Waspada Sakit Kepala Mendadak, Bisa Jadi Tanda 8 Penyakit Serius

sakitkepala.jpg

Rasa sakit merupakan cara tubuh untuk memberi alarm pada Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi dengan kesehatan. Ada rasa sakit yang tidak perlu dirisaukan, tapi ada pula yang merupakan sinyal penting dan tidak boleh diabaikan.

Mengalami sakit kepala yang sangat hebat secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu tanda adanya penyakit serius di dalam tubuh. Dr Anrich Burger menjelaskan ada delapan kemungkinan indikasi ketika Anda merasakan sakit di kepala, seperti dikutip dari Health 24.

1. Stroke
Sakit kepala datang secara tiba-tiba, seringkali diikuti dengan rasa sakit di belakang salah satu mata. Jika mengalami kejadian ini, disarankan berkonsultasi ke dokter sesegera mungkin, paling lama 3 jam setelah serangan. Tidak mudah memang menjelaskan gejala stroke secara umum, tapi biasanya sakit akan disertai satu atau beberapa bagian tubuh yang tiba-tiba sulit digerakkan.

2. Infeksi Bakteri
Sakit kepala hebat secara mendadak juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri seperti meningitis. Selain sakit, pasien juga merasakan lehernya kaku, mual, muntah dan lesu. Segera datang ke ruang gawat darurat agar segera diberi penanganan dokter.

3. Glaukoma
Glaukoma adalah salah satu jenis penyakit mata, yang secara berangsur-angsur menyebabkan pandangan mata semakin berkurang hingga akhirnya buta jika tidak mendapatkan pengobatan dengan segera. Salah satu gejalanya adalah sakit kepala tiba-tiba yang terasa ‘tajam’. Sakit kepala juga kerap diikuti dengan pandangan yang agak kabur.

4. Sakit Kepala Cluster
Biasanya lebih banyak menyerang pria daripada wanita. Sakit kepala cluster kerap terjadi di malam menjelang pagi dan biasanya dipicu oleh stres. Ditandai dengan rasa sakit yang sangat parah di satu sisi kepala, bisa berlangsung satu menit atau dua jam sekali. Segera cari bantuan medis jika mengalami sakit yang mengganggu ini.

5. Trauma
Sakit kepala bisa disebabkan karena trauma pada tubuh akibat benturan keras. Umumnya kerap dialami seseorang yang pernah mengalami keretakan atau patah tulang. Sakit kepala kerap diikuti dengan hilangnya kesadaran. Jika mengalami ini, pasien harus segera diberi penanganan medis.

6. Trigeminal Neuralgia
Disebut juga peradangan pada syaraf. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis untuk perawatan yang lebih terfokus.

7. Temporal Arteritis
Suatu peradangan pada arteri besar yang berhubungan dengan arteri dari otot, mata dan jaringan. Pada umumnya lebih banyak terjadi pada wanita. Ditandai dengan sakit yang berdenyut dan hebat di salah satu sisi kepala. Rasa sakitnya semakin bertambah apabila disentuh.

8. Keracunan
Keracunan karbon monoksida bisa menyebabkan rasa sakit yang menusuk pada kepala. Apabila serangan ini terjadi, segera bawa penderita ke tempat terbuka dan berventilasi bagus. Segera bawa ke rumah sakit dan biasanya akan diberikan suplai oksigen sebagai pertolongan pertama.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan

Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan

Mencukur rambut kemaluan adalah salah satu anjuran dalam suatu agama. Bahkan disarankan bahwa anjuran ini sebaiknya dilakukan secara rutin, yaitu setiap 40 hari sekali. Anjuran ini berlaku bagi pria maupun wanita. Sebagian orang mempertanyakan pentingnya praktik pencukuran ini, sebab dikaitkan dengan kejadian luka dan infeksi setelah mencukur, menghilangkan fungsi perlindungan alat kelamin dari debu/ kotoran lain, hingga adanya pendapat bahwa hal ini merepotkan dan tidak memberikan efek apapun. Ternyata, dibalik latar belakang tuntunan agama, mencukur rambut kemaluan yang dilakukan dengan cara yang tepat dapat memberikan beberapa manfaat dari sisi kesehatan. Adapun manfaat-manfaat kesehatan yang ada terdapat di halaman berikut: Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan Dengan mencukur rambut kemaluan, proses pembersihan produk kelenjar minyak/ keringat dapat dilakukan dengan sempurna. Bila produk kelenjar ini tersisa di area rambut, maka menyebabkan area tersebut lembab dan bakteri mudah berkembang biak (menyebabkan gatal, bengkak, kemerahan, dll) Memastikan rambut kemaluan tetap tipis akan mencegah bersarangnya tungau/ kutu kelamin (jenis Phthirus pubis) [...]

Bahaya Infeksi Kulit Akibat Tato

Bahaya Infeksi Kulit Akibat Tato

Tato. Karya seni pada kulit tubuh manusia ini makin banyak penggemarnya. Di salon pembuat tato, warna-warni berbagai bentuk digambar pada bagian tubuh sesuai keinginan pelanggan. Sayangnya, karya seni ini termasuk salah satu karya seni yang memungkinkan terjadinya berbagai reaksi pada kulit, seperti reaksi alergi, reaksi peradangan dan infeksi pada kulit. Untuk itu, berpikirlah dengan serius sebelum memutuskan membuat tato. Infeksi Kulit karena Tato Infeksi pada kulit termasuk salah satu efek samping yang perlu diperhatikan dengan serius karena sumbernya tidak hanya dari alat saja. Sumber infeksi pada pembuatan tato terdapat pada tempat pembuatannya, peralatannya dan juga tinta tatonya. Meskipun tempat pembuatan tatonya bersih, alat-alatnya steril, namun kuman penyebab infeksi bisa saja terdapat pada tintanya. Infeksi kulit karena tato dapat disebabkan oleh bakteri maupun virus. Bakteri yang pernah ditemukan menyebabkan infeksi pada kulit karena tato adalah bakteri mikobakterium atipik, Mycobacterium leprae (yang menyebabkan kusta), Staphylococcus dan Streptococcus. Sedangkan virus yang pernah ditemukan adalah virus Herpes simplex dan Human papilloma virus (yang menyebabkan kutil k [...]

10 Jenis Aroma yang Baik Untuk Kesehatan Anda

10 Jenis Aroma yang Baik Untuk Kesehatan Anda

Ada beberapa jenis aroma yang bisa memberikan dampak positif pada kesehatan Anda. Sebab, ragam aroma ini mampu membuat perasaan dan kondisi tubuh menjadi lebih baik, segar, dan berenergi. Wangi lavender misalnya, tanpa disadari aromanya tersebut ternyata bisa menenangkan saraf Anda. Selain lavender, kira-kira wewangian apa lagi ya yang diklaim baik untuk kesehatan? Simak di sini, seperti dikutip dari Bold Sky.1. KopiApakah Anda juga menyadari bahwa aroma kopi lebih memikat ketimbang dengan rasanya? Aroma kopi merupakan stimulan untuk memberi energi lebih banyak untuk tubuh Anda dan dapat mengatasi rasa lelah. 2. LavenderAroma lavender mampu menghilangkan stres dan menenangkan saraf. Jika Anda sedang merasa gelisah setelah menghadapi hari yang menegangkan dan penuh dengan tekanan, sebaiknya hiruplah wewangian lavender agar hati dan pikiran Anda menjadi lebih tenang.3. Citrus (Jeruk atau Limau)Wewangian citrus, seperti jeruk atau limau bisa membuat Anda menjadi lebih waspada. Tak hanya itu saja, aroma ini juga mampu membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik karena dapat melawan rasa mual.4. Minyak Kayu PutihApakah hidung Anda tersumbat dan telinga mendengung karena kedinginan? Ada [...]

Durian bagi Kesehatan: Kawan atau Lawan?

Durian bagi Kesehatan: Kawan atau Lawan?

Durian si raja buah tropis ini merupakan buah yang mengandung banyak kontroversi. Tidak semua dapat menikmati bau dan rasanya, namun bagi yang lain, musim buah durian menjadi suatu musim yang ditunggu-tunggu. Penikmat buah durian juga dapat menikmati buah durian dalam produk-produk olahan buah durian yang tidak kalah menggiurkan seperti es krim durian, pancake durian, selai durian, dodol durian dan masih banyak lagi. Lepas dari rasa dan baunya, buah durian kerap menjadi ?kambing hitam? terhadap berbagai masalah kesehatan yang Anda seperti peningkatan kolesterol dan gula darah. Memang belum banyak penelitian yang membahas tentang buah durian, dan masih banyak dibutuhkan penelitian mengenai buah ini. Namun, beberapa penelitian menunjukan bahwa buah durian tidak sepenuhnya buah yang ?jahat?. Mari kita sedikit mengupas tentang buah durian ini. Fakta Durian & Kesehatan Berikut ini adalah beberapa fakta kesehatan tentang durian: Mengandung beberapa antioksidan Buah durian telah diteliti mengandung antioksidan yang diharapkan dapat berguna untuk tubuh dalam mencegah penyumbatan pembuluh darah. Kandungan flavonoid dan polifenol ditemukan paling tinggi dalam d [...]

Studi: Kesepian Bisa Mengganggu Sistem Imun Tubuh

Studi: Kesepian Bisa Mengganggu Sistem Imun Tubuh

Jangan anggap sepele jika Anda kesepian. Menurut studi terbaru, rasa sepi bisa mengganggu sistem daya tahan tubuh dan kesehatan.Sebab, kesepian memacu produksi protein yang menandakan adanya peradangan. Kondisi ini kerap dihubungkan dengan penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, radang sendi, Alzheimer dan mempercepat penuaan."Ini sudah jelas dari penelitian sebelumnya bahwa hubungan asmara yang tidak berjalan dengan baik bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan bahkan kematian yang lebih cepar," ujar Lisa Jaremka, yang memimpin penelitian di Institute for Behavioural Medicine Reseach di Ohio State University, seperti dikutip dari Times of India.Menurut Lisa, penelitian yang dilakukannya sangat penting. Karena kita harus mengerti bagaimana kesepsian dan hubungan asmara memengaruhi kesehatan. "Semakin kita tahu mengenai prosesnya, semakin besar kemungkinan untuk mengatasi efek negatifnya.Hasil penelitian didapat berdasarkan beberapa penelitian yang dikumpulkan dari dua populasi. Yaitu kelompok paruh baya yang kelebihan berat badan dan kelompok survivor kanker payudara.Para peneliti mengukur tingkat kesepian menggunakan Loneliness Scale, kuesioner yang menilai persepsi tenta [...]

Bagaimana Cara Menghilangkan Kulit Kapalan?

Bagaimana Cara Menghilangkan Kulit Kapalan?

Kapalan muncul karena adanya iritasi atau tekanan yang terjadi secara intens di area kulit tertentu. Meski terkesan mengganggu penampilan, keduanya tidak termasuk masalah serius bagi kesehatan Anda. Namun, bukan berarti gangguan tersebut bisa dianggap remeh. Pada kondisi normal, kapalan bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan makin berkurangnya aktivitas pada area yang terserang. Gangguan ini sendiri tidak perlu dihiraukan kecuali sudah menimbulkan ketidaknyamanan. Meski pada sebagian besar orang kapalan bisa hilang tanpa bantuan dokter, tidak demikian pada penderita diabetes. Membiarkan kapalan tetap bersarang bisa mengakibatkan luka terbuka dan terinfeksi yang bisa berujung menjadi gangren. Jika Anda sudah terkena kapalan yang sudah menyakitkan dan tidak kunjung hilang, beberapa tindakan dokter di bawah ini mungkin diperlukan: Memotong bagian yang menebal. Untuk menghilangkan kapalan, dokter bisa memotong kulit yang menebal. Meski terkesan sederhana, jangan lakukan hal tersebut sendiri tanpa pengetahuan yang cukup. Proses ini jika dilakukan dengan cara yang tidak benar dan tanpa alat yang sesuai bisa menyebabkan infeksi. Mengoleskan obat penghilang kapalan. Setelah memoton [...]

4 Tips Menghadapi Kabut Asap

4 Tips Menghadapi Kabut Asap

Dengan mengetahui buruknya pengaruh polusi udara terhadap otak, sudah sewajarnya untuk mengambil suatu tindakan aktif dalam menjaga kesehatan otak. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar otak tetap sehat di tengah tingginya polusi udara (seperti di kota-kota besar) antara lain : Tanam tumbuhan di sekitar rumah. Cara terbaik untuk menjaga otak dari polusi adalah dengan menghilangkan polutan dari udara. Cara termudah yang dapat dilakukan adalah dengan menanam pohon atau tanaman di rumah. Pilih waktu yang tepat untuk berolahraga. Olahraga sebaiknya dilakukan saat kadar polusi udara tidak terlalu tinggi, yaitu pada pagi hari, sebelum kendaraan bermotor banyak beroperasi. Pertimbangkanlah kualitas udara di lingkungan anda sebelum memutuskan untuk berolah raga di tempat terbuka. Kurangi intensitas olahraga di lingkungan dengan kadar polusi yang tinggi. Jika tingginya polusi udara tetap tidak dapat dihindari, pilihlah olahraga dengan intensitas yang lebih ringan saat melakukan olahraga di tempat terbuka, seperti lebih memilih untuk berjalan kaki daripada berlari. Hindari berolahraga di jalanan utama dengan kepadatan kendaraan yang tinggi (macet). Meminimalisasi paparan otak terh [...]

5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

Demi menjaga kesehatan dan berat badan, olahraga tetap penting untuk dilakukan saat bulan puasa. Namun sebagian orang memang banyak yang memilih untuk rehat sejenak dari latihan-latihan berat atau menunggu sampai setelah waktu berbuka. Sebenarnya olahraga di siang hari tidak dilarang. Tapi bagi Anda yang sekiranya tak kuat melakukannya, ada beberapa aktivitas yang cukup bisa menggantikan olahraga. Berikut adalah lima kegiatannya:1. BowlingBowling termasuk salah bentuk olahraga. Namun olahraga ini tidak terlalu melelahkan bahkan menyenangkan sehingga cocok dilakukan ketika berpuasa. Anda bisa melakukan kegiatan ini bersama teman atau keluarga sambil menunggu waktu berbuka. Cara ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif kegiatan berbuka puasa bersama yang tidak membosankan.2. BerkebunBagi Anda yang jarang mengurus sendiri kebun di rumah, mungkin bulan puasa adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Bisa saja Anda jadi gemar berkebun setelah mencoba. Menyirami atau memotong tanaman bisa menjadi olahraga ringan yang bisa Anda lakukan pada pagi hari ketika badan belum terasa terlalu lemas.3. MemasakBanyak keluarga yang menyediakan hidangan spesial pada saat bulan puasa. Meski A [...]

Awas Gagal Ereksi karena Kebanyakan Makan

Awas Gagal Ereksi karena Kebanyakan Makan

Anda penggila kuliner? Hati-hati Anda dapat mengalami kegagalan ereksi karena akibat paparan diabetes. Kebanyakan makan makanan yang tidak menyehatkan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit diabetes, atau akrab dikenal dengan penyakit gula darah. Walau sebagian besar penyandang diabetes, baik perempuan maupun laki-laki, dapat menjalani kehidupan seks yang normal. Namun, diabetes dapat menjadi faktor risiko masalah seks untuk beberapa orang. Masalah yang paling umum ditemukan adalah disfungsi ereksi pada laki-laki (atau impoten) yang menyebabkan ketidakmampuan mempertahankan ereksi. Baik laki-laki maupun perempuan dapat kehilangan libido ketika kadar gula darah tinggi. Diabetes Mengancam Performa Seks Penurunan aliran darah dan kerusakan saraf pada penis merupakan penyebab disfungsi ereksi utama pada laki-laki dengan diabetes. Biasanya dapat ditemukan keadaan lain yang berkaitan dengan kerusakan saraf atau sirkulasi darah, seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol darah yang tinggi, atau penyakit jantung. ?Celakanya, diabetes itu sulit untuk di deteksi dini. Gejala yang muncul itu, seperti luka susah sembuh, kesemutan, tangan dan kaki bengkak, sering p [...]

6 Mitos Menstruasi

6 Mitos Menstruasi

Kita sering mendengar banyak mitos tentang menstruasi yang beredar di masyarakat, seperti minum air es dapat mempengaruhi menstruasi, minum minuman bersoda dapat memperlancar menstruasi atau tidak boleh berolahraga saat menstruasi. Apakah mitos-mitos tersebut benar? Berikut ini adalah penjelasan secara medis mengenai mitos-mitos tersebut. Menstruasi dapat dipengaruhi dengan minuman dingin Hal ini tidak benar. Siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Keseimbangan hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis. Minuman dingin tidak mempengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak mempengaruhi siklus menstruasi, baik memperlancar maupun menghambat menstruasi. Mitos Menstruasi yang Salah 2. Menstruasi dapat dipengaruhi dengan minuman bersoda Hal ini tidak benar. Penelitian hingga saat ini memang menunjukkan bahwa minuman bersoda memang memiliki nilai nutrisi yang rendah, namun belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa minuman bersoda dapat memperlancar maupun menghambat menstruasi. Namun, konsumsi minuman bersoda yang rutin dalam jangka panjang harus diwaspadai karena dapa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *