Waspada terhadap Kutu Rambut Kemaluan

waspada-terhadap-kutu-rambut-kemaluan-alodokter.jpg

Penting sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan daerah organ intim Anda, khususnya rambut kemaluan. Karena jika tidak, bisa-bisa kutu rambut kemaluan hinggap dan menimbulkan gatal.

Kutu rambut kemaluan berbentuk kepiting dan hinggap dari satu tubuh manusia ke yang lainnya dengan merangkak di antara rambut di tubuh manusia. Tidak hanya hinggap, makhluk kecil ini juga bisa menimbulkan rasa gatal dan infeksi di sekitar rambut kemaluan jika Anda lalai menjaga kebersihannya.

Kutu Rambut Kemaluan

Kutu rambut kemaluan merupakan sejenis serangga kecil yang berbentuk seperti kepiting yang di area rambut kemaluan. Tidak hanya menyerang atau menginfeksi, kutu rambut kemaluan ini juga akan menebarkan telurnya di sekitar rambut kemaluan Anda. Meski namanya kutu rambut kemaluan dan biasanya menyerang rambut di sekitar organ intim, kutu ini juga bisa berada di bagian tubuh lainnya seperti alis, ketiak, bulu kaki, kumis, janggut, atau bulu mata.

Kutu rambut kemaluan ini biasanya terjadi pada orang dewasa. Penularan atau penyebarannya umumnya terjadi melalui kontak seksual. Oleh karena itu, jika anak-anak terinfeksi kutu rambut kemaluan bisa menjadi tanda adanya pelecehan seksual yang terjadi pada anak tersebut.

Selain melalui kontak seksual, kutu rambut kemaluan juga dapat menyebar melalui benda yang digunakan oleh orang yang telah terinfeksi seperti handuk, pakaian, atau seprei. Meski begitu Anda tidak perlu terlalu khawatir, kutu rambut kemaluan ini tidak dapat menular melalui penggunaan toilet. Karena kutu ini tidak memiliki kaki yang dapat bertahan di permukaan yang licin dan tidak dapat hidup jauh dari hangatnya tubuh manusia.

Jika Anda merasa gatal pada sekitar organ intim, dan gatal itu semakin menjadi di saat malam hari, bisa jadi Anda telah terinfeksi kutu rambut kemaluan. Cobalah untuk memeriksa ada atau tidaknya kumpulan telur atau kutu di sekitar rambut kemaluan Anda. Biasanya rasa gatal akan muncul selama 2 ? 4 minggu setelah terinfeksi atau bahkan segera setelah kutu menginfeksi area rambut kemaluan. Selain rasa gatal, gejala lain yang mungkin muncul yaitu luka gigitan di sekitar organ intim, luka bekas garuk, atau kulit yang berubah warna menjadi abu-abu kebiruan.

Cara Mengatasi Kutu Rambut Kemaluan

Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, hal pertama yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah antara lain:

  • Mencuci bersih pakaian, seprei, atau handuk yang digunakan dengan menggunakan sabun dan air hangat setidaknya 540 Celcius atau lebih. Lalu keringkan selama 20 menit dengan suhu panas. Jika ada benda yang tidak dapat dicuci, cobalah untuk meletakkannya di dalam kantung kedap udara selama 2 minggu.
  • Gunakan shampo atau lotion pembunuh kutu, ulangi dalam waktu 7 hingga 10 hari kemudian untuk membasmi telur-telur yang mungkin tidak mati saat pemberian pertama. Shampo atau lotion ini bisa Anda temukan di apotik, namun sebelum membeli atau menggunakannya, disarankan untuk mengonsultasikan terlebih dahulu kepada apoteker.

Meski sudah menggunakan shampo atau lotion yang dapat membunuh kutu, terkadang kutu rambut kemaluan memiliki kemungkinan untuk kebal terhadap pembunuh kutu. Disarankan konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan pengobatan yang lebih tepat.

Jika obat yang diberikan tetap tidak mempan, kemungkinan dokter akan meresepkan lindane yang biasa diberikan setelah pengobatan lain tidak berhasil. Namun, obat ini tidak dapat diberikan pada ibu menyusui, wanita hamil, dan anak di bawah 2 tahun.

Disarankan untuk kembali memeriksakan diri ke dokter setelah satu minggu pengobatan atau setelah Anda merasa kutu di sekitar organ intim Anda sudah mati. Dokter akan memastikan telur kutu rambut kemaluan benar-benar hilang dan kutu tidak akan kembali membuat organ intim Anda gatal.

Anda juga akan diperiksa lebih lanjut untuk menemukan adanya infeksi penyakit menular seksual seperti chlamydia. Karena kutu rambut kemaluan lebih umum terjadi pada mereka yang mengidap penyakit menular seksual.

Jika Anda terinfeksi kutu rambut kemaluan, disarankan untuk membicarakan hal tersebut dengan pasangan Anda. Karena pasangan Anda kemungkinan juga akan membutuhkan perawatan kutu rambut kemaluan.

Menjaga kebersihan dan kesehatan area organ intim tidak boleh diabaikan. Karena tidak hanya masalah kutu rambut kemaluan, organ intim yang tidak bersih juga dapat memicu masalah kesehatan lainnya. konsultasikan kepada dokter jika Anda menemukan adanya kutu rambut kemaluan pada organ intim Anda, agar mendapatkan pengobatan yang tepat dan kutu rambut kemaluan dapat hilang dengan tuntas.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Manfaat Berjalan Kaki untuk Kesehatan

5 Manfaat Berjalan Kaki untuk Kesehatan

Berjalan kaki biasanya dianggap sebagai solusi untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kalori. Namun ternyata, manfaat berjalan kaki tidak sebatas membuat tubuh lebih langsing saja. Berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit tiap harinya memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Ini dia lima alasan mengapa berjalan kaki harus menjadi kebiasaan Anda, seperti yang dikutip dari Lifemojo.1. Mudah untuk memulainyaUntuk memulai berjalan kaki, Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu lari saja. Anda bisa berjalan di taman, teras, atau di atas treadmill dan kapan saja, pagi, siang, sore atau bahkan larut malam setelah makan malam. Mulailah berjalan selama 10 hingga 15 menit, kemudian tingkatkan waktu Anda secara bertahap.2. Meningkatkan kemampuan otak Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh National Council of Aging menyimpulkan bahwa berjalan kaki 45 menit tiap harinya dapat membuat otak lebih tajam dan meningkatkan kewaspadaan.3. Membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan strokeBerjalan selama 30 hingga 45 menit setiap hari bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu meregulasi denyut jantung. Hal ini juga baik dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kol [...]

4 Gaya Hidup Sehat untuk Kurangi Risiko Kanker Payudara

4 Gaya Hidup Sehat untuk Kurangi Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti terutama bagi kalangan wanita. Menurut World Cancer Report, kanker payudara merupakan jenis kanker paling sering ditemukan pada satu dari lima wanita di dunia.Sementara berdasarkan data di Kementerian Kesehatan, dari sekian banyak kanker yang menyerang penduduk Indonesia, kanker serviks dan payudara paling tinggi kasusnya di seluruh rumah sakit. Baik dilihat dari segi terjangkitnya maupun dari sudut angka kematian. Penyebab kanker payudara umumnya diduga karena faktor keturunan. Namun sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa faktor genetik hanya 'menyumbang' 5-10 persen dari seluruh kasus kanker yang ada. Artinya, pemicu kanker lebih disebabkan oleh faktor eksternal seperti diet dan gaya hidup tidak sehat. Dengan mengikuti gaya hidup sehat, maka bisa mengurangi risiko terkena kanker secara signifikan. Ini beberapa langkah yang bisa dilakukan wanita untuk terhindar dari ancaman kanker payudara, seperti dikutip dari Female First.1. Tetap AktifPara peneliti di Oxford University, Inggris menemukan bahwa rutin fitnes dengan intensitas sedang dan tinggi selama 4-7 jam seminggu bisa menurunkan risiko terkena kanker payudar [...]

7 Cara Medis Agar Mata Tetap Fresh

7 Cara Medis Agar Mata Tetap Fresh

Aktivitas keseharian seringkali membuat performa mata menjadi menurun. Dari membaca, paparan layar monitor TV dan komputer, paparan debu, silaunya matahari dan sederet paparan lainnya yang dapat menurunkan kemampuan performa mata. Mata menjadi cepat lelah, penglihatan mengabur, dan lain sebagainya. Bagaimana mengatasinya? Ikut tips-tips sehat berikut ini: Istirahatkan Mata dari Komputer Selama 20 detik Terus melihat layar komputer atau layar digital apapun tidak dapat merusak mata Anda, namun dapat membuat mata Anda menjadi lelah dan kering. Saat kita melihat layar, mata akan berkedip lebih banyak. Oleh karena itu ikuti teknik 20/20/20 ini, setiap 20 menit lihat paling tidak 20 kaki (6 meter) jauhnya selama 20 detik. Jangan lupa untuk meletakkan layar 25 inci (60 cm) dibawah pandangan mata. Gunakan Kacamata Hitam Radiasi sinar ultraviolet dapat merusak mata seperti merusak kulit. Efeknya dapat menumpuk sehingga dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti katarak, luka pada kornea, bahkan kanker dari kelopak mata. Maka dari itu saat Anda sedang berada diluar usahakan menggunakan kacamata hitam atau kontak lens yang dapat menghalangi 99% hingga 100% dari sinar UV-A dan UV [...]

5 Makanan untuk Sperma Sehat

5 Makanan untuk Sperma Sehat

Kesehatan seorang dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, termasuk kesehatan sperma. Jika Anda dalam program untuk mendapatkan keturunan secepatnya, maka 5 menu makanan berikut ini cocok untuk pasangan pria. (Baca: 6 Tips Mempercepat Kehamilan). Meskipun banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan dan kesuburan sperma, terdapat beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan sperma Anda. (Baca: 5 Tips Sperma Sehat) Mari kita simak makanan apa saja yang baik untuk kesehatan sperma. 1. Tiram / Oyster Oyster atau tiram merupakan makanan yang kaya akan kandungan zinc. Sedangkan sperma juga terdiri dari zync. Dengan memakan tiram maka produksi sperma dapat meningkat. Penelitian menunjukkan, asupan seng yang rendah berkaitan dengan infertilitas pria. Selain itu, kandungan mineral seng dalam tiram memiliki efek antivirus. Meski penelitian belum dapat menjelaskan prosesnya, mineral seng terbukti berperan besar dalam sistem imun, termasuk dalam penyembuhan luka. 5 Makanan untuk Sperma Sehat 2. Kacang-kacangan Makanan ini dapat meningkatkan jumlah sperma. Selain itu, pola makan yang kaya akan kacang-kacangan, seperti pola makan daerah Mediterania, juga dapat menurun [...]

4 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

4 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Oleh: dr. Jessica Florencia Bulan Suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang dinanti-nantikan seluruh umat muslim di dunia. Mulai dari subuh hingga magrib, seluruh umat muslim menahan lapar dan haus sebagai ibadah kepada Yang Maha Kuasa. Puasa Ramadhan sendiri dapat memberikan dampak kesehatan yang sangat beragam. Namun, bahaya pun mengintai jika puasa tidak dilakukan dengan sehat dan benar. Terutama jika konsumsi makanan saat sahur dan berbukatidak diwaspadai. Beberapa manfaat berpuasa yang baik bagi kesehatan adalah: 1. Penurunan kadar kolesterol dalam darah. Ketika berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh melainkan juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan berpengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh. 2. Penurunan berat badan yang baik. Selain bermanfaat bagi kontrol tekanan darah dan kendali kadar gula darah bagi penderita diabetes, seiring dengan terbakarnya lemak tubuh maka akan terjadi juga penurunan berat badan yang akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap tekanan daran dan kadar gula darah tubuh. 3. Proses detoksifikasi. Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun y [...]

Bebas Kolestrol dan Mencegah Kanker, Ini 7 Manfaat Minum Susu Almond

Bebas Kolestrol dan Mencegah Kanker, Ini 7 Manfaat Minum Susu Almond

Mengonsumsi susu hewani bermanfaat untuk kesehatan, namun ada beberapa orang yang tidak bisa meminum susu karena intoleransi laktosa yang dialaminya. Sebagai penggantinya, hadir beberapa jenis susu alternatif yang terbuat dari kacang-kacangan seperti kedelai, almond, mete, hazelnut, dan macadamia.Ternyata, kacang-kacangan dibuat melalui proses penambahan air, diblender dihancurkan dan disaring hingga teksturnya mirip seperti tekstur susu pada umumnya ini juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan susu hewani. Apa saja?1. Bebas KolestrolDipaparkan oleh ahli gizi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, susu kacang atau yang sering juga disebut dengan sari nabati tidak mengandung kolestrol yang berpotensi menimbulkan banyak penyakit. "Sari nabati juga mengandung banyak serat. Sekarang ini mengonsumsi serat lebih banyak memang sangat diupayakan untuk menghindari penyakit stroke," tuturnya saat dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015).Menurut American Heart Association, tidak hanya bebas kolestrol, susu almond yang mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats) ini berguna untuk kesehatan jantung. Penelitian yang diterbitkan pada Current Atherosclerosis Reports mengatakan bahwa kacang [...]

Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut!

Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut!

Banyak teori yang berpendapat bahwa susah tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan, namun saat ini telah ditemukan teori baru yang berpendapat sebaliknya. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ?sleep deprivation? atau kurangnya tidur sangat erat kaitannya dengan obesitas dan ada penelitian yang melaporkan bahwa individu dengan berat badan berlebih cenderung lebih susah untuk tidur pulas. Penelitian yang dilakukan di John Hopkins University School of Medicine melaporkan dalam 2012 American Heart Association Scientific Sessions di Los Angeles bahwa penurunan berat badan melalui diet atau kombinasi dari diet dengan olahraga dapat membantu masalah susah tidur atau dapat membuat tidur lebih nyaman. Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut! Penelitian yang dilakukan di John Hopkins ini berlangsung selama 6 bulan, dengan mengikuti 77 subjek dengan berat badan berlebihan atau subjek dengan obesitas yang menderita diabetes tipe 2 atau prediabetes. Pada permulaan dan akhir dari studi, para subjek mengisi survei dengan pertanyaan berkisar antara gangguan tidur. Peneliti juga mengukur IMT (Indeks Masa Tubuh) untuk mengikuti perubahan berat badan masing-masing sub [...]

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Pernahkah Anda mengalami tenggorokan sakit, gatal, kering, sakit ketika menelan, kadang disertai batuk? Tentu semua gejala tersebut sangat mengganggu. Sakit tenggorokan merupakan gejala utama dari faringitis atau radang tenggorokan. Penyebab terseringnya adalah infeksi virus seperti influenza atau common cold. Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus umumnya bisa membaik dengan sendirinya tanpa perlu obat-obatan. Sedangkan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri memerlukan antibiotik untuk mencegah munculnya komplikasi. Penyebab lainnya adalah alergi, iritam, gastroesophageal reflux disease (GERD), tumor, dan udara kering. Pengobatan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh selain virus dan bakteri disesuaikan dengan diagnosis penyakitnya. Untuk diagnosis pasti diperlukan pemeriksaan fisik menyeluruh oleh dokter dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan, seperti pemeriksaan darah lengkap, tes alergi, rontgen dada, dan sebagainya. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi keluhan sakit tenggorokan, selengkapnya di halaman selanjutnya: Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan di ru [...]

Ini lho, Manfaat Protein Sebenarnya

Ini lho, Manfaat Protein Sebenarnya

Oleh: dr. Adithia Kwee Sudah tidak sedikit sumber yang menyampaikan betapa pentingnya protein. Tapi tahukah Anda apa manfaat protein sebenarnya untuk tubuh kita? Inilah beberapa fungsi protein untuk tubuh kita: Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga angka kecukupannya harus sangat diperhatikan. Hampir semua proses kimia dalam tubuh membutuhkan protein. Berbagai molekul kecil dan ion-ion dalam tubuh diangkut oleh protein. Koordinasi keempat anggota gerak kita membutuhkan protein. Antibodi dalam tubuh kita yang berguna untuk menyerang bakteri dan virus yang masuk juga berupa protein. Protein juga berfungsi untuk menyediakan bahan-bahan yang penting peranannya untuk pertumbuhan dan memelihara jaringan tubuh, serta mengatur kelangsungan proses di dalam tubuh. Protein juga sebagai sumber energi jika keperluannya tidak dapat dipenuhi oleh karbohidrat dan lemak, untuk pembentukan dan perbaikan sel dan jaringan, serta untuk membantu proses penyembuhan luka. Begitu banyak kegunaan protein untuk tubuh. Dapat terbayang apa yang akan terjadi bila tubuh kita kekurangan protein. Kebutuhan protein harus dipenuhi melalui asupan makanan kaya protein. Kebutuh [...]

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu

Pernah merasa gigi ngilu saat menyantap es krim atau menyikat gigi? Bisa jadi Anda mengalami gigi sensitif. Gigi yang terasa ngilu atau disebut juga gigi sensitif mengakibatkan aktivitas sederhana sehari-hari seperti makan, minum, dan menyikat gigi menjadi menyakitkan. Namun dengan mendeteksi penyebabnya, kondisi ini dapat diatasi. Kenapa Gigi dapat Menjadi Sensitif? Gigi terasa ngilu atau gigi sensitif umumnya disebabkan karena terkikisnya lapisan email atau karena terpaparnya akar gigi. Gigi Anda menjadi sensitif ketika gusi terbuka, sehingga dentin, lapisan di bawahnya, terpapar berbagai rangsangan. Dentin terdiri dari bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju saraf pusat gigi. Kondisi ini menyebabkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras dapat memicu rasa ngilu. Faktor lain yang dapat menjadi pemicu gigi ngilu adalah: Lubang pada gigi. Gigi berlubang dapat menjadi tempat bakteri bersarang. Efek samping karena prosedur yang dijalankan di dokter gigi seperti pemutihan gigi. Radang pada gusi (gingivitis). Menyikat gigi terlalu kencang. Penumpukan plak. Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam. Mengusir Ngilu Gigi Memeriksakan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *