumsi dark chocolate setiap hari selama 15 hari bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) sebesar 4,5 poin dan diastoliknya sebesar 4,2 poin. Tetapi pilihlan cokelat yang mengandung antioksidan dan 65 persen kakao.2. Melakukan hubungan seksPria yang melakukan hubungan seks dua kali seminggu memiliki risiko 65 persen lebih rendah terkena serangan jantung, dibandingkan yang hanya sekali sebulan. Penelitian yang dilakukan oleh New England Research Institute, menunjukkan tekanan darah yang lebih rendah dan respons pembuluh darah yang lebih baik dalam keadaan stres pada mereka yang rajin melakukan seks [...]

Awas, Kurang Tidur Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Awas, Kurang Tidur Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Orang dengan penyakit jantung atau penyakit yang menahun, sebaiknya memerhatikan waktu tidurnya. Pastikan Anda tidur cukup; tidak kurang juga tidak berlebihan. Menurut jurnal European Heart, tidur kurang dari enam jam sehari bisa meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke.Orang yang menderita penyakit jangka lama, contohnya penyakit jantung cenderung mudah lelah. Jadi jika Anda terbiasa tidur lebih dari 9 jam dalam semalam, sebaiknya mulai waspada.Francesco Cappuccio dari University of Warwick Medical School, seperti dikutip dari times of india mengatakan, "Tidur terlalu larut dan bangun di pagi hari berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi Anda harus memperbaiki kebiasaan itu sekarang juga."Dilansir Daily Mail, sebuah penelitian menemukan mereka yang tidur kurang dari enam jam, lebih besar 50% terkena risiko serangan jantung dan 15% menderita stroke. Penyebabnya, kurang tidur bisa menurunkan level leptin dalam darah; yang efeknya sama seperti kita merasa tidak kenyang setelah makan.Di waktu yang sama, tingkat ghrelin dalam tubuh justru meningkat. Ghrelin adalah hormon yang meningkatkan selera makan, sehingga seseorang akan merasa sangat lapar setelah bangun ti [...]

Olahraga dan Diabetes

Olahraga dan Diabetes

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Hanya dengan aktivitas fisik, para penderita diabetes mellitus tipe 2 dapat menghilangkan lemak yang berakumulasi di organ hati dan perut serta menurunkan risiko penyakit jantung. Para dokter sejak dahulu merekomendasikan kepada para penderita diabetes untuk melakukan olahraga secara teratur. Aktivitas fisik dapat berpengaruh terhadap berat badan dan juga melatih organ-organ seperti jantung, paru-paru dan hati. Teori bagaimana olahraga dapat mempengaruhi penumpukan lemak pada area-area di tubuh masih belum jelas, namun terdapat beberapa bukti bahwa lemak yang terdapat dalam organ-organ dalam seperti pada hati dan jantung lebih berbahaya dibandingkan yang terdapat di bawah kulit, sebab lemak ?dalam? atau biasa disebut visceral fat, dapat mengeluarkan beberapa jenis hormone yang dapat mempengaruhi produksi kalori di tubuh. Penelitian ini dilakukan oleh dr. HIldo J Lamb dari bagian Radiology University of Leiden, pada penelitian ini dr. Hildo dan kawan-kawan meneliti 12 laki-laki usia baya yang menderita diabetes untuk melakukan olahraga ringan-sedang secara intensif selama 6 bulan. Olahraga dilakukan selama 3,5 ? 6 jam per minggu namun pola makan atau [...]

Nasi Putih Meningkatkan Resiko Terkena Diabetes

Nasi Putih Meningkatkan Resiko Terkena Diabetes

Pada tahun 2000 jumlah penderita diabetes melitus di Indonesia mencapai 8,4 juta orang. Jumlah itu terus meningkat, dan pada 2030 diperkirakan mencapai 21,3 juta orang. Ironisnya dari jumlah itu, baru 50% yang sadar mengidapnya dan di antara mereka hanya 30% yang datang berobat teratur. Diabetes melitus menyebabkan kematian yang lebih banyak daripada korban HIV/AIDS. Sedangkan dikutip dari data yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah pengidap diabetes melitus di Indonesia merupakan yang terbanyak ke-empat di dunia, setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Nasi putih adalah makanan yang mempunyai kadar gula yang tinggi. Sayangnya jika nasi putih dikonsumsi terlalu banyak dan tidak disertai dengan olahraga yang cukup, maka level glukosa dalam darah akan meningkat sehingga dapat memicu risiko seseorang terkena diabetes. Maka dari itu, jika rencana pemerintah membuat program 'Sehari Tanpa Nasi' atau 'One Day No Rice' menuai pro kontra, praktisi kesehatan justru melihat banyak manfaatnya untuk kesehatan rakyat. Memang sulit untuk mengganti pola pikir masyarakat tentang nasi. Bahkan, sampai ada pepatah bahwa ?belum makan namanya jika belum memakan nasi?. Nasi puti [...]

8 Kesalahan Kesehatan yang Dilakukan Saat Sibuk

8 Kesalahan Kesehatan yang Dilakukan Saat Sibuk

Di saat Anda terlalu fokus pada karir, maka hal pertama yang dikorbankan adalah kesehatan. Padahal semakin sehat badan, semakin sehat pula pikiran, dan semakin sehat pikiran, semakin baik Anda melakukan pekerjaan kantor.Oleha karena itu, ada baiknya jika Anda menyimak delapan kesalahan yang sering dilakukan ketika sedang sibuk dan bagaimana cara mengubahnya, seperti yang dirangkum dari Huffington Post di bawah ini.1. Terlalu lelah bekerja sehingga tidak usah berolahragaJika Anda tidak melakukan latihan kardio sekitar 30 hingga 40 menit, sebanyak tiga kali dalam seminggu, maka tubuh akan merasakan akibatnya. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga rutin dapat meningkatkan sistem imun, meningkatkan mood, dan memberi Anda energi lebih untuk melalui hari.2. Tidak tidur karena mempersiapkan meetingTidak memiliki cukup tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, terutama jika sudah menjadi kebiasaan. Penelitian menjelaskan, kurang tidur dapat menyebabkan kehilangan memori jangka pendek, mengurangi kreatifitas, dan menganggu proses belajar. Jadi, jika Anda menginginkan kinerja yang baik dalam bekerja, mulai cobalah untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam dalam sehari.3. Tida [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *