Waspada Gejala Mudah Lelah!

mudah-lelah-capek-cepat-berat-badan.JPG

Oleh: dr. Nadia Octavia

Anda sudah cukup tidur selama 8 jam namun masih merasa lelah, berhati-hatilah terlebih lagi jika hal tersebut disertai dengan gejala lain seperti:

  • Nyeri kepala/pusing berputar
  • Mata buram
  • Penurunan atau peningkatan berat badan secara tiba-tiba
  • Badan atau kaki bengkak
  • Susah BAB
  • Insomnia
  • Depresi

Berikut adalah 10 kondisi medis yang dapat menyebabkan Anda mudah lelah:

  1. Penyakit Celiac
    Merupakan suatu kondisi medis karena intoleransi makanan dimana tubuh Anda menjadi sensitif terhadap gluten yang biasanya terkandung pada roti, kue dan sereal. Selain mudah lelah, gejala-gejala penyakit celiac antara lain: diare, anemia dan penurunan berat badan.

  2. Anemia
    Salah satu kondisi medis yang paling sering mengakibatkan tubuh mudah lelah adalah anemia defisiensi besi. Hal ini biasanya menyerang wanita hamil atau sedang menstruasi yang banyak. Biasanya orang yang mengalami anemia defisiensi besi, tanpa melakukan hal apapun akan merasakan mudah lelah dan berat pada otot.

  3. Chronic fatigue syndrome
    Chronic fatigue syndrome atau myalgia encephalomyelitis merupakan suatu kondisi sering mudah lelah dan parah yang berlangsung selama minimal 6 bulan. Biasanya disertai juga dengan gejala lain seperti nyeri tenggorokan, nyeri otot dan persendian serta nyeri kepala.

  4. Sleep Apnea
    Sleep apnea adalah kondisi dimana terjadi penyempitan tenggorokan dan menutup selama tidur dan mengganggu pernafasan sehingga dapat menyebabkan tidur mendengkur / mengorok dan penurunan kadar oksigen dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan Anda mudah terbangun dan merasa lelah keesokan harinya.

  5. Underactive thyroid
    Kadar hormon tiroid yang rendah di dalam tubuh dapat menyebabkan Anda mudah lelah, peningkatan berat badan dan nyeri otot.

  6. Diabetes
    Salah satu gejala utama diabetes yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi adalah mudah lelah. Gejala lainnya antara lain sering buang air kecil, mudah haus dan penurunan berat badan.

  7. Glandular fever
    Glandular fever adalah infeksi virus yang seringkali menyebabkan gejala mudah lelah, demam, nyeri tenggorok dan pembengkakan kelenjar. Penyakit ini sering menyerang remaja dan dewasa muda.

  8. Depresi
    Selain membuat Anda merasa sedih mendalam, depresi juga dapat menguras energi Anda, susah tidur dan merasa lelah keesokan harinya.

  9. Restless legs syndrome
    Restless legs syndrome menyebabkan Anda merasakan sensasi yang tidak nyaman pada tungkai, kesulitan untuk mencegah gerakan involunter pada tungkai Anda atau tungkai Anda bergerak dengan sendirinya di malam hari.

  10. Gangguan cemas
    Merasa cemas atau khawatir sesekali merupakan hal normal. Namun pada beberapa orang, hal ini terjadi secara konstan, merasa mudah cemas, gugup atau gelisah tanpa adanya alasan yang jelas. Hal ini akan mengganggu aktivitasnya sehari-hari dan menyebabkan Anda menjadi mudah lelah.

(NO)

Artikel Terkait:

  • Sering Merasa Lelah? Waspada Fibromialga
  • 10 Cara Merubah Lelah ke Semangat
  • Lelah dan Stres? Pijat Saja!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ingin Hidup Sehat? Jangan Berbohong!

Ingin Hidup Sehat? Jangan Berbohong!

Banyak orang yang mulai mengurangi makan danging, perbanyak minum air mineral dan rajin berolahraga demi mendapatkan hiup sehat. Namun ada satu hal lagi yang perlu dilakukan, yaitu kurangi kebiasaan berbohong.Seorang peneliti Notre Dame yang juga berprofesi sebagai psikiater, Anita Kelly beranggapan bahwa tingkat kejujuran seseorang memiliki manfaat besar bagi kesehatannya. Kesimpulan itu diambil berdasarkan penelitian yang pernah ia lakukan sebelumnya.Penelitian yang diberi nama 'Science of Honesty' menemukan fakta bahwa rata-rata orang Amerika melakukan 11 kebohongan dalam seminggu. Dan hal itu membuat mereka memiliki beberapa gangguan kesehatan.Untuk membuktikannya, Kelly pun melakukan penelitian kepada 110 orang dari berbagai kalangan yang usianya berkisar antara 18 sampai 71 tahun. Peserta di bagi kedalam dua kelompok besar, kolompok pertama diberi ketentuan untuk tidak berbohong selama 10 minggu. Sedangkan kolompok kedua tidak diberi instruksi apapun.Kemudian responden tersebut datang ke laboratorium setiap minggunya untuk mengisi lembar kuisioner berisi tentang kesehatan mereka. Kuesioner itu merupakan tes polygraph. Tes yang merekam respon seseorang ketika diberi pertany [...]

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Tertawa

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Tertawa

Tertawa bisa menimbulkan efek positif bagi kesehatan. Dikutip dari Times of India, memanfaatkan waktu selama 15 menit saja sudah cukup untuk memberikan manfaat baik pada kesehatan tubuh. Reaksi apa yang terjadi pada tubuh ketika seseorang tertawa? Dari ujung kepala hingga ujung kaki, simak penuturannya seperti dilansir Huffington Post.1. Kepala/OtakTertawa bisa mengurangi efek dari stres hormon. Membantu meredakan stres dan rasa gelisah yang berlebihan sehingga mood positif pun meningkat. Endorphin yang dihasilkan saat tertawa membuat perasaan jauh lebih baik.2. Membakar KaloriTahukah Anda, tertawa secara spontan selama 10-15 menit bisa membakar hingga 10-40 kalori per hari? Selain itu tertawa juga membantu mengatur dan mengoptimalkan leptin dan grehlin (hormon nafsu makan) sehingga Anda bisa lebih mengontrol kapan tubuh perlu makanan. Bukan sekadar ingin makan karena faktor emosional.3. Daya Tahan TubuhTertawa meningkatkan produksi antibodi di dalam tubuh. Selain itu juga mengaktifkan sel-sel pelindung tubuh, termasuk T-cell yang bisa membunuh aktivitas sel tumor.Sebuah studi menunjukan bahwa antibodi mampu memerangi infeksi yang ada dalam tubuh saat tertawa. Hal itu disebabkan [...]

4 Pemicu Laki-laki Berpayudara

4 Pemicu Laki-laki Berpayudara

Payudara identik dengan perempuan. Untuk sebagian orang, kedua gundukan yang berisi jaringan lemak, kelenjar, serta duktus (saluran) tersebut merupakan lambang keindahan perempuan. Bagaimana bila kemudian laki-laki memiliki payudara yang membesar? Kondisi payudara yang membesar pada anak atau laki-laki dewasa disebut ginekomastia. Keadaan ini umumnya ditemukan pada remaja dan laki-laki yang berusia tua. Pembesaran payudara tersebut dapat bervariasi ukurannya, dari hanya jaringan tambahan di sekitar puting hingga pembesaran seluruh payudara. Kadang jaringan payudara tersebut dapat terasa nyeri. Terdapat beberapa penyebab ginekomastia: Ketidakseimbangan hormone Ginekomastia dapat disebabkan ketidakseimbangan antara hormon testosteron dan estrogen. Estrogen menyebabkan jaringan payudara tumbuh. Semua laki-laki sebetulnya memproduksi estrogen dalam jumlah sedikit, namun kadarnya jauh di bawah testosteron. Bila keseimbangan hormon tubuh berubah, jaringan payudara pun tumbuh. Adanya estrogen ibu pada bayi laki-laki yang baru lahir Kondisi ini bersifat sementara dan akan hilang dalam beberapa minggu. Pubertas Saat pubertas, kadar hormon anak laki-laki bervariasi. Bila kad [...]

Jus Buah Bisa Tingkatkan Risiko Kanker?

Jus Buah Bisa Tingkatkan Risiko Kanker?

Anggapan bahwa jus buah baik untuk kesehatan tubuh tampaknya perlu dipertanyakan lagi. Menurut penelitian terbaru, jus buah justru berisiko meningkatkan penyakit kanker tertentu.Seperti yang dikutip dari Times of India, para ilmuwan Australia menjelaskan bahwa pada kenyataannya, jus buah yang sudah melalui proses dan hadir dalam bentuk kemasan, sudah tidak lagi mengandung nutrisi yang berfungsi memerangi tumor.Dalam penelitian tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana perbedaan keefektifan antara buah, sayur dan jus dalam fungsinya terhadap kanker usus. Para peneliti memeriksa 2.200 orang dewasa yang melakukan diet dengan melihat kebiasaan makan mereka tiap harinya.Hasilnya tidak terlalu mengejutkan. Peneliti menemukan bahwa kebiasaan memakan apel, kecambah, kembang kol dan brokoli tiap hari dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit kanker tersebut.Namun, mereka yang mengonsumsi banyak jus buah justru memiliki risiko yang sangat tinggi. Penelitian melaporkan, mereka yang meminum jus buah tiga kali dalam sehari punya kemungkinan lebih besar terkena kanker kolon dan rektum --kanker yang menyerang usus besar dan rektum.Peneliti percaya bahwa yang menyebabkan hal itu adalah [...]

Terlalu Lama Duduk Berbahaya untuk Kesehatan

Terlalu Lama Duduk Berbahaya untuk Kesehatan

Dalam beberapa dekade terakhir, banyak orang dewasa menghabiskan 70% atau lebih dari waktu aktif mereka hanya untuk duduk. Sejalan dengan perubahan ini, studi telah mengidentifikasi pola hidup tersebut sebagai faktor risiko penyakit kardiovaskular, penyakit metabolik, dan kematian. Kendala yang sering ditemui ada dua, yakni aktivitas fisik yang terlalu sedikit atau terlalu banyak duduk. Waktu duduk banyak dihabiskan tanpa disadari untuk kegiatan menonton TV, bekerja di depan komputer, bermain video game, dan sebagainya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 8800 orang dewasa di Australia tahun 2011 menunjukkan bahwa setiap jam yang dihabiskan untuk menonton TV meningkatkan risiko kematian sebesar 11%, kematian karena penyakit kardiovaskular sebanyak 18%, dan kematian karena kanker sebanyak 9%. Perubahan teknologi, sosial, dan ekonomi membuat seseorang tidak menggunakan otot tubuhnya seperti dahulu, akibatnya tingkat pengeluaran energi juga terus menyusut. Lalu apa dampak buruknya? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. Terlalu Lama Duduk Berbahaya untuk Kesehatan Dampak buruk Duduk terlalu lama dapat memberikan beberapa pengaruh terhadap tubuh. Posisi [...]

Penanganan Bencana dan Pasca Bencana

Penanganan Bencana dan Pasca Bencana

Bagi yang ingin memberi bantuan dapat langsung ke alamat kami: Jl. Cilandak I No.2, Cilandak Barat Jakarta Selatan 12430 Telp: (021)-75909338 Berbagai bencana datang menghampiri Indonesia, diantaranya adalah bencana alam tsunami disertai gempa berskala 7,2 skala Richter (SR) yang melanda Mentawai lepas pantai Sumatera Barat, Senin (25/10). Selain itu, bencana alam Gunung Merapi meletus terjadi di Yogyakarta, Selasa (26/10). Korban jiwa di Mentawai yang masih terhitung saat ini adalah sebanyak 112 orang dinyatakan tewas, 502 lainnya dinyatakan hilang, dan 4.000 keluarga mengungsi. Sedangkan korban jiwa atas meletusnya gunung berapi mencapai hingga 25 orang. Sebanyak 14 orang kini dirawat dan 5.000 jiwa mengungsi ke sejumlah barak. Sampai saat ini proses evakuasi korban meletusnya Gunung Merapi dari beberapa wilayah masih terus dilakukan sukarelawan dan tim Tanggap Darurat Bencana. Sejumlah bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pun telah tiba di Kecamatan Cikakap, Kabupaten Mentawai. Namun bantuan tenda, selimut, obat-obatan serta alat-alat untuk membantu evakuasi korban belum bisa disalurkan ke lokasi-lokasi yang diperkirakan paling parah terkena tsunami, [...]

Hati-hati, Pakai Bra Kekecilan Bisa Sebabkan Sakit Punggung!

Hati-hati, Pakai Bra Kekecilan Bisa Sebabkan Sakit Punggung!

Mengenakan ukuran bra yang salah, tidak hanya dapat membuat penampilan payudara jadi tak karuan. Bra yang kekecilan bisa memicu terjadinya sakit pada punggung. Kok bisa?"Hampir 70 persen wanita menggunakan bra dengan ukuran yang salah dan kebanyakan dari mereka mengeluh sakit punggung dan mengalami disfungsi segmen pada tulang belakangnya," kata pakar kesehatan Dr Andrew Kirschner, seperti yang dikutip dari Glamour.Ditambahkan Andrew, banyak wanita yang menyepelekan masalah bra dan tidak pernah menyesuaikan dengan ukuran payudara sebenarnya. Mereka pikir, mengenakan bra dengan ukuran yang lebih kecil bisa membuat penampilan semakin seksi."Ukuran yang sekarang dipakai biasanya adalah ukuran beberapa tahun yang lalu, padahal payudara wanita umumnya membesar seiring bertambahnya umur, terutama setelah memiliki anak. Wanita jarang melakukan re-fitting ukuran atau bentuk bra, padahal aktivitas yang berbeda memerlukan bra yang beda pula," tutur Andrew.Untuk itu, Andrew menyarankan agar para wanita memakai bra yang sesuai (tidak kekecilan atau kebesaran) serta menanyakan pada pakar kesehatan mengenai bra seperti apa yang cocok untuk aktivitas tertentu."Jangan karena ingin payudaranya y [...]

Waspada Sakit Kepala Mendadak, Bisa Jadi Tanda 8 Penyakit Serius

Waspada Sakit Kepala Mendadak, Bisa Jadi Tanda 8 Penyakit Serius

Rasa sakit merupakan cara tubuh untuk memberi alarm pada Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi dengan kesehatan. Ada rasa sakit yang tidak perlu dirisaukan, tapi ada pula yang merupakan sinyal penting dan tidak boleh diabaikan.Mengalami sakit kepala yang sangat hebat secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu tanda adanya penyakit serius di dalam tubuh. Dr Anrich Burger menjelaskan ada delapan kemungkinan indikasi ketika Anda merasakan sakit di kepala, seperti dikutip dari Health 24.1. StrokeSakit kepala datang secara tiba-tiba, seringkali diikuti dengan rasa sakit di belakang salah satu mata. Jika mengalami kejadian ini, disarankan berkonsultasi ke dokter sesegera mungkin, paling lama 3 jam setelah serangan. Tidak mudah memang menjelaskan gejala stroke secara umum, tapi biasanya sakit akan disertai satu atau beberapa bagian tubuh yang tiba-tiba sulit digerakkan.2. Infeksi BakteriSakit kepala hebat secara mendadak juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri seperti meningitis. Selain sakit, pasien juga merasakan lehernya kaku, mual, muntah dan lesu. Segera datang ke ruang gawat darurat agar segera diberi penanganan dokter.3. GlaukomaGlaukoma adalah salah satu jeni [...]

5 Solusi Gigi Sensitif

5 Solusi Gigi Sensitif

Keadaan gigi ngilu merupakan kejadian yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat. Satu dari tujuh dari pasien gigi mengeluhkan giginya yang ngilu. Gigi ngilu atau gigi sensitif yang dalam bahasa kedokterannya disebut dentin hipersensitif banyak dialami oleh orang dewasa, cakupannya bisa hanya pada 1 gigi atau lebih. Faktor penyebab terjadinya gigi sensitif adalah terbukanya bagian gigi yaitu tubuli dentin yang berdekatan dengan serabut syaraf gigi, sehingga apabila ada rangsangan yang mengenai tubuli dentin maka akan menimbulkan reaksi terhadap syaraf gigi berupa rasa ngilu. Rangsangan yang memicu rasa ngilu pada gigi sensitif berupa makanan dan minuman yang dingin, panas, asam dan manis, lalu akan timbul ngilu yang sesaat dengan intensitas ngilu ringan sampai ngilu yang cukup menusuk. Terbukanya tubuli dentin disebabkan oleh 3 faktor erosi, atrisi dan abrasi,resesi yang kesemuanya ini dipengaruhi oleh pola makan, usia pemakaian gigi, penyakit tertentu dan kesalahan dalam menyikat gigi. Berikut adalah 6 tips dalam merawat gigi sensitif dan upaya mencegah kerusakan yang lebih lanjut: Tips Solusi Gigi Sensitif Berikut adalah 6 tips dalam [...]

Awet Muda Dengan Tempe

Awet Muda Dengan Tempe

Tempe memiliki kandungan isoflavon yang kaya yang terbukti mampu menghambat proses penuaan dini khususnya untuk wanita menjelang masa menopause. Hal ini diperkuat dengan riset yang dilakukan staf pengajar Fakultas Kedokteran Undip Semarang, DR. dr. Prasetyowati, Sp.KK. yang menguji sekitar 30 responden wanita yang diminta mengkonsumsi kapsul berisi ekstrak isoflavon kedelai tempe selama tiga bulan. Dari hasil yang dicatat, ternyata kulit mereka lebih kenyal dibandingkan dengan responden yang tidak diberi ekstrak isoflavon. Menurut Prasetyowati hormon ekstrogen dalam isoflavon kedelai bisa menghambat penuaan. Selain itu mengkonsumsi kedelai untuk menjaga kecantikan selain murah juga aman, dibanding bahan kimiawi yang menjanjikan hasil cepat namun berisiko. Dokter yang meraih penghargaan atas penelitiannya ini menyarankan kaum hawa agar menggunakan bahan alami sebagai resep menjaga badan tetap sehat dan cantik di usia paruh baya. Menurutnya wanita paruh baya setiap hari paling tidak membutuhkan 50-100 miligram isoflavon. Bila setiap 60 gram tempe mengandung 10 mg isoflavon, maka perempuan pada usia senja harus lebih banyak mengonsumsi tahu dan tempe. Sepotong tempe mengandung berbaga [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *