Waspada terhadap Kutu Rambut Kemaluan

waspada-terhadap-kutu-rambut-kemaluan-alodokter.jpg

Penting sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan daerah organ intim Anda, khususnya rambut kemaluan. Karena jika tidak, bisa-bisa kutu rambut kemaluan hinggap dan menimbulkan gatal.

Kutu rambut kemaluan berbentuk kepiting dan hinggap dari satu tubuh manusia ke yang lainnya dengan merangkak di antara rambut di tubuh manusia. Tidak hanya hinggap, makhluk kecil ini juga bisa menimbulkan rasa gatal dan infeksi di sekitar rambut kemaluan jika Anda lalai menjaga kebersihannya.

Kutu Rambut Kemaluan

Kutu rambut kemaluan merupakan sejenis serangga kecil yang berbentuk seperti kepiting yang di area rambut kemaluan. Tidak hanya menyerang atau menginfeksi, kutu rambut kemaluan ini juga akan menebarkan telurnya di sekitar rambut kemaluan Anda. Meski namanya kutu rambut kemaluan dan biasanya menyerang rambut di sekitar organ intim, kutu ini juga bisa berada di bagian tubuh lainnya seperti alis, ketiak, bulu kaki, kumis, janggut, atau bulu mata.

Kutu rambut kemaluan ini biasanya terjadi pada orang dewasa. Penularan atau penyebarannya umumnya terjadi melalui kontak seksual. Oleh karena itu, jika anak-anak terinfeksi kutu rambut kemaluan bisa menjadi tanda adanya pelecehan seksual yang terjadi pada anak tersebut.

Selain melalui kontak seksual, kutu rambut kemaluan juga dapat menyebar melalui benda yang digunakan oleh orang yang telah terinfeksi seperti handuk, pakaian, atau seprei. Meski begitu Anda tidak perlu terlalu khawatir, kutu rambut kemaluan ini tidak dapat menular melalui penggunaan toilet. Karena kutu ini tidak memiliki kaki yang dapat bertahan di permukaan yang licin dan tidak dapat hidup jauh dari hangatnya tubuh manusia.

Jika Anda merasa gatal pada sekitar organ intim, dan gatal itu semakin menjadi di saat malam hari, bisa jadi Anda telah terinfeksi kutu rambut kemaluan. Cobalah untuk memeriksa ada atau tidaknya kumpulan telur atau kutu di sekitar rambut kemaluan Anda. Biasanya rasa gatal akan muncul selama 2 ? 4 minggu setelah terinfeksi atau bahkan segera setelah kutu menginfeksi area rambut kemaluan. Selain rasa gatal, gejala lain yang mungkin muncul yaitu luka gigitan di sekitar organ intim, luka bekas garuk, atau kulit yang berubah warna menjadi abu-abu kebiruan.

Cara Mengatasi Kutu Rambut Kemaluan

Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, hal pertama yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah antara lain:

  • Mencuci bersih pakaian, seprei, atau handuk yang digunakan dengan menggunakan sabun dan air hangat setidaknya 540 Celcius atau lebih. Lalu keringkan selama 20 menit dengan suhu panas. Jika ada benda yang tidak dapat dicuci, cobalah untuk meletakkannya di dalam kantung kedap udara selama 2 minggu.
  • Gunakan shampo atau lotion pembunuh kutu, ulangi dalam waktu 7 hingga 10 hari kemudian untuk membasmi telur-telur yang mungkin tidak mati saat pemberian pertama. Shampo atau lotion ini bisa Anda temukan di apotik, namun sebelum membeli atau menggunakannya, disarankan untuk mengonsultasikan terlebih dahulu kepada apoteker.

Meski sudah menggunakan shampo atau lotion yang dapat membunuh kutu, terkadang kutu rambut kemaluan memiliki kemungkinan untuk kebal terhadap pembunuh kutu. Disarankan konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan pengobatan yang lebih tepat.

Jika obat yang diberikan tetap tidak mempan, kemungkinan dokter akan meresepkan lindane yang biasa diberikan setelah pengobatan lain tidak berhasil. Namun, obat ini tidak dapat diberikan pada ibu menyusui, wanita hamil, dan anak di bawah 2 tahun.

Disarankan untuk kembali memeriksakan diri ke dokter setelah satu minggu pengobatan atau setelah Anda merasa kutu di sekitar organ intim Anda sudah mati. Dokter akan memastikan telur kutu rambut kemaluan benar-benar hilang dan kutu tidak akan kembali membuat organ intim Anda gatal.

Anda juga akan diperiksa lebih lanjut untuk menemukan adanya infeksi penyakit menular seksual seperti chlamydia. Karena kutu rambut kemaluan lebih umum terjadi pada mereka yang mengidap penyakit menular seksual.

Jika Anda terinfeksi kutu rambut kemaluan, disarankan untuk membicarakan hal tersebut dengan pasangan Anda. Karena pasangan Anda kemungkinan juga akan membutuhkan perawatan kutu rambut kemaluan.

Menjaga kebersihan dan kesehatan area organ intim tidak boleh diabaikan. Karena tidak hanya masalah kutu rambut kemaluan, organ intim yang tidak bersih juga dapat memicu masalah kesehatan lainnya. konsultasikan kepada dokter jika Anda menemukan adanya kutu rambut kemaluan pada organ intim Anda, agar mendapatkan pengobatan yang tepat dan kutu rambut kemaluan dapat hilang dengan tuntas.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Trik Melakukan Perawatan Rambut Kering

Trik Melakukan Perawatan Rambut Kering

Kondisi rambut sangat memengaruhi suasana hati kaum hawa. Ketika memiliki rambut sehat berkilau, para wanita akan merasa cantik dan percaya diri. Namun berbeda jika mereka memiliki rambut kering yang rusak. Ujung rambut yang bercabang, terlihat kusam, dan berbentuk megar bisa merusak mood. Jangan biarkan rambut kering terus-menerus mengganggu penampilan Anda. Atasi segera dengan menjalani perawatan khusus untuk rambut kering. Rambut kering disebabkan oleh kelembapan rambut yang berkurang. Ada dua faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Pertama, kulit kepala tidak bisa memproduksi minyak yang cukup sehingga membuat rambut kering. Hal itu bisa terjadi karena faktor usia. Makin berumur, rambut Anda akan memproduksi minyak lebih sedikit. Penyebab kedua, karena kutikula, lapisan pelindung rambut, telah rusak. Kutikula rambut yang rusak disebabkan oleh terlalu sering menata rambut dengan pengering rambut atau catok, mengubah tampilan rambut seperti mengeriting, meluruskan, atau mengecatnya. Jika sudah rusak, kutikula akan mengelupas dari rambut sehingga membuat kemampuan kutikula untuk menahan kelembapan rambut terganggu. Ucapkan Selamat Tinggal pada Rambut Kering Sebenarnya memiliki ram [...]

5 Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

5 Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Ketika mendengar kata kolesterol, yang terbayang di pikiran sebagian besar orang adalah 'sumber penyakit'. Tapi ada jenis kolesterol baik yang dinamakan HDL (High Density Lipoprotein). Kolesterol ini tidak mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah.Idealnya, kadar kolesterol baik harus lebih banyak daripada kolesterol jahat. Namun banyak yang belum tahu kalau kadar kolesterol ini bisa ditingkatkan. Ini dia beberapa caranya, seperti dikutip dari Women's Health.1. OlahragaRutin berolahraga membantu meningkatkan produksi HDL, yaitu kadar kolesterol baik dalam tubuh. Anda bisa memilih aktivitas fisik yang dimau. Misaknya latihan aerobik selama 30 menit, tiga hingga empat kali seminggu.2. Berhenti MerokokPerokok berat atau merokok hanya untuk iseng, segera hentikan kebiasaan jelek itu. Sekecil apapun asap rokok yang dihisap, bisa menghambat produksi kolesterol baik dari liver.3. Turunkan Berat BadanKegemukan merupakan pemicu tingginya tingkat kolesterol. Jika indeks massa tubuh lebih dari 25, segera cari cara yang sehat untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya mendapatkan berat badan ideal, tapi juga meningkatkan koles [...]

7 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

7 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan karena memiliki aroma dan rasa yang enak. Namun, tidak hanya aromanya yang menggoda, ternyata kayu manis juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Seperti yang dilansir Care2, berikut tujuh manfaat kayu manis bagi kesehatan :1. Mengontrol Gula DarahSejumlah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis ternyata dapat mengatur kadar gula darah sehingga kayu manis merupakan makanan yang tepat untuk para penderita diabetes dan hypoglycemic. Kayu manis juga dapat menstabilkan suasana hati dan energi dalam tubuh.2. Mengurangi Kadar Kolesterol JahatKayu manis dapat mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL). Selama ini, LDL dikenal berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke dan obesitas. Dengan mengonsumsi kayu manis, Anda juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.3. Anti InfeksiKayu manis memiliki komponen anti-infeksi yang natural. Dalam beberapa penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan beberapa jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.4. Meringankan Sakit pad [...]

Bayi Batuk dan Kemudian Memegang Telinganya

Bayi Batuk dan Kemudian Memegang Telinganya

Ketika bayi batuk, kemudian memegang atau menarik telinganya, ada kemungkinan mereka menderita alergi atau virus, seperti pilek atau flu. Alergi atau penyakit pernapasan bagian atas dapat menyebabkan tersumbatnya kanal telinga yang dapat menyebabkan infeksi pada telinga. dr William Sears dari website Parenting.com mengatakan bahwa infeksi telinga biasanya disertai dengan gejala alergi atau flu, seperti batuk dan hidung meler. Virus Vs. Alergi; Sering kali sulit bagi orangtua untuk menentukan apakah bayinya memiliki virus atau alergi, karena perbedaannya perbedaan antara keduanya sangat tipis. Dan juga, bayi yang memiliki alergi lebih rentan terserang virus, dan dapat memiliki kedua masalah tersebut secara bersamaan. Hidung meler dan berair secara teratur, biasanya berarti alergi, sedangkan lendir disertai demam mungkin menandakan pilek. Banyak gejala flu mirip dengan pilek. Tapi sakit kepala, semua rasa sakit, kelelahan dan menggigil adalah tanda-tanda klasik dari flu. Situs The Baby Center mencatat bahwa jika hidung tersumbat dan batuk terjadi 'jauh sebelum' demam, pilek adalah diagnosis yang paling mungkin. Satu hal yang perlu Anda waspadai, jika pilek batuk yang dialami anak dii [...]

5 Tips Sehat Makan Fast Food

5 Tips Sehat Makan Fast Food

Oleh: dr. Nadia Octavia Tidak jarang kita dihadapi situasi terpaksa makan fast food. Antara kebutuhan pokok namun memikirkan konsekuensinya pada kenaikan berat badan dan kesehatan. Jangan khawatir, berikut 5 tipsnya: Pilih ukuran porsi kecil Jika restoran cepat saji menawarkan berbagai ukuran porsi, pilihlah porsi paling kecil. Sebagai contoh satu hamburger ukuran besar dengan 2 potong daging memiliki kurang lebih 800 kalori dan 40 gram lemak. Sebagai alternatif Anda dapat memesan hamburger ukuran kecil atau porsi anak. Anda dapat memangkas 200-300 kalori. Pilih side dish yang lebih sehat Sebagai contoh, dibandingkan memesan seporsi kentang goreng, Anda dapat memesan salad atau kentang rebus. Anda juga dapat menambahkan buah dan sayuran ke dalam menu makanan Anda. Go green Ketika Anda memesan salad, Anda dapat menambahkan ayam panggang, udang atau sayuran dengan pilihan saus rendah lemak atau tanpa saus sama sekali. Hati-hati juga dengan tambahan keju, potongan daging dan roti karena akan meningkatkan jumlah kalori Anda dengan cepat. Bahkan jika Anda hanya mengonsumsi salad tanpa tambahan saus, kalori yang masuk hanya 300 kalori saja. Pilih menu yang dipanggang Mak [...]

3 Makanan untuk Tingkatkan Semangat & Energi di Pagi Hari

3 Makanan untuk Tingkatkan Semangat & Energi di Pagi Hari

Sarapan sangat penting untuk menyediakan energi dan konsentrasi sepanjang hari. Oleh karena itu pemilihan makanan sangat penting untuk diperhatikan agar Anda lebih semangat dan siap hadapi hari.Banyak ahli yang mengatakan bahwa waktu makan yang paling penting adalah sarapan. Sarapan sehat akan memberikan kekuatan otak yang membuat Anda berenergi sepanjang hari. Dilansir Livestrong, berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan energi di pagi hari.1. Makanan Tinggi SeratSerat adalah bagian penting dari sarapan sehat karena dapat mengisi dan memberi Anda energi selama berjam-jam. Makanan yang tinggi serat misalnya oatmeal, roti gandum, buah kering dan kismis untuk sereal peningkat asupan serat.2. Makanan Tinggi ProteinProtein bekerja dengan mengatur gula darah sehingga dapat mempertahankan energi sepanjang pagi. Makanan tinggi protein misalnya telur, produk susu seperti yoghurt, susu rendah lemak dan keju rendah lemak, roti dengan selai kacang, sosis yang tidak diawetkan, ayam atau ham.3. Buah-buahanBuah adalah pilihan yang baik untuk sarapan karena memberikan sesuatu yang manis dan juga memberi energi. Buah juga membuat sarapan makin mudah karena ada begitu banyak pilihan yang [...]

4 Penyebab Hipertensi di Usia Muda

4 Penyebab Hipertensi di Usia Muda

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dikenal lama cukup banyak menyerang hanya pada usia tua. Wajar saja, hal ini dapat disebabkan oleh menurunnya fungsi pembuluh darah yang sudah berkurang keelastisitasannya, juga dapat dipengaruhi oleh tingginya asupan garam. Namun ternyata hipertensi juga dapat menyerang anak dan remaja. Hipertensi pada anak usia 13?18 tahun biasanya tidak menimbulkan gejala apapun dan biasanya diketahui saat si anak menjalani pemeriksaan kesehatan rutin. Faktor apa saja yang dapat menyebabkan hipertensi pada remaja? Halaman selanjutnya penjelasannya: Faktor Penyebab Hipertensi Usia Muda #1: Berat Badan Pada remaja dengan hipertensi, ternyata 50 % nya mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Obesitas dapat menyebabkan timbulnya resistensi insulin atau tidak mampunya insulin untuk membantu gula darah masuk ke dalam sel tubuh. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya gangguan beberapa fungsi tubuh, dalam hal ini berupa gangguan pembuluh darah, gangguan transportasi ion-ion antar sel dan retensi natrium atau tertahannya natrium di dalam tubuh. Hal inilah yang nantinya akan menimbulkan hipertensi. Pada remaja obese dengan hipertens [...]

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Von Willebrand (VWF) adalah gangguan pada perdarahan yang disebabkan oleh kekurangan protein yang paling banyak diderita orang. Faktanya, ia bukan penyakit tunggal, tetapi penyakit turunan atau keluarga. Jenis penyakit ini disebabkan oleh masalah Von Willebrand Factor (VWF). Ini adalah protein dalam darah yang diperlukan untuk pembekuan darah. Gen yang membuat VWF bekerja pada dua jenis sel, yaitu : sel endotel yaitu yang melapisi pembulu darah trombosit Jika tidak terdapat cukup VWF dalam darah, atau tidak bekeja dengan baik, maka dalam proses pembekuan darah memerlukan waktu yang lebih lama. Dalam tubuh darah diangkut ke pembuluh darah. Jika ada cedara jaringan, terjadi kerusakan pembuluh darah dan akan menyebabkan kebocoran darah melalui lubang pada dinding pembuluh darah tersebut. Pembuluh dapat rusak dekat permukaan seperti saat terpotong. Atau ia dapat rusak di bagian dalam tubuh sehingga terjadi memar atau perdarahan dalam. Mengenal Penyakit Von Willebrand Trombosit adalah sel kecil yang beredar dalam darah. Setiap trombosit berukuran garis tengah kurang dari 1/10,000 centimeter. Terdapat 150 sampai 400 miliar trombosit dalam satu liter dara [...]

Hindari Pikun dengan Minum Jus Anggur

Hindari Pikun dengan Minum Jus Anggur

Minum jus anggur ternyata bisa mengurangi bahkan mengembalikan memori di otak yang sudah hilang. Para ahli pun menjadikan jus anggur sebagai alternatif pengobatan untuk mencegah pikun atau penyakit Alzheimer.Seperti dikutip dari Dailymail, peneliti dari bagian psikiatrik University of Cincinnati percaya bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit dan daging buah anggur adalah kuncinya. Oleh karena itu, dilakukan sebuah penelitian dengan melibatkan 12 orang yang telah kehilangan memorinya.Mereka dibagi menjadi dua grup, yaitu grup yang mendapat minuman jus anggur dan grup yang mendapat minuman plasebo (semu/tanpa kandungan anggur). Selama 3 bulan studi berlangsung, partisipan diberi tes memori secara rutin untuk mengetahui kemampuan otaknya, terutama kemampuan mengingat.Hasil tes memori tersebut menunjukkan efek yang signifikan pada partisipan yang diberi jus anggur. "Mereka yang minum jus anggur menunjukkan hasil tes memori yang lebih baik dibanding mereka yang tidak minum jus anggur, baik pada tes verbal maupun non verbal," ujar Dr Robert Krikorian.Penemuan ini dibahas dalam The International Polyphenols and Health Conference di Harrogate, North Yorkshire dan disaranka [...]

Fogging Kurang Berhasil Memberantas DBD

Fogging Kurang Berhasil Memberantas DBD

Fogging adalah salah satu usaha untuk memberantas demam berdarah dengue (DBD). Diantara usaha pemberantasan DBD lainnya selain fogging adalah yang populer dengan istilah sebutan 3M (menutup, menguras, mengubur). Sekilas mengenai DBD, adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh Aedes aegypti sebagai vektor (perantara) utama. Sampai saat ini, DBD merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat utama akibat infeksi di Indonesia. DBD dapat mengenai segala usia mulai bayi hingga dewasa. Cegah Demam Berdarah Dengue dengan Program Pemberantasan Sarang Nyamuk Pengendalian vektor DBD merupakan cara yang tepat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit DBD yang bertujuan untuk memutuskan mata rantai penularan DBD. Salah satu cara pengendalian vektor DBD adalah gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) atau 3M Plus. Memberantas sarang nyamuk dilakukan sehingga telur tidak berubah menjadi jentik. Dibandingkan dengan fogging hal ini tentunya lebih bermanfaat dan tepat sasaran karena fogging hanya membunuh nyamuk bukan jentik. Jadi demikiannya, fogging juga diikuti tindakan pemberantasan sarang nyamuk lainnya, seperti tindakan-tindakan berikut ini: [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *