Waspada Suntikan Kolagen Liar

kolegen.jpg

Dewasa ini tidak sedikit salon kecantikan yang menawarkan jasa penyuntikan kolagen kepada para konsumennya. Masyarakat semakin dimudahkan dalam merevisi tampilan tubuh secara instan demi memuaskan usaha tampil cantik secara estetika.

Namun tak pelak lagi, fenomena tersebut menambah marak juga salon kecantikan yang memberikan jasa penyuntikan kolagen tanpa ada standar keamanan medis dalam penatalaksanaannya demi mengejar keuntungan semata yang notabene, justru membahayakan nyawa para konsumen.

Mungkin masih teringat beberapa tahun lalu mengemukanya kasus kematian Hilda Pasman, betapa kejamnya para penyedia jasa ?cantik ekspres liar? merebut hak jaminan keamanan dan keselamatan jiwa para konsumen.

Faktor lain yang membuat praktek suntik kolagen liar menjamur di berbagai pelosok kota besar di Indonesia adalah salah satunya faktor ekonomis. Pun, di tempat penyedia jasa suntik kolagen liar memberikan biaya yang jauh lebih murah ketimbang jasa suntik kolagen resmi.

Semakin didukung pula, bahan material yang mendukung proses penyuntikan semakin mudah didapatkan secara liar pula di toko-toko yang menyediakannya. Jika dahulu diperlukan standarisasi yang rumit untuk mendapatkan bahan-bahan pendukung penyuntikan kolagen, maka kini cukup birokrasi uang yang berbicara.

Telusuri lebih dalam khazanah seputar proses penyuntikan kolagen pada tubuh manusia dalam penjabaran paragraph berikut ini.

Definisi Kolagen

Kolagen adalah protein alami yang ditemukan di tulang, tulang rawan, kulit dan tendon. Di dalam tubuh manusia terdiri dari 27 jenis kolagen. Kolagen yang ditemukan di daerah kulit adalah kolagen yang digunakan untuk kekencangan dan elastisitas kulit.

Dengan berjalannya waktu,jumlah kolagen menurun sehingga elastisitas kulit juga menurun sehingga mulai terbentuk kerutan dan kantong (?sag?). Banyak orang melawan proses penuaan dengan melakukan penyuntikan Kolagen untuk mengganti jumlah kolagen alami yang menurun. Sejak diketemukannya protein alami ini, banyak perawatan yang dilakukan akibat efek samping yang terjadi oleh peggunaan kosmetik.

Proses penyuntikan kolagen sangat tidak direkomendasikan untuk dilakukan bagi orang masih berusia dibawah 35 tahun. Proses penyuntikan kolagen dapat dilakukan pada orang yang berada kisaran usia antara 35 hingga 60 tahun.

Kebanyakan untuk meminimalkan garis tawa yang dalam, membentuk bentuk bibir, sekitar mulut dan dahi dimana kerut sering terjadi. Pada pasien dengan usia tua juga dapat diuntungkan dengan penyuntikan kolagen ini yaitu dengan bertambahnya fleksibilitas kulit.

Memang, dibandingkan dengan biaya jasa operasi plastik, penyuntikan kolagen jauh lebih murah. Tahapan prosedur dalam penatalaksanaanya pun dilakukan dengan lebih singkat, sekitar 30 -60 menit. Dan yang paling menarik, pasien bisa langsung kembali ke rumah setelah penyuntikan tanpa melalui derita panjang pasca prosedur.

Ada 2 macam kolagen filler yang digunakan untuk prosedur kosmetik yaitu BOVIN dan HUMAN yang merupakan dasar dari filler. Sejak banyak orang yang alergi terhadap filler yang terbuat dari sapi, sehingga Dokter banyak menggunakan Filler jenis Bovin (dan ini yang sering digunakan).

Proses Penyuntikan Kolagen

Kenyataannya prosedur penyuntikan kolagen mudah. Pelaksanaan penyuntikan dilakukan di dalam ruang praktek Dokter sekitar 30-60 menit. Penyuntikan dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik dan biasanya bertujuan untuk mengurangi kerut dan garis wajah. Dalam beberapa hari, biasanya pasien akan melihat adanya perbaikan pada penampilan wajahnya, sedangkan pembengkakan dan kemerahan yang terjadi akibat penyuntikan tersebut pada wajah akan hilang.

Banyak orang yang tidak peduli terhadap penyuntikan kolagen. Pada dasarnya penyuntikan kolagen dapat membentuk bentuk bibir, mengurangi kerut disekitar garis tawa, dahi, tumit sekitar mata, scar (jaringan parut), dan dampak yang disebabkan pemakaian kosmetik.

Kebanyakan, penyuntikan kolagen bertujuan untuk menambah volume bibir, menghaluskan garis wajah dan kerut. Penggunaan kosmetik yang berlebihan dapat membuat garis wajah dan kerut tampak dalam.

Penyuntikan kolagen telah banyak digunakan pada dekade terakhir yang bertujun untuk menolong mempertahanankan penampilan tampak lebih muda. Suntikan kolagen aman dan bukan operasi plastik dan dapat untuk menghilangkan garis wajah dan jaringan parut (scar), atau membuat bagian tubuh tertentu menjadi lebih baik.

Suntikan Kolagen sebaiknya dilakukan oleh dokter bedah plastik, dan digunakan untuk :

  • Membuat kulit lebih halus
  • Mengurangi jumlah kerut dan garis wajah
  • Mempertegas garis bibir
  • Membentuk bentuk bibir
  • Mengisi lubang bekas acne
  • Secara menyeluruh membuat penampilan menjadi lebih muda dan segar.

Keuntungan penyuntikan kolagen tidak hanya terbatas penampilan fisik saja, tapi juga secara psikologi karena penampilan fisik yang lebih baik membuat orang menjadi lebih percaya diri dan meningkatkan citra diri.

Resiko & Kemungkinan Komplikasi Penyuntikan Kolagen

Penyuntikan kolagen meskipun itu bukan pembedahan, tapi resikonya sama dengan prosedur operasi bedah plastik. Resiko yang bisa terjadi :

  • Infeksi bakteri
  • Reaksi obat-obatan anestesi seperti lidokain
  • Reaksi alergi terhadap kolagen yang akan disuntikan. Orang yang allergi terhadap injeksi kolagen jenis Bovin sebaiknya tidak melakukan penyuntikan kolagen.
  • Kemerahan
  • Pembengkakan
  • Gatal
  • Abses
  • Pengelupasan
  • Jaringan parut

Kontra Indikasi penyuntikan kolagen pada :

  • Wanita hamil
  • Pasien yang menderita penyakit autoimun
  • Orang yang alergi kolagen

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada penyuntikan kolagen adalah reaksi allergi. Oleh karena itu, prosedur yang harus dilakukan sebelum penyuntikan kolagen adalah test allergi terhadap zat yang akan digunakan.

Walaupun banyak komplikasi yang dapat terjadi setelah penyuntikan, banyak juga keuntungan yang didapat dengan penyuntikan kolagen. Salah satunya mengurangi kerut dan banyak kepuasan lain yang didapat setelah penyuntikan. Untuk melakukan penyuntikan ada baiknya berkonsultasi lebih dulu ke dokter spesialis bedah plastik atau dokter spesialis kulit & kelamin yang memiliki kompetensi tersebut, untuk menentukan apakah hal tersebut baik untuk anda.[](Oleh : dr. Indiradewi H.)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Penyakit Berbahaya yang Bisa Dideteksi dari Mata

6 Penyakit Berbahaya yang Bisa Dideteksi dari Mata

Kondisi mata dapat mendeteksi penyakit di tubuh Anda. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan dan memeriksakan mata secara teratur supaya bisa mengetahui penyakit yang mungkin bersarang di tubuh sejak dini. "Mata adalah salah satu panca indera yang dimanfaatkan dokter untuk melihat pembuluh darah dan arteri tanpa perlu kamera atau operasi," ujar Shantan Reddy, dokter spesialis mata dari New York University Langone Medical Center.Oleh karena itu, dokter mata kerap kali menjadi orang pertama yang menemukan penyakit serius pada pasien. Bahkan, 65 persen dokter mata mampu mengenali pasien yang mempunyai kolesterol tinggi sebelum mengecek kesehatan mereka ke dokter umum. Seperti yang dilansir dari Women?s Health, ada enam macam penyakit yang bisa dideteksi dari mata. 1. Tekanan Darah TinggiAnda mempunyai darah tinggi bila arteri pada mata berwarna keperakan. Lebih dari 20 persen orang yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak menyadarinya. "Kondisi hipertensi bisa dilihat melalui mata karena keadaan itu menyebabkan arteri retina menjadi agak keperakan," papar Reddy. Jika tidak segera diobati, dapat membuat pembuluh darah mengeras yang meningkatkan risiko serangan [...]

Selain Kulit, Sinar UV Juga Berbahaya Bagi Mata & Perlu Dilindungi ‘Sunblock’

Selain Kulit, Sinar UV Juga Berbahaya Bagi Mata & Perlu Dilindungi ‘Sunblock’

Banyak orang yang peduli akan pentingnya perlindungan kulit terhadap bahaya paparan sinar matahari, dengan mengoleskan sunblock atau tabir surya. Namun tampaknya masih sedikit yang tahu kalau sinar UVA dan UVB tidak hanya bisa merusak kulit tapi bagian tubuh lainnya, yaitu mata.Para ahli kesehatan mengatakan, melindungi mata dari sinar matahari sama pentingnya dengan kulit. Seperti halnya kulit yang bisa mengalami sunburn (terbakar sinar matahari), mata juga bisa terkena hal yang sama, yang juga disebut eyeburn. Teriknya sinar matahari bisa membakar permukaan teratas pada mata dan menyebabkan gangguan mata yang serius. "Kita terpapar sinar matahari lebih banyak pada saat musim panas, ketika berada di ketinggian atau perairan yang terbuka. Salju dan air bisa memantulkan cahaya termasuk sinar matahari jadi paparannya lebih banyak dan berbahaya," ujar Raj Das-Bhaumik, seorang konsultan operasi plastik khusus mata di Moorfields Eye Hospital, London, seperti dikutip dari BBC.Raj menambahkan, efek yang timbul akibat paparan sinar matahari pada mata tidak langsung bisa dirasakan, seperti sunburn pada kulit. Tapi jika dibiarkan terus menerus terkena sinarnya tanpa perlindungan, akibatny [...]

2 Bahaya Terbaru Menjadi Perokok Pasif

2 Bahaya Terbaru Menjadi Perokok Pasif

Pengetahuan terus berkembang, berbagai penelitian dilakukan untuk mengamati efek buruk dari merokok dan pengaruh asap rokok terhadap orang lain. Tentu Anda sudah akrab dengan bahaya dari menghisap rokok. Asap rokok mengandung berbagai zat racun yang bersifat toksik bagi tubuh dan sudah terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan keganasan. Bahaya rokok tidak hanya terbatas pada perokok aktif, namun juga pada mereka yang menghisap asap rokok. Terdapat dua penelitian terbaru terkait perokok pasif yang perlu kita ketahui, apa saja itu? Berikut penjelasannya: 1. Bahaya asap rokok bagi anak-anak Bertambah lagi satu penelitian tentang bahaya rokok pada anak-anak. Pada anak dari orang tua yang merokok, terjadi peningkatan ketebalan arteri. Peningkatan ketebalan arteri ini tentu meningkatkan risiko anak untuk terkena berbagai penyakit, khususnya penyakit terkait pembuluh darah jantung. Hal ini khususnya terlihat pada anak dengan kedua orangtua yang merokok. (Baca: Ibu Perokok = Jantung Koroner Pada Calon Bayi Hingga Dewasa). Asap rokok dari hasil rokok orang tua akan memaparkan asap yang beracun pada anak-anak. Anak-anak ini memiliki risiko yang lebih ting [...]

Ladies, Ini Kunci Agar Hidup Bahagia dari Indy Barends dan Indra Bekti

Ladies, Ini Kunci Agar Hidup Bahagia dari Indy Barends dan Indra Bekti

Semua orang tentu ingin hidup bahagia. Namun yang namanya hidup pasti memiliki lika-liku dalam menjalaninya. Menurut psikolog Personal Growth, Ratih Ibrahim, kebahagiaan mempengaruhi lingkungan sekitar Anda. Oleh karena itu berusaha untuk bahagia setiap hari akan memberikan energi positif terhadap orang-orang tersayang."Kebahagiaan merupakan bentuk emosi kuat yang mempengaruhi kondisi orang sekitar kita. Ini suatu jaringan yang menyebar luas selama kita terus bersikap positif," tutur Ratih saat acara pengenalan program baru 97,9 FeMale Radio dengan nama 'Happy Morning' di Torino Cafe, Gunawarman, Jakarta Selatan (13/5/2014).Agar hidup lebih bahagia, Indy Barends dan Indra Bekti berbagi rahasianya terutama untuk para wanita. Indy mengatakan agar selalu bersikap positif dan menjadi diri sendiri. Bekti menambahkan, tidak lupa menumbuhkan rasa semangat untuk menumbuhkan kebahagiaan dalam diri sendiri kemudian membawa perasaan tersebut ke lingkungan sekitar Anda."Happy bukan namanya Happy Salma saja, happy adalah perasaan posifit yang ada di manusia. Kita harus share our happiness, ini sudah jadi motto aku dalam hidup. Kita harus happy dulu baru kita bisa membahagiakan orang lain," u [...]

Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat dengan 5 Hal Ini

Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat dengan 5 Hal Ini

Jika Anda merasa sering lupa menaruh barang dan kesulitan mengingat nama orang yang baru saja ditemui, sebaiknya harus waspada karena hal tersebut adalah salah satu tanda dari penurunan daya ingat di usia dini. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kemampuan mengingat Anda. Seperti apa?1. KonsentrasiInformasi yang disampaikan untuk pertama kali biasanya tidak pernah tertanam dengan tepat di dalam ingatan. Untuk itu diperlukan sedikit konsentrasi untuk mengingatnya agar bisa mendapat manfaat lainnya. Pilihlah suasana yang tenang dan nyaman agar terbebas dari gangguan sekitar yang bisa memecah konsentrasi.2. Menulis atau MerekamCara lain untuk membantu diri Anda dalam meningkatkan ingatan adalah dengan menulis atau merekam poin-poin penting pada suatu perbincangan. Menulis terbukti lebih efektif daripada hanya sekedar membaca atau mendengarkan. Selalu siapkan notebook atau alat perekam saat Anda berada di tempat-tempat ramai seperti pusat perbelanjaan atau ketika ingin bertemu rekan bisnis.3. Bagi Berdasarkan KelompokMengorganisir sesuatu berdasarkan kelompoknya membuat memori menghafal lebih muda. Itulah sebabnya kita sering sekali memb [...]

5 Cara Sederhana Untuk Dapatkan Jantung Sehat

5 Cara Sederhana Untuk Dapatkan Jantung Sehat

Setiap orang tentunya ingin memiliki jantung yang sehat. Namun untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Sedari dini, Anda perlu lebih memperhatikan kesehatan, salah satunya dengan lima langkah sederhana ini.Menurut Holly Andersen, direktur pendidikan di rumah sakit NewYork-Presbyterian, ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh setiap tahunnya. Berikut lima cara sederhana tersebut, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Kenali angka AndaAngka disini maksudnya adalah jumlah tekanan darah, kolesterol, tingkat trigliserida. Mengetahui jumlah tersebut merupakan langkah awal yang sangat penting untuk memulai hidup sehat agar mendapatkan jantung kuat.2. Mulailah berjalanBerolahraga merupakan salah satu cara untuk membuat Anda tetap awet muda. Berjalan kaki selama kurang lebih 20 hingga 30 menit setiap minggu, dapat mengurangi kematian dini lebih dari 50 persen.3. Perbanyak tertawaTertawa adalah obat yang paling mujarab. Tertawa 15 menit setara dengan 30 menit latihan aerobik untuk jantung. Tetawa juga sering dikaitkan dengan fungsi sehat pembuluh darah, peningkatan hormon otak yang memperbaiki mood dan pengurangan rasa sakit serta ce [...]

Vegetarian Tingkatkan Intelegensia

Vegetarian Tingkatkan Intelegensia

Tahukah anda memakan vegetarian dapat tingkatkan intelegensia? British Medical Journal menerbitkan hasil penelitian tersebut, di mana penelitian mengukur IQ sejumlah responden pada usia 10 tahun dan kemudian mengikuti perkembangan mereka hingga umur 30 tahun. Data yang ada menunjukkan bahwa mereka yang menjadi vegetarian saat anak-anak memiliki IQ sekitar lima poin lebih tinggi daripada rata-rata orang dewasa yang bukan vegetarian. Mereka yang vegetarian juga lebih cenderung memiliki pekerjaan dan gelar yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan, menurut para peneliti, pola makanan yang kaya sayuran dan buah-buahan mampua mengingkatkan kemampuan otak di antara manfaat kesehatan lain untuk meningkatkan kecerdasan. ?Penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak vegetarian tumbuh lebih tinggi dan memiliki IQ lebih tinggi daripada teman-teman sekolahnya, risiko untuk penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan pengyakit lain juga menurun untuk jangka panjang,? ujar para peneliti. Namun, hasil penelitian ini masih menimbulkan pertanyaan. Apakah anak-anak yang cerdas memutuskan akan menjadi vegetarian ketika dewasa nanti, ataukah mereka menjadi vegetarian agar menjadi lebih cerdas. Mereka yang me [...]

6 Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

6 Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

Terlambat datang bulan atau haid tidak teratur kerap dialami wanita. Selain karena kehamilan, penyebab telatnya menstruasi juga bisa bermacam-macam. Ada yang hanya merupakan gangguan hormon ringan ada pula yang patut diwaspadai karena merupakan pertanda adanya penyakit serius.1. Penurunan Berat Badan yang DrastisBerat badan yang turun drastis dalam waktu singkat bisa berakibat pada telatnya menstruasi. Kondisi gangguan pola makan serius seperti anoreksia dan bulimia adalah penyebab utama orang mengalami penurunan berat badan drastis dan terlambat datang bulan.2. StresDokter spesialis kandungan Alyssa Dweck, M.D., seperti dikutip dari Women's Health menjelaskan bahwa hypothalamus, salah saut bagian dari otak sangat terpengaruh oleh stres. Hypothalamus adalah tempat bernaungnya banyak hormon yang mengatur periode haid. Jadi ketika stres mengganggu kinerja hypothalamus maka produksi hormon pun jadi tak seimbang.3. Gangguan Pada Kelenjar TiroidKelenjar tiroid yang terdapat pada leher berfungsi mengatur metabolisme tubuh Anda. Kelenjar ini juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya. Tapi ketika terjadi ketidakseimbangan pada tiroid, baik it [...]

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Kenapa wanita lebih mudah menangis daripada pria? Ternyata bukan karena sifat wanita yang cengeng, tapi anatomi tubuh dan faktor biologis yang membuatnya begitu. Masih ada beberapa fakta menarik lain tentang wanita yang belum tentu Anda tahu. Simak uraiannya, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Indra Penciuman yang Lebih TajamTahukah Anda, wanita lebih mahir mendeteksi aroma dibandingkan pria? Peneliti indra penciuman Pamela Dalton, PhD, mengatakan bahwa wanita di usia produktif memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengenali aroma meskipun dalam konsentrasi yang paling kecil.Menurutnya, hal ini dikarenakan hormon estrogen yang biasanya lebih tinggi ketimbang remaja perempuan dan wanita usia paruh baya. Peneliti dari Monell Chemical Senses Center, Philadelphia ini juga menemukan kalau wanita bisa mengidentifikasi ketika seseorang --terutama kekasih mereka-- sedang stres hanya dengan mencium aroma pakaiannya.2. Wanita Lebih Merasakan Sakit Daripada PriaSebuah studi baru-baru ini menemukan, ketika pria dan wanita menderita gangguan penyakit yang sama --kanker, sakit punggung atau infeksi-- wanita lebih merasakan sakit yang signifikan. Para peneliti dari Stanford University [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *