Waspada terhadap Kutu Rambut Kemaluan

waspada-terhadap-kutu-rambut-kemaluan-alodokter.jpg

Penting sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan daerah organ intim Anda, khususnya rambut kemaluan. Karena jika tidak, bisa-bisa kutu rambut kemaluan hinggap dan menimbulkan gatal.

Kutu rambut kemaluan berbentuk kepiting dan hinggap dari satu tubuh manusia ke yang lainnya dengan merangkak di antara rambut di tubuh manusia. Tidak hanya hinggap, makhluk kecil ini juga bisa menimbulkan rasa gatal dan infeksi di sekitar rambut kemaluan jika Anda lalai menjaga kebersihannya.

Kutu Rambut Kemaluan

Kutu rambut kemaluan merupakan sejenis serangga kecil yang berbentuk seperti kepiting yang di area rambut kemaluan. Tidak hanya menyerang atau menginfeksi, kutu rambut kemaluan ini juga akan menebarkan telurnya di sekitar rambut kemaluan Anda. Meski namanya kutu rambut kemaluan dan biasanya menyerang rambut di sekitar organ intim, kutu ini juga bisa berada di bagian tubuh lainnya seperti alis, ketiak, bulu kaki, kumis, janggut, atau bulu mata.

Kutu rambut kemaluan ini biasanya terjadi pada orang dewasa. Penularan atau penyebarannya umumnya terjadi melalui kontak seksual. Oleh karena itu, jika anak-anak terinfeksi kutu rambut kemaluan bisa menjadi tanda adanya pelecehan seksual yang terjadi pada anak tersebut.

Selain melalui kontak seksual, kutu rambut kemaluan juga dapat menyebar melalui benda yang digunakan oleh orang yang telah terinfeksi seperti handuk, pakaian, atau seprei. Meski begitu Anda tidak perlu terlalu khawatir, kutu rambut kemaluan ini tidak dapat menular melalui penggunaan toilet. Karena kutu ini tidak memiliki kaki yang dapat bertahan di permukaan yang licin dan tidak dapat hidup jauh dari hangatnya tubuh manusia.

Jika Anda merasa gatal pada sekitar organ intim, dan gatal itu semakin menjadi di saat malam hari, bisa jadi Anda telah terinfeksi kutu rambut kemaluan. Cobalah untuk memeriksa ada atau tidaknya kumpulan telur atau kutu di sekitar rambut kemaluan Anda. Biasanya rasa gatal akan muncul selama 2 ? 4 minggu setelah terinfeksi atau bahkan segera setelah kutu menginfeksi area rambut kemaluan. Selain rasa gatal, gejala lain yang mungkin muncul yaitu luka gigitan di sekitar organ intim, luka bekas garuk, atau kulit yang berubah warna menjadi abu-abu kebiruan.

Cara Mengatasi Kutu Rambut Kemaluan

Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, hal pertama yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah antara lain:

  • Mencuci bersih pakaian, seprei, atau handuk yang digunakan dengan menggunakan sabun dan air hangat setidaknya 540 Celcius atau lebih. Lalu keringkan selama 20 menit dengan suhu panas. Jika ada benda yang tidak dapat dicuci, cobalah untuk meletakkannya di dalam kantung kedap udara selama 2 minggu.
  • Gunakan shampo atau lotion pembunuh kutu, ulangi dalam waktu 7 hingga 10 hari kemudian untuk membasmi telur-telur yang mungkin tidak mati saat pemberian pertama. Shampo atau lotion ini bisa Anda temukan di apotik, namun sebelum membeli atau menggunakannya, disarankan untuk mengonsultasikan terlebih dahulu kepada apoteker.

Meski sudah menggunakan shampo atau lotion yang dapat membunuh kutu, terkadang kutu rambut kemaluan memiliki kemungkinan untuk kebal terhadap pembunuh kutu. Disarankan konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan pengobatan yang lebih tepat.

Jika obat yang diberikan tetap tidak mempan, kemungkinan dokter akan meresepkan lindane yang biasa diberikan setelah pengobatan lain tidak berhasil. Namun, obat ini tidak dapat diberikan pada ibu menyusui, wanita hamil, dan anak di bawah 2 tahun.

Disarankan untuk kembali memeriksakan diri ke dokter setelah satu minggu pengobatan atau setelah Anda merasa kutu di sekitar organ intim Anda sudah mati. Dokter akan memastikan telur kutu rambut kemaluan benar-benar hilang dan kutu tidak akan kembali membuat organ intim Anda gatal.

Anda juga akan diperiksa lebih lanjut untuk menemukan adanya infeksi penyakit menular seksual seperti chlamydia. Karena kutu rambut kemaluan lebih umum terjadi pada mereka yang mengidap penyakit menular seksual.

Jika Anda terinfeksi kutu rambut kemaluan, disarankan untuk membicarakan hal tersebut dengan pasangan Anda. Karena pasangan Anda kemungkinan juga akan membutuhkan perawatan kutu rambut kemaluan.

Menjaga kebersihan dan kesehatan area organ intim tidak boleh diabaikan. Karena tidak hanya masalah kutu rambut kemaluan, organ intim yang tidak bersih juga dapat memicu masalah kesehatan lainnya. konsultasikan kepada dokter jika Anda menemukan adanya kutu rambut kemaluan pada organ intim Anda, agar mendapatkan pengobatan yang tepat dan kutu rambut kemaluan dapat hilang dengan tuntas.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Gangguan yang Biasa Menimpa Sistem Respirasi

Gangguan yang Biasa Menimpa Sistem Respirasi

Salah satu anugerah yang jarang kita perhitungkan namun sangat penting adalah respirasi. Respirasi alias pernapasan harus selalu kita lakukan agar tetap hidup. Mari kita mengenali organ-organ serta gangguan yang biasa terjadi pada sistem respirasi kita. Manusia bernapas setidaknya 12-20 kali tiap menit. Saluran napas berperan penting atas kegiatan ini. Area mulut, hidung, tenggorokan, laring, dan trakea termasuk dalam saluran napas bagian atas. Sedangkan bronkus, bronkiolus, dan alveoli di paru termasuk dalam saluran pernapasan bagian bawah. Secara umum, pernapasan berfungsi untuk pertukaran udara yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sistem ini bekerja menyaring udara sehingga memberikan oksigen bagi tubuh. Produk buangan dari sistem respirasi adalah karbondioksida yang akan dikeluarkan saat menghembuskan napas. Sistem respirasi juga berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dari luar tubuh dan menyesuaikannya dengan suhu dan kelembapan tubuh. Fungsi penting lainnya adalah sebagai indra penciuman (hidung) dan produksi suara, serta membantu dalam mengatur keseimbangan unsur-unsur internal tubuh saat berinteraksi dengan lingkungan (homeostasis). Beberapa Bagian [...]

5 Langkah Menjadi Lebih Sehat dalam 10 Hari

5 Langkah Menjadi Lebih Sehat dalam 10 Hari

Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat. Mengontrol pikiran agar tidak stres, menjaga asupan makanan dan berolahraga merupakan beberapa cara untuk membantu fisik dan mental menjadi lebih sehat. Seseorang tidak bisa menjadi sehat secara instan karena pola hidup sehat biasanya baru dirasakan hasilnya dalam jangka panjang. Namun Anda bisa jadi lebih sehat dalam 10 hari dengan mengikuti langkah-langkah ini. Yang perlu diingat, jalani gaya hidup sehat ini untuk seterusnya. Bukan karena iseng-iseng. Simak tipsnya, seperti yang dikutip dari Health Me Up. 1. Pola DietJaga asupan makanan dan atur pola makan. Pilih makanan yang tidak terlalu berbeda dengan apa yang biasa dikonsumsi. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:- Atur porsi makan secukupnya, tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. - Kurangi konsumsi garam karena terlalu banyak garam bisa menyebabkan hipertensi dan penumpukan cairan di dalam tubuh.- Hindari gorengan. Makanan yang digoreng umumnya mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi jantung. Belum lagi lemak yang tinggi bisa membuat Anda lebih cepat lemas. - Kurangi konsumsi junk food karena men [...]

Macam-macam Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Macam-macam Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Selama ini, banyak yang menganggap pengapuran tulang identik dengan pengeroposan tulang. Benarkah hal tersebut? Pengeroposan tulang terjadi karena berkurangnya kepadatan tulang. Dalam dunia medis, pengeroposan tulang biasa disebut dengan osteoporosis. Pengapuran tulang dan sendi memiliki bahasa medis osteoarthritis. Hal ini dikaitkan dengan adanya peradangan sendi akibat bantalan pada ujung tulang menjadi menipis seiring waktu. Jadi, kerusakan yang terjadi berada di sendi dan bagian tulang sekitar sendi tersebut. Kondisi Yang Menyebabkan Osteoarthritis Penyebab dari rusaknya sendi dan daerah sendi yang tidak mampu diperbaiki dengan sempurna oleh tubuh ini masih belum bisa dipastikan. Meski demikian, ada beberapa faktor yang diduga berperan dalam meningkatkan seseorang berisiko terkena osteoarthritis. Faktor usia memengaruhi kemungkinan seseorang terkena pengapuran tulang atau osteoarthritis. Wanita juga dianggap lebih berisiko mengalami gangguan tulang jenis ini dibandingkan pria. Sayangnya, belum ada penjelasan memuaskan kenapa hal tersebut bisa terjadi. Pekerjaan seseorang yang memungkinkan sendi mendapat tekanan secara berlebih dalam jangka waktu lama patut diperhatikan. Ost [...]

Waspada Obat Palsu!

Waspada Obat Palsu!

KlikDokter.com ? Peredaran obat palsu semakin luas dan canggih dengan kemasan yang sangat mirip dengan aslinya, sehingga sulit bagi masyarakat awam untuk mengetahui kecuali melalui uji laboratorium atau informasi dari tenaga kesehatan. Hal ini tentu meresahkan. Apalagi dampak yang ditimbulkan akibat mengonsumsi obat palsu sangat membahayakan, di antaranya kondisi penyakit yang semakin memburuk, terjadinya komplikasi, bahkan kematian. Ada beberapa jenis obat palsu yang beredar, yakni obat yang memiliki bahan yang tepat, tetapi kemasan palsu; memiliki bahan yang salah; dan tidak memiliki bahan aktif yang biasanya ada pada obat. Halaman berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda terhindar dari obat-obatan palsu: Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda terhindar dari obat-obatan palsu: Beli obat-obatan dari apotek terkemuka dan aman Pada apotik yang terpercaya, mereka menyimpan dan menempatkan obat dalam aturan yang seharusnya seperti temperatur yang sesuai. Apabila si penjual tidak menyimpan obat-obatannya dengan benar, sebaiknya cari di tempat lain. Periksa kemasan obat Menurut Badan POM, pada kemasan harus tercantum l [...]

Rahasia yang Tidak Boleh Anda Sembunyikan dari Dokter

Rahasia yang Tidak Boleh Anda Sembunyikan dari Dokter

Saat mengkonsultasikan penyakit yang dirasakan kepada dokter, terkadang ada beberapa hal yang tidak ingin Anda katakan dengan jujur karena mungkin merasa malu atau takut menerima kenyataan. Padahal, hal yang Anda sembunyikan tersebut bisa saja menjadi lebih berbahaya jika terlambat ditangani.Berikut adalah hal yang harus Anda katakan secara jujur saat berkonsultasi dengan dokter seperti dikutip dari Health Me Up.1. Konsumsi Vitamin atau SuplemenVitamin dan suplemen kesehatan yang dijual bebas di pasaran membuat masyarakat mudah membelinya tanpa anjuran dokter sehingga terkesan aman dikonsumsi. Padahal, suplemen dapat mengakibatkan gejala-gejala tertentu yang mengganggu proses pengobatan. Jamu herbal yang biasa digunakan untuk meningkatkan ingatan dapat mempengaruhi pengobatan tekanan darah. Sedangkan kalsium yang banyak dikonsumsi oleh wanita dapat mengurangi tingkat penyerapan terhadap antibiotik.2. Buang Air BerdarahBuang air tentunya adalah topik yang bersifat pribadi dan tidak ingin dibahas sekalipun dengan dokter pribadi Anda. Namun jika mengalami buang air yang mengandung darah, sebaiknya Anda langsung konsultasikan kepada dokter karena hal tersebut adalah gejala kanker ko [...]

Botox Untuk Penderita Asma

Botox Untuk Penderita Asma

Penelitian dari Monash University di Melbourne, mengatakan botox dapat digunakan oleh penderita asma. Botox atau toksin botulium tipe A, yang paling terkenal sebagai penghalus wajah keriput ini telah diuji untuk penderita asma. Hasilnya, penderita asma dengan suara mengi / bengek yang parah ketika bernafas, batuk yang sulit berhenti, sesak nafas hingga sulit berbicara, dan gejala asma lainnya membaik setelah menggunakan detox. Penelitian berharap suntikan yang diberikan saat botox, akan memberi rasa santai pada otot-otot dan menghilangkan sensasi sesak nafas. Profesor Phil Bardin, Direktur Kedokteran Pernafasan di Monash Medical Centre, mengatakan, ?kami tidak berpikir ini menyembuhkan penderita asma tetapi akan membantu mereka untuk hidup lebih baik dengan asma yang dimilikinya. Mereka tidak akan lagi memiliki gejala asma yang membuat mereka tidak mampu berjalan jauh atau naik tangga atau juga saat dada mereka mengencang, dan mereka pikir akan mati. Suntik botox ini akan membantu mereka hidup dengan penyakit asma yang lebih baik.? Lebih dari lima juta orang di Inggris sedang dirawat karena asma. Asma dengan gejela seperti, batuk kering, sesak nafas, mengi atau bengek kketika berna [...]

Hobi Makan Sayur Seperti Vegetarian Bisa Terhindar dari Katarak

Hobi Makan Sayur Seperti Vegetarian Bisa Terhindar dari Katarak

Bagi sebagian orang, hanya memakan sayuran mungkin terdengar tidak masuk akal. Tetapi studi terbaru menunjukkan bahwa mereka yang vegetarian memiliki risiko mengidap katarak lebih rendah.Katarak merupakan proses pengeruhan pada mata, dan menjadikan sebagian atau keseluruhan mata terlihat seperti ditutupi oleh selaput putih. Biasanya katarak menyerang pria dan wanita yang berusia lanjut.Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan katarak. Selain merokok, diabetes dan terlalu banyak terkena sinar matahari ternyata mengonsumsi daging merupakan salah satu faktor penyebab katarak. Kesimpulan tersebut ditemukan oleh peneliti dari Oxford University di Inggris.Seperti yang dikutip dari WebMD, penelitian itu dilakukan kepada 27.670 orang responden yang tergabung dalam European Prospective Investigation in Cancer and Nutrition. eserta yang terdaftar dipilih berdasarkan usia, yaitu diatas 40 tahun.Penelitian yang dilakukan dari tahun 1993 hingga 2008 ini mengungkapkan hasil yang cukup mengejutkan. Dibandingkan dengan peserta yang rutin memakan daging setiap hari, ternyata peserta yang hanya menyantap sayur-sayuran hijau setiap harinya memiliki risiko 40% lebih rendah.Responden yang masih meny [...]

Delapan Jenis Sakit Kepala Terus-menerus

Delapan Jenis Sakit Kepala Terus-menerus

Sakit kepala yang dirasakan bisa sangat mengganggu. Apalagi jika yang terjadi adalah sakit kepala terus-menerus. Sakit kepala terus-menerus atau kronis ditandai dengan sakit kepala yang berlangsung minimal 15 hari dalam satu bulan, yang terjadi selama tiga bulan berturut-turut. Berdasarkan penyebabnya, sakit kepala kronis dikelompokkan menjadi dua, yaitu sakit kepala kronis primer, yaitu sakit kepala murni tanpa adanya penyakit dasar lain yang memicu sakit kepala, dan sakit kepala kronis non-primer, yaitu sakit kepala kronis yang disebabkan atau dipicu dari penyakit lain. Mengenali Gejala yang Timbul Banyak kasus sakit kepala kronis primer yang tidak diketahui penyebabnya. Namun, sakit kepala kronis non-primer, memiliki beberapa kemungkinan penyebab, antara lain infeksi, peradangan atau gangguan pembuluh darah otak, tumor otak, cedera dan gangguan tekanan pada otak. Beberapa jenis sakit kepala terus-menerus yang umum dikeluhkan, antara lain : Sakit kepala tegang kronis Sakit kepala jenis ini ditandai dengan gejala rasa sakit yang menekan pada dua sisi kepala. Intensitasnya mulai dari ringan hingga menengah. Sakit kepala tegang yang terjadi secara kronis dapat terjadi tanpa pemi [...]

Bersihkan Dot Buah Hati dengan Menyedotnya

Bersihkan Dot Buah Hati dengan Menyedotnya

Orangtua yang membersihkan dot bayi dengan cara menyedotnya mungkin dapat melindungi buah hati mereka dari alergi, menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics tanggal 6 Mei 2013. Bill hesselmar, MD, profesor di bidang alergi anak di Universitas Gothenburg di Swedia dan koleganya menganalisa 184 bayi yang lahir di M�lndal Hospital di Gothensburg. Orangtua membuat sebuah jurnal yang berisi catatan 1 tahun pertama hidup anaknya. Seorang dokter anak ahli alergi memeriksa tiap anak pada usia 18 dan 36 bulan. Sampel air liur diambil saat bayi berusia 4 bulan dan cara masing-masing orangtua membersihkan dot dicatat oleh peneliti berdasarkan hasil wawancara. Berikut hasil penelitian para peneliti tersebut. Bersihkan Dot Buah Hati dengan Menyedotnya Para peneliti tersebut menemukan bahwa anak yang orangtuanya menyedot dot mereka untuk membersihkannya lebih kecil kemungkinan mengalami asma, eksim dan sensisitasi terhadap alergen potensial pada usia 18 bulan. Efek protektif terhadap eksim tetap ada sampai bayi berusia 36 bulan. Ketika peneliti mencari hubungannya dengan cara persalinan serta tingkat pendidikan ibu, mereka menemukan bahw [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *